Yuk Mainkan 10 Game Nes Terbaik Sepanjang Era Ini

Sebelum adanya beragam game canggih mirip yang ada saat ini, dahulu game NES atau Nintendo Entertainment System sempat populer dan dimainkan oleh banyak orang dalam jangka waktu yang tak sebentar. Namun. hingga sekarang, beberapa game NES tersebut masih dimainkan.

Sebenarnya mereka diubahsuaikan kembali menjadi game dengan versi modern. Salah satunya Super Mario Bros yang legendaris. Lalu, apa saja game NES terbaik yang bisa Anda mainkan kini? Simak daftarnya dari Carisinyal di bawah ini.

1. Bomberman

Jika bicara tentang game NES, permainan ini ialah salah satu juaranya. Hampir semua orang memainkan Bomberman, terlebih jika game tersebut dimainkan bersama sobat-sahabat. Pokoknya game ini sangat seru dan banyak diadaptasi jadi game lainnya. Game ini mengharuskan pemain untuk jeli semoga bisa meloloskan diri dari bom.

Pemain juga harus tetap fokus menghancurkan banyak dinding supaya mampu selamat. Terlebih, pemain harus dihadapkan juga dengan musuh yang dapat mengepung kalau salah taktik mengatur jalan.

Karena, bila tidak, bom yang Anda tinggalkan justru akan mengurangi sisa nyawa yang Anda miliki. Apalagi kalau bom tersebut ialah bom power yang mampu meledak dan mengenai sepanjang jalan, bukannya menang justru senjata makan tuan.

2. Super Mario Bros

Tampak tak perlu banyak bicara jika menyebut Super Mario Bros dalam gugusan game NES terbaik. Pasalnya, game ini sangat ‘meledak’ di masanya. Misi yang disuguhkan cukup menantang dan rintangan yang diberikan beragam. Walaupun, mungkin bila dilihat game ini cukup gila alasannya adalah huruf yang dimainkan bisa membesar dan mengecil.

Belum lagi karakternya masuk ke dalam pipa yang identik dengan warna hijaunya. Selain gamenya yang melekat hingga sekarang, musik yang selalu muncul saat mario bros menang atau game over sangat khas dan familiar didengar. Bahkan musiknya itu masih suka digunakan untuk membuat video-video lucu.

3. Ninja Gaiden

Salah satu game NES yang misinya susah untuk diselesaikan yakni Ninja Gaiden. Kalau Ninja Gaiden versi terbaru dibekali berbagai senjata untuk menghadang lawan. Sedangkan game yang versi terdahulu, meskipun tidak jauh berbeda dan kualitas visual yang dihadirkan masih sangat sederhana. Tapi, untuk tingkat kesulitan Ninja Gaiden di abad usang jauh lebih tinggi.

4. Hyper Olympic

Untuk menuntaskan misi dan mampu berlanjut ke level selanjutnya, pemain diharuskan untuk mencapai rekor dunia di Olimpiade. Itu mengapa Hyper Olympic sangat seru bila dimainkan dengan sahabat alih-alih sendirian. Karena, kalian bisa berkompetisi satu sama lain.

Salah satu misi yang paling dikenal adalah saat ajang lari sprint 100 meter. Namun, tak perlu khawatir, game NES terbaik ini tidak akan membuat Anda bosan. Karena, Hyper Olympic dilengkapi berbagai cabang olahraga yang dapat dimainkan mulai dari triple jump, lempar lembing, lompat jauh, maupun panahan.

5. Sky Destroyer

Game NES dengan tema pertempuran kali ini niscaya sudah tidak asing lagi diketahui. Game ini dibuat seperti seperti berada di perang dunia kedua. Hadir dengan musiknya yang khas dan mudah diingat, game pesawat ini dimainkan dengan menembak jatuh pesawat yang terbang mendekati layar.

Tak hanya itu, game Sky Destroyer juga dilengkapi dengan misi pertempuran para penguasa. Yang menciptakan game semakin menegangkan adanya torpedo yang diarahkan ke pesawat.

Dan, uniknya, jikalau umumnya game membuat pemain sebagai orang baik yang melawan penjahat, game ini justru sebaliknya. Anda akan memainkan pesawat tentara Jepang yang berjuang melawan serangan udara maupun bahari dari para sekutu.

6. Tennis

Berbeda dari Hyper Olympic yang mengusung beragam cabang olahraga, game NES terbaik selanjutnya hanya mengangkat olahraga tennis. Sesuai namanya, Tennis, pemain akan memainkan game ini selayaknya olahraga itu sendiri di dunia konkret. Anda dibebaskan memilih level yang kuat pada kemampuan musuh. Psst, game ini terbilang sangat gampang untuk dimainkan, anti stress!

7. Contra

Game ini mengangkat dongeng tentang dua tentara, yaitu Bill dan Lance yang berkelana ke dalam hutan, melewati salju, hingga goa diam-diam demi untuk mengalahkan bangsa alien yang datang di bumi. Game Contra ini dapat dimainkan bersama 1 sahabat secara bersamaan, Anda berdua akan saling bekerja sama untuk mengalahkan lawan.

Game yang di dalamnya terdapat sebuah isyarat rahasia yang kerap kali disebut Konami Code ini termasuk pada games NES terbaik pada masanya. Konami Code itu sendiri berfungsi untuk memberi tambahan extra nyawa bagi pemain. Jika pemain yang awalnya hanya mempunyai 3 nyawa akan mendapatkan 30 nyawa balasan adanya cheat code tersebut.

8. Punch Out

Mencari game NES olahraga yang lain? Ada, nih satu lagi, namanya Punch Out yang mengadaptasi olahraga tinju. Game yang dirancang sederhana ini sangat gampang dimainkan. Cukup dengan memastikan mampu memberi dua tinju saat melihat lawan yang ada di depan mata, itu sudah cukup. Karena, dua tinju tersebut cukup efektif untuk mengalahkan musuh.

Meskipun begitu, Anda tidak mampu hanya sekedar menekan tombol secepat mungkin. Karena, untuk memainkan game Punch Out ini diharapkan taktik dan timing yang tepat. Salah satunya dengan cerdas membaca acuan gerakan musuh mulai dari menghindar ataupun mengambil celah.

Ketika celah sudah didapatkan, baru, deh, Anda mampu menyerang musuh dan melindungi diri supaya tidak masuk taktik anyir yang direncanakan oleh sang lawan. Jika Anda berhasil menuntaskan semua tantangan dan misi dari game satu ini, Anda akan bertemu dengan karakter Mike Tyson, loh!

9. Bubble Bobble

Game NES yang mengajak pemain untuk bermain bersama naga yang lucu ini berjulukan Bubble Bobble. Dalam game kali ini, naga tidak lagi mengeluarkan api, melainkan balon-balon yang ia lontarkan dan ditujukan untuk melawan musuh. Gemes banget!

Game ini mampu dimainkan sesuai keinginan sebab tersedia dua pilihan, adalah single player ataupun multiplayer. Selain game yang diusung Bubble Bobble ini, ada juga memori yang tertinggal dari permainan ini, yakni musiknya yang khas.

10. Karateka

Kembali lagi dengan tema olahraga, game NES kali ini tak kalah populer di eranya. Game Karateka muncul dengan bermacam-macam jurusnya, antara lain salto ke udara, tendangan sambil berputar, hingga serangan dengan bola-bola bersinar dari dua arah.

Cara untuk mengalahkan musuh sama saja layaknya karate pada umumnya, yakni mengandalkan pukulan dan tendangan pada bab badan atas ataupun bawah, sembari tetap menjaga jarak dari lawan. Game ini juga hadir membawa musik yang khas dan memorable.

11. Galaga

Walaupun tampak sederhana, game NES satu ini sangat seru untuk dimainkan. Game Galaga ini yakni game yang mengharuskan pemain mampu mengontrol pesawat untuk melawan para alien. Karakter pesawat yang dimainkan pada game ini memiliki ciri khas, adalah tembakan lurus dengan suara tembakan yang ikonik. S

Sedangkan untuk menyelesaikan misi, selain menembak, Anda cukup menghindari bermacam-macam serangan dari kapal alien yang mendekat. Jika pemain cukup hebat mengontrol pesawat, dua pesawat akan sekaligus didapatkan untuk melawan alien. Tak hanya itu, pesawat yang diperoleh juga telah didukung ekstra fire power yang mempermudah Anda saat bermain.

12. Teenage Mutant Ninja Turtles III: The Manhattan Project

Game NES terbaik yang terakhir adalah Teenage Mutant Ninja Turtles III: The Manhattan Project. Karakter Ninja Turtles sendiri dikala itu sudah sering diadaptasi dalam bentuk kartun, serial, hingga film. Tak mau ketinggalan, Ninja Turtles pun dibentuk menjadi sebuah game yang cukup terkenal di eranya.

Sebelum adanya seri ketiga ini, Teenage Mutant Ninja Turtles juga mempunyai dua seri pendahulu. Namun, pada seri kali ini, game tersebut jauh lebih tepat dari segi level, desain, gerakan, maupun jurus. Aksi Donatello, Leonardo, Raphael dan Michaelangelo juga dapat Anda mainkan secara multiplayer.

Itulah tadi beberapa game NES yang terkenal dan legendaris. Meski old, tapi game-game di atas masih seru kok untuk dimainkan di waktu luang. Apakah Anda tertarik untuk nostalgia dengan kesepuluh game di atas?

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online