Yuk, Ketahui Perbedaan Infinix Note 7 Dan Note 7 Lite Ini!

Pada April 2020, Infinix yang populer akan produknya yang terjangkau telah mengumumkan produk lanjutan dari seri Infinix Note adalah Infinix Note 7 dan Note 7 Lite.

Kedua varian HP ini sudah mengalami berbagai pengembangan ketimbang Infinix Note 6 yang telah dirilis pada Juni 2019, seperti jumlah kamera yang lebih banyak serta kapasitas baterai lebih besar. Namun apa saja perbedaan Infinix Note 7 dan Note 7 Lite?

Seperti yang sudah umum diketahui, varian Lite dapat diartikan versi lebih murah. Pastinya Anda mampu mengekspektasikan kemampuan dan fitur yang tidak sebagus versi regulernya. Tapi biar Anda tidak kebingungan, Carisinyal telah rangkumkan beberapa perbedaan Infinix Note 7 dan Note 7 Lite yang wajib diketahui sebelum membelinya.

Spesifikasi Infinix Note 7

Infinix Note 7

  • Layar: IPS LCD, 6,95 inci
  • Chipset: Mediatek Helio G70 (12 nm)
  • GPU: Mali-G52 2EEMC2
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 2 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Cek spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Infinix Note 7 Lite

Infinix Note 7 Lite

  • Layar: IPS LCD, 720 x 1600 piksel
  • Chipset: Mediatek Helio G70 (12 nm)
  • GPU: Mali-G52 2EEMC2
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 2 MP + 2 MP + QVGA
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Cek spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Infinix Note 7 dan Note 7 Lite

Memasuki segmen harga entry-level, mungkin Anda merasa tidak perlu berharap banyak pada kedua HP ini. Tapi jangan khawatir alasannya adalah varian regulernya mempunyai perbedaan yang menjadikannya unggul ketimbang varian Lite. Inilah beberapa perbedaan Infinix Note 7 dan Note 7 Lite yang penting untuk Anda pertimbangkan.

1. Desain Kamera Belakang

infinix note 7 lite resolusi kamera belakang

Baik Infinix Note 7 maupun varian Lite-nya sama-sama hadir dengan konfigurasi quad camera di belakangnya. Namun kedua HP ini mempunyai desain yang berbeda dengan varian reguler yang mengusung desain lebih unik.

Lensa disusun bertumpuk 4 x 4 yang dipasang pada bingkai bundar. Di bawahnya terdapat LED Flash yang ditampilkan secara horizontal. Keseluruhan desain kamera ini menimbulkan Infinix Note 7 tampil dengan elegan dan berestetika tinggi.

Namun bila Anda melihat desain pada Infinix Note 7 Lite, Anda akan menemukan bodi belakang yang mainstream dengan konfigurasi empat lensa yang disusun vertikal pada pojok kiri atas.

2. Ukuran dan Ketahanan Layar

infinix-note7

Ukuran layar yang besar akan memudahkan pengguna untuk menikmati tampilan layar dengan lebih optimal. Mengingat Infinix Note 7 Lite ialah versi ringan, cukup wajar HP ini memberikan ukuran layar 6,6 inci. Meski ukuran tersebut sudah tergolong besar untuk HP sekelasnya, angka tersebut tetap kalah dibandingkan dengan layar 6,95 inci yang diusung Infinix Note 7 reguler.

Keduanya sama-sama menggunakan panel layar LCD IPS namun dengan kerapatan layar yang sedikit berbeda. Note 7 mempunyai resolusi 720 x 1640 piksel dengan kerapatan 258 ppi. Sementara itu, varian Litenya hadir dengan resolusi 720 x 1600 yang memiliki kerapatan piksel sebesar 266 ppi.

Selain dari ukuran layar, perbedaan ini berlanjut pada seberapa tahan layar terhadap tabrakan dan benturan. Jika Anda ingin HP dengan layar lebih abadi, sebaiknya pilih varian reguler alasannya adalah Infinix Note 7 sudah dilapisi Corning Gorilla Glass.

3. Kapasitas Memori Internal dan RAM

infinix note 7 ram

Kebanyakan merk HP selalu menerapkan varian memori internal dan RAM yang berbeda saat mereka merilis dua HP pada seri yang sama. Kehadiran varian ROM 128 GB dan RAM 6 GB memungkinkan Anda untuk membuka aplikasi lebih banyak lagi tanpa membuat HP lemot.

Sementara untuk varian Lite-nya, varian maksimal yang mampu Anda dapatkan yakni ROM 128 GB dan 4 GB. Kapasitas memori internal 128 GB ini sudah terbilang cukup besar untuk segmen harga yang dipasarkannya, Anda bisa menginstal banyak aplikasi yang diharapkan. Namun sayangnya, kedua varian HP ini masih mengusung teknologi eMMC 5.1 yang terbilang lebih lambat dalam memindahkan data.

4. Resolusi Kamera Depan dan Belakang

infinix note 7 dan note 7 lite design belakang

Kemampuan fotografi selalu menjadi daya tarik bagi sebagian besar orang. Maka dari itu, brand Infinix pun termasuk salah satu produsen HP yang tidak mau ketinggalan menghadirkan empat kamera beresolusi tinggi untuk menunjang kebutuhan muda-mudi yang hobi fotografi.

Meski termasuk pada HP segmen harga entry-level, Infinix Note 7 hadir dengan konfigurasi lensa 48 MP (wide), 2 MP (makro), 2 MP (depth), dan 2 MP (dedicated video camera). Infinix Note 7 Lite juga memiliki konfigurasi kamera yang serupa, hanya bedanya HP ini memiliki lensa QVGA untuk menggantikan lensa 2 MP yang berfungsi sebagai video kamera khusus.

QVGA ini merupakan lensa yang berfungsi untuk mendeteksi kondisi minim pencahayaan sehingga kamera mampu melakukan penyesuaian secara otomatis. Anda juga mampu melakukan pemotretan makro dan sensor mendalam.

Meski begitu, detil yang didapat tergolong kurang akhir dari resolusi lensa makronya yang hanya 2 MP. Untuk pemotretan biasa dalam kondisi pencahayaan yang cukup, kamera pada dua HP ini masih tergolong nyaman digunakan.

Sekarang saatnya beralih ke kamera depan, di mana varian reguler dan Lite-nya memiliki perbedaan dari segi resolusi. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Infinix Note 7 dapat mengemban amanah berkat lensa 16 MP yang dimilikinya. Sedangkan, Infinix Note 7 Lite hanya mampu menghadirkan resolusi kamera 8 MP.

5. Ketersediaan Quick Charging

infinix note 7 fast charging

* sumber: www.thecorrectblogger.com

Ketahanan baterai merupakan sektor yang sangat digembor-gemborkan pada kedua HP ini. Pasalnya, meski hadir dengan harga yang dibanderol cukup akrab, keduanya sanggup menghadirkan kapasitas baterai Li-Po sebesar 5000 mAh.

Anda pun mampu menggunakan HP dalam pemakain wajar sampai 4 hari lamanya. Sebuah prestasi menakjubkan, bukan? Namun sayangnya, HP dengan baterai yang besar tentu butuh waktu usang untuk mengecasnya. Infinix Note 7 mengakali hal ini dengan menambatkan fitur Quick Charging 18 W.

Memang, fitur pengisian daya cepat ini tidak begitu “cepat” dalam standar HP zaman kini. Namun mengecas baterai 5000 mAh dalam waktu 2 jam 25 menit masih terbilang mahir lho untuk HP semurah ini.

6. Berat dan Ukuran Bodi

infinix note 7 layar

Selain dari spesifikasi yang umum dicari kebanyakan orang, berat dan ukuran keseluruhan HP juga besar lengan berkuasa kepada daya jual. Karena, nyatanya ada beberapa orang yang tidak menginginkan HP yang agak sulit digenggam atau mempunyai berat yang tinggi. Dalam hal ini, Infinix Note 7 hadir dengan berat 206 gram dan dimensi 173.4 x 79 x 8.8 mm.

Dan, sesuai namanya, Infinix Note 7 Lite dirilis dengan berat dan dimensi lebih ringan. HP ini mempunyai dimensi bodi 165.4 x 76.8 x 8.8 mm dan berat sebesar 186 gram. Jika dibandingkan varian regulernya, HP ini tidak begitu membuat tangan pegal dikala dipegang terlalu usang. Varian Lite memang lebih cocok digunakan bila Anda tidak terlalu suka layar yang lebar dan lebih mementingkan portabilitas.

7. Kehadiran Dual Speaker

dual speaker infinix note 7

Bagi Anda yang ingin mendapatkan immersion secara optimal dikala menonton film ataupun bermain game, sebaiknya pilih HP yang mampu mengeluarkan bunyi lebih anggun. Untuk itu, Infinix Note 7 menghadirkan dual speaker yang terletak pada bab atas dan bawah bodi, serta sudah didukung kemampuan DTS yang dapat meningkatkan kualitas bunyi semoga lebih jernih dan seimbang.

Inilah salah satu aspek yang membuat varian reguler lebih unggul, sebab varian Lite-nya hanya memiliki satu speaker dan tidak mampu memberikan pengalaman yang sebaik varian regulernya dalam segi suara.

Simpulan

Bagaimana? Apakah spesifikasi ke dua HP ini menciptakan Anda tertarik? Memang tidak dapat dipungkiri varian reguler lebih banyak memberikan spek yang menggiurkan seperti pertolongan Quick Charging 18W, dual speaker, serta RAM yang lebih besar.

Masih banyak lagi kelebihan dan kekurangan Infinix Note 7 yang mampu Anda baca lebih lanjut sebelum membeli. Jika Anda sudah langsung tergiur untuk membelinya, silakan klik link ini untuk cek harganya.

Khusus untuk varian Lite-nya, dia memang ditujukan untuk pasar yang sedikit berbeda. Bagi Anda yang selama ini kurang nyaman dengan ukuran bodi HP yang lebih besar dan berat, dan lebih suka desain belakang yang biasa saja, Infinix Note 7 Lite sudah mampu menjawab kebutuhan Anda sesuai dengan harga yang ditawarkan. Simak kelebihan dan kekurangan Infinix Note 7 Lite untuk mencari tahu selengkapnya.

Infinix Note 7 Lite juga sebuah pilihan yang cukup solid apabila Anda tidak mau mengeluarkan budget lebih untuk menerima varian reguler. Anda mampu mengecek harga sekaligus eksklusif membelinya pada link ini. Makara, pilih Infinix Note 7 atau Note 7 Lite? Yuk bertukar pendapat pada kolom komentar di bawah!

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online