Yuk Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan Hp Infinix S4!

#TabrakBatas, itulah tagar kampanye untuk produk dari Infinix, yakni Infinix S4. HP yang satu ini jadi andalan Infinix untuk bersaing dengan merek lain di kelas harga Rp2 jutaan lebih sedikit.

Infinix sendiri cukup rajin menghadirkan HP Infinix terbaru tiap tahunnya di Indonesia. Tampaknya, Indonesia jadi pasar yang penting untuk Infinix. Tapi, pertanyaannya apakah produk Infinix selalu menarik, termasuk Infinix S4 ini?

Benarkan HP ini menabrak batas seperti tagar kampanye dari produk ini? Untuk menjawabnya, mari simak 10 poin yang terdiri dari 6 kelebihan dan 4 kekurangan dari HP ini. Sebelumnya, mari simak spesifikasinya terlebih dulu.

Spesifikasi Infinix S4

 

Umum

  • Diumumkan
    April, 2019

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    156 x 75 x 7.9 mm

  • Berat
    154 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif IPS LCD

  • Ukuran
    6.2 inci

  • Resolusi
    720 x 1520 piksel, rasio 19:9 ( 271 ppi kepadatan)

Hardware

  • Chipset
    Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)

  • CPU
    Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53

  • GPU
    PowerVR GE8320

Memori

  • RAM
    6 GB

  • Memori Internal
    64 GB

  • Memori Eksternal
    microSD, sampai 128 GB (slot khusus)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    3

  • Resolusi
    13 MP [PDAF] + 8 MP + 2 MP

  • Fitur
    Quad-LED flash, panorama, HDR

  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1

  • Resolusi
    32 MP

  • Fitur

  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-grup band, hotspot

  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    A-GPS

  • USB
    microUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po

  • Kapasitas
    4000 mAh tidak dapat dilepas

  • Wireless Charging

  • Fitur

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie

  • Sensor
    Sidik jari (dipasang di belakang), akselerometer, gyro, proksimitas, kompas

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Space gray, nebula blue, twilight purple

  • Lainnya

Kelebihan Infinix S4

Infinix S4 mempunyai beberapa kelebihan. Apa sajakah kelebihan tersebut? Simak pribadi pembahasannya berikut ini.

1. Desain Bodi Ringan

Infinix S4 hadir dengan desain kekinian, yakni desain gradasi warna yang mengkilap. Desain ini memang jadi umum tetapi desain ini tampaknya jadi favorit konsumen. Terbukti banyak produsen yang menerapkan desain ini.

Infinix S4 sendiri menawarkan desain yang tergolong ringan dan mudah digenggam dengan satu tangan. Bobotnya yang hanya 154 gram sehingga gampang digenggam tangan.

Desainnya sendiri terbuat dari plastik tetapi tidak terkesan murah, mirip yang disampaikan oleh channel Youtube Mobiscrub. Menurut Mobiscrub, meskipun terbuat dari plastik, desain HP ini tergolong baiklah.

2. Kapasitas Baterai Besar

baterai infinix s4

Infinix S4 ini hadir dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh saja. Kapasitas baterai 4.000 mAh ini sudah tergolong umum alasannya cukup banyak HP yang memberikan kapasitas besar. Infinix sendiri rajin memberikan baterai berkapasitas besar pada lini produk HP-nya.

Masalahnya, sekarang seberapa kuat daya tahan baterai HP ini? Berdasarkan pengujian GadgetsNDTV, baterai pada Infinix S4 ini mampu bertahan sampai satu hari setengah alias 36 jam. Hasil itu didapatkan dengan pemakaian WhatsApp, Google Maps, menjalankan kamera, dan menjalankan beberapa benchmark

GadgetsNDTV juga menguji tes video dengan tes HD video loop. Dalam tes ini, Infinix S4 mampu menjalankan video HD sampai 17 jam 35 menit lamanya. Hasil ini membuktikan jika Infinix S4 tergolong memiliki daya tahan baterai yang baik.

3. Tiga Kamera yang Oke

infinix s4

Infinix S4 menunjukkan tiga kamera utama di bagian belakang. Kehadiran tiga kamera ini jadi nilai jual tersendiri dari Infinix S4. Adapun ketiga kamera tersebut yaitu kamera utama 13 MP, kamera wide-angle 8 MP, dan kamera untuk efek kedalaman 2 MP.

Hadir pula LED flash di bawah modul tiga kamera. Untuk teladan hasil tangkapan kameranya, bisa simak misalnya berikut ini.

hasil tangkapan kamera Infinix S4

* sumber: gadgets.ndtv.com

hasil tangkapan kamera Infinix S4

* sumber: gadgets.ndtv.com

hasil tangkapan kamera Infinix S4

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=2SLrWHRqiJo

Hasil tangkapan kamera belakang Infinix S4 tergolong elok saat memotret di siang hari. Seperti kata GadgetsNDTV, hasil tangkapan foto dari HP ini memiliki kuncian fokus yang cepat dan memiliki exposure yang sempurna. Hasil tangkapan kameranya juga bisa menghasilkan kualitas foto yang detail di luar ruangan.

Selain itu, hasil tangkapan kamera Infinix S4 juga tergolong anggun untuk menangkap foto macro. Fotonya bisa memisahkan dengan baik objek foto dengan latar. Memakai kameranya untuk memotret bokeh juga cantik alasannya ada opsi untuk menentukan tingkat blur meskipun kualitasnya di bawah rata-rata.

Secara keseluruhan, hasil tangkapan kamera HP ini tergolong baik, terutama di siang hari. Menangkap foto di lanskap yang lebih luas juga tergolong cukup, meskipun bila berdasarkan GadgetsNDTV ada sedikit distorsi.

4. Kamera Depan 32 MP

kamera depan infinix s4

Nilai jual lain dari Infinix S4 yaitu kamera depannya. Kamera depan HP ini memperlihatkan sensor 32 MP. Kamera ini sudah dibekali dengan AI CAM dan fitur-fitur mirip HDR, night, portrait, backlight portrait, night portrait, blue sky, dan masih banyak lagi.

Menurut GadgetsNDTV, hasil tangkapan kamera depan HP ini sudah tergolong manis. Kehadiran HDR membantu sekali dalam menghasilkan foto selfie yang anggun. Kamera depannya juga fitur untuk mendeteksi wajah biar mendapatkan eksposur yang tepat sebelum memotret.

Untuk rekaman video, kamera depan ini sudah mendukung rekaman video sampai 1080 piksel. Hanya saja tidak ada stabilisasi pada kameranya sehingga cenderung tidak stabil saat pengambilan video.

5. Fingerprint dan Face Unlock

Desain Infinix S4

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=2SLrWHRqiJo

Infinix S4 sudah dibekali dengan fingerprint atau sensor sidik jari dan face unlock atau sensor pengenalan wajah. Adapun, posisi sensor sidik jari di HP ini ada di bagian belakang. Posisi sensor sidik jari ini cukup gampang dijangkau oleh jari.

Berdasarkan pengalaman penggunaan GadgetsNDTV, respon sensor sidik jari di HP ini tergolong cepat. Sensor pengenalan wajah juga tergolong cepat sehingga dua fitur ini jadi hal menarik dan jadi keunggulan tersendiri dari Infinix S4.

6. Memori Internal dan RAM Besar

performa infinix s4

Yang jadi keunggulan dari Infinix S4 lainnya adalah memori. Memori dalam hal ini yakni RAM besar dan memori internal dengan penyimpanan yang lega di kelasnya. Betapa tidak, dengan harga hanya Rp2 jutaan, HP ini menawarkan RAM 6 GB dan memori internal 64 GB.

Dengan kapasitas yang besar tersebut, XOS berbasis Android Pie, yang jadi tampilan antarmuka HP ini berjalan dengan lancar. Multitasking juga jadi tidak terkendala dan sisa memori internal juga besar sesudah diambil oleh sistem. Satu keunggulan tersendiri tentunya dari Infinix S4.

Kekurangan Infinix S4

Infinix S4 juga punya beberapa kekurangan. Apa saja kekurangan tersebut? Simak poin-poinnya berikut ini.

1. Performa Tergolong Biasa

Performa Infinix S4

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=2SLrWHRqiJo

Meskipun mengusung RAM 6 GB, HP ini hanya menawarkan chipset Mediatek MT6762 Helio P22. Di dalam chipset ini, tersemat prosesor octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 dan pengolah grafis PowerVR GE8320.

Penggunaan Mediatek MT6762 Helio P22, menciptakan Infinix S4 berada di kelas terjangkau dan bersaing dengan HP seperti Oppo A1K, yang juga menggunakan chipset yang sama. Lantas, mirip apa performa dari Infinix S4 ini? Mari cek dengan nilai Antutu berikut ini.

antutu infinix s4

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=7La4DxiNlos

Dengan nilai Antutu 75 ribuan, terperinci performa HP ini pas-pasan. Hal ini terlihat dari pengujian yang dilakukan channel Youtube Mobiscrub. Channel tersebut menguji HP ini dengan menjalankan Asphalt 9. Hasilnya, Asphalt 9 berjalan lambat dan butuh perjuangan ekstra untuk mendapatkan framerates yang bagus.

Hal yang sama juga terlihat dari pengujian yang dilakukan GadgetsNDTV. Situs tersebut menguji HP ini dengan PUBG Mobile dengan pengaturan grafis “smooth” dan framerate “medium”. Hasilnya, PUBG Mobile berjalan dengan banyak lag. 

Namun, ada catatan menarik. Infinix S4 yang diuji oleh GadgetsNDTV dan Mobiscrub mempunyai RAM 3 GB. Tampaknya, Infinix S4 di luar hanya menawarkan RAM yang kecil, berbeda dengan Indonesia yang memberikan RAM 6 GB.

Tentu dengan RAM yang lebih besar, performa HP ini lebih baik, tetapi untuk multitasking. Untuk gim, sepertinya peningkatan tidak akan signifikan sebab yang bekerja lebih ekstra yaitu chipset. Karena alasan inilah, performa dari Infinix S4 ini tergolong biasa.

2. Layar Biasa Saja Tetapi Tidak Jelek

Infinix S4 memberikan  layar 6,2 inci dengan panel IPS LCD. Layarnya sendiri mengusung resolusi HD+ 720 x 1520 piksel. Untuk kelas harga Rp2 juta, tampilan layar ini tergolong biasa mengingat ada HP lain yang memperlihatkan resolusi Full HD mirip Redmi Note 7 atau Asus Zenfone Max Pro M1.

Namun, layar ini bukan berarti buruk. Hanya saja tergolong biasa. GadgetsNDTV sendiri menilai layar HP ini tergolong elok. Layarnya cerah saat di bawa ke luar ruangan. Hanya sekali lagi, bila dibandingkan HP lain di kelas harga yang tak jauh beda, jelas resolusi HD bukan yang terbaik.

3. Pengisian Daya Tidak Cepat

Infinix S4

Infinix S4 memang mempunyai daya tahan baterai yang awet. Sayangnya, HP ini tidak mempunyai kemampuan pengisian daya yang cepat. Alias HP ini tidak mendukung teknologi fast charging atau sejenisnya.

Namun, pengisiannya memang tidak begitu lambat. Seperti pengujian yang dilakukan GadgetsNDTV yang bilang jikalau HP ini mampu terisi 31 % dalam waktu 30 menit saja. Sementara untuk terisi penuh, mampu mencapai 2 jam. Tidak terlalu lama memang tetapi jelas tidak cepat juga.

4. Kemampuan Kamera Jelek di Kondisi Kurang Cahaya

hasil tangkapan kamera Infinix S4

* sumber: gadgets.ndtv.com

Foto di atas adalah foto hasil tangkapan kamera belakang Infinix S4 di kondisi malam. Menilik gambarnya, terang jikalau Infinix S4 bukanlah HP terbaik dalam menangkap foto di malam hari. Dibandingkan pesaingnya, mirip Realme 3 contohnya, hasil tangkapan kamera di malam hari dari HP tergolong buruk.

Simpulan

Infinix S4 memang menarik dengan memberikan gimmick mirip tiga kamera dan RAM 6 GB. Tetapi tagar #TabrakBatas kurang tepat alasannya adalah tidak jelas menabrak batas seperti apa yang ditawarkan Infinix S4 ini. Performa HP ini saja pas-pasan.

RAM 6 GB dan memori internal 64 GB memang jadi daya tarik. Namun, daya tarik sebenarnya dari HP ini adalah kamera depannya yang memberikan sensor 32 MP. Selebihnya, spesifikasinya biasa saja. Terlepas dari kekurangan yang ada, HP ini masih tergolong menarik. Tertarik? Silakan beli HP ini di toko online lewat link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online