Yuk, Ketahui Dulu Perbedaan Hp Iphone X, Xr, Xs Dan Xs Max!

Apple terkenal memiliki deretan flagship yang keren. Nah, di antara deretan flagship iPhone, ada seri X yang juga menarik untuk dibicarakan.

Apple sendiri mengeluarkan iPhone seri X yang populer dengan notch-nya. Kemudian disusul dengan iPhone seri XR, XS dan XS Max. Nah, kali ini Carisinyal akan membahas mengenai perbedaan antara keempat HP ini. Anda penasaran? Yuk, simak langsung saja pembahasannya di bawah ini.

Spesifikasi iPhone X

  • Chipset: Apple A11 Bionic (10 nm)
  • RAM & Memori: 3 GB & 256 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 12 MP
  • Baterai: Li-Ion 2716 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 15.299.000

Spesifikasi selengkapnya…

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

Spesifikasi iPhone XR

  • Chipset: Apple A12 Bionic (7 nm)
  • RAM & Memori: 3 GB & 256 GB
  • Kamera: 12 MP
  • Baterai: Li-Ion 2942 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 14.499.000

Spesifikasi selengkanya…

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

Spesifikasi iPhone XS

iphone xs

  • Chipset: Apple A12 Bionic (7 nm)
  • RAM & Memori: 4 GB & 256 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 12 MP
  • Baterai: Li-Ion 2658 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 17.999.000

Spesifikasi selengkanya…

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

Spesifikasi iPhone XS Max

  • Chipset: Apple A12 Bionic (7 nm)
  • RAM & Memori: 4 GB & 256 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 12 MP
  • Baterai: Li-Ion 3174 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 18.999.000

Spesifikasi selengkanya…

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

Perbedaan iPhone X, XR, XS dan XS Max

1. Ukuran Layar

Kelebihan dan Kekurangan iPhone XS

* sumber: www.techradar.com

Perbedaan yang paling menonjol di antara HP iPhone X, iPhone XR, iPhone XS dan juga XS Max salah satunya terdapat pada ukuran layarnya.

Untuk iPhone X dan iPhone seri XS mempunyai ukuran yang sama, adalah 5,8 inchi. Untuk HP iPhone seri XR sendiri mempunyai ukuran layar yang lebih besar dibandingkan kedua saudaranya yang lain, adalah sebesar 6,1 inchi. Dan satu lagi, ada HP iPhone seri XS Max yang mempunyai ukuran jumbo, adalah sebesar 6,5 inchi.

iPhone XS Max mungkin akan terasa sangat besar bila dipakai oleh anak kecil atau orang remaja dengan ukuran tangan yang kecil. Nah, jika Anda memiliki ukuran tangan yang kecil, Anda dapat menentukan iPhone seri X atau seri XS yang memiliki ukuran pas dalam genggaman.

Oh ya, selain ukuran layarnya yang berbeda, iPhone-iPhone ini juga memakai panel layar yang berbeda pula, lho. iPhone seri X, seri XS dan XS Max memakai panel OLED dengan teknologi Super Retina HD dan tentu saja sudah HDR.

Sementara untuk iPhone seri XR, beda lagi. Karena HP ini merupakan versi lite atau versi murah dari iPhone seri X, Apple membekalinya dengan layar ber-panel IPS LCD dengan teknologi Liquid Retina HD dan belum support HDR. Meski begitu, layar dari iPhone seri XR ini tentu tetap mempunyai kualitas warna yang cantik dan nyaman dipandang mata.

2. Chipset yang Digunakan Berbeda

Chipset Apple A12

* sumber: tekno.kompas.com

Beralih ke sektor dapur pacunya. Untuk chipset, hanya iPhone X saja yang mempunyai perbedaan. iPhone X memakai chip A11 bionic dengan neural engine.

Sementara, ketiga seri Iphone yang lain menggunakan chip A12 bionic. Seperti yang dilansir dari Kompas, perbedaan antara chip A11 dan A12 ini tentu saja sangat besar. Mulai dari pengolahan grafis, sampai dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang lebih mumpuni.

Kompas juga menuturkan, chipset Apple A12 dibuat lebih kecil dibandingkan dengan pendahulunya, Apple A11 bionic. Chip A12 juga dibuat lebih 1,6 kali lebih padat dibandingkan chip Apple A11 bionic, lho.

Nah, meski berbeda, kedua chip ini tentu saja sangat powerful. Sehingga, HP iPhone seri X maupun XR, XS sampai XS Max memiliki performa yang lancar. Semua HP iPhone seri X ini tentu cocok untuk digunakan beraktivitas biasa, seperti membuka sosial media, streaming YouTube sampai bermain PUBG atau Fortnite.

3. Ketahanan Terhadap Air dan Debu

IP67

Keempat seri iPhone ini mempunyai ketahanan terhadap air dan debu. Untuk iPhone seri X dan seri XR memiliki sertifikasi IP67. Sehingga, kedua HP ini mampu bertahan di kedalaman air maksimal 1 meter selama kurang lebih 30 menit.

Nah, sedangkan Iphone XS, dan XS Max sudah mengantongi akta IP68 yang tentu membuatnya lebih baik dari iPhone seri X dan XR. Sertifikat IP68 ini membuat iPhone XS dan seri XS Max mampu bertahan pada kedalaman air maksimal 2 meter selama 30 menit.

So, jikalau Anda memiliki salah satu atau bahkan keempat HP ini, Anda nggak perlu khawatir berlebihan HP-nya akan rusak jika tidak sengaja nyemplung ke dalam air.

4. Dimensi Berbeda

iPhone XS

* sumber: www.techradar.com

iPhone X dan XS memiliki banyak kesamaan untuk ukuran, perbedaannya hanya terdapat pada berat. iPhone X dan seri XS memiliki tinggi 143,6 mm (5,65 inchi), lebar 70,9 mm (2,79 inchi), dan tebal 7,7 mm (0,30 inchi).

Sedangkan untuk beratnya, iPhone seri X mempunyai berat sebesar 170 gram dan iPhone XS memiliki berat sekitar 177 gram. Oh ya, iPhone seri XR mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan kedua seri iPhone tersebut.

iPhone XR memiliki tinggi 150,9 mm (5,94 inchi), lebar 75,7 mm (2,98 inchi, tebal 8,3 mm (0,33 inchi) dan berat sebesar 194 gram. iPhone XS Max kembali mengungguli ketiga saudaranya dengan memiliki ukuran dimensi yang lebih besar.

iPhone XS Max memiliki tinggi 157,5 mm (6,20 inchi), lebar 77,4 mm (3,05 inchi), tebal 7,7 mm (0,30 inchi), dan berat 208 gram. Dengan begini iPhone XS Max mempunyai ukuran yang besar dengan ketebalan yang sama seperti Iphone X dan XS.

5. Kapasitas dan Daya Tahan Baterai Berbeda

iPhone XS vs iPhone X

* sumber: www.techradar.com

Untuk kapasitas baterai, iPhone memang memiliki kapasitas baterai yang tergolong kecil jika dibandingkan dengan HP Android. Meskipun begitu, baterai dari iPhone mempunyai daya tahan yang mampu disandingkan dengan HP Android yang mempunyai kapasitas baterai yang besar.

Baterai dari iPhone X mempunyai kapasitas 2716 mAh. iPhone XR memiliki kapasitas baterai sebesar 2942 mAh. Sedangkan iPhone XS memiliki kapasitas yang paling kecil, yakni 2658 mAh. Nah, iPhone XS Max mempunyai kapasitas yang paling jumbo, adalah 3.174 mAh. Keempat seri ini bisa mengisi daya penuh dalam satu jam kalau menggunakan adaptor 18W atau lebih tinggi.

Untuk daya tahan sendiri, iPhone XR mempunyai keunggulan dibandingkan dengan ketiga saudaranya yang lain. Dilansir dari situs resmi Apple, iPhone XR diklaim mampu bertahan sampai 15 jam untuk pemakaian internet, 25 jam untuk pemakaian telepon,16 jam untuk pemutaran video dan 65 jam untuk pemutaran audio.

Sementara untuk saudaranya yang lain hanya bertahan hingga 13 jam dengan rincian untuk penggunaan internet, 21 jam untuk pemakaian telepon, 14 jam untuk pemakaian video, 60 jam untuk pemutaran audio.

iPhone XS Max, hanya mempunyai dua kesamaan dengan iPhone seri XR, adalah 25 jam untuk pemakaian telepon, dan 65 jam untuk pemutaran audio. For your berita, keempat seri HP ini didukung dengan pengisian daya tanpa kabel alias wireless charging, lho.

6. Variasi Kapasitas Penyimpanan

Non-Removable Battery

Hampir semua orang mengetahui kalau iPhone mempunyai kapasitas penyimpanan yang tinggi. iPhone X mempunyai variasi penyimpanan 64, dan 256 GB. iPhone XR mempunyai kapasitas penyimpanan 64, 125, 256 GB. iPhone XS dan XS Max memiliki variasi penyimpanan yang sama, yakni 64, 256, dan 512 GB.

7. Perbedaan Harga

Apple iPhone XS

* sumber: www.techradar.com

Seperti yang kita kenal, iPhone dikenal sebagai smartphone-nya anak sultan. Hal ini bisa dibuktikan dengan tingginya harga keempat seri iPhone ini.

iPhone seri X memiliki harga dengan kisaran Rp13,3 juta untuk varian RAM 3 GB + ROM 64 GB dan harga Rp15,3 juta untuk varian RAM 3 GB + ROM 256 GB.

iPhone XR mempunyai kisaran harga Rp12 juta untuk varian RAM 3 GB + ROM 64 GB Rp13 juta untuk varian RAM 3 GB+ ROM 128 GB dan Rp15 juta untuk varian RAM 3 GB+ ROM 256 GB. iPhone XS memiliki kisaran harga Rp16 juta untuk varian RAM 4 + ROM GB.

Simpulan

Menilik spesifikasinya yang memang sangat mumpuni, HP ini dinilai wajar jikalau memiliki harga yang selangit. Namun, bagi sebagian orang, harga dari HP besutan Apple ini disebut tidak masuk logika. Namun itulah ciri khas dari Apple yang memang selalu membanderol HP-nya dengan harga tinggi.

Seperti yang sudah disampaikan di atas, HP iPhone ini cocok untuk digunakan beraktivitas biasa seperti membuka aplikasi sosial media, streaming YouTube maupun untuk bermain game. Namun alasannya harganya yang tinggi tadi, tidak semua orang mampu memilikinya. Nah, bagaimana, Anda tertarik untuk memiliki salah satunya?

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online