Yuk, Ketahui 7 Perbedaan Infinix Smart 2 Dan Smart 3 Plus Ini!

Saat ini Carinyal akan membahas perbedaan dua smartphone murah dari Infinix, ialah Infinix Smart 2 yang dirilis tahun 2018 dan Infinix Smart 3 Plus yang dirilis pada Mei 2019 yang merupakan model teranyar di seri Infinix Smart. Kedua ponsel dijual di range harga yang tidak terlalu jauh sehingga cukup menarik untuk diketahui perbedaan-perbedaan di antara keduanya.

Sebelum masuk ke bahasan utama, sebaiknya kamu melihat dulu spesifikasi lengkap Infinix Smart 2 dan Infinix Smart 3 Plus di bawah ini. Gunakan juga fitur pembanding Carisinyal untuk mengetahui sekilas perbedaannya.

Spesifikasi Infinix Smart 2

  • Chipset: MediaTek MT6739
  • RAM & Memori: 2 GB & 16 GB
  • Kamera: 13 MP
  • Baterai: Li-Ion 3050 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 1.099.000

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Infinix Smart 3 Plus

  • Chipset: Mediatek MT6761 Helio A22 (12 nm)
  • RAM & Memori: 2 GB & 32 GB
  • Kamera: Triple 13 MP + 2 MP + QVGA
  • Baterai: Li-Po 3500 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 1.199.000

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Infinix Smart 2 dan Smart 3 Plus

Di bawah ini ialah beberapa perbedaan utama Infinix Smart 2 dan Infinix Smart 3 Plus yang berhasil Carisinyal kumpulkan. Untuk mengetahui detail perbedaan yang lebih lengkap di antara keduanya, silahkan untuk memakai fitur pembanding ponsel Carisinyal ya.

1. Baterai

Baik Infinix Smart 2 maupun Smart 3 Plus sama-sama dikemas dengan kapasitas baterai di atas 3000 mAh, tepatnya adalah 3050 mAh untuk Smart 2 (berjenis Lithium Ion) dan 3500 mAh untuk Smart 3 Plus (berjenis Lithium Polymer). Keduanya bersifat non-removable alias tidak mampu dilepas.

Dalam hal ini daya tahan Infinix Smart 3 Plus tentunya lebih unggul dibanding Infinix Smart 2. Walaupun demikian, kedua perangkat tersebut dijual di range harga yang tidak terlalu jauh. Dan untuk memastikan smartphone mana yang lebih unggul, ayo lanjut mengetahui perbedaan-perbedaan selanjutnya.

2. Fingerprint

Jika kamu sedang mencari smartphone murah sejutaan yang membawa fitur sensor sidik jari atau fingerprint, maka salah satu pilihannya yaitu Infinix Smart 3 Plus. Smartphone tersebut telah dibekali dua fitur biometrik, ialah fingerprint di panel belakang dan face unlock di panel depan.

Lain hal dengan Infinix Smart 2. Perangkat ini hanya membawa fitur face unlock saja untuk membuka terusan ponsel ketika terkunci. Sensor pembuka wajah mungkin tidak bekerja secepat sensor sidik jari. Jadi, jikalau kamu kurang percaya diri menggunakan fitur tersebut di Infinix Smart 2, opsi lainnya yaitu memakai fitur pengaman ponsel standar mirip arahan kanal.

3. Kamera

Smartphone dengan kamera ganda atau lebih ketika ini sedang menjadi primadona di kalangan pecinta gadget. Infinix pastinya ingin masuk ke pasar ini salah satunya dengan mengandalkan Smart 3 Plus. Ya, ponsel terjangkau tersebut tiba dengan tiga modul kamera 13 MP + 2MP + QVGA.

Ketiga kamera belakang Smart 3 Plus berfungsi sebagai kamera utama, kamera kedalaman RGB, dan kamera pendeteksian mode malam. Untuk menghasilkan pencitraan yang berkualitas baik di kondisi cahaya cukup atau kurang, Infinix telah melengkapi ketiganya dengan teknologi potret AI dan lampu kilat ganda.

Berbanding terbalik dengan Smart 3 Plus, Smart 2 hanya memiliki satu modul kamera sebesar 13 MP yang dilengkapi dengan fitur Dual-LED flash, panorama, dan HDR. Hasil bidikannya mungkin tidak sebaik triple kamera milik Smart 3 Plus, tapi hal ini masih dapat mengemban amanah untuk menangkap banyak sekali momen indah.

Kualitas video yang mampu direkam oleh kamera utama kedua ponsel mencapai [email protected] Dan untuk kamera selfie-nya sendiri, sensor sebesar 8 MP telah dibenamkan di masing-masing ponsel. Pada bab ini Infinix Smart 2 lebih unggul alasannya adalah kamera selfie miliknya dilengkapi dengan fitur lampu kilat ganda.

4. Memori

ram android

Smartphone Infinix Smart 2 dan Infinix Smart 3 Plus yang beredar di pasaran Indonesia memiliki perbedaan di sektor memori. Smart 2 contohnya, ponsel tersebut dijual dengan memori 2 GB RAM dan 16 GB ROM. Sedangkan Smart 3 Plus lebih unggul dengan 2 GB RAM dan 32 GB ROM. Jika ruang penyimpanan dirasa kurang, kau masih dapat melaksanakan perluasan sampai 128 GB menggunakan memori eksternal (slot tersedia).

5. Platform

OS yang dipakai oleh Infinix Smart 2 untuk beroperasi adalah XOS (versi belum diketahui) berbasis Android 8.1 Oreo. Sedangkan Infinix Smart 3 Plus berjalan di XOS berbasis Android 9.0 Pie. Dalam hal ini Smart Plus 3 mempunyai keunggulan karena menggunakan versi Android paling baru yang mampu beroperasi lebih efisien dan cendekia.

Performa Infinix Smart 2 ditunjang oleh chipset MediaTek MT6739, CPU empat inti 1.5 GHz Cortex-A53, dan pengolah grafis PowerVR GE8100. Infinix Smart 3 Plus hadir dengan kinerja lebih baik, adalah chipset Mediatek MT6761 Helio A22 (12 nm), CPU empat inti 2.0 GHz Cortex-A53, dan pengolah grafis PowerVR GE8320.

Dari sini kita mampu menilai bahwa kedua ponsel tidak ditujukan bagi penggunaan-penggunaan berat. Akan tetapi, peran-peran dasar smartphone era sekarang masih mampu dilakukan dengan baik oleh Infinix Smart 2 maupun Infinix Smart 3 Plus yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

6. Layar

Kedua smartphone sama-sama menggunakan panel layar berjenis IPS LCD. Perbedaan di sektor ini terjadi di bab ukuran layar, 5.5 inci untuk Infinix Smart 2 dan 6.2 inci untuk Infinix Smart 3 Plus. Resolusi layar Smart 2 yaitu 720 x 1440 piksel dengan rasio 18:9 dan kerapatan piksel 293 ppi. Sedangkan resolusi layar Smart 3 Plus yakni 720 x 1520 piksel dengan rasio 19:9 ratio dan kerapatan piksel 269 ppi.

Infinix Smart 2 yang dikemas dengan layar tampilan penuh bisa menawarkan pengalaman menonton film yang lebih menyenangkan. Selain itu, ukuran layar yang dimiliki oleh perangkat ini membuatnya lebih mudah ketika pengoperasian menggunakan satu tangan.

Untuk Infinix Smart 3 Plus, ponsel tersebut memiliki tampilan layar waterdrop yang bisa menyuguhkan detail warna yang hidup dan kaya dalam setiap bagiannya. Merasakan pengalaman menonton film atau hiburan-hiburan ringan lainnya juga terasa menyenangkan dengan layar Smart 3 Plus yang luas ini.

7. Body

Infinix Smart 2 tentunya memiliki ukuran body yang lebih ringkas, ialah 148 x 71 x 8.4 mm. Desainnya terlihat modern dengan nuansa metalik dan stylish dengan empat pilihan warna keren, adalah sandstone black, bordeaux red, serene gold, dan city blue. Panel depan ponsel ini tidak memiliki notch sehingga terasa lebih simpel.

Infinix Smart 3 Plus mempunyai ukuran body yang lebih besar tetapi dibuat lebih tipis, ialah 157 x 76 x 7.8 mm. Desain ponsel ini terlihat lebih modern dibanding Smart 2. Permukaan body-nya dibuat seperti cermin dengan pilihan warna yang lebih muda: sapphire cyan, mocha brown, dan midnight black.

Panel belakang Smart 3 Plus adalah tempat bagi tiga unit kamera, lampu kilat, dan sensor sidik jari. Kamu mungkin mampu lebih percaya diri dikala sedang melaksanakan pemotretan dengan Smart 3 Plus alasannya adalah ponsel tersebut memang eye-catching. Panel depannya juga mempunyai notch tetesan embun yang mengisyaratkan kemodern-an smartphone ini.

Simpulan

Infinix Smart 2 dan Smart 3 Plus yaitu ponsel entry level yang dijual hanya Rp 1 jutaan saja. Fitur-fitur yang dibawa oleh kedua perangkat dinilai unggul untuk harga yang ditawarkannya, terutama Infinix Smart 3 Plus. Jika kau ingin merasakan pengalaman memotret dengan tiga kamera di satu genggaman, Smart 3 Plus mampu menjadi salah satu jawabannya.

Kedua smartphone sudah mampu kamu dapatkan di toko-toko online. Jika ingin memiliki salah satunya kami sarankan untuk membeli produk tersebut di Bukalapak melalui link ini (Infinix Smart 2) dan link ini (Infinix Smart 3 Plus).

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online