Yuk, Ketahui 7 Perbedaan Hp Vivo V11 Dan Vivo V11 Pro!

Bukan cuma Xiaomi, Vivo juga telah banyak meluncurkan rentetan HP dengan beragam fitur juga spesifikasi yang ditawarkan. HP yang banyak disukai kaum hawa sebab mengusung desain yang manis ini juga sempat meluncurkan HP Vivo V11 dan V11 Pro yang juga banyak dicari oleh para pecinta gadget. Tidak sedikit orang yang tertarik untuk membeli HP yang dirilis merk asal Tiongkok ini.

Buat Anda yang tertarik untuk membeli HP ini dan kebingungan untuk menentukan mana yang terbaik di antara HP Vivo V11i atau Vivo V11 dengan Vivo V11 Pro, yuk simak langsung saja pembahasan Carisinyal ihwal 7 perbedaan HP Vivo V11 dan Vivo V11 Pro di bawah ini.

Spesifikasi Vivo V11

Vivo V11 nbl

  • Chipset: Mediatek MT6771 Helio P60 (12 nm)
  • RAM & Memori: 4 GB & 128 GB
  • Kamera: Dual 16 MP + 5 MP
  • Baterai: Li-Po 3315 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 4.500.000

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Vivo V11 Pro

  • Chipset: Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm)
  • RAM & Memori: 6 GB & 64 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 5 MP
  • Baterai: Li-Po 3400 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 4.999.000

Spesifikasi selengkanya…

Perbedaan Vivo V11 dan Vivo V11 Pro

1. Ukuran Layar Beda Tipis

vivo v11 gadgetbytes_camsample_1

* sumber: www.youtube.com

Jika ditanya soal perbedaan yang ada pada HP Vivo V11 atau V11i dan Vivo V11 Pro, salah satu di antaranya yaitu ukuran layarnya. Vivo V11 mengusung layar 6.3 inci dengan resolusi full HD+ 1080 x 2280 piksel dan rasio layarnya berukuran 19:9.

Sedangkan saudaranya, Vivo V11 Pro, hadir dengan ukuran layar yang berbeda tipis dengan Vivo V11, yaitu sebesar 6.4 inci dengan resolusi full HD+1080 x 2340 piksel. Rasio layarnya masih sama dengan Vivo V11, ialah 19:9.

Baik Vivo V11 dan Vivo V11 Pro hadir dengan bezel tipis yang menciptakan tampilan layarnya terasa semakin luas. Ada juga notch berbentuk dewdrop atau waterdrop yang terlihat seperti tetesan air di bab atas layarnya, sehingga layar HP ini tampilannya sudah bisa dibilang sangat kekinian.

2. Panel Layar IPS LCD vs Super AMOLED

vivo v11 gadgetbytes_camsample_4

* sumber: www.youtube.com

Ukuran layar boleh beda tipis, tapi panel layar yang dipakai pada Vivo V11 dan Vivo V11 Pro berbeda sama sekali. Ya, jika HP Vivo V11 masih mengusung panel layar berteknologi IPS LCD yang tergolong biasa saja, Vivo V11 Pro sudah menggunakan panel layar berteknologi OLED yang punya tampilan lebih baik, dengan kontras dan ketajaman layar yang lebih baik pula.

Namun, bukan berarti layar yang menggunakan panel IPS LCD ini jelek. Layarnya masih lezat dipandang mata, kok. Sudut pandangnya juga baiklah dan tetap nyaman untuk digunakan bermain game atau menonton film. Apalagi layar Vivo V11 sudah beresolusi full HD+.

3. Snapdragon vs Mediatek

Mediatek vs Snapdragon

Perbedaan lainnya yang paling menonjol dari kedua HP ini ada pada sektor dapur pacunya. Yup, HP Vivo V11 mengusung chipset dari Mediatek, adalah Helio P60. Sementara saudaranya, Vivo V11 Pro mengandalkan chipset besutan Qualcomm, adalah Snapdragon 660.

Baik chipset Helio P60 maupun Snapdragon 660 merupakan chip yang masuk ke dalam jajaran kelas menengah. Keduanya bisa menunjang kelancaran performa ponsel. Apalagi, kalau Anda memakai HP hanya untuk aktif di sosial media semisal Instagram dan Twitter, atau nonton serial Netflix favorit Anda, HP dengan chip Helio P60 maupun Snapdragon 660 tentu dapat dengan mudah mengeksekusinya.

Bahkan, Anda masih mampu memainkan game seperti PUBG Mobile yang membutuhkan HP dengan spesifikasi tinggi, dapat dimainkan dengan lancar di kedua HP yang memakai chipset kelas menengah ini, meski setting grafisnya harus diatur menjadi medium.

Skor AnTuTu yang diperoleh Vivo V11 dan V11 Pro juga tak berbeda jauh. Keduanya memperoleh skor di atas 110 ribu. Jadi, singkat kata, performa kedua HP ini sama-sama anggun di kelasnya, meski chip yang digunakan berbeda. Anda pilih yang mana, nih?

4. Resolusi Kamera

gadgetin vivo v11

* sumber: www.youtube.com

Satu perbedaan lainnya dari Vivo V11 dan Vivo V11 Pro ada di sektor kameranya. Baik Vivo V11 dan Vivo V11 Pro memang sama-sama dibekali dengan dua lensa kamera di bab belakang bodinya, serta satu lensa kamera selfie berukuran 25 MP di bab depan layarnya.

Nah, walau sama-sama mengusung dua lensa kamera belakang, lensa dari Vivo V11 dan Vivo V11 Pro ini punya resolusi yang berbeda.

Vivo V11 dibekali lensa 16 MP dengan bukaan lensa f/2.0 serta ada phase detection auto focus, yang mampu membuat fokus terkunci dengan lebih baik pada area/objek yang akan dibidik. Sementara satu lensanya lagi yaitu lensa 5 MP yang merupakan lensa depth sensor atau untuk sensor kedalaman yang biasanya bisa membuat imbas bokeh atau background blur. Kamera utama dari Vivo V11 ini dibekali dengan fitur HDR, panorama, dan LED flash.

Nah, beralih ke sektor kamera utama dari Vivo V11 Pro. HP ini juga dibekali dengan dua lensa kamera, hanya saja lensanya berukuran 12 MP dan bukaan lensanya f/1.8, sedikit lebih besar ketimbang bukaan lensa kamera Vivo V11. Biasanya semakin besar bukaannya, semakin banyak cahaya yang masuk ke lensa. Sehingga biasanya kameranya suitable untuk dipakai memotret dalam keadaan minim cahaya.

Oh ya, Vivo V11 Pro juga punya satu lensa kamera sekunder 5 MP yang juga berfungsi sebagai depth sensor. Kamera belakang HP ini juga punya fitur HDR dan panorama, serta sudah dilengkapi LED Flash dan dual pixel phase detection auto focus untuk hasil foto maksimal.

Hasil jepretan dari kamera Vivo V11 Pro tentunya juga mempunyai kualitas yang baik. Apalagi, ada teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence pada kameranya. Dengan hadirnya AI, biasanya hasil foto akan terlihat lebih anggun dan punya warna yang lebih hidup. For your berita, kamera Vivo V11 juga sudah mengantongi teknologi AI, kok.

Baik Vivo V11 dan Vivo V11 Pro sama-sama dibekali kamera selfie berukuran 25 MP. Namun lensa kamera depan yang ada pada Vivo V11 ini adalah lensa berjenis wide yang dapat mengambil foto dengan jangkauan yang lebih luas, bukan lensa kamera biasa.

5. UDFP vs Rear Mounted Fingerprint Sensor

kelebihan dan kekurangan vivo v11 gadgetin

* sumber: www.youtube.com

Vivo V11 dan Vivo V11 Pro punya perbedaan letak sensor sidik jarinya. Vivo V11 masih menggunakan sensor sidik jari berbentuk fisik yang terletak sempurna di bab belakang bodinya. Sementara Vivo V11 Pro sudah mengusung teknologi Under Display Fingerprint atau UDFP.

Vivo V11 Pro bukanlah HP Vivo pertama yang sudah dibekali dengan sensor sidik jari yang terletak di bawah permukaan layar. Sebelumnya, ada Vivo X20 UD yang telah membawa teknologi canggih ini. Hanya saja, HP ini tidak masuk secara resmi ke pasar gadget Indonesia.

Selain sensor sidik jari di bawah layar, Vivo V11 Pro juga dibekali dengan fitur Face Access alias teknologi face unlock ala Vivo.

6. Kapasitas dan Daya Tahan Baterai

vivo v11 gadgetbytes_camsample_6

* sumber: www.youtube.com

Bukan hanya chipset sampai daya tahan baterainya saja yang berbeda. Vivo V11 dan Vivo V11 Pro juga punya kapasitas baterai yang berbeda. Vivo V11 Pro mengusung baterai berkapasitas 3400 mAh, sementara Vivo V11 mempunyai baterai dengan kapasitas 3315 mAh. Bedanya tak begitu kentara memang.

Namun, baterai kedua ponsel ini mampu bertahan usang hingga seharian apabila dipakai secara masuk akal. HP Vivo V11 dan Vivo V11 Pro sudah dibekali dengan teknologi fast charging untuk pengisian daya baterai yang lebih cepat. GadgetIn menuturkan, butuh waktu sekitar 30 menit untuk mengisi daya baterai sampai mencapai 34% dan 120 menit untuk mengisi daya baterainya sampai penuh.

Sementara untuk Vivo V11 Pro yang sudah dilengkapi teknologi fast charging yang lebih canggih, yaitu dual engine fast charging, diperlukan waktu sekitar 30 menit untuk mengisi baterai hingga 50%. Dan untuk mengisi baterai hingga penuh, estimasi waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 90 menit.

7. Varian RAM

perbedaan vivo v11 dan vivo v11 pro vivo v11 gadgetbytes_camsample_5

* sumber: www.youtube.com

Kedua HP ini juga ternyata punya varian RAM dan ROM yang berbeda. Vivo V11 hadir dengan pilihan kapasitas RAM 4 GB dan memori internalnya 64 GB yang dibanderol dengan harga 3.8 jutaan rupiah per unitnya. Sementara untuk Vivo V11 Pro, tersedia dalam varian RAM 6 GB dan ROM 64 GB yang dipasarkan seharga 4.9 jutaan per unit.

Simpulan

Kedua HP Vivo di atas memiliki performa yang hampir serupa. Keduanya sama-sama lezat untuk digunakan menjalankan aneka macam aplikasi, termasuk bermain game. Nah, jika Anda membutuhkan HP Vivo seri ini namun tak membutuhkan sensor sidik jari di layar, Anda bisa menentukan Vivo V11 saja.

Namun, jikalau Anda membutuhkan HP yang punya sensor sidik jari di layar hingga fitur fast charging yang canggih, Anda mampu menjatuhkan pilihan pada Vivo V11 Pro. Bagaimana, Anda tertarik untuk membeli salah satunya?

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online