Yuk, Ketahui 6 Perbedaan Realme 5 Dan Realme 5 Pro!

Realme 3 series hadir dengan Realme 3 dan Realme 3 Pro. Generasi penerus HP ini adalah Realme 5 series yang terdiri dari Realme 5 dan Realme 5 Pro. Mengapa tidak ada Realme 4? Bisa jadi alasannya karena 4 dianggap angka sial oleh orang Tiongkok, vendor tempat Realme berada. Makanya tidak ada seri 4 di HP ini.

Realme 5 dan Realme 5 Pro sendiri memberikan spesifikasi yang menarik. Kedua HP ini hadir dengan spesifikasi yang tergolong setuju, terutama dari sisi desainnya. Hanya saja kedua HP ini mempunyai spesifikasi yang berbeda. Mari telisik terlebih dulu spesifikasi kedua HP ini.

Spesifikasi Realme 5

  • Chipset: Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
  • RAM & Memori: 3 GB & 32 GB, dll
  • Kamera: Quad 12 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Realme 5 Pro

realme 5 Pro

  • Chipset: Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 (10 nm)
  • RAM & Memori: 4/64 GB, 6/64 GB, 8/128 GB
  • Kamera: Quad 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Baterai: Li-Po 4035 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 2.800.000 (4/64)

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Realme 5 dan Realme 5 Pro

Setelah mengetahui spesifikasi kedua HP ini, mari simak perbedaan apa saja dari Realme 5 dan Realme 5 Pro ini. Apakah kedua HP ini memiliki perbedaan spesifikasi yang signifikan? Untuk menjawabnya, pribadi simak enam perbedaannya berikut ini.

1. Dimensi dan Layar

Realme 5

Realme 5 dan Realme 5 Pro mempunyai desain bodi yang mirip. Hanya saja keduanya hadir dengan ukuran dimensi yang berbeda. Realme 5 memberikan ukuran dimensi 164.4 x 75.6 x 9.3 mm sementara Realme 5 Pro hadir dengan dimensi 157 x 74.2 x 8.9 mm.

Dimensi Realme 5 lebih besar sehingga menciptakan bobotnya lebih besar yaitu 198 gram. Sementara Realme 5 Pro mempunyai bobot 184 gram. Perbedaan bobot dan dimensi ini juga dipengaruhi alasannya adalah ukuran layar yang dipakai kedua HP berbeda.

Realme 5 tiba dengan layar 6,5 inci beresolusi 720 x 1600 piksel. Sementara Realme 5 Pro tiba dengan dimensi layar 6,3 inci dan menawarkan resolusi 1080 x 2340 piksel. Perbedaan tidak umum, mengingat biasanya versi “pro” memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan versi standar.

Oh yah soal layar, kedua HP ini menggunakan panel IPS LCD. Layar kedua HP ini juga dilindungi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3+. Dan satu hal lagi yang menarik dari desain dan build quality kedua HP ini ialah fakta bila kedua HP ini diklaim memiliki ketahanan terhadap cipratan air.

2. Chipset yang Digunakan

snapdragon 712

 

Realme 5 dan Realme 5 Pro sama-sama memberikan chipset Qualcomm Snapdragon. Bedanya, Realme 5 diotaki dengan chipset Snapdragon 665 yang merupakan penerus dari Snapdragon 660. Sementara Realme 5 Pro dibekali dengan chipset Snapdragon 712.

Snapdragon 665 sendiri diotaki prosesor octa-core dengan rincian empat core Kryo 260 Silver 1.8 GHz untuk performa ekonomis daya dan empat core Kryo 260 Gold 2.0 GHz untuk performa kencang. Sementara Snapdragon 712 hadir dengan prosesor octa-core yang teridiri dari enam core Kryo 360 Silver 1.7 GHz untuk performa irit daya dan dua  core Kryo 260 Gold 2.3 GHz untuk performa kencang.

Performa Snapdragon 712 jelas lebih baik jika dibandingkan Realme 5 Pro. Nilai Antutu dari Snapdragon 712 mencapai 180 ribuan sementara Snapdragon 665 berada di kisaran angka 130 ribuan. Jelas, performa Realme 5 Pro lebih baik kalau dibandingkan Realme 5 versi standar soal performa kedua HP ini lebih dalam, mampu simak di artikel kelebihan dan kekurangan Realme 5 dan kelebihan dan kekurangan Realme 5 Pro.

3. Varian RAM

Realme 5 Pro

Realme 5 dan Realme 5 Pro datang dengan varian RAM dan memori internal yang berbeda. Jika menyelidiki perbandingan spesifikasi kedua HP di GSMArena, tercatat jika Realme 5 dan Realme 5 Pro memberikan tiga varian RAM dan memori internal.

Varian pertama dari Realme 5 ialah RAM 3 GB dengan memori internal 32GB. Varian kedua adalah RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Varian ketiga adalah RAM 4 GB dengan memori internal 128 GB. 

Realme 3 Pro juga hadir dengan tiga varian. Varian pertama yakni RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Varian kedua RAM 6 GB dengan memori internal 64 GB. Varian ketiga yakni RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB. 

Kedua HP sendiri sama-sama mendukung penyimpanan eksternal melalui microSD sampai 256 GB. Menariknya, kedua HP sama-sama mendukung triple SIM tray, artinya baik Realme 5 maupun Realme 5 Pro mendukung penggunaan dual SIM dengan slot microSD.

4. Sektor Kamera

Realme 5

Realme 5 dan Realme 5 Pro sama-sama hadir menunjukkan total 5 kamera, yang tediri dari 4 kamera di belakang dan 1 kamera depan. Konfigurasi kamera belakang kedua HP ini sama, hanya saja ukurang sensor yang digunakan kedua HP untuk kamera utamanya berbeda.

Kamera pertama Realme 5 yakni kamera 12 MP dengan bukaan f/1.8 yang sudah mendukung fitur PDAF. Kamera kedua yakni kamera tipe ultra-wide 8 MP yang mempunyai bukaan f/2.2. Kamera ketiga merupakan kamera makro 2 MP. Kamera terakhir ialah kamera 2 MP untuk memberikan imbas bokeh.

Kamera utama Realme 5 ialah kamera dengan sensor Sony  IMX 586 48 MP  yang mempunyai bukaan f/1.8. Kamera kedua adalah kamera tipe ultra-wide dengan ukuran sensor 8 MP. Kamera ketiga ialah kamera makro 2 MP. Kamera keempat adalah kamera 2 MP yang berfungsi sebagai pemberi imbas bokeh.

Menilik perbedaan kamera belakangnya, tampak jikalau tiga kamera lainnya mempunyai ukuran sensor yang serupa. Pembeda hanya di kamera utamanya saja.

Pembeda lain di sektor kamera ada di bab depan. Realme 5 tiba dengan kamera 13 MP dengan bukaan f/2.0 sementara Realme 5 Pro dibekali kamera depan 16 MP dengan bukaan. Kamera depan kedua HP ini sama-sama memperlihatkan fitur HDR dan panorama serta mendukung rekaman video 1080p 30fps. 

5. USB Type-C dan MicroUSB

Realme 5 Pro

Realme 5 dan Realme 5 Pro mempunyai pembeda di sisi port. Realme 5 masih menawarkan port microUSB. Sementara Realme 5 Pro sudah hadir dengan port USB Type-C 1.0 dengan teknologi reversible connector alias kedua ujung kabel sudah menggunakan USB Type-C. Jelas  ini menciptakan Realme 5 Pro mempunyai fitur yang lebih modern jika dibandingkan dengan Realme 5

6. Kapasitas Baterai dan Teknologinya

baterai realme 5

Pembeda lain dari kedua HP ini ada di sektor baterai. Karena Realme 5 memberikan dimensi layar yang lebih lebar, maka kapasitas baterai yang tertanam di HP ini memiliki kapasitas yang besar. Tak tanggung-tanggung, Realme 5 memiliki baterai dengan tipe Li-Po berkapasitas 5.000 mAh. Sementara Realme 5 Pro hanya menawarkan baterai tipe Li-Po berkapasitas 4.035 mAh.

Meskipun kapasitas baterai Realme 5 lebih besar, teknologi yang menyertainya tidak sebagus Realme 5 Pro. Realme 5 tidak mendukung teknologi pengisian cepat sehingga pengisian baterai Realme 5 tergolong lama. Realme 5 Pro justru lebih baik dengan pinjaman teknologi VOOC 3.0 fast battery charging 20W yang memungkinkan baterai HP mampu terisi 50% hanya dalam waktu 30 menit saja.

Simpulan

Selain keenam pembeda tersebut, Realme 5 dan Realme 5 Pro memiliki pembeda di varian model. Realme 5 mempunyai model Crystal Purple dan Crystal Blue sementara Realme 5 Pro memiliki model Crystal Green dan Crystal Blue. 

Menilik perbedaan kedua HP, mampu disimpulkan jika Realme 5 dan Realme 5 Pro mempunyai beberapa perbedaan mencolok. Realme 5 unggul di sektor layar yang lebih lebar efisiensi performa, dan daya tahan baterai yang lebih baka. Sementara Realme 5 Pro unggul di sektor performa yang lebih kencang, kamera belakang dan depan yang lebih baik, serta kehadiran port USB Type-C beserta teknologi pengisian cepat VOOC 3.0.

Menilik spesifikasi yang ditawarkan, tampak bila Realme 5 lebih menyasar pengguna yang butuh HP untuk kebutuhan multimedia karena menunjukkan layar yang lebar dan daya tahan baterai yang infinit. Sementara Realme 5 Pro ditujukan untuk pengguna yang butuh HP untuk main gim dan sudah mendukung teknologi pengisian cepat. Tertarik dengan kedua HP ini?

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online