Yuk, Ketahui 10 Kelebihan Dan Kekurangan Xiaomi Mi 9 Lite!

Xiaomi Mi 8 Lite mempunyai penerusnya, Xiaomi Mi 9 Lite. Ponsel yang satu ini hadir sebagai pelengkap dari Xiaomi Mi 9 series seperti Xiaomi Mi 9, Xiaomi Mi 9 Pro, Xiaomi Mi SE, dan Xiaomi Mi 9T.

Lalu seperti apa sebetulnya Xiaomi Mi 9 Lite. Apakah ponsel ini memiliki peningkatan yang cukup signifikan kalau dibandingkan Xiaomi Mi 8 Lite? Untuk menjawabnya, mari simak pembahasan ihwal kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 9 Lite berikut ini. Sebelumnya, simak terlebih dahulu spesifikasi yang ditawarkan oleh Xiaomi Mi 9 Lite.

Spesifikasi Xiaomi Mi 9 Lite

Xiaomi Mi 9 Lite

Umum

  • Diumumkan
    September, 2019

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    156.8 x 74.5 x 8.7 mm

  • Berat
    179 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif Super AMOLED

  • Ukuran
    6,39 dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5

  • Resolusi
    1080 x 2340 piksel, rasio 19,5:9 (kepadatan 403 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm)

  • CPU
    Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver)

  • GPU
    Adreno 616

Memori

  • RAM
    6 GB

  • Memori Internal
    64 GB atau 128 GB

  • Memori Eksternal
    microSD, sampai 256 GB

Kamera Utama

Kamera Selfie

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE, aptX HD

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

  • USB
    2.0, konektor reversibel Type-C 1.0

Baterai

  • Jenis
    Li-Po

  • Kapasitas
    4030 mAh tidak dapat dilepas

  • Wireless Charging

  • Fitur
    Pengisian baterai cepat 18W

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie

  • Sensor
    Fingerprint (optik, di bawah permukaan layar), accelerometer, gyro, proximity, compass

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Black, Blue, White

  • Lainnya
    Fitur layar:

    – 403 nits

    – HDR

Kelebihan Xiaomi Mi 9 Lite

Xiaomi Mi 9 Lite mempunyai beberapa kelebihan menarik. Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh Hp ini? Simak poin kelebihan dari Xiaomi Mi 9 Lite berikut ini.

1. Hasil Foto Mengagumkan

xiaomi mi 9 lite

Xiaomi Mi 9 Lite tiba menawarkan tiga kamera belakang. Kamera utamanya yaitu kamera 48 MP dengan sensor Sony IMX 586. Kamera ini hadir dengan bukaan f/1.8. Kamera kedua Hp ini adalah kamera ultra-wide 8 MP. Sementara kamera ketiga yakni kamera 2 MP yang berfungsi sebagai depth sensor. 

Seperti apa kualitas kameranya? Mari simak contoh hasil tangkapan kamera dari Xiaomi Mi 9 Lite berikut ini.

hasil tangkapan kamera xiaomi mi 9 lite

hasil tangkapan kamera xiaomi mi 9 lite

Hasil kamera di atas merupakan hasil foto kamera yang diambil dari halaman berita Xiaomi Mi  9 Lite. Memang foto tersebut untuk kebutuhan promosi tetapi tentu alhasil tidak akan terlalu jauh berbeda.

Kalau menurut GSMArena, kualitas kamera utama dari Xiaomi Mi 9 Lite tergolong elok. Hasil kameranya mampu menampilkan detail yang baik, kontras yang sempurna dan warna yang terlihat seperti aslinya. Selain itu, rentang dinamisnya tergolong luas serta hasil fotonya cukup tajam. Untuk foto di kondisi cahaya yang kurang, hasil fotonya juga tergolong bagus.

GSMArena juga memuji kualitas tangkapan kamera kedua dari Xiaomi Mi 9 Lite, ialah kamera 8 MP. Menurut mereka, kamera ultra-wide di ponsel ini secara mengejutkan mampu menghadirkan level detail yang elok, kontras yang brilian, dan dynamic range yang luar biasa.

Tidak hanya kamera belakang, kamera depan dari Xiaomi Mi 9 Lite juga tergolong elok. Kamera depan ponsel ini hadir dengan resolusi 32 MP yang memiliki bukaan f/1.8.

hasil kamera selfie xiaomi mi 9 lite

Masih berdasarkan GSMArena, hasil selfie dari ponsel ini tergolong luar biasa. Foto selfie dengan HP ini mampu menghadirkan foto dengan kualitas detail yang baik, warna yang setuju, serta gambar dengan hasil yang cukup tajam.

Situs Gizchina juga mengatakan jika hasil selfie dari ponsel ini tergolong anggun di aneka macam situasi. Menurut mereka, secara keseluruhan, sensor kamera depan ponsel ini dapat menangkap foto selfie dengan baik.

2. Kualitas Rekaman Video yang Oke

Layar Xiaomi Mi 9 Lite

* sumber: en.gizchina.it

Tidak hanya hasil fotonya yang manis, kualitas rekaman video dari Xiaomi Mi 9 Lite juga tergolong anggun. Menurut GSMArena, hasil rekaman video dari kamera belakang ponsel ini tergolong anggun. Hasil videonya tergolong tajam dan memiliki detail yang baik, terutama untuk resolusi 4K.

Xiaomi Mi 9 Lite memiliki kemampuan rekaman video mulai dari 720p dengan 960fps, 1080p dengan o-si 30fps, 60 fps, dan 120fps. Sementara untuk resolusi 4K, hanya 30fps. Kamera belakang ponsel ini juga dapat merekam video slow-motion dengan kualitas 1080p/120 fps atau 720p/960 fps.

3. Desain Keren

xiaomi mi 9 lite

Xiaomi Mi 9 Lite tiba dengan desain yang tergolong keren. Bagaimana tidak keren, desain bodi belakang ponsel ini terbuat dari  beling. Desainnya juga memiliki konstruksi yang cantik berkat balutan beling ganda dengan bingkai logam. Tidak kalah dari saudaranya, ialah Xiaomi Mi 9, Xiaomi  Mi 9T, maupun Xiaomi Mi 9 SE.

4.  Layar OLED

layar xiaomi mi 9 lite

* sumber: www.gsmarena.com

Xiaomi Mi 9 Lite hadir dengan layar Super AMOLED 6,39 inci 1080 x 2340 piksel. Layarnya ini memiliki tingkat kecerahan sebesar 600 nits dengan kerapatan layar 403 ppi. Layar ponsel ini juga sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 5.

Untuk kualitas, terperinci layar AMOLED menawarkan kualitas tampilan yang baik. Terlebih layar ponsel ini sudah mendukung HDR. GSMArena sendiri menyebut bila tampilan layar ponsel ini memiliki tingkat kecerahan yang luar biasa.

5. Sensor Sidik Jari di Layar

xiaomi mi 9 lite

Penggunaan layar AMOLED dimaksimalkan oleh Xiaomi dengan menyematkan sensor sidik jari di layar. Tentu ini jadi kelebihan tersendiri. Respon sensor sidik jari di layar ini juga tergolong cepat. Seperti yang dikatakan oleh Gizchina, sensor sidik jari di layar ini tergolong cepat dalam mengenali jari penggunanya.

6. Daya Tahan Baterai Oke

xiaomi mi 9 lite

Xiaomi Mi 9 Lite dibekali dengan baterai  dengan kapasitas 4.030 mAh. Kapasitas baterai ini tergolong cukup dan hasil pengujian dari GSMArena pertanda bila ponsel ini mempunyai daya tahan yang usang. Seperti terlihat akhirnya pada gambar di bawah ini.

baterai xiaomi mi 9 lite

* sumber: www.gsmarena.com

Terlihat dari gambar jika Xiaomi Mi 9 Lite mempunyai endurance rating 106h. Untuk waktu bicara, ponsel ini mampu bertahan mencapai 39 jam 10 menit. Sementara untuk internetan, waktu yang dicapai yaitu 13 jam 25 menit. Untuk video playback, Xiaomi Mi 9 Lite dapat memainkan video sampai 17 ja 10 menit.

Menilik jadinya, bisa dibilang kalau Xiaomi Mi 9 Lite mempunyai daya tahan baterai yang baik. Kalau menurut GSMArena, performa waktu siaga dari Xiaomi Mi 9 Lite setara dengan Mi 9T (Redmi K20).

7.  Performa Oke

xiaomi mi 9 lite

Xiaomi Mi 9 Lite dibekali dengan chipset Snapdragon 710. Chipset ini merupakan chipset kelas menengah yang cukup powerfull. Di dalam chipset yang diproses dengan fabrikasi 10nm ini, terdapat prosesor octa-core CPU in a 2×2.2 GHz Kryo 360 Gold (Cortex-A75 based) dan 6×1.8 GHz Kryo 360 Silver (Cortex-A55 based) serta GPU Adreno 616.

Apakah performa dari Xiaomi Mi 9 Lite ini tergolong mantap? Untuk kelas menengah, tentu performa dari Xiaomi Mi 9 Lite ini tergolong baiklah. Terlihat dari nilai Antutu 7 yang didapatkan ponsel ini, adalah 175 ribuan.

antutu xiaomi mi 9 lite

* sumber: www.gsmarena.com

Performa dari Xiaomi Mi 9 Lite memperlihatkan kinerja yang luar biasa, bahkan pada aplikasi yang berat. Hal tersebut disampaikan oleh Gizchina. Masih berdasarkan mereka, ponsel ini mampu memainkan Call of  Duty Mobile beberapa jam dengan lancar. Tentu hal ini menandakan kalau performa dari ponsel ini tergolong manis.

8.  IR Blaster dan NFC

xiaomi mi 9 lite

Kelebihan lain dari Xiaomi Mi 9 Lite yakni adanya fitur IR blaster. Fitur ini memang sederhana tetapi banyak orang yang membutuhkan. Selain itu, Xiaomi Mi 9 Lite juga memiliki fitur NFC, satu fitur yang jarang hadir di ponsel menengah Xiaomi.

Kekurangan Xiaomi Mi 9 Lite

Xiaomi Mi 9 Lite juga memiliki beberapa kekurangan alasannya pada dasarnya tidak ada ponsel yang tepat. Lantas, apa saja kekurangan ponsel ini? Langsung simak saja kekurangan dari Xiaomi Mi 9 Lite berikut ini.

1. Kurang Nyaman Digenggam

xiaomi mi 9 lite

Xiaomi Mi 9 Lite memang mempunyai desain yang baik. Sayangnya, ponsel ini terasa kurang nyaman digenggam kalau tidak memakai kasing. Hal tersebut disampaikan oleh GSMArena yang mengeluhkan soal kenyamanan genggaman Xiaomi Mi 9 Lite.

2. Permasalahan Harga dan Line-Up Produk

xiaomi mi 9 lite

Satu kekurangan lain dari Xiaomi Mi 9 Lite ialah ketidakjelasan posisi dari ponsel ini. Pasalnya, Xiaomi Mi 9 series sudah terlalu banyak dan mempunyai karakteristik masing-masing. Xiaomi Mi 9 Lite mirip tidak punya tempat sendiri alasannya jikalau ingin Xiaomi Mi 9 yang murah, Xiaomi Mi 9 SE dan kalau ingin spek gahar dan berkualitas ada Xiaomi Mi 9T.

Simpulan

Xiaomi Mi 9 Lite pada dasarnya merupakan ponsel yang menarik. Sayangnya, ponsel ini hanya sekadar embel-embel dari keluarga Xiaomi Mi 9 series. Selain itu, ponsel ini juga dihadirkan hanya sebagai penerus Xiaomi Mi 8 Lite. Terlepas dari hal tersebut, terang ponsel ini masih cukup menarik. Tertarik dengan HP ini? Silakan beli HP ini di toko online lewat link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online