Yuk, Ketahui 10 Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A51

Samsung Galaxy A51 mampu dikatakan sebagai penerus dari Samsung Galaxy A50 dan Samsung Galaxy A50s. Hal ini mampu dilihat dari penamaan seri dan spesifikasi yang ditawarkan di kelas harganya, yaitu di Rp4 jutaan.

Harga tersebut juga merupakan harga awal dari Samsung Galaxy A50 dan Samsung Galaxy A50s. Dan kehadiran Samsung Galaxy A51, menciptakan harga kedua ponsel ini mengalami penurunan harga menjadi kisaran Rp3 jutaan.

Dengan banderol Rp4 jutaan, Samsung Galaxy A51. Terlebih di Indonesia, Samsung Galaxy A51 hadir dengan varian RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Lalu, apakah HP ini layak dibeli? Untuk menjawabnya, mari simak kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A51 yang Carisinyal kumpulkan dari berbagai sumber.

Spesifikasi Samsung Galaxy A51

Samsung Galaxy A51

Umum

  • Diumumkan
    Desember, 2019

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Single SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    158.5 x 73.6 x 7.9 mm

  • Berat
    172 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif Super AMOLED

  • Ukuran
    6,5 inci dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 3

  • Resolusi
    1080 x 2400 piksel, rasio 20:9 (kepadatan 405 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Exynos 9611 (10nm)

  • CPU
    Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)

  • GPU
    Mali-G72 MP3

Memori

  • RAM
    4 GB, 6 GB

  • Memori Internal
    64/4 GB, 128/4 GB, 128/6 GB (Indonesia)

  • Memori Eksternal
    microSD, sampai 1 TB (slot khusus)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    4

  • Resolusi
    48 MP + 12 MP + 5 MP + 5 MP

  • Fitur
    – 48 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF

    – 12 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1.12µm

    – 5 MP, f/2.4, 40mm (telefoto), kamera makro khusus

    – 5 MP, f/2.2, (wide), 1/5.0″, 1.12µm, sensor mendalam

    Fitur: LED flash, panorama, HDR

  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1

  • Resolusi
    32 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm

  • Fitur
    HDR

  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-grup musik, Wi-Fi Direct, hotspot

  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

  • USB
    2.0, konektor reversibel Type-C 1.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po

  • Kapasitas
    4000 mAh tidak mampu dilepas

  • Wireless Charging

  • Fitur
    Pengisian baterai cepat 15W

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 10

  • Sensor
    Fingerprint (optik, di bawah permukaan layar), accelerometer, gyro, proximity, compass, ANT+

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Prism, Crush Black, White, Blue, Pink

Kelebihan Samsung Galaxy A51

Apa saja kelebihan dari Samsung Galaxy A51? Setidaknya, ada tujuh poin kelebihan yang dimiliki Samsung Galaxy A51 ini. Simak detailnya berikut ini!

1. Empat Kamera yang Bagus

kamera samsung galaxy a51

Samsung Galaxy A51 datang dengan empat kamera belakang. Keempat kamera tersebut terdiri dari  kamera makro 5 MP, kamera ultra-wide 12 MP, kamera depth sensor, dan kamera utama 48 MP Quad Bayer. Hal menarik, tentu saja kehadiran kamera makro  5 MP, mengingat biasanya kamera makro hanya 2 MP saja.

Kehadiran empat kamera ini juga patut diapresiasi. Pasalnya, Samsung Galaxy A50 dan A50s hanya dibekali tiga kamera di bagian belakang. Karena itu, kehadiran empat kamera ini merupakan sebuah peningkatan yang baik.

Lalu, mirip apa hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy A51 ini? Mari cek beberapa acuan hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy A51berikut ini.

hasil tangkapan kamera samsung galaxy a51

* sumber: www.gsmarena.com

hasil tangkapan kamera samsung galaxy a51

* sumber: www.smartprix.com

hasil tangkapan kamera samsung galaxy a51

* sumber: www.smartprix.com

hasil tangkapan kamera samsung galaxy a51

* sumber: www.smartprix.com

Bisa dibilang, hasil tangkapan kamera dari ponsel ini tergolong elok tetapi tidak istimewa. Seperti yang disampaikan oleh GSMArena, jika hasil tangkapan kamera dari Samsung Galaxy A51  tergolong layak tetapi tidak sampai mengatakan “wow”

Hasil kamera dari ponsel ini tergolong tajam, rentang dinamisnya tergolong baik, dan juga kemampuan kameranya yang dapat membuat detail halus dan noise yang sedikit. Selain itu, hasil foto juga mengambarkan warna yang elok serta serta saturasi yang seimbang. 

Selain itu, mode kamera 48 MP di ponsel ini bisa menangkap gambar dengan detail yang baik. Sementara kualitas tangkapan kamera ultra-wide di ponsel ini mengalami peningkatan signifikan dari yang ada di Samsung Galaxy A50,

Dan tidak ketinggalan, kamera makro pada ponsel ini ternyata mempunyai hasil foto yang kualitasnya lebih unggul daripada sebagian besar kamera ‘makro’ smartphone lainnya di pasar. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Smartprix jikalau kamera makro di ponsel ini memiliki kinerja cukup baik dalam pencahayaan yang tepat.

Sementara untuk hasil foto bokehnya, kamera ini mampu bekerja dengan baik. GSMArena mencatatkan jika hasil foto bokeh atau potrait dari ponsel ini benar-benar cantik. Kamera mampu mendeteksi subjek dengan baik sehingga foto mampu menghadirkan bab blur yang tepat.


2. Kamera Selfie 32 MP

galaxy a51

* sumber: www.stuff.tv

Samsung Galaxy A51 masih menggunakan kamera depan 32 MP, sama seperti Samsung Galaxy A50s. Kamera 32 MP ini merupakan kamera Quad Bayer yang pada dasarnya menghasilkan selfie dengan resolusi 8 MP.

Hal menariknya, hasil selfie dari Samsung Galaxy A51 ternyata berukuran 12 MP. Tampaknya hal ini merupakan upscale dari kamera 8 MP. Untuk kualitas kamera selfie di ponsel ini sendiri tergolong cantik. Seperti kata GSMArena, ponsel ini mampu memotret dengan baik dan menghasilkan warna dan detail yang manis serta rentang dinamis yang luas.

3. Layar Super AMOLED

galaxy a51

* sumber: www.stuff.tv

Samsung Galaxy A51 dibekali dengan layar 6,5 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel. Resolusinya lebih tinggi sedikit dibandingkan Samsung Galaxy A50. Hal ini alasannya adalah Samsung Galaxy A51 memberikan rasio layar 20:9. Sementara Samsung Galaxy A50 menawarkan rasio 19,5:9.

Layar ponsel ini sediri memakai panel Super AMOLED yang sudah diakui sebagai salah satu panel layar terbaik. GSMArena sendiri menyebut layar ponsel ini cerah dan memiliki pewaranaan yang baik.

Jangan lupa juga, layar ponsel ini memberikan konsep punch hole display. Konsep ini memungkinkan kamera depan berada di tengah atas berbentuk O, seperti terlihat pada gambar di atas.

Oh yah, bukan hanya GSMArena yang memuji kualitas layar dari ponsel ini. Smartprix juga mengatakan jikalau layar Galaxy A51 memiliki panel full HD yang tajam dan menyenangkan.

Sementara situs Stuff.tv menyatakan jikalau layar di ponsel ini tergolong anggun. Layarnya ini mampu menampilkan visual yang cerah. Hal ini bisa dicapai sebab panel layar Full HD+ di ponsel ini memakai teknologi Super AMOLED yang serupa dengan ponsel Samsung kelas atas.

4. Daya Tahan Baterai yang Lama

baterai a51

Samsung Galaxy A51 dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Kapasitas baterai ini tergolong biasa alasannya adalah memang saat ini sudah banyak HP yang bahkan di kelas harga termurah mempunyai kapasitas baterai yang besar.

Dan kapasitas baterai 4.000 mAh ini juga serupa dengan sebelumnya, adalah di Samsung Galaxy A50 dan Samsung Galaxy A51. Tinggal masalahnya, seberapa lama daya tahan baterai ponsel ini?

baterai samsung galaxy a51

* sumber: www.gsmarena.com

Berdasarkan pengujian yang dilakukan GSMArena, Samsung Galaxy A51 mendapatkan endurance rating 86h. Skor ini lebih rendah jika dibandingkan endurance rating Samsung Galaxy A50 yang mencapai 98h.

Hasil tersebut bukanlah penurunan, mengingat layar Samsung Galaxy A51 lebih lebar jika dibandingkan Samsung Galaxy A50. Untuk itulah, mampu dikatakan kalau daya tahan baterai ponsel ini tergolong abadi kalau mengusut desain dan layar yang ditawarkan oleh ponsel ini.

Gadgets NDTV sendiri menyampaikan kalau daya tahan baterai ponsel ini mampu mencapai seharian penuh dengan penggunaan reguler. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Smartprix yang menegaskan kalau daya tahan baterai ponsel ini tergolong oke untuk seharian.  

5.  Desain Solid

desain samsung galaxy a51

Samsung Galaxy A51 mempunyai desain bodi yang tergolong solid dan nyaman digenggam. Smartprix menyatakan bahkan jika desain ponsel ini mempunyai bentuk yang tepat, terlihat menarik, ringan, dan nyaman untuk digenggam.

Desain bodi ponsel ini memang masih polikarbonat tetapi Samsung mampu meracik desain bodi bab belakang ponsel ini menjadi lebih menarik. Terutama desain kamera persegi panjang yang membuat ponsel ini terasa premium.

6.  OneUI Android 10 dan NFC

Samsung Galaxy A51

* sumber: www.techradar.com

Satu kelebihan menarik dari Samsung Galaxy A51 yaitu antarmuka One UI 2.0 yang berbasis Android 10. Antarmuka ini mempunyai fitur yang menarik yang bahkan fiturnya cenderung identik dengan One UI yang ada di ponsel Samsung kelas atas.

Selain itu, Samsung Galaxy A51 sudah mendukung NFC. Fitur ini terperinci harus ada, mengingat fitur serupa sudah hadir di Samsung Galaxy A50s. Kehadiran fitur NFC terang menciptakan ponsel dengan fitur NFC semakin banyak hadir di pasaran.

Kekurangan Samsung Galaxy A51

Setelah mengetahui kelebihan dari Samsung Galaxy A51, mari ketahui kekurangan dari Samsung Galaxy A51. Apa saja kekurangan dari Samsung Galaxy A51 ini? Berikut empat poin kekurangan dari Samsung Galaxy A51.

1. Performa Biasa di Kelasnya

performa samsung galaxy a51

Samsung Galaxy A51 dibekali chipset Exynos 9611, chipset yang juga tersemat di Samsung Galaxy A50s. Kehadiran chipset ini di seri Samsung Galaxy A51 terang membuat ponsel ini terasa tidak mengalami peningkatan dari segi performa. Terlebih ponsel ini dijual di harga Rp4 jutaan.

Dengan chipset Exynos 9611, bagaimana performa HP ini? Mari simak nilai Antutu dari Samsung Galaxy A51 berikut ini.

antutu galaxy a51

* sumber: www.gsmarena.com

Terlihat pada gambar di atas, kalau Samsung Galaxy A51 memiliki skor Antutu 8 sebesar 175 ribuan. Skor ini kalah dari Samsung Galaxy M30s yang juga sama-sama dibekali Exynos 9611. Meskipun perbedaan poinnya tidak terlalu jauh.

Hanya perlu diingat, Samsung Galaxy M30s dijual di harga Rp3 juta, bahkan di bawahnya. Tentu hal ini menciptakan chipset Exynos 9611 terasa kurang pantas berada di kelas harga Rp4 jutaan. Walaupun tentu bahwasanya ponsel bukan masalah chipset saja.

Lalu, apakah performa ponsel ini jelek? Berdasarkan pengalaman Smartprix, Samsung Galaxy A51 dapat memainkan gim PUBG Mobile dan gim kelas atas lainnya. Tetapi terperinci kinerjanya tidak sama dengan ponsel lain yang hadir dengan Snapdragon seri 7 maupun seri 8.


2. Respon Sensor Biometric yang Mengecewakan

sensor sidik jari samsung galaxy a51

Samsung Galaxy A51 dibekali dengan dua teknologi sensor biometrik. Yang pertama adalah sensor pengelana wajah atau face unlock. Yang kedua, yakni sensor sidik jari. Adapun Samsung Galaxy A51 sendiri mempunyai sensor sidik jari di layar.

Lalu seberapa cepat kemampuan sensor biometrik ini? Berdasarkan penuturan Gadgets NDTV, kedua sensor biometrik di Samsung Galaxy A51 ini bekerja dengan baik tetapi agak lambat. Sensor sidik jari di layar memerlukan beberapa waktu untuk mengenal pengguna. Hal yang sama juga terjadi pada sensor pengenalan wajah.

3. Fast Charging Hanya 15W

Samsung Galaxy A51

* sumber: www.techradar.com

Samsung Galaxy A51 hanya dilengkapi dengan teknologi fast charging 15w. Tentu ini merupakan sesuatu yang biasa saja. Bahkan cenderung tidak meningkat dibandingkan seri sebelumnya.

Berdasarkan catatan GSMArena, untuk mengisi penuh, ponsel ini membutuhkan waktu 2 jam 14 menit yang tentu bukan merupakan yang terbaik di kelasnya. Dalam waktu 30 menit pertama, ponsel terisi 35%. Hasil tersebut juga bukan merupakan sesuatu yang cantik.

4. Kamera lowlight Kurang Memuaskan

Samsung Galaxy A51

Samsung Galaxy A51 mampu dibilang mempunyai empat kamera belakang yang mempunyai kemampuan yang baik. Sayangnya, kamera belakang ponsel ini mampu bekerja maksimal di kondisi cahaya terperinci. Sementara di kondisi kurang cahaya, hasil fotonya masih tergolong kurang memuaskan.

Simpulan

Samsung Galaxy A51 merupakan ponsel yang tergolong unggul di banyak sekali sisi. Ponsel ini cukup unggul di kamera, layar yang cerah, daya tahan baterai yang baiklah, serta desainnya yang solid. Jangan lupakan juga kehadiran fitur NFC dan One UI Android 10 membuat ponsel ini tergolong menarik.

Hanya saja, Samsung Galaxy A51 mungkin terasa kurang maksimal jika dipakai untuk bermain gim. Selain itu, pengisian daya ponsel ini bukan yang tercepat di kelasnya. Dengan kekurangan yang ada, apakah Anda masih berminat meminang ponsel ini? Jika berminat, silakan beli Samsung Galaxy A51 di Shopee dengan klik link ini atau di Lazada dengan klik link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online