Yuk, Ketahui 10 Kelebihan Dan Kekurangan Realme 5 Pro!

Realme 5 series hadir sebagai penerus dari Realme 3 series (Realme 3 dan Realme 3 Pro). Jika Realme 3 mempunyai penerus Realme 5 maka Realme 3 Pro memiliki penerus Realme 5 Pro. Karena ada komplemen “Pro”, terperinci Realme 5 Pro ini memiliki spesifikasi yang lebih baik jikalau dibandingkan Realme 5 standar.

Lantas, mirip apa Realme 5 Pro ini? Apa yang menarik yang ditawarkan oleh Realme 5 Pro ini? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan Realme 5 Pro berikut ini!

Spesifikasi Realme 5 Pro

realme 5 Pro

Umum

  • Diumumkan
    Agustus, 2019

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    157 x 74.2 x 8.9 mm

  • Berat
    184 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif IPS LCD

  • Ukuran
    6,3 inci dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 3+

  • Resolusi
    1080 x 2340 piksel, rasio 19,5:9 ( kepadatan 409 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 (10 nm)

  • CPU
    Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver)

  • GPU
    Adreno 616

Memori

  • RAM
    4 GB

  • Memori Internal
    64 GB

  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 256 GB (slot khusus)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    4

  • Resolusi
    48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP

  • Fitur
    48 MP, f/1.8, lebar), 1/2″, 0.8µm, PDAF

    8 MP, f/2.2, 13mm (ultra lebar), 1/4″, 1.12µm

    2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm (kamera makro khusus)

    2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, sensor mendalam

    Fitur: LED flash, HDR, panorama

  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1

  • Resolusi
    16 MP, f/2.0, 1/3.1″, 1.0µm

  • Fitur
    HDR, panorama

  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-grup musik, Wi-Fi Direct, hotspot

  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

  • USB
    2.0, konektor reversibel Type-C 1.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po

  • Kapasitas
    4035 mAh tidak mampu dilepas

  • Wireless Charging

  • Fitur
    Pengisian baterai cepat 20W: 50% dalam 30 menit (VOOC 3.0)

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie

  • Sensor
    Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, gyro, proximity, compass

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Crystal Green, Crystal Blue

  • Lainnya
    – Splash resistant

Kelebihan Realme 5 Pro

Terdapat delapan kelebihan yang ada ditawarkan oleh Realme 5 Pro. Apa sajakah itu? Simak poin-poinnya berikut ini!

1. Desain yang Bagus

desain realme 5 pro

Realme 5 Pro hadir dengan desain bodi yang cantik dan menarik. Bagian bodi belakangnya hadir dengan desain ala kristal yang membuat HP ini tidak terasa seperti HP murahan. Hal ini juga ditegaskan oleh pernyataan GSMArena yang menyatakan jika Realme 5 Pro mempunyai desain yang menawan.

Masih menurut GSMArena, desain bodi belakang Realme 5 bisa menghadirkan cahaya memantul yang berbeda-beda dan bisa berubah menjadi lebih gelap tergantung dari sudut pandang melihatnya. Terlebih HP ini memiliki bodi belakang yang mirip lapisan beling yang menciptakan HP ini benar-benar memiliki desain yang manis dan menawan.

2. Anti Cipratan Air

Realme 5 Pro

Tidak sekadar mempunyai desain yang elok, HP ini juga memiliki kemampuan untuk tahan terhadap cipratan air. Masih seperti yang diungkapkan oleh GSMArena, kemampuan tahan cipratan air ini berkat bodi Realme 5 yang didesain dengan menyegel semua celah antara bingkai dan panel, port, speaker dan lubang bunyi SIM tray, dan bahkan tombol yang ada di HP ini. 

Proses penyegelan tersebut menggunakan kombinasi lem, gasket karet dan cincin untuk mengamankan semuanya. Dengan penyegelan yang aman ini, terperinci menciptakan Realme 5 Pro memiliki ketahanan terhadap cipratan air meskipun HP ini tidak memiliki IP rating, 

3. Daya Tahan Baterai yang Lama

Realme 5 Pro

Realme 5 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas 4.035 mAh. Kapasitas baterai ini bekerjsama sudah biasa mengingat sudah banyak HP lain yang juga memperlihatkan baterai di kisaran 4.o00 mAh. Masalahnya sekarang tinggal, bagaimana dengan daya tahan baterainya? Seberapa usang? Gambar di bawah ini jadi jawabannya.

baterai realme 5 pro

* sumber: www.gsmarena.com

Menilik pengujian tersebut, menurut pengujian yang dilakukan GSMArena, dapat diketahui bila Realme 5 Pro memiliki endurance rating 100h. Pada pengujian waktu bicara, HP ini mampu bertahan sampai 26 jam 41 menit sementara pada pengujian video playback, Realme 5 Pro dapat bertahan hingga 13 jam 52 menit. Sementara itu, untuk pengujian internetan, HP ini dapat berjalan hingga 16 jam 18 menit.

Sementara menurut Smartprix, penggunaan Realme 5 Pro bisa hingga seharian. Situs lain, yakni Techradar, bahkan memuji daya tahan baterai HP ini. Menurut Techradar, HP ini mempunyai daya tahan baterai yang hemat yang juga dipengaruhi oleh fitur optimaliasi ColorOS.

4. Pengisian Daya Super Cepat

desain realme 5 pro

Selain memiliki kemampuan daya tahan baterai yang baik, Realme 5 Pro juga mempunyai kemampuan pengisian daya yang cepat ialah VOOC 3.0, teknologi pengisian cepat milik OPPO. Berdasarkan pengalman GSMArena, Realme 5 Pro yang didukung dengan pengisi daya 20W bisa mengisi HP ini hingga 50% dalam waktu 30 menit saja. Sementara untuk terisi sampai penuh, diharapkan waktu sekitar 80-90 menit.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Techradar. Serupa dengan GSMArena, Techradar pun mendapatkan waktu 30 menit untuk pengisian baterai HP ini sampai 50%. Hal ini terang menegaskan jikalau Realme 5 Pro sudah mendukung teknologi pengisian yang tentu jadi kelebihan tersendiri dari HP ini.

5. USB Type-C

Realme 5 Pro

* sumber: www.smartprix.com

Salah satu yang jadi nilai tambah dari Realme 5 Pro yakni hadirnya port USB Type-C. Kehadiran port ini terang jadi kelebihan tersendiri mengingat banyak yang mengharapkan port USB Type-C seharusnya hadir di Realme 3 Pro. Namun, Realme 3 Pro masih menunjukkan microUSB saja. Hadirnya port USB Type-C  di HP ini juga sebagai suplemen untuk memenuhi fitur pengisian daya super cepat VOOC 3.0.

6. Kualitas Kamera Utama yang Oke

Realme 5 Pro

Realme 5 Pro menunjukkan 4 kamera belakang. Keempat kamera belakang ini terdiri dari kamera utama  48 MP  dengan sensor Sony  IMX 586 yang memiliki bukaan f/1.8. Kamera kedua ialah kamera ultra-wide 8 MP. Kamera ketiga adalah 2 MP yang khusus untuk makro kamera. Kamera terakhir juga 2 MP yang berfungsi sebagai pemberi efek bokeh.

Lantas, bagaimana hasil tangkapan kamera dari Realme 5 Pro ini? Berikut contoh hasil tangkapan kamera dari Realme 5 Pro ini.

hasil tangkapan kamera realme 5 pro

* sumber: www.gsmarena.com

hasil tangkapan kamera realme 5 pro

* sumber: www.gsmarena.com

hasil tangkapan kamera realme 5 pro

* sumber: www.gsmarena.com

hasil tangkapan kamera realme 5 pro

* sumber: www.gsmarena.com

Kalau menurut GSMArena, hasil tangkapan kamera HP ini tergolong cantik. Terutama kamera 48 MP yang dapat mengambil gambar dengan baik. Gambarnya mampu menghasilkan detail yang baik. Tingkat noise-nya juga rendah. Selain itu,  dynamic range terlihat luas serta warna yang dihasilkan sudah sesuai dengan aslinya. Hal yang mungkin disayangkan ialah kamera HP ini hanya dapat merekam video 720p saja.

Smartprix juga beropini jika hasil tangkapan kamera HP ini mampu menghasilkan gambar dengan detail yang baik. Hal yang sama juga diungkapkan Techradar yang menyampaikan hasil jepretan kamera dari Realme 5 tergolong tajam dan memiliki rentang dinamis yang baik.

Yang mungkin agak disayangkan, hasil kamera ultra-wide dan makro kurang memuaskan. Setidaknya, menurut GSMArena, hasil tangkapan kamera dari dua lensa tersebut tidak membuat mereka puas alias tidak memperlihatkan impresi yang anggun.

Untuk kamera depan, Realme 5 Pro mempunyai kamera selfie 16 MP dengan bukaan f/2.0. Kamera depan serupa dengan yang  ada di kamera depan Realme X yang memiliki sistem fix focus atau fokus tetap. Menurut GSMArena, hasil tangkapan selfie dari Realme 5 Pro tergolong detail dan mampu menghasilkan gambar yang tajam. Tentu hal ini menegaskan jika kamera di Realme 5 Pro tergolong manis secara keseluruhan. 

7. Layar Lebar dengan Visual Tajam

Realme 5 Pro

* sumber: www.smartprix.com

Realme 5 Pro hadir dengan layar 6,3 inci yang tentu tergolong lebar. Layarnya ini memiliki panel IPS LCD dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Layarnya ini mempunyai kerapatan layar 409 ppi. Yang menarik, layar Realme 5 Pro sudah dibekali dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3+.

Menurut AndroidAuthority, layar IPS di Realme 5 Pro tergolong anggun. Layarnya bisa menghasilkan visual yang tajam dan responsif. Masih menurut AndroidAuthority, tampilan layar di HP ini memiliki sudut pandang yang sangat manis dan membuat pengalaman  multimedia di Realme 5 Pro menjadi pengalaman yang menyenangkan.

8. Performa Tergolong Oke

Realme 5 Pro

* sumber: www.smartprix.com

Realme 5 Pro dibekali dengan chipset yang dibangun dengan fabrikasi 10nm, Snapdragon 712. Chipset ini hadir dengan delapan core  yang terdiri dari empat core Kryo 360 Silver 1.7 GHz untuk efisiensi daya dan dua core Kryo 360 Gold 2.3 GHz untuk performa. Untuk grafisnya, tersemat GPU Adreno 616.

Lantas, bagaimana performa HP ini? Silakan simak nilai Antutu Realme 5 Pro berikut ini.

antutu realme 5 pro

* sumber: www.gsmarena.com

Menilik nilai Antutu HP ini, terlihat bila performa dari Realme 5 Pro tergolong anggun. Skornya unggul jikalau dibandingkan Xiaomi Redmi Note 7 Pro yang hadir dengan Snapdragon 675. Skornya juga unggul dibandingkan Xiaomi Mi 9 yang juga sama-sama menunjukkan Snapdragon 712.

Oh yah, performa HP ini tergolong elok juga sebab HP ini dengan  jenis RAM LPDDR4X dan kelas penyimpanannya adalah UFS 2.1. Menurut Smartprix, performa keseluruhan HP ini  tergolong manis. Performanya setuju dan tanpa lag. Bermain gim seperti PUBG Mobile dengan pengaturan grafis tertinggi ternyata mampu berjalan dengan baik. 

Hal yang sama diungkapkan oleh AndroidAuthority. Menurut mereka, Snapdragon 712 yang ada di HP ini mampu menjalankan gim semacam Fortnite dan PUBG Mobile dengan baik di pengaturan grafis tertinggi. Hal ini terperinci menegaskan jikalau performa dari Realme 5 Pro tergolong bagus.

Kekurangan Realme 5 Pro

Ada dua kekurangan yang terdapat pada Realme 5 Pro ini. Apa sajakah itu? Simak pribadi pembahasannya berikut ini!

1. Kualitas Speaker yang Kurang Nendang

Realme 5 Pro

Satu kekurangan yang ada di Realme 5 Pro ialah kualitas bunyi yang dihasilkannya. Menurut AndroidAuthority, bunyi yang dihasilkan HP ini dikala memakai headphone, bass-nya terasa kurang. Kualitas audio speaker di HP ini juga bukan yang terbaik atau bisa dibilang jelek. Hal ini terang menciptakan HP ini terasa kurang optimal untuk menonton video ataupun mendengarkan musik.

2. Software Perlu Peningkatan

desain realme 5 pro

Realme 5 hadir dengan ColorOS. ColorOS ini memiliki fitur yang kaya layaknya UI Android custom Android lainnya. Ada fitur seperti Game Assist, Game Space, Smart Driving modes, Clone Apps, dan masih banyak lagi. Selain itu, software ini sudah mendukung DRM L1 yang memungkinkan HP menjalankan streaming film Netflix dan layanan sejenis dalam resolusi HD.

Masalahnya, ColorOS juga memiliki banyak sekali hal yang mengganggu mirip banyaknya bloatware misalnya. Seperti kata AndroidAuthority, Realme 5 Pro yang mereka uji penuh dengan software embel-embel yang tidak perlu. Terlebih software tersebut malah tidak mampu untuk dicopot alias uninstal. Satu kekurangan lain tentunya.

Simpulan

Realme 5 Pro yakni HP yang menarik. HP ini memiliki banyak keunggulan yang menarik. Performa, kamera, daya tahan baterai dan teknologi pengisian cepatnya. Layar HP ini juga tergolong bagus. Kekurangan yang ada di HP ini tergolong minor. Terlebih untuk kelas harganya, HP ini memiliki banyak keunggulan.

Yang mungkin agak disayangkan yaitu kamera makro dan ultrawide yang hasil fotonya kurang maksimal. Tapi terlepas dari kekurangan tersebut, HP ini tergolong menarik untuk dilirik. Tertarik? Silakan beli HP ini di toko online melalui link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online