Yuk, Ketahui 10 Kelebihan Dan Kekurangan Oppo A12!

Apakah Anda sedang menanti produk OPPO berikutnya dengan harga yang terjangkau? Jika iya, OPPO A12 mungkin bisa menjadi pertimbangan. HP yang menyosong segmen entry-level ini hadir dengan spesifikasi serta fitur-fitur yang mumpuni untuk menemani keseharian Anda.

OPPO merupakan salah satu brand HP yang paling unggul di pasaran. Begitu pun dengan OPPO A12 yang mempunyai kelebihan di beberapa sektor tertentu. Meski begitu, beberapa kekurangan pada OPPO A12 juga perlu dipertimbangkan agar Anda mampu menilai kecocokannya. Daripada penasaran, simak 10 kelebihan dan kekurangan OPPO A12 di artikel ini.

Spesifikasi OPPO A12

Oppo A12

  • Rilis: April, 2020
  • Layar: Layar IPS LCD, 720 x 1560 piksel
  • Chipset: Mediatek MT6765V/CB Helio P35
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 3 GB/4 GB
  • Memori Internal: 32 GB/64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC sampai 256 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4230 mAh

Cek spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan OPPO A12

Sebagai merk HP populer, OPPO terbilang mempunyai track record yang jarang mengecewakan, terutama di bab desain bodinya yang selalu menjadi salah satu daya jual. Berikut yaitu beberapa kelebihan dari OPPO A12.

1. Memiliki Slot Khusus untuk Memori Eksternal

oppo-a12-slot-memori-eksternal-dedicated

Melihat HP keluaran gres akhir-simpulan ini, tampaknya bantuan terhadap memori eksternal perlahan mulai dihilangkan – tergantikan dengan kapasitas memori internal yang sangat besar. Namun, sebagian orang masih mendambakan kehadiran pertolongan memori eksternal. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan OPPO A12 yang memiliki slot khusus microSD hingga kapasitas 256 GB.

OPPO A12 mempunyai satu slot yang terdapat pada sisi kiri bodi, bersebelahan dengan tombol volume. Slot ini ketika dibuka akan menawarkan tiga tray – dua tray untuk kartu SIM dan satu lagi untuk memori eksternal.

2. Kapasitas Baterai Cukup Besar

oppo-a12-kapasitas-baterai

Hadir dengan baterai berkapasitas 4230 mAh, Anda mampu menjalankan banyak sekali acara pada HP dengan durasi yang cukup panjang. Nyatanya baterai berkapasitas besar memang faktor utama dalam sebuah HP.

Bagi Anda yang hobinya binge-watching ataupun bermain game seharian non-stop, kapasitas baterai OPPO A12 sudah cukup untuk menunjang kebutuhan. Anda bisa bermain game hingga 8 jam atau streaming video HD selama 17 jam hingga baterai habis. Mengingat OPPO A12 tergolong pada segmen harga menengah, kapasitas 4230 mAh sungguh menunjukkan value for money yang baik.

3. Terdapat Fitur Audio Dirac

oppo-a12-dirac

OPPO menyematkan salah satu fitur unik pada OPPO A12, adalah Dirac audio yang memiliki kegunaan untuk menyesuaikan kualitas audio dengan kegiatan yang sedang berjalan.

Anda bahkan tidak perlu melakukan apapun untuk mengaktifkan fitur ini. Saat bermain game, mendengarkan lagu, atau menonton film, fitur ini akan secara otomatis berganti mode untuk menciptakan pengalaman yang baik pada masing-masing aktivitas.

4. Ukuran Layar Cukup Besar

Oppo A12

Demi mendapatkan experience yang mengesankan, banyak produsen HP yang kini berlomba-lomba menanamkan layar berukuran besar pada produknya. Hal ini cukup tercermin pada OPPO A12 yang mempunyai ukuran layar sentuh kapasitif 6,22 inci yang memenuhi keseluruhan bagian depan HP. Sementara itu, beling pelindung Gorilla Glass 3 hadir untuk menjaga layar dari ukiran.

Layar ini kian mempercantik tampilan bodinya juga yang disertai dengan peletakkan kamera depan berbentuk poni serta bezelnya yang tipis. Alhasil, OPPO A12 mampu memberikan kesan modern serta membuatnya terlihat berkelas.

5. Memiliki Fitur Face Unlock

oppo-a12-face-unlock

Harga yang terjangkau tentu masih perlu menyematkan fitur terkini, mirip OPPO A12 yang tidak mau ketinggalan dengan menghadirkan fitur Face Unlock.

Selain menyediakan sensor sidik jari di bab belakang, OPPO A12 juga bisa mengenali wajah Anda menggunakan sensor bertenagakan AI dengan mendeteksi 128 biometric point pada wajah. Bahkan, sensor wajah ini bisa membuka layar hanya dalam 0,08 detik saja. Tentu saja fitur Face Unlock yang dimilikinya juga akurat sehingga Anda tidak perlu khawatir soal keamanan.

6. Desain Bodi yang Unik

oppo-a12-desain-bodi

Seperti yang sudah mampu diekspektasikan dari HP besutan OPPO, desain bodinya selalu menjadi daya pikat tersendiri. OPPO A12 hadir dengan desain bodi belakang yang mempunyai aksen berlian dengan dua varian warna yang mampu dipilih, yaitu hitam dan biru.

Desain belakangnya ini terlihat seolah dibentuk dari berlian sungguhan. Bahan materialnya bukan glossy sehingga membuatnya lebih tahan dari baret serta tidak mudah lepas saat dipegang.

Kekurangan OPPO A12

Jika dilihat dari banyak sekali kelebihan tadi, OPPO A12 terlihat bisa untuk menjawab keresahan konsumen yang memang menjadi sasaran pasarnya. Lantas bagaimana dengan kekurangan OPPO A12? Simak yang di bawah ini.

1. Layarnya Masih IPS LCD

oppo-a12-ips-lcd

Di zaman modern ini, semakin banyak HP yang sudah menggunakan layar jenis terbaru, seperti AMOLED contohnya. Layar AMOLED ini memiliki beberapa keunggulan mirip lebih hemat daya serta mampu menampilkan warna dengan lebih akurat.

Sementara itu, layar IPS LCD yang dimiliki OPPO A12 tidak bisa menampilkan warna hitam yang sebetulnya. Bahkan dikala layar mati pun, beliau masih memancarkan backlight sehingga masih ada daya yang tersedot secara sia-sia. Layar AMOLED juga mempunyai rasio kontras yang lebih baik. Padahal, beberapa HP di segmen harga yang sama bahkan sudah ada yang hadir dengan layar Super AMOLED.

2. Tidak Mendukung Fast Charging

oppo-a12-tidak-ada-fast-charging

Tidak mampu dipungkiri OPPO A12 memang disertai dengan kapasitas baterai tinggi dengan performa yang tahan lama. Namun, tentu akan lebih baik jikalau baterai bisa dicas dengan waktu singkat.

Inilah salah satu kekurangan dari OPPO A12 yang tidak mendukung kemampuan fast charging. Padahal, fitur ini hampir tidak pernah bolos dari berbagai keluaran HP terbaru. Terlebih mengingat kapasitasnya yang besar sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama agar terisi penuh memakai daya pengecasan sebesar 10W.

3. Hanya Memiliki Dual Camera

oppo-a12-dual-camera

Meski kualitas dari gambar yang dihasilkan terbilang manis, OPPO A12 hanya disertai dengan dua lensa saja di punggungnya. Hal ini mungkin tidak mampu dibilang kekurangan, tergantung dari cara Anda memaknainya. Hanya saja, fitur-fitur pada kamera masih terasa biasa saja bila dibandingkan dengan pesaingnya di segmen harga yang sama.

Beberapa fitur kamera yang bisa dipakai mirip time-lapse photography, mode profesional, mode portret, AR Stickers, dan 6x digital zoom. Perekamannya pun mendukung video dengan resolusi 1080p. Selain dibekali dengan lensa utama sebesar 13 MP, ada juga lensa 2 MP untuk gambar bokeh.

Padahal, banyak HP seharga dua jutaan yang sudah hadir dengan triple camera dan bahkan quad camera. Jika Anda membutuhkan HP dengan lensa aksesori mirip ultrawide, mungkin HP ini kurang pas untuk Anda.

4. Tidak Disertai Android Terbaru

oppo-a12-dual-camera

Berbagai HP keluaran terbaru memiliki sistem operasi terbaru secara out of the box. Artinya, segala akomodasi dan keunggulan yang terdapat di Android 10 sudah pribadi mampu dinikmati tanpa harus di-upgrade dulu. Hal ini tidak hanya berlaku bagi HP high-end, tapi juga kelas-kelas di bawahnya, contohnya mirip Samsung Galaxy M31.

Sayangnya, OPPO A12 hanya hadir dengan ColorOS 6.1 yang berbasiskan Android Pie saat pertama kali rilis. Jadi, bagi Anda yang tidak tabah ingin merasakan fitur Android 10 terbaru mungkin perlu berpikir dua kali sebelum membeli.

Simpulan

Bagaimana pendapat Anda sehabis melihat kelebihan dan kekurangan OPPO A12 tadi? HP ini sangat worth it kalau Anda mempunyai kartu memori eksternal lama yang masih ingin digunakan, ditambah lagi Anda tidak perlu mengorbankan slot kartu SIM 2. Sementara itu, baterainya yang awet mampu memberikan durasi pemakaian yang lebih usang.

Cukup disayangkan tidak ada fitur fast charging yang mampu memangkas waktu pengecasan. Sebenarnya tidak perlu-perlu amat dicas sampai penuh jika tidak sempat, tapi mencabut kabel casan sebelum terlihat angka 100% bisa membuat sebagian orang resah. Tidak terdapat juga fitur kamera yang “wah” pada dual camera-nya, meski kualitasnya masih tergolong baik pada pencahayaan yang cukup.

Jika Anda termasuk orang yang merasa HP ini cocok dan tertarik membelinya, silakan beli OPPO A12 pada link ini. Secara keseluruhan, OPPO A12 memperlihatkan berbagai akomodasi serta fitur yang solid untuk harga yang dibayarkan.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online