Yuk, Ketahui 10 Kelebihan Dan Kekurangan Nokia 2.2!

HP Nokia Android selalu menarik. Terlebih HP untuk kelas murahnya yang biasanya memperlihatkan hal-hal menarik yang tidak ditawarkan oleh HP Android di kelas yang sama. Salah satu misalnya adalah Nokia 2.2.

HP yang satu ini masuk resmi ke Indonesia dan ditawarkan dengan harga kisaran Rp1,6 jutaan. Lantas dengan harga tersebut, apakah HP ini cukup menarik untuk dilirik? Tanpa berlama-usang lagi, mari simak kelebihan dan kekurangan dari Nokia 2.2 ini.

Spesifikasi Nokia 2.2

Nokia 2.2

Umum

  • Diumumkan
    Juni, 2019

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Single SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    146 x 70.6 x 9.3 mm

  • Berat
    153 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif IPS LCD

  • Ukuran
    5.71 inci dengan fitur Always-on display

  • Resolusi
    720 x 1520 piksel, rasio 19:9 ( kepadatan 295 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Mediatek MT6761 Helio A22 (12 nm)

  • CPU
    Quad-core 2.0 GHz Cortex-A53

  • GPU
    PowerVR GE8320

Memori

  • RAM
    3 GB

  • Memori Internal
    32 GB

  • Memori Eksternal
    microSD, sampai 400 GB

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    1

  • Resolusi
    13 MP [f/2.2, 1/3″, 1.12µm, AF]

  • Fitur
    LED flash, HDR, panorama

  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1

  • Resolusi
    5 MP

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot

  • Bluetooth
    4.2, A2DP, LE

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    A-GPS, GLONASS, BDS

  • USB
    microUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Ion

  • Kapasitas
    3000 mAh

  • Wireless Charging

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie

  • Sensor
    Akselerometer; Sensor cahaya ambien, Sensor jarak; Buka kunci dengan wajah

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Steel, Tungsten Black

  • Lainnya
    – Menggunakan Android One

Kelebihan Nokia 2.2

Apa saja kelebihan yang ditawarkan dari Nokia 2.2 ini? Simak kelebihannya berikut ini.

1. Daya Tahan Baterai yang Baik

aterai nokia 2.2

Nokia 2.2 dibekali baterai yang tidak terlalu besar. HP ini hanya mempunyai baterai berkapasitas 3.000 mAh. Kapasitas baterai yang bantu-membantu kurang untuk menopang HP dengan layar 5,7 inci 720 x 1520 piksel.

Namun menariknya, daya tahan baterai HP ini tergolong cantik. Seperti kata GadgetsNDTV, daya tahan baterai HP ini menawarkan daya tahan baterai yang tergolong baik. Daya tahan baterai HP ini bisa mencapai lebih dari satu hari dengan penggunaan kamera, Whatsapp aktif, bermain gim setengah jam, dan menggunakan aplikasi benchmark.

Pengalaman sama juga diceritakan Debashish Pachal dari Indianexpress.com. Berdasarkan pengalaman penggunaannya, daya tahan baterai HP ini dapat bertahan selama seharian dengan penggunaan main gim, nonton video, dan fotografi. Bahkan, daya tahan baterai HP ini bisa hingga dua harian, kalau jarang menggunakan HP ini.

Berdasarkan penggunaan pengalaman tersebut, dapat dipastikan kalau Nokia 2.2 memiliki daya tahan baterai yang baik. Hal yang mungkin agak disayangkan dari baterai HP ini adalah pengisian dayanya yang usang, yakni mampu mencapai 3 jam untuk mengisi daya dari 0% sampai 100%.

2. Baterai yang Bisa Dilepas

baterai nokia 2.2 bisa dilepas

* sumber: www.indiatoday.in

Selain daya tahan baterai yang baik, HP ini mempunyai keunggulan dari sektor baterainya. Keunggulan tersebut sesuatu yang jarang ditemukan di HP zaman kini, adalah baterai HP yang bisa dicabut.

HP zaman sekarang hampir semuanya menunjukkan baterai tanam alias baterai yang tidak mampu dicabut. Kehadiran HP dengan baterai yang bisa dicabut atau dilepas jelas jadi hal yang menarik mengingat baterai yang bisa dilepas memungkinkan pergantian baterai lebih mudah bila baterai mengalami dilema.

3. Android One

Nokia 2.2 Android One

Satu keunggulan menarik dari Nokia 2.2 adalah tunjangan penuh dari Android. Mengapa? Karena HP ini merupakan bagian dari proyek Android One. HP Nokia dengan OS Android umumnya memang bergabung dengan proyek Android One.

Dukungan Android One membuat HP ini mengusung OS Android murni. Selain itu, HP ini juga bakal menerima pemberian pembaruan OS Android dua versi kedepan atau dua tahun. Plus HP ini bakal menerima security update selama tiga tahun.

Nokia 2.2 ini mengusung OS Android 9 Pie. Hal ini berarti, HP ini bakal mendapatkan pembaruan OS Android untuk Android Q dan Android R.

4. Tombol Google Assistant

Google Assistant Button Nokia 2.2

Salah satu kelebihan dari Nokia 2.2 yang paling menarik ialah hadirnya tombol khusus Google Assistant. Kehadiran tombol ini terang menciptakan HP ini menarik mengingat tombol Google Assistant biasanya hadir di HP Android One kelas menengah atau HP Android kelas atas.

Tombol Google Assistant ini mampu dimanfaatkan untuk menggunakan Google Assistant. Selain itu, tombol ini mampu digunakan untuk  walkie-talkie dengan cara ditekan. Fitur yang tergolong menarik tentunya.

Kekurangan Nokia 2.2

Nokia 2.2 memiliki beberapa kekurangan alasannya adalah memang HP murah pasti memiliki kekurangan. Lantas, apa saja kekurangan dari Nokia 2.2 ini? Inilah 6 poin kekurangan dari HP ini.

1. Kamera di Bawah Rata-rata

kamera nokia 2.2

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=fAFRlsp1Ec0

Karena berada di kelas harga yang murah, wajar sebenarnya jikalau tidak mengharapkan spesifikasi istimewa untuk bagian kamera. Kamera pada HP ini saja hanya satu kamera, yaitu kamera 13 MP di bab belakang dan kamera 5 MP di bagian depan.

Fitur pada kamera belakang HP ini saja hanya dasar saja. Ada fitur panorama, time-lapse, Google Lens, dan square mode. Benar-benar basic. Lantas, bagaimana hasil tangkapan kamera belakang HP ini? Berikut pola hasil tangkapan kamera dari Nokia 2.2.

hasil tangkapan kamera nokia 2.2

* sumber: www.indiatoday.in

hasil tangkapan kamera nokia 2.2

* sumber: gadgets.ndtv.com

hasil tangkapan kamera nokia 2.2

* sumber: www.indiatoday.in

hasil tangkapan kamera nokia 2.2

* sumber: gadgets.ndtv.com

Menilik karenanya, kamera Nokia 2.2 cukup setuju di kondisi cahaya jelas tetapi tidak mampu dikatakan cantik. Sementara untuk foto di kondisi gelap, memang bisa dibilang kurang elok. GadgetsNDTV sendiri mengatakan kalau hasil foto dari HP ini terbilang kurang tajam. Bahkan proses pemotretan balasannya tergolong lambat.

Masih menurut GadgetsNDTV, hasil tangkapan kamera di HP ini hanya bagus ketika foto HDR. Sementara tidak ada fitur menarik lainnya dari kamera di HP ini. Bahkan, tidak ada mode portrait.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh situs Indiatoday. Situs ini mengatakan kalau kamera belakang Nokia 2.2 mampu menghasilkan foto yang cantik di siang hari namun karenanya tidak cerah. Hasilnya cenderung membosankan. Hal ini dipengaruhi karena kecepatan rana kamera HP ini tergolong lambat.

Selain itu, kamera depan HP ini juga tidak menunjukkan foto selfie dengan detail yang anggun. Warna yang dihasilkan masih bagus tetapi hasil foto tampak membosankan. Bisa dibilang, kedua sektor kamera di HP ini tidaklah terlalu memuaskan.

Karena alasan-alasan itulah, sektor kamera bukanlah sesuatu yang istimewa dari Nokia 2.2 Memang banyak HP lain di kelas harga yang sama yang juga menunjukkan hasil foto yang tidak terlalu anggun tetapi mampu dibilang, hasil tangkapan kamera Nokia 2.2 kurang begitu menggoda alias memang biasa saja.

2. Performa Tergolong Lambat

performa nokia 2.2

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=H9-SA-Pomao

Nokia 2.2 dibekali dengan MediaTek Helios A22. Chipset ini hadir dengan proses fabrikasi 12nm. Di dalam chipset ini hadir prosesor quad core ARM Cortex-A53 dengan pengolah grafis PowerVR GE8320. Bagaimana performanya? Cek gambar berisi informasi benchmark Antutu Nokia 2.2 berikut ini.

perbandingan performa nokia 2.2

* sumber: www.digit.in

Terlihat gambar di atas, nilai Antutu HP ini hanya 61.554 saja. Nilai Antutu tersebut jelas menunjukan jika performa HP ini tidaklah istimewa. Bisa dibilang, performanya tidak cocok untuk dipakai bermain gim atau membuka aplikasi berat.

Situs Digit.in, mengatakan kalau performa HP ini untuk penggunaan sehari-hari tergolong lambat. Misalnya untuk membuka aplikasi mirip YouTube dan Chrome, ada jeda beberapa detik sebelum mampu dipakai.

Jelas untuk bermain gim juga kurang menyenangkan. Pengalaman Digit.ini, memainkan gim di HP ini mengecewakan. Bermain gim Asphalt 9 hanya mampu menerima 10 frame per detik. Bermain PUBG Mobile juga mengecewakan karena dengan grafis rendah saja, fps yang didapatkan hanya 15fps alias 15 frame per detik saja.

Pengalaman mengecewakan juga diceritakan Debashish Pachal dari Indianexpress.com. Menurutnya, dikala Nokia 2.2 diajak bermain gim, HP cenderung melambat, terutama dikala memainkan PUBG. Bermain Asphalt 9 juga lambat.

Untuk gim ringan seperti Angry Birds, Temple Run dan Subway surfer, Nokia 2.2 masih tergolong lancar. Hal ini berarti, prosesor pada HP ini memang tidak ditunjukkan untuk kebutuhan bermain gim dengan grafis intensif. Bahkan, mampu dibilang HP ini tidak layak untuk digunakan bermain gim.

3. Desain Biasa Saja

Nokia 2.2

Tidak seperti desain bodi HP Nokia Android lainnya, Nokia 2.2 cenderung mempunyai desain yang biasa. Bahkan, desain bodi HP ini cenderung kurang baik. Hal yang masuk akal bahu-membahu mengingat HP ini berada di kelas murah.

Berdasarkan penuturan Digit.in, Nokia 2.2 memiliki desain yang biasa. Panel belakang HP ini memang mengkilap tetapi hal tersebut ialah finisihing glossy alasannya adalah bodi HP ini memiliki bodi plastik.

Bodi mengkilap HP ini juga tidak terlalu menarik dan malah cenderung biasa. Berbeda dengan HP murah lain yang mengkilapnya terlihat premium. HP ini cenderung memiliki tampilan mengkilap yang biasa-biasa saja.

4. Tidak Ada Sensor Sidik Jari

Nokia 2.2 tidak memiliki sensor yang tergolong penting, sensor sidik jari. Memang ada HP lain di kelas harga yang sama seperti Realme C2 misalnya, yang juga tidak memiliki sensor sidik jari.

Namun, jikalau saja Nokia 2.2 memiliki sensor sidik jari, terang bakal jadi keunggulan tersendiri. Bisa dibilang, kehadiran sensor sidik jari akan membuat Nokia 2.2 mempunyai nilai plus dibandingkan para pesaingnya.

5. Slow Face Recognition

Nokia 2.2

Tidak adanya sensor sidik jari, bukan berarti tidak ada face recognition. HP ini masih mempunyai face recognition atau face unlock atau sensor pengenalan wajah. Masalahnya, seperti apa kecepatan sensor pengenalan wajah di HP ini?

Sensor pengenalan wajah di HP ini memakai kamera 5 MP. Kalau berdasarkan pengalaman GadgetsNDTV, proses pengenalan wajah di HP ini tergolong lambat. Bahkan, dikala digunakan di kondisi kurang cahaya, HP ini membutuhkan waktu yang lama untuk membaca wajah.

Situs Indiatoday.in juga mengatakan bila sensor pengenalan wajah di HP ini tergolong lambat. Bahkan, berdasarkan mereka, ketika kondisi cerah atau siang hari, kamera depan untuk membaca membutuhkan beberapa detik untuk membaca wajah dan membuka perangkat. Jelas hal ini mengambarkan jikalau face unlock di HP ini tergolong lambat

6. Tidak Ada Notifikasi LED

layar Nokia 4.2

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=fAFRlsp1Ec0

Kekurangan lain dari Nokia 2.2 ialah tidak adanya fitur LED notifikasi. HP lain di kelas harga yang murah, masih mempunyai fitur ini. Bahkan, HP sekelas Asus Zenfone Live L2 memiliki LED notifikasi yang malah mampu berubah warna LED notifikasinya.

Mengapa LED notifikasi penting? Karena LED notifikasi memiliki fungsi pemberitahuan ada pesan penting, ada notifikasi penting dan lainnya. Ketidakhadiran LED notifikasi terperinci membuat penggunanya harus membuka layar HP bila ada notifikasi masuk.

Simpulan

Nokia 2.2 bukanlah HP Rp1 jutaan yang menarik, atau yang memiliki banyak fitur penting. Performa dan kamera terang bukan nilai jual utama dari HP ini. Namun, fitur derma Google, dan faktor baterai jadi kelebihan lain dari HP ini.

HP ini mampu dibilang cocok untuk yang suka HP dengan baterai lepas, OS Android murni, dan tidak terlalu duduk perkara dengan performa yang pas-pasan. Tertarik dengan HP yang satu ini? Jika tertarik, silakan beli HP ini di toko online lewat link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online