Yuk, Ketahui 10 Kelebihan Dan Kekurangan Infinix S5 Lite!

Infinix memilii beberapa lini produk di kelas terjangkau yang tergolong menarik. Salah satunya adalah Infinix S series. HP ini pada umumnya fokus pada selfie sebagai nilai jual utamanya tetapi dengan beberapa embel-embel spesifikasi yang membuatnya menarik dilirik.

Salah satu Infinix S series yaitu Infinix S5 Lite. Sesuai namanya, HP dengan harga Rp1,5 jutaan ini merupakan versi yang lebih rendah dari Infinix S5. Lantas, mirip apa Infinix S5 Lite ini? Apakah cukup menarik untuk dilirik? Untuk menjawabnya, mari simak kelebihan dan kekurangan Infinix S5 Lite berikut ini.

Spesifikasi Infinix S5 Lite

Infinix S5 lite

 

Umum

  • Diumumkan
    November, 2019

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    164 x 76 x 7.9 mm

  • Berat
    178 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif IPS LCD

  • Ukuran
    6,6 inci

  • Resolusi
    720 x 1600 piksel, rasio 20:9 (kerapatan 266 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)

  • CPU
    Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53

  • GPU
    PowerVR GE8320

Memori

  • RAM
    3 GB, 4 GB

  • Memori Internal
    32/3 GB, 64/4 GB

  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 128 GB (slot khusus)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    3

  • Resolusi
    16 MP, f/1.8, PDAF + 2 MP + Lensa AI

  • Fitur
    Quad-LED flash, panorama, HDR

  • Video

Kamera Selfie

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, hotspot

  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    A-GPS

  • USB
    microUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po

  • Kapasitas
    4000 mAh tidak dapat dilepas

  • Wireless Charging

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie

  • Sensor
    Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, proximity, compass

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Midnight black, Quetzal cyan, Violet

Kelebihan Infinix S5 Lite

Infinix S5 hadir dengan berbagai kelebihan. Apa sajakah kelebihan tersebut? Simak eksklusif pembahasannya berikut ini.

1. Desain Bodi Oke

desain infinix s5 lite

Infinix S5 datang dengan desain bodi yang kekinian. Desainnya serupa dengan Infinix S5, yaitu desain dengan balutan plastik di seluruh bodinya dengan bab belakang menggunakan finishing glossy yang tergolong baiklah.

Dimensi HP ini juga serupa dengan saudaranya, ialah hadir dengan dimensi 164 x 76 x 7.9 mm dan bobot berat 178 gram. Dengan desain dan bobot berat ini, menciptakan Infinix S5 tergolong setuju meskipun agak terlalu tinggi saat dipegang dalam genggaman.

2. Daya Tahan Baterai Cukup

baterai infinix s5 lite

Infinix S5 mempunyai baterai berkapasitas 4.000 mAh. Kapasitas baterai 4.000 mAh ini sudah tergolong umum memang alasannya adalah sudah banyak HP yang juga memberikan alasannya adalah cukup banyak HP yang menawarkan kapasitas besar. Tinggal masalahnya seberapa usang daya tahan baterai dari HP ini?

Merujuk penggunaan GadgetsNDTV, daya tahan baterai Infinix S5 Lite ini bisa mencapai satu hari setengah. Daya tahan baterainya serupa dengan Infinix S5. Hasil pengujian tes HD video loop Infinix S5 Lite juga tidak jauh berbeda dengan Infinix S5.

Dalam pengujian HD video loop GadgetsNDTV, Infinix S5 mencatatkan waktu 13 jam 24 menit. Sementara Infinix S5 Lite mencatatkan waktu 13 jam 46 menit. Sedikit lebih usang yang tentunya ini merupakan satu hal yang anggun. Hal yang manis karena dengan harga yang lebih murah, didapatkan sebuah HP dengan daya tahan baterai yang sedikit lebih baik.

3.  Punch Hole Display

layar infinix s5 lite

Infinix S5 Lite memperlihatkan layar IPS LCD 6,6 inci. Layar ini hadir dengan resolusi 720 x 1600 piksel dengan kerapatan layar 266 ppi. Layarnya memiliki tingkat kecerahan sebesar 480 nits. Infinix sendiri mengklaim jikalau HP ini mempunyai screen-to-body ratio sebesar 90,5%.

Yang menarik dari layar HP ini ialah tampilanya yang full. Mengapa full? Karena HP ini memperlihatkan layar dengan punch hole display. Punch hole disini ialah istilah yang mengacu hadirnya kamera depan yang membulat di bab layar.

HP dengan punch hole display biasanya ditemukan di HP kelas menengah dan atas. Sementara Infinix S5 Lite, yang berada di harga terangkau, menciptakan HP ini terasa istimewa alasannya adalah di kelas harga yang sama, tidak ada HP lain yang menunjukkan konsep sejenis. Setidaknya, saat artikel ini dibuat.

4. Kamera Selfie yang Bagus

infinix s5 lite

Infinix S5 Lite tiba memperlihatkan kamera depan 16 MP. Berbeda dengan saudaranya, Infinix S5, yang menawarkan kamera 32 MP. Kamera 16 MP pada HP ini sendiri tergolong elok dan cukup diandalkan untuk selfie.

Situs The Mobile Indian, menyampaikan jika kamera depan HP ini mempunyai performa yang baik. Kamera depan HP ini bisa menangkap foto dengan hasil warna kulit yang lebih alami. Kameranya juga mampu menangani pencahayaan yang berlebihan di bab background. Fitur AR Shot yang ada di HP ini juga tergolong menyenangkan untuk dijelajahi.

Gadgets NDTV juga memuji kualitas kamera depan HP ini. Berdasarkan pengalaman mereka, foto selfie menggunakan HP ini mampu menangkap gambar dengan sangat baik dan cocok untuk dikirim di media umum. Terlebih kamera depan HP ini memiliki opsi mode bokeh. Satu keunggulan tersendiri tentunya dari Infinix S5 Lite.

5. Fingerprint dan Face Recognition yang Cepat

infinix s5 lite

* sumber: www.themobileindian.com

Infinix S5 Lite dibekali dengan sensor sidik jari alias fingerprint di bagian belakang. HP ini juga sudah dibekali dengan face recognition alias sensor pengenalan wajah. Dan menurut pengaaman Gadgets NDTV memakai HP ini, kedua sensor ini bekerja dengan cepat dan sangat baik.

6. Memori Internal dan RAM Cukup Besar

Infinix S5 lite

Infinix S5 Lite memang tidak menunjukkan RAM dan memori internal yang begitu besar seperti halnya Infinix S5. Sekadar isu, Infnix S5 hadir dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. HP tersebut dijual di harga kisaran Rp2,1 juta.

Infinix S5 Lite sendiri dijual dengan harga Rp1,5 jutaan. Dengan harga tersebut, Infinix S5 Lite menunjukkan RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Menilik kapasitas RAM dan memori internalnya, tentu Infinix S5 Lite tergolong menarik. Terlebih HP lain di kelas harga yang sama jarang ada yang menawarkan HP dengan memori sebesar Infinix S5 Lite.

7. Performa Kalah Saing

performa infinix s5 lite

* sumber: pricebaba.com

Infinix S5 Lite hadir dengan chipset Mediatek MT6762 Helio P22. Di dalam chipset ini, tersemat prosesor octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 dan pengolah grafis PowerVR GE8320. Chipset Helio P22 ini adalah chipset untuk kelas harga terjangkau.

Mengingat harga Infinxi S5 Lite ada di kelas Rp1,5 jutaan, penggunaan chipset ini terasa masuk akal. Tentu tidak perlu mengharapkan performa HP ini untuk mampu kencang. Tetapi setidaknya untuk kebutuhan sehari-hari mirip main media sosial, chating, internetan, nonton Youtube, sudah tergolong cukup.

The Mobile Indian menegaskan hal tersebut. Menurut mereka, HP ini sudah memuaskan untuk penggunaan standar sehari-hari dan tidak untuk bermain gim. Situs BGR juga mengatakan jika performa HP ini cukup untuk sehari-hari tetapi tidak untuk bermain gim.

Kekurangan Infinix S5 Lite

Infinix S5 Lite mempunyai beberapa kekurangan. Apa saja kekurangan tersebut? Simak poin-poinnya berikut ini.

1. Kamera Bagus Tapi Tidak Maksimal

kamera belakang Infinix s5 Lite

Infinix S5 Lite hadir dengan tiga kamera belakang. Kamera belakang tersebut terdiri dari kamera utama 16 MP, kamera kedua 2 MP, dan kamera ketiga merupakan kamera lensa AI atau low light sensor. Bagaimana performa dari kamera belakang HP ini? Untuk mengetahuinya, mari simak pola hasil tangkapan kamera belakang Infinix S5 Lite berikut ini.

hasil tangkapan kamera infinix s5 lite

* sumber: pricebaba.com

hasil tangkapan kamera infinix s5 lite

* sumber: pricebaba.com

hasil tangkapan kamera infinix s5 lite

* sumber: pricebaba.com

Hasil tangkapan kamera belakang HP ini seperti HP terjangkau pada umumnya. Bagus untuk kondisi cahaya cukup tetapi kerepotan untuk kondisi kurang cahaya. Gadgets NDTV sendiri menyampaikan bila hasil tangkapan kamera HP ini tergolong buruk untuk kondisi low-light. Padahal HP ini dilengkapi dengan low-light sensor. 

Hal yang sama juga dikatakan Pricebaba. Menurut mereka, kehadiran low-light sensor seperti tidak ada gunanya sebab kamera HP ini tidak dilengkapi mode malam. Hal ini membuat kamera HP ini terasa kurang maksimal. Padahal kualitas tangkapan kamera HP ini tergolong cukup terutama di kondisi cahaya yang terperinci.

2. Pengisian Daya Tidak Cepat

infinix s5 lite

* sumber: www.bgr.in

Infinix S5 Lite dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh yang daya tahannya tergolong bagus. Hal yang disayangkan, HP ini tidak dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat. Efeknya, durasi pengisian daya HP ini jadi lebih usang.

Bayangkan, pengisian daya HP ini hingga penuh mampu memakan waktu hingga 4 jam, mirip yang ditulis oleh Gadgets NDTV. Hal yang sama juga dikatakan oleh Pricebaba yang bilang kalau pengisian daya HP ini mencapai 4 jam.

The Mobile Indian justru menerima hasil yang berbeda. Menurut mereka, pengisian daya HP ini hingga penuh hanya memakan waktu 2,5 jam. Perbedaan ini tentu masuk nalar alasannya tidak dijelaskan sisa daya tahan baterai saat memulai pengisian daya.

Namun, hasil dari Gadgets NDTV dan Pricebaba lebih mampu diterima. Hal ini karena charger HP ini hanya 6W saja. Wajar jikalau kemudian pengisian daya HP ini memakan waktu yang usang.

4. Tidak Ada Ambient Sensor

infinix s5 lite

* sumber: www.themobileindian.com

Kekurangan lain dari Infinix S5 Lite yakni absennya ambient sensor. Sensor ambient adalah sensor yang mampu mendeteksi tingkat kecerahan layar secara otomatis menurut cahaya yang mengelilinginya. Ketidakhadiran sensor ini terang sebuah kekurangan fatal alasannya adalah HP di kelas harga terjangkau banyak memasang ambient sensor. 

Simpulan

Infinix S5 Lite mampu dibilang merupakan HP yang lebih menarik jikalau dibandingkan Infinix S5. Mengapa? Karena harga HP ini yang hanya Rp1,5 jutaan membuat spesifikasi yang ditawarkannya terasa lebih menarik.

Terlebih fakta bahwa HP dengan RAM 4 GB saja sudah tergolong memenuhi untuk aneka macam aktivitas. Kaprikornus, tidak perlu gimmick berlebihan seperti RAM 6 GB yang justru membuat harga HP jadi naik.  Tertarik dengan Infinix S5 Lite? Jika tertarik, silakan beli HP ini di Bukalapak lewat link ini atau di Shopee lewat link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online