Yuk, Ketahui 10 Kelebihan Dan Kekurangan Infinix Note 7 Lite!

Sebagai sebuah HP di gugusan segmen harga murah, seri Infinix Note 7 sungguh tidak terlihat mirip HP murahan. Dari segi desain, fitur, dan dapur pacu, seri HP ini mampu menjawab kebutuhan muda-mudi secara optimal tanpa harus keluar biaya besar.

Begitu pun dengan varian Lite-nya yang memiliki sedikit perbedaan dari segi layar, desain kamera belakang, dan beberapa fitur tertentu. Meski begitu, Anda tetap akan terkesima dengan segudang akomodasi yang ditawarkan Infinix Note 7 Lite.

Murah bukan berarti murahan, HP ini hanya dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan saja. Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan Infinix Note 7 Lite sebagai materi pertimbangan Anda.

Spesifikasi Infinix Note 7 Lite

Infinix Note 7 Lite

  • Rilis: April, 2020
  • Layar: IPS LCD, 720 x 1600 piksel
  • Chipset: Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 2 MP + 2 MP + QVGA
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Cek spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Infinix Note 7 Lite

Jika Anda melihat beberapa kelebihan dari HP ini, Anda akan berpikiran bahwa kata “Lite” yang diusungnya sungguh tidak terasa cocok. Soalnya, fitur-fitur yang dibawakannya memang layak bersaing dengan HP di deretan harga yang sama atau sedikit di atasnya.

1. Baterai Kapasitas Jumbo

baterai 5000 mah

Bisa dibilang, yang menjadi keunggulan utama dari Infinix Note 7 Lite adalah kapasitas baterainya yang besar, adalah hingga 5.000 mAh. Kapasitas yang besar ini memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi dan game pada HP dengan durasi yang lebih usang.

Misalnya saja, untuk penggunaan stand-by, Infinix Note 7 Lite diklaim mampu bertahan hingga 4 hari lamanya! Dalam pemakaian normal pun HP ini mampu bertahan hingga seharian penuh. Mengingat HP ini berada di segmen harga murah, durasi pemakaian ini terbilang sangat mencengangkan dan sungguh memberikan kemudahan bagi Anda yang tidak mau repot membawa power bank ke mana-mana.

2. Dukungan Memori Eksternal Slot Khusus

memori eksternal

Kapasitas memori berkhasiat untuk menampung segala file dan aplikasi. Wajar kalau banyak brand HP berusaha menghadirkan kapasitas memori yang besar supaya pengguna bisa mempunyai aneka macam aplikasi favoritnya. Infinix Note 7 Lite sendiri hadir dengan memori internal sebesar 128 GB. Cukup besar untuk seukuran HP entry-level, bukan?

Jika masih terasa kurang, Anda pun bisa menambahkan kartu memori eksternal pada slot khusus yang tersedia. Tidak tanggung-tanggung, slot memori eksternal ini mampu ditambahkan dengan microSDXC sampai 2TB!

3. Quad Camera

quad camera infinix note 7 lite

Kini, sudah jarang kita menemukan muda-mudi yang tidak aktif bersosial media. Karena itu, fitur kamera pun menjadi incaran biar mampu menghasilkan foto yang Instagrammable dan berestetika. Infinix Note 7 Lite berhasil menjawab kebutuhan ini dengan menghadirkan 4 lensa kamera dengan fungsi yang bermacam-macam.

Lensa utamanya saja resolusinya sungguh besar, yaitu 48 MP. Cukup mengagetkan, karena tidak mengecewakan jarang Anda menemukan resolusi sebesar ini pada HP segmen entry-level. Sementara itu, hadir juga lensa makro sebesar 2 MP, lensa kedalaman sebesar 2 MP, serta lensa QVGA yang berguna untuk meningkatkan kualitas gambar pada kondisi minim pencahayaan.

4. Ukuran Layar Besar

layar infinix note 7 lite

Kelebihan selanjutnya yang sungguh menciptakan Infinix Note 7 Lite layak dilirik ialah ukuran layarnya yang besar. Dengan begini, kegiatan-acara yang dilakukan pada HP mampu terasa lebih nyaman dan berkesan. Bagaimana tidak? HP ini mempunyai layar IPS LCD sebesar 6,6 inci.

Ukuran layar ini termasuk yang terbesar pada deretan HP lain di segmen harga yang sama. Bahkan, beberapa HP pada kelas di atasnya mempunyai ukuran layar yang lebih kecil. Lensa kamera depannya mengusung punch-hole Infinity-O pada kiri atas layar, sehingga HP ini tidak memerlukan bezel untuk menampung lensa.

Alhasil, yang Anda dapatkan dari Infinix Note 7 Lite ialah layar yang bersih, luas, jernih, dan memenuhi seluruh bodi depan yang membuatnya ideal dipakai menonton Netflix.

5. Side-Mounted Fingerprint dan Face Unlock

infinix note 7 lite fingerprint dan face unlock

Kini, sudah bukan zamannya lagi memasukkan instruksi PIN ataupun pattern untuk membuka kunci layar. Jika Anda memerhatikan perkembangan HP zaman kini, sudah jarang ditemukan HP tanpa sensor sidik jari ataupun Face Unlock. Untuk Infinix Note 7 Lite sendiri, ia sudah mengantongi kedua fitur tersebut.

Uniknya lagi, sensor sidik jari yang dimilikinya terletak pada sisi kanan bodi, atau yang disebut side-mounted fingerprint. Cukup unik, mengingat letak sensor pada kebanyakan HP terletak di bodi belakang ataupun pada layar. Hal ini memudahkan Anda biar bisa membuka kunci memakai jempol kanan saat menggenggamnya.

Sementara itu, fitur Face Unlocknya juga sungguh berfungsi dengan baik untuk membuka kunci dengan cepat. Jadi, pilih metode yang mana antara dua opsi ini?

6. Memiliki OS Android 10

xos 60 android 10

Sistem operasi yang di-upgrade terus menerus semakin memerhatikan sisi user experience. Itulah mengapa versi Android yang digunakan menjadi penting untuk dipertimbangkan. Sistem operasi yang diusung Infinix Note 7 Lite adalah XOS 6.0 yang berbasiskan Android 10 terbaru.

Anda pun dapat menikmati serangkaian fitur-fitur gres yang semakin memudahkan Anda untuk melakukan navigasi pada HP. Fitur-fitur baru ini di antaranya yakni Dark Mode yang mampu diaplikasikan pada seluruh aplikasi dalam sekali pengaturan, serta gesture navigation biar Anda tidak perlu menekan tombol untuk navigasinya. Tentu saja masih banyak fitur pribadi pada Android 10 yang menanti Anda. Tertarik?

Kekurangan Infinix Note 7 Lite

Tentunya setelah melihat beberapa kelebihan tadi, Anda akan percaya bahwa Infinix Note 7 Lite bukanlah HP isapan jempol belaka. Meski demikian, sekarang waktunya Anda melihat HP ini dari sudut pandang yang lain. Berikut yakni beberapa kekurangan Infinix Note 7 Lite.

1. Chipset Kurang Berdaya Saing

mediatek_helio_p22

Hanya karena Infinix Note 7 Lite, performa seharusnya tetap menjadi aspek yang tidak bisa dilupakan. Sayangnya, chipset Helio P22 yang menjadi andalan HP ini kurang mampu menunjukkan hasil performa yang maksimal ketimbang HP-HP kompetitornya.

Beberapa HP seperti Realme 5s maupun OPPO A5 2020 sama-sama memiliki chipset Snapdragon 665 dengan rentang harga yang sama. Cukup disayangkan bahwa performa Helio P22 hanya bisa menyaingi Snapdragon 450 yang lebih umum ditemukan pada HP di harga yang lebih rendah.

2. Tidak Dibekali Fast Charging

infinix 7 note lite tidak ada fast charging

HP yang bisa dicas hingga penuh dengan cepat merupakan salah satu akomodasi yang banyak dicari orang. Anda akan menemukan banyak HP yang mengusung teknologi fast charging pada segmen harga yang bermacam-macam. Sayangnya, Infinix Note 7 Lite belum dibekali dengan kemampuan pengisian daya cepat.

HP ini masih mengusung kemampuan pengecasan di daya 10 W. Hal ini mungkin dikarenakan kapasitas baterainya yang sebesar 5.000 mAh. Anda mungkin harus rela mengecas dalam hitungan jam sampai dayanya terisi penuh, berbeda dengan varian non-Lite yang sudah dibekali fast charging 18 W.

3. Masih Menggunakan MicroUSB Port

infinix 7 lite note microusb

Konektivitas termasuk dalam aspek evaluasi HP yang dihentikan dihiraukan. Infinix Note 7 Lite hadir dengan 3,5 mm jack pada bab bawah untuk dihubungkan pada headset ataupun speaker embel-embel. Lalu untuk charging port-nya, HP ini masih memakai port microUSB 2.0.

Padahal, HP keluaran terbaru umumnya sudah meninggalkan port ini dan sudah menggunakan USB tipe-C. Beberapa keunggulan dari USB tipe-C ialah kepala kabel dengan bentuk yang simetris antara sisi atas dan bawah. Berbeda dengan microUSB yang berbentuk trapesium, sehingga Anda harus mencocokkan posisi colokan dengan port-nya.

Selain itu, USB tipe-C juga memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat ketimbang microUSB 2.0. Bagi Anda yang sering memindahkan data antara HP dan PC, kekurangan ini cukup disayangkan.

4. Tidak Memiliki NFC

infinix note 7 lite nfc

Bagi Anda yang sering berpergian menggunakan jalan tol atau melakukan transaksi pada mesin pembayaran digital, fitur NFC pada HP akan sangat berguna. Anda mampu mengisi saldo e-Toll beserta pembayaran lainnya menggunakan NFC. Sayangnya, fitur tersebut tidak hadir pada Infinix Note 7 Lite.

Hingga artikel ini ditulis, brand Infinix memang tidak pernah menyematkan NFC pada jajaran produknya. Padahal fitur ini cukup dicari sebagian orang dengan mobilitas tinggi atau yang hidup di ibukota. Cukup disayangkan sebab ada beberapa HP murah yang sudah menyematkan fitur NFC.

Simpulan

Itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan Infinix Note 7 Lite yang mampu dipertimbangkan. Jangan terkecoh dengan harganya yang hanya Rp 2 jutaan, kapasitas baterainya yang besar sungguh menjadikannya layak dianggap HP berkelas. Tak hanya itu saja, dukungan slot microSDXC-nya juga memberikan Anda kebebasan tanpa harus mengorbankan slot SIM kedua.

Hanya saja, Anda harus rela menunggu cukup usang untuk mengecas baterainya hingga penuh, alasannya tidak dibekali dengan fast charging. Selain itu Anda juga harus membiasakan menggunakan kabel microUSB untuk mengecas dan memindahkan data.

Secara keseluruhan, Infinix Note 7 Lite tetap merupakan HP entry-level yang solid. Dengan harganya yang terjangkau, Anda sungguh dapat menikmati aneka macam kemudahan seolah menggunakan HP mahal. Jika Anda tertarik memilikinya, Anda mampu membeli Infinix Note 7 Lite pada link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online