Yuk, Ketahui 10 Kelebihan Dan Kekurangan Huawei P40 Ini!

Masih ingatkah Anda dengan kehadiran seri Huawei P30 pada tahun 2019? Nah, di tahun 2020, Huawei kembali meluncurkan seri penerusnya yang hadir dengan berbagai perkembangan, ialah seri Huawei P40. Dengan segudang fitur yang dibawakannya, HP flagship ini sungguh mampu memenuhi kebutuhan dari segala aspek – performa, fotografi, hiburan, dan masih banyak lagi.

Untuk mengetahui lebih persisnya, Carisinyal akan membeberkan beberapa kelebihan dan kekurangan Huawei P40. Beberapa poin yang akan kami sajikan dibutuhkan mampu membantu Anda datang pada sebuah keputusan – apakah Anda akan membelinya atau tidak.

Seri Huawei P40 yang dihadirkan pada final Maret 2020 ini tersedia dalam tiga varian: Huawei P40, Huawei P40 Pro, dan Huawei P40 Pro+. Meski yang paling “ringan” di antara kedua varian lainnya, Huawei P40 masih menghadirkan teknologi dan inovasi terkini. Penasaran? Langsung simak saja kelebihan dan kekurangan Huawei P40 berikut ini!

Spesifikasi Huawei P40

Huawei P40

  • Layar:  OLED 6,1 inci
  • Chipset: HiSilicon Kirin 990 5G (7 nm+)
  • GPU: Mali-G76 MP16
  • RAM: 6 GB, 8 GB RAM
  • Memori Internal: 128/6 GB, 128/8 GB, 256/8 GB
  • Memori Eksternal: NM (Memori Nano), hingga 256GB
  • Kamera Belakang: 50 MP + 8 MP + 16 MP
  • Kamera Depan: 32 MP + IR TOF 3D
  • Baterai: Non-removable Li-Po 3800 mAh battery

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Huawei P40

Sebagai HP flagship andalan Huawei, Anda tentu mampu mengekspektasikan fitur-fitur dan spesifikasi canggih yang sangat jarang dimiliki kebanyakan HP lain. Untuk itu, simak beberapa kelebihan Huawei P40 yang menggiurkan ini!

1. Performa Chipset Kelas Atas

kirin 990 5g performa

Sudah bukan kabar gres lagi kalau HP sekelas Huawei P40 pasti dipasangkan dengan chipset terbaik. Ia mengandalkan Kirin 990 yang sudah terintegrasikan dengan modem 5G. Sementara untuk kartu pengolah grafisnya, Huawei P40 memiliki Mali-G76 MP16 yang pastinya sudah siap menampilkan kualitas grafik terbaik dari game seberat apapun.

Performa yang unggul ini telah dibuktikan pada pengujian benchmark oleh GSMArena. Saat dilakukan pengujian benchmark Geekbench 4.4 pada performa single core, Huawei P40 mampu meraih skor 3887, hanya terpaut sedikit dari varian Pro-nya yang berhasil meraih skor 3942.

Di bab single core, Huawei P40 beserta varian Pro-nya memang masih kalah dibandingkan dengan Samsung Galaxy S20 yang meraih skor 4958. Namun, bila dilihat dari perbandingan performa multi-core di bawah, Huawei P40 lebih unggul dengan skor 12619 sedangkan Samsung Galaxy S20 hanya berada di angka 12557.

Di persaingan HP flagship Android, Huawei P40 memang tidak lebih unggul dari OPPO Find X2 Pro yang berhasil meraih skor tertinggi baik pada pengujian single core maupun multi-core. Namun tetap saja, Huawei P40 ini faktanya hadir dengan performa kedua tertinggi di seluruh dunia – hal ini tetap sebuah prestasi yang patut diapresiasi.

2. Kamera dengan Kualitas Terbaik

kamera huawei p40

Keunggulan yang menjadi daya tarik utamanya Huawei P40 adalah performa kamera yang dimilikinya. Di sisi belakang, terdapat lensa kamera besutan Leica dengan konfigurasi triple camera. 

Masing-masing resolusinya yaitu 50 MP (lebar) dengan bukaan f/1.9 dan focal length 23 mm, lensa 8 MP (telefoto) yang memiliki bukaan f/2.4 serta focal length 80 mm, dan terakhir adalah lensa 16 MP (ultra lebar) dengan bukaan f/2.2 dan memiliki focal length 17 mm.

Lensa utamanya sendiri sudah dilengkapi dengan autofokus phase detection dan stabilizer optikal. Lalu lensa telefotonya juga mampu melaksanakan zoom optik sebanyak 3 kali dan sama-sama bisa menggunakan stabilizer optikal juga. Malahan, penstabilan gambar pada kamera ini sangat anggun – sekalipun digunakan nge-zoom, Anda masih bisa mengambil foto dengan nyaman tanpa menciptakan lensa terasa “goyang”.

Sementara itu, lensa selfie-nya disajikan dengan resolusi 32 MP yang sama-sama dapat menunjukkan hasil kualitas foto yang tidak ada duanya. Itu tadi mengenai beberapa hal teknis seputar kameranya, seperti apa persisnya kualitas yang bisa diekspektasikan? Untuk menjawabnya, mari perhatikan beberapa teladan hasil tangkapan Huawei P40 berikut.

huawei p40 camera tes 1

Huawei P40 Mode 12.5 MP * sumber: www.gsmarena.com

huawei p40 camera tes pada malam hari

Huawei P40 pada Malam Hari * sumber: www.gsmarena.com

huawei p40 camera test malam hari ultra lebar

Huawei P40 ultra lebar pada malam hari * sumber: www.gsmarena.com

Pada foto yang pertama, ia ialah hasil dari jepretan lensa 50 MP yang di-downscale menjadi 12.5 MP, atau lebih tepatnya 4,096 x 3,072 piksel. Terlihat bahwa hasil foto tersebut sungguh menampilkan perpaduan warna dengan dynamic range yang tinggi serta detil yang sungguh terjaga.

Foto kedua merupakan hasil kamera utama pada malam hari, sementara foto kedua yaitu foto malam hari dari lensa ultra lebar. Keduanya mampu memberikan hasil yang baik meski pada kondisi minim pencahayaan sekalipun.

3. Hadir dengan Layar OLED

layar huawei p40

Layar sudah sewajarnya menjadi aspek yang sangat diperhatikan, khususnya untuk HP kelas atas seperti Huawei P40. Untuk itulah dia menghadirkan layar OLED berukuran 6,1 inci dengan kerapatan piksel sebesar 422 ppi.

Sementara, resolusi layar yang dimilikinya sebesar 1080 x 2340 piksel serta mempunyai rasio 19,5:9. Layar ini sungguh mampu menampilkan tulisan dengan terperinci meski berada pada luar ruangan pada siang hari – Huawei P40 memiliki tingkat kecerahan maksimal 440 nits, serta bisa meraih hingga 590 nits saat diatur pada mode Auto.

Layarnya ini mungkin terbilang kecil untuk seukuran HP canggih, tapi desain dual punch-hole pada kamera depannya menciptakan HP ini tampil dengan bezel yang minim, sehingga bisa mencapai rasio perbandingan screen-to-body yang sangat besar, yaitu sekitar 86,3%.

4. Kemampuan Fast Charging yang Unggul

huawei p40 fast charging

Salah satu fitur yang tidak pernah mangkir dari jajaran HP tercanggih di dunia yakni kemampuan fast charging. Huawei menyadari kebiasaan masyarakat yang semakin terpacu oleh waktu, itulah mengapa Huawei P40 ini dihadirkan dengan casan fast charger 22,5 W.

Baterainya sendiri mempunyai kapasitas sebesar 3.800 mAh yang mampu menerima skor endurance rating selama 89 jam.  Meski tidak lebih tahan usang dari varian Pro-nya, durasi ketahanan ini merupakan salah satu yang terbesar. Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy S20 hanya menerima endurance rating dengan durasi 78 jam (pada resolusi 1440p dan laju penyegaran 60 Hz).

Berbicara soal kemampuan fast charging, memangnya secepat apa sih baterai Huawei P40 mampu dicas sampai penuh? Sebagai citra, hanya diharapkan waktu sejam untuk baterai terisi sampai 90%. Ini artinya kurang lebih membutuhkan durasi di bawah 1,5 jam supaya terisi penuh. Sangat cepat, bukan?

5. Nyaman Digenggam

dimensi bodi huawei p40

Ada kalanya HP keluaran terbaru selalu membanggakan ukuran layarnya yang lebar. Hal ini kerap kali menciptakan ukuran bodi HP yang membesar sehingga mengurangi sisi portabilitas. Sempat disinggung bahwa Huawei P40 hadir dengan ukuran layar 6,1 inci saja, namun hal ini tidak selalu memiliki arti jelek karena dimensinya yang padat dan bobotnya yang ringan membuat HP ini lebih nyaman digenggam.

Huawei P40 memiliki dimensi bodi 148.9 x 71.1 x 8.5 mm dengan bobotnya yang hanya 175 gram. Sebagai perbandingan, varian Pro-nya mempunyai bobot 209 gram. Sebuah perbedaan yang cukup jauh, bukan?

Ditambah lagi, Huawei P40 tidak menghadirkan sisi layar yang melengkung yang sudah mulai marak dihadirkan pada HP canggih terbaru. Meski sisi layar melengkung ini banyak fungsinya, kehadiran fitur ini justru menciptakan penggunanya seringkali salah pencet. Alhasil, bila soal kenyamanan ketika digenggam, Huawei P40 memang lebih unggul.

Kekurangan Huawei P40

Seperti pepatah “tak ada gading yang tak retak”, begitu pun dengan Huawei P40 yang tentu mempunyai kekurangan tersendiri terlepas dari berbagai inovasi terbaru yang dihadirkan. Berikut yaitu beberapa kekurangan Huawei P40 untuk dijadikan pertimbangan.

1. Tidak Ada Google Play Services

huawei p40 appgalery

Ada satu hal yang wajib dimiliki pengguna Android – Google Play Store. Tanpa ada Play Store, menginstal aplikasi yang diharapkan jadi terasa sulit. Sayangnya, Huawei P40 tidak hanya hadir tanpa Play Store, namun ia pun tidak mendukung Google Play Services sama sekali.

Artinya, beberapa aplikasi mirip HBO Go yang membutuhkan Google Play Services tidak akan bisa berjalan pada HP ini, sekalipun Anda menginstal file “.apk”-nya.

Untungnya masih ada beberapa aplikasi mirip AppGallery, APKPure atau Amazon AppStore bagi Anda yang ingin menginstal berbagai aplikasi. Beberapa aplikasi seperti Chrome, Google Maps, Gmail, dan YouTube juga tidak bisa Anda gunakan pada Huawei P40.

2. Tanpa Konektivitas 3,5mm Audio Jack

huawei p40 tanpa audio jack

* sumber: itechblog.co

Meskipun Huawei P40 hadir dengan konektivitas lengkap seperti NFC dan infrared, namun cukup disayangkan Anda tidak mampu menggunakan headset biasa pada HP ini – kecuali jika Anda memakai adapter.

Pasalnya, HP-HP flagship keluaran zaman sekarang sudah banyak meninggalkan 3,5 mm audio jack, sehingga mendorong penggunanya untuk menggunakan headset Bluetooth yang harus dicas setiap beberapa jam sekali.

3. Memori Eksternal Harus Pakai Nano Memory

nano memory

* sumber: camerajabber.com

Tahukan Anda bahwa Huawei P40 hadir dengan varian penyimpanan internal yang besar? Anda bisa memilih antara memori internal berkapasitas 128 GB atau 256 GB. Kedua angka ini tentu sudah layak untuk menghadapi abad digital seperti kini ini. Ditambah lagi, Huawei P40 juga memperlihatkan bantuan memori eksternal hingga 256 GB.

Yang menjadi masalahnya, Anda tidak bisa memakai microSD biasa melainkan harus membeli Nano Memory terlebih dahulu. Kartu jenis ini merupakan hasil besutan Huawei yang seukuran dengan kartu Nano SIM Card. Beberapa HP Huawei dan Honor juga hanya mampu dipasangkan dengan kartu ini. Alhasil, bagi Anda yang punya microSD bekas peninggalan HP usang, Anda tetap harus membeli kartu baru.

4. Tanpa Fitur Wireless Charging

huawei p40 tanpa wireless charging

Sebagian orang menganggap fitur pengecasan nirkabel hanyalah gimmick belaka, tapi nyatanya wireless charging memang mampu memudahkan penggunanya biar mampu mengecas dengan praktis. Misalnya, Anda tinggal hanya menaruh HP pada dock dan HP pun akan dicas tanpa repot-repot mencolokkan kabel. Apalagi bila terlalu sering pasang-cabut kabel, tidak tidak mungkin port USB tipe-C menjadi longgar.

Bagi Anda yang menantikan fitur wireless charging, Huawei P40 mungkin akan sedikit mengecewakan alasannya adalah ia tidak mempunyai fitur canggih ini. Kemampuan wireless charging hanya tersedia pada Huawei P40 Pro dan Huawei P40 Pro+.

5. Hanya Memiliki Laju Penyegaran 60 Hz

huawei p40 laju penyegaran

Laju penyegaran atau yang biasa disebut refresh rate merupakan tolok ukur seberapa banyak layar melaksanakan refresh setiap detiknya. Semakin besar angka refresh rate, layar akan menampilkan pergerakan animasi yang semakin terlihat mulus, mirip mirip satuan FPS yang seringkali menjadi teladan ketika mengukur performa gaming.

Huawei P40 hanya mempunyai laju penyegaran di angka 60 Hz saja. Ini yakni angka yang umumnya dimiliki oleh kebanyakan HP di pasaran. Padahal, Samsung Galaxy S20 dan OPPO Find X2 Pro sudah menghadirkan laju penyegaran 90 Hz atau 120 Hz. Seri Huawei P40 sebetulnya juga sudah mengusung refresh rate 90 Hz, namun hanya dimiliki oleh varian Pro dan Pro+ saja.

Simpulan

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan Huawei P40, bagaimana kesan yang Anda rasakan pada salah satu HP tercanggih ini? Yang pasti, Huawei P40 memang layak disandingkan dengan fotografer profesional berkat hasil kualitas fotonya yang luar biasa, baik pada siang maupun malam hari.

Dan dibandingkan dengan dua saudaranya, varian ini mempunyai ukuran paling mungil dan paling ringan, cocok untuk Anda yang ingin merasakan segala fitur canggih namun tetap nyaman dibawa ke mana-mana.

Kehadiran seri Huawei P40 benar-benar memberikan mixed feeling kepada aneka macam penggiat HP. Di satu sisi, teknologi canggih yang ditawarkannya sayang untuk dilewatkan. Di sisi lain, sulit untuk memakai HP Android tanpa kehadiran ekosistem Google Play Services yang sudah menjadi “tulang” bagi sistem operasi ini.

Jadi? Apakah Anda sudah memilih pilihan untuk membelinya? Anda bisa membeli Huawei P40 seharga Rp10 jutaan dengan mengklik link ini. Atau bila Anda ingin tau dengan varian Pro-nya, mampu membaca kelebihan dan kekurangan Huawei P40 Pro sebagai perbandingan.

Kami juga sudah menyiapkan artikel perbedaan Huawei P40, P40 Pro, dan P40 Pro+ bagi Anda yang tertarik mengetahui perbedaan ketiganya satu per satu.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online