Yuk, Ketahui 10 Kelebihan Dan Kekurangan Hp Vivo Y71

Vivo Y71 ialah seri Vivo murah yang dijual di Indonesia. HP ini hadir memperlihatkan spesifikasi yang memang dikhususkan untuk kelas harga terjangkau. Jika menyelidiki desainnya, HP ini bisa dikatakan sebagai versi murah dari Vivo V7. Hampir semua garis desainnya memang seperti.

Yang membedakan Vivo Y71 dengan Vivo V7 jelas yakni spesifikasi yang ditawarkan. Vivo VY71 mengusung spesifikasi yang lebih rendah tentunya juga berbarengan dengan banderol harga yang lebih murah. Jika mengusut fakta ini, tampak bila Vivo sengaja menempatkan Vivo Y71 untuk mereka yang ingin HP Vivo “rasa Vivo V7” tapi dengan banderol harga yang lebih murah.

Lantas, apakah Vivo Y71 benar-benar menarik sebagai alternatif murah dari Vivo V7? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak kelebihan dan kekurangan HP Vivo Y71 berikut ini.

Spesifikasi Vivo Y71

Vivo Y71

Umum

  • Diumumkan
    April, 2018

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    155.9 x 75.7 x 7.8 mm

  • Berat
    150 g

Layar

  • Jenis
    IPS LCD capacitive touchscreen

  • Ukuran
    6.0 inci

  • Resolusi
    720 x 1440 pixels, 18:9 ratio ( 268 ppi density)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 (28 nm)

  • CPU
    Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53

  • GPU
    Adreno 308

Memori

  • RAM
    3 GB

  • Memori Internal
    32 GB

  • Memori Eksternal
    microSD, sampai 256 GB (dedicated slot)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    1

  • Resolusi
    13 MP

  • Fitur
    PDAF, f/2.2, LED flash, HDR

  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1

  • Resolusi
    5 MP

  • Fitur
    f/2.2

  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, DLNA, hotspot

  • Bluetooth
    4.2, A2DP, LE

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    A-GPS, GLONASS

  • USB
    microUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Ion

  • Kapasitas
    Non-removable 3360 mAh

  • Wireless Charging

  • Fitur

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 8.1 Oreo

  • Sensor
    Accelerometer, gyro, proximity, compass

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Black, Gold

  • Lainnya

Kelebihan Vivo Y71

1. Bodi Kokoh

Seperti yang sudah disebutkan, desain bodi HP ini memang seperti dengan Vivo V7. Kedua HP ini tersebut sama-sama memiliki desain bodi berbahan plastik. Bodi yang plastik ini mungkin jadi kurang menarik, tapi mengingat HP ini ada di kelas harga murah, kita bisa memaklumi penggunaan bodi plastiknya.

Justru sebab penggunaan bodi plastik di HP ini bahwasanya jadi punya kelebihan tersendiri. Kelebihan tersebut yakni bodi HP yang lebih ringan. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Yugatech jika HP ini mempunyai bodi yang cukup ringan dan nyaman digenggam. Selain nyaman, bodi HP ini juga tergolong cukup kokoh.

2. Kamera Utama dan Depan yang Mumpuni

* sumber: www.yugatech.com

Vivo Y71 hadir mengusung kamera belakang 13 MP dengan bukaan  f/2.2. Kamera belakangnya sudah mendukung fitur phase detection autofocus dan LED flash. Kamera pada HP ini bahwasanya sudah tergolong oke untuk mengambil gambar di siang hari. Hanya saja, menurut Unboxph, kamera belakangnya ini sering mencoba menyeimbangkan cahaya yang berakibat pada hasil gambar yang kurang mempunyai detail.

Berikut beberapa teladan hasil tangkapan kamera utama HP ini.

* sumber: www.yugatech.com

* sumber: www.yugatech.com

* sumber: www.unbox.ph

* sumber: www.unbox.ph

* sumber: www.unbox.ph

Hasil jepretan kamera belakang HP ini ternyata tergolong cukup baik. Bahkan, pengambilan foto di kondisi cahaya yang kurang, ternyata cukup lumayan. Apalagi kamera belakang ini dibekali dengan mode Pro yang mampu diatur kecepatan rananya (epilog/shutter) sampai 16 detik dengan ISO hingga 3200.

Kalau berdasarkan Yugatech, kamera belakang HP ini tergolong manis di kelasnya. Hasil gambarnya mempunyai warna yang tajam dengan kemampuan autofocus yang tergolong cepat. Selain kamera belakangnya, Yugatech juga memuji kamera depan HP ini yang mengusung 5MP. Sebelum dibahas, simak dulu pola hasil selfie Vivo Y71 berikut ini.

 

* sumber: www.yugatech.com

Dengan sensor kamera yang hanya 5 MP, HP ini ternyata mampu menghasilkan selfie yang tergolong baik. Kamera depannya juga bahkan memiliki fitur menarik, seperti group selfie atau fitur dengan AI Face Beauty. Ya, HP ini mewarisi fitur AI pada kamera selfie yang umumnya hadir di HP Vivo V seri.

Menilik hasil tangkapan kamera belakang HP ini, mampu dikatakan kalau kamera depan dan kamera belakang Vivo Y71 tergolong baik. Hasilnya tergolong cukup memuaskan untuk kelas harganya.

3. Face Unlock yang Cepat

Salah satu hal menarik dari Vivo Y71 yaitu fitur Face Unlock. Fitur ini memang sekarang banyak ditemukan di HP kelas harga terjangkau. Jadi sebetulnya, kehadiran fitur ini jadi tidak begitu istimewa alasannya adalah banyak HP lain yang juga memiliki fitur serupa.

Yang justru perlu disoroti bukan kehadiran fitur Face Unlock tetapi seberapa cepat respon fitur ini saat digunakan. Untu Vivo Y71, fitur yang juga sering disebut sebagai sensor pemindai wajah ini tergolong mempunyai respon yang baik saat dipakai. Sederhananya, fitur Face Unlock pada HP ini mempunyai respon yang cepat untuk membuka ponsel ketika sudah mengenali wajah penggunanya.

4. UI dengan Fitur Menarik

* sumber: www.yugatech.com

Vivo Y71 hadir dengan tampilan antarmuka FunTouch OS 4.0 yang berbasis Android 8.1 Oreo. FunTouch OS 4.0 ini mempunyai fitur yang cukup kaya dan menarik. Salah satunya yakni fitur split screen yang mampu membagi dua aplikasi dalam satu layar mirip pada gambar di bawah ini.

Fitur menarik lainnya di HP ini yakni “motorbike mode” yang mampu memiliki kegunaan ketika digunakan bepergian. Dengan mode ini, HP nantinya bisa menolak panggilan secara otomatis. Ada juga fitur “smart motion” yang memungkinkan pengguna HP ini untuk menjalankan aplikasi dengan gerakan tertentu di layar.

Selain fitur yang menarik, tampilan dan tema HP ini mampu gampang diubah atau dikostumisasi. Fitur yang tentunya memiliki kegunaan bagi pengguna yang kurang begitu menyukai tema bawaan ponsel.

5. Daya Tahan Baterai yang Baik

Vivo V71 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.360 mAh. Baterai ini tampak mempunyai kapasitas yang kecil untuk ukuran layar HP ini yang mengusung dimensi 6 inci. Mengingat resolusi layar HP ini hanya dibatas HD+ saja, kapasitas baterai ini tergolong cukup mumpuni.

“Cukup” dalam hal ini berarti HP Vivo ini sudah bisa digunakan selama seharian. Jika tidak percaya, tengok saja hasil uji pakai Noypigeeks.com yang mengetes baterai Vivo Y71 dengan benchmark PC Mark. Hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut ini.

* sumber: www.noypigeeks.com

Noypigeeks.com juga mengetes sendiri pemakaian baterai HP ini. Test yang dilakukan yaitu memakai HP ini seharian dengan penggunaan mendengarkan musik di Sportify, streaming menggunakan speaker Bluetooth, menggunakan aplikasi chat, berinternetan di web, dan juga menggunakan aplikasi media sosial.

Dari tes pakai tersebut, didapatkan hasil jika HP ini menyisakan daya kisaran 10% hingga 15%. Berdasarkan data ini, bisa dikatakan kalau daya tahan baterai HP ini tergolong baik di kelasnya.

6. Triple slot

* sumber: www.yugatech.com

Vivo Y71 merupakan HP yang tentu bakal disuka banyak orang di Indonesia, terutama untuk pengguna yang menggunakan dua operator berbeda. pengguna tipe ini biasanya lebih suka HP dengan triple slot, adalah dua slot untuk kartu SIM dan slot untuk menambah memori.

HP ini sendiri sebetulnya mempunyai kapasitas penyimpanan 32 GB. Untuk sebuah ponsel kelas terjangkau, kapasitas tersebut cukup tapi tentu saja semakin usang dipakai biasanya semakin banyak kebutuhan data untuk disimpan. Karena itu, faktor SIM tray yang tidak hybrid ini jadi kelebihan lain dari Vivo Y71.

Kekurangan Vivo Y71

1. Performa yang Biasa Saja

* sumber: www.noypigeeks.com

Vivo Y71 dibekali dengan Snapdragon 425. Chipset ini tergolong cukup umum dipakai di kelas harga terjangkau. Dengan sokongan RAM 3 GB, kemampuan HP ini untuk menjalankan aplikasi tergolong cukup baik. Hanya saja performa HP ini jadi terkesan biasa dan umum. Tidak buruk dan juga tidak manis.

Memang seperti apa kemampuan HP ini untuk menjalankan aplikasi atau gim berat? Untuk mengetahuinya, mampu disimak nilai benchmark Vivo Y71 berikut ini.

* sumber: www.yugatech.com

Menilik angka benchmark tersebut, mampu dibilang bila kinerja HP ini tergolong standar. Yugatech sendiri mengetes performa HP ini pada gim PUBG Mobile dan Tekken Mobile yang tergolong layak dimainkan meskipun mengalami beberapa kali frame drops dikala permainan semakin intensif.

Terlepas dari hal tersebut, performa HP ini secara keseluruhan sudah cukup baik. Digunakan untuk multitasking juga aman dan tanpa hambatan. Tapi sekali lagi, tidak ada yang terlalu Istimewa dari performa HP ini, terutama jika dipakai untuk main gim terkenal.

2. Tidak Memiliki Lapisan Pelindung Layar

* sumber: www.unbox.ph

Vivo Y71 hadir dengan layar 6 inci dengan rasio 18:9. Resolusi layar HP ini yakni HD+ 720 x 1440 piksel yang tergolong masih mampu dimaklumi resolusinya untuk kelas harga terjangkau. Layar HP ini cukup cerah dan cukup standar untuk HP harga terjangkau.

Sayangnya, layar pada HP ini tidak dibekali dengan pelindung layar. Ketidakhadiran pelindung layar menciptakan layar HP ini rentan rusak atau pecah saat tergores atau jatuh. Karena itu, sebagai antisipasi jikalau membeli HP ini segera juga membeli tempered glass agar sedikit lebih aman.

3. Tidak Ada Fast Charging

quick charge qualcomm

* sumber: www.androidbeat.com

Daya tahan baterai HP ini tergolong baik. Sayangnya, baterainya jadi terasa nanggung alasannya adalah HP ini tidak dibekali dengan teknologi pengisian cepat alias fast charging. Untungnya, pengisian baterai HP ini tergolong tidak memakan waktu yang usang. Menurut Yugatech, pengisian baterai HP ini memakan waktu selama 2 jam saja.

Seandainya HP ini mendukung pengisian cepat, tentu durasi pengisian baterainya bisa lebih cepat dan menciptakan HP ini semakin menarik untuk dilirik.

4. Tidak Hadirnya Sensor Sidik Jari

* sumber: www.yugatech.com

Saat HP lain di kelas harga yang sama menghadirkan fingerprint dan face unlock, HP ini malah hanya berfokus pada sensor pemindai wajah saja. Tidak ada sensor sidik jari di HP ini. Tidak ada bundar lingkaran khas sensor sidik jari di bagian belakang bodi, pun di bab tombol fisik di depan.

Ketidakhadiran sensor sidik jari ini terang jadi nilai minus mengingat rival HP ini menghadirkan sensor sidik jari. Mungkin Vivo lebih fokus memaksimalkan fitur pemindai wajah dibandingkan mengahdirkan kedua fitur tetapi tidak terlalu optimal.

Simpulan

Menjawab pertanyaan di awal artikel ini, apakah Vivo Y71 layak sebagai alternatif murah dari Vivo V7? Jawabannya masih layak. HP ini mewarisi fitur dari Vivo V7 tentu dengan beberapa pemotongan fitur mirip tidak hadirnya sensor sidik jari.

HP ini cukup mengesankan dan layak digunakan sebagai HP selfie di kelas harga terjangkau. Saat artikel ini dibentuk, harga HP ini sekarang berkisar di Rp1,7 jutaan. Harga yang cukup pantas untuk sebuah ponsel Vivo terjangkau. Tertarik dengan HP ini? Anda mampu membelinya melalui toko online di link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online