Yuk, Intip Kelebihan Dan Kekurangan Smartphone Vivo Y50!

Kini telah hadir produk Vivo untuk seri Y yang selanjutnya. Setelah sebelumnya dipuaskan dengan kemampuan pada Vivo Y19 pada penghujung tahun 2019, Vivo Y50 datang dengan aneka macam kemajuan di berbagai sektor dibandingkan produk-produk terdahulunya.

Seri Y dari Vivo memang dipasarkan pada segmen harga yang lebih rendah ketimbang seri V, tapi Vivo Y50 bukanlah HP yang bisa dianggap remeh. Berbagai kemudahan yang ditawarkannya menawarkan Anda value for money yang baik, Anda akan merasa HP ini memang sepadan dengan yang dibayarkan. Jika Anda ingin tau dengan HP ini, Carisinyal telah rangkumkan kelebihan dan kekurangan Vivo Y50 untuk Anda.

Spesifikasi Vivo Y50

vivo Y50

  • Rilis: Maret, 2020
  • Layar: IPS LCD, 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM6125 Snapdragon 665 (11 nm)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Cek spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Vivo Y50

Vivo Y50 yang merupakan HP keluaran tahun 2020 tentu sudah mengusung beberapa fitur serta teknologi canggih. Berikut yaitu beberapa kelebihan Vivo Y50 yang patut Anda pertimbangkan.

1. Fitur Membuka Kunci Layar yang Lengkap

fingerprint

Pada bab keamanan serta kecepatan membuka layar kunci, Vivo Y50 terbilang unggul sebab menghadirkan fitur yang lengkap. Tidak hanya mampu membuka layar dengan password, PIN, ataupun pattern, Anda pun bisa membuka kunci layar menggunakan sensor sidik jari yang terletak pada bab belakang bodi serta melalui pendeteksian wajah.

Terutama bagi fitur sensor jari dan Face Unlock, kedua fitur ini merupakan fitur yang sudah umum ditemukan pada HP segmen harga menengah. Anda pun jadi bisa membuka layar dengan praktis dan cepat.

2. Baterai Tahan Lama

baterai besar

Seperti yang sudah diketahui, baterai pada HP dengan kapasitas yang kecil sangatlah merugikan penggunanya. Anda mampu merasa lega sesudah mengetahui Vivo Y50 hadir dengan kapasitas super besar, ialah 5.000 mAh.

Bahkan bila dibandingkan dengan vivo S1 Pro dengan rentang harga yang sama, ia hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh. Nampaknya, seri Y dari Vivo memang mempunyai ciri khas baterai yang besar. Selamat tinggal, notifikasi low batt!

3. Tersedia Fast Charging

fast charging

Masih bicara soal baterai, ketahanan bukanlah faktor utama yang menjadi daya tarik. Waktu pengecasan HP juga sangat penting – itulah mengapa Vivo Y50 dibekali juga dengan teknologi Dual Engine Fast Charge sebesar 18 W.

Anda bisa mengecas HP hingga penuh hanya dalam waktu 2 jam 25 menit. Mungkin terbilang cukup usang untuk seukuran fast charging, tapi hal ini karena baterai berkapasitas jumbo memang perlu waktu lebih usang untuk dicas. Selain itu, hal ini cukup layak diapresiasi mengingat HP dengan kapasitas besar jarang disertai dengan kemampuan pengisian daya cepat.

4. Desain Radiant yang Memukaudesain bodi

Jika Anda menginginkan HP dengan desain bodi yang unik dan berkelas, Anda tidak salah melirik merk Vivo. Pasalnya, brand HP ini memang termasuk ke dalam deretan produsen yang sangat memerhatikan aspek visual pada desain bodinya, tidak terkecuali pada Vivo Y50.

Dua pilihan warna yang tersedia yaitu Iris Blue dan Starry Black. Di bab bodi belakang, terdapat gradasi warna yang elegan dan seolah memancar mirip cahaya matahari. Desain bodi yang berkelas ini menjadikannya layak untuk dibanggakan, sehingga menciptakan penggunanya terlihat lebih stylish.

5. Ukuran Layar Terasa Lega

layar vivo y50

Jangan biarkan ukuran layar yang kecil mengganggu Anda dalam melaksanakan banyak sekali aktivitas. Menonton film dan bermain game sejatinya akan lebih seru dilakukan pada layar yang besar dan juga jernih, mirip pada layar vivo Y50 yang berukuran 6,53 inci.

Layar ini memiliki resolusi FHD+ (2340 x 1080 piksel) dengan rasio 20:9 serta kepadatan pixel sebesar 403 dpi. Ukuran layar ini semakin terasa lega berkat desain Ultra-O pada punch-hole kamera depan beresolusikan 16 MP di bab kiri atas. Alhasil, hampir tidak terdapat bezel pada layar, sehingga memiliki rasio screen-to-body yang sangat besar adalah 90,77%.

6. Hadir dengan Slot Memori Eksternal Khusus

vivo y50 memori eksternal

Meski hadir dengan memori internal yang cukup besar (128 GB), ternyata vivo Y50 masih tetap menyediakan slot untuk memori eksternal. Tidak tanggung-tanggung, slot yang disediakan merupakan slot khusus sehingga Anda tidak perlu mengorbankan kartu SIM kedua.

Kapasitas memori eksternal yang didukung yakni hingga 512 GB. Kehadiran slot ini memang sungguh menguntungkan alasannya bisa berfungsi sebagai penyimpanan file cadangan. Juga, Anda mampu leluasa melaksanakan factory reset tanpa takut data di dalamnya terhapus.

Kekurangan Vivo Y50

Melihat kelebihan-kelebihan tadi, sudah terbukti Vivo Y50 memiliki banyak sekali kebolehan yang membuatnya layak dibeli. Hanya saja, HP ini tentu mempunyai beberapa kekurangan juga mirip yang mampu dilihat di bawah ini.

1. Performa Kamera Kurang Berkesan

kamera vivo y50

Sebagai HP keluaran terbaru, Vivo Y50 tentu tidak mau ketinggalan dengan empat lensa kamera yang dimilikinya. Hanya saja, performa kamera ini kurang mengesankan dengan resolusi lensa utamanya yang hanya 13 MP. Tersedia juga tiga lensa lainnya seperti lensa ultrawide sebesar 8 MP serta lensa makro dan kedalaman yang masing-masingnya memiliki resolusi 2 MP.

Salah satu keunggulannya ialah lensa ultrawide-nya yang mampu menangkap gambar panorama dengan luas 120 derajat dalam sekali jepretan. HP ini pun sudah dibekali kemampuan Ultra Stable Video untuk meredam guncangan saat merekam. Resolusi maksimal yang mampu direkam yaitu 1080p dengan frame rate 30 fps.

Vivo Y50 juga sudah dilengkapi dengan fitur mode malam di kamera depan dan belakang. Pada umumnya, fitur kamera ini berfungsi untuk mengambil gambar atau merekam video pada malam hari dengan kualitas hasil yang cantik.

Sayangnya, fitur mode malam ini bisa dikatakan cukup buruk untuk seukuran HP di kelasnya. Anda tetap tidak mampu menangkap detil yang terang pada gambar, serta exposure yang diinginkan sama sekali tidak tampil. Sebuah video YouTube milik pemilik akun berjulukan Refry membandingkan hasil rekaman vivo Y50 dengan vivo S1 Pro pada malam hari, dan terlihat terperinci perbedaan di antara keduanya.

perbandingan mode malam vivo y50 dengan vivo s1 pro

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=wbG5Y-wMHWE

Meski berasal dari segmen harga yang serupa, vivo S1 Pro terlihat jauh lebih unggul ketimbang vivo Y50 dari segi fitur mode malam. Anda hampir tidak bisa melihat apapun dari gambar sebelah kiri sementara yang sebelah kanan masih bisa menawarkan exposure pada beberapa objek dengan baik.

2. Funtouch OS Memiliki Bloatware

FuntouchOS 10 bloatware

Hadir dengan sistem operasi Funtouch 10 berbasiskan Android 10, Anda mampu menikmati aneka macam fitur terbaru mirip Dark Mode dan gesture navigation. Namun, Funtouch 10 ini cukup memperlihatkan hambatan dari segi bloatware. 

Ya, aneka macam aplikasi-aplikasi bawaan yang jarang digunakan oleh penggunanya dan tidak bisa dihapus. Alhasil, aplikasi-aplikasi ini malah menyedot kapasitas memori. Keberadaan bloatware ini juga diyakini sebagian orang dapat menurunkan kinerja pada HP.

Untungnya, Anda masih bisa menghapus bloatware meski dengan cara yang agak sulit. Kekurangan ini mampu dibilang cukup berdampak pada user experience secara keseluruhan.

3. Layar Masih LCD IPS

layar lcd ips

Meski memiliki ukuran layar yang lebar, cukup disayangkan vivo Y50 hanya dibekali dengan layar jenis LCD IPS. Layar tipe ini biasa ditemukan pada HP dengan harga murah, bahkan beberapa HP di segmen harga yang serupa dengan Y50 sudah banyak yang mempunyai layar Super AMOLED.

Layar LCD IPS memiliki rasio kontras yang lebih rendah ketimbang AMOLED. Selain itu, penggunaan layar tipe ini sungguh boros baterai. Alhasil kapasitas baterai yang besar pun tidak akan tahan semaksimal mungkin, beda halnya jika menggunakan layar AMOLED.

4. Performa Chipset Kurang Memuaskan

performa vivo y50

Vivo Y50 disenjatai dengan chipset Snapdragon 665 dengan fabrikasi 11 nm. Chipset ini sebenarnya cukup solid untuk memainkan banyak sekali game dengan lancar. Hanya saja, bila mengingat harganya, agak disayangkan vivo Y50 tidak dibekali dengan chipset yang lebih powerful.

Pasalnya, beberapa HP di rentang harga Rp 3 jutaan sudah mengusung setidaknya Snapdragon seri 7 atau yang setara. Untungnya, menurut sebuah video YouTube yang diunggah FlashGadget, Snapdragon 665 masih bisa mengangkat berbagai game berat dalam pengaturan grafis sedang. Jika Anda menginginkan HP dengan performa yang gahar tanpa mengorbankan grafik, Vivo Y50 mungkin bukan pilihan yang terbaik.

Simpulan

Setelah melihat berbagai kelebihan dan kekurangan Vivo Y50, apakah Anda sudah menentukan untuk membelinya? HP ini memang bukan untuk semua orang. Tapi kalau Anda ingin mempunyai HP dengan kapasitas baterai yang besar tanpa membutuhkan waktu usang untuk mengecasnya, Vivo Y50 ialah pilihan yang solid. Ukuran layarnya yang luas juga sangat ideal untuk menonton video dan bermain game.

Tapi kalau Anda mengharapkan HP dengan kualitas hasil gambar yang baik pada malam hari, lebih baik Anda mencari HP lain di rentang harga yang sama. HP ini juga kurang ideal bagi Anda yang ingin bermain PUBG dengan grafis memukau. Silakan pertimbangkan dulu pro dan kontranya sebelum membeli supaya tidak salah pilih.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online