Yuk, Intip 7 Perbedaan Iphone 8 Dan Iphone 8 Plus Ini!

Kalau dilihat sekilas, seperti tidak ada yang berbeda dari HP iPhone 8 maupun 8 Plus. Namun ternyata, keduanya mempunyai perbedaan tersendiri. Ya, secara tampilan mungkin memang keduanya mirip. Tapi, ada kok ketidaksamaan dari iPhone 8 dan juga iPhone 8 Plus ini.

Nah, jika Anda tertarik untuk membeli iPhone seri 8 dan bingung memilih yang mana, Carisinyal akan menunjukkan perlindungan untuk Anda. Kami akan membahas secara langsung mengenai perbedaan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Bagaimana, Anda penasaran? Mari simak langsung saja pembahasannya di bawah ini, ya.

Spesifikasi iPhone 8

  • Chipset: Apple A11 Bionic (10 nm)
  • RAM & Memori: 2 GB & 64 GB
  • Kamera: 12 MP
  • Baterai: Li-Ion 1821 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 10.299.000

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi iPhone 8 Plus

 

  • Chipset: Apple A11 Bionic (10 nm)
  • RAM & Memori: 3 GB & 64 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 12 MP
  • Baterai: Li-Ion 2691 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 11.999.000

Spesifikasi selengkanya…

Perbedaan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

1. Ukuran Layar Berbeda

iphone 8 and 8 plus

* sumber: www.techradar.com

Perbedaan yang dapat dengan gampang ditemukan antara HP iPhone 8 dengan seri iPhone 8 Plus yakni ukuran dan resolusi layarnya yang berbeda. iPhone 8 mempunyai layar dengan ukuran 4,7 inchi dengan resolusi 750 x 1334 piksel. HP imut ini memiliki rasio layar ke bodi sekitar 65,4 persen.

Sementara iPhone 8 Plus memberikan layar yang lebih luas, yakni berukuran 5,5 inchi. Resolusi layarnya berukuran 1080 x 1920 piksel. Rasio layar ke bodinya sebesar 67,4 persen.

Nah, dari klasifikasi di atas, sudah bisa disimpulkan bahwa iPhone 8 memiliki ukuran layar yang lebih kecil ketimbang iPhone 8 Plus. Anda tinggal memilih sesuai kebutuhan saja.

Sayangnya, bezel kedua HP ini masih sangat tebal. Hal tersebut mampu saja mengurangi minat Anda, terutama Anda yang mengidamkan HP dengan bezel yang tipis sehingga tampilannya terlihat elegan dan layarnya juga luas.

Oh ya, meski memiliki ukuran yang berbeda, layar dari kedua HP ini sama-sama menggunakan panel yang sama, yakni IPS LCD dengan teknologi Retina HD dari Apple.

Meski bukan menggunakan layar dengan panel OLED, layar kedua HP yang sempat hits pada masanya ini tetap nyaman dipandang mata, kok.

2. Kamera Utama

iphone 8 comparison

* sumber: www.techradar.com

Perbedaan lainnya di antara kedua HP ini terletak di sektor kameranya. Yup, kamera utama dari HP iPhone 8 hanya mengusung satu lensa berukuran 12 MP saja. Meski begitu, hasil gambar yang ditangkap kamera utamanya ini masih mampu dibilang pas untuk dipajang di akun sosial media Anda.

Sementara saudaranya, iPhone 8 Plus sudah mengusung dual kamera 12 MP yang merupakan satu lensa wide-angle dan satu lensa lagi berjenis telephoto.

Nah, buat Anda yang bahagia dengan efek foto background blur alias bokeh, kamera utama dari HP iPhone 8 Plus sudah mampu menjawab keinginan Anda, nih. Unbox menyebutkan, kualitas gambar dari kamera utama iPhone 8 Plus ini memiliki detail yang cukup baik.

Oh ya, untuk kamera selfie-nya, kedua HP ini sama-sama mengusung lensa berukuran 7 MP yang sudah mendukung perekaman video dengan resolusi hingga 1080p.

3. Fitur Kamera

iphone 8 cam

* sumber: www.techradar.com

Karena jumlah kamera utamanya berbeda, tentu saja fitur yang dimiliki kamera dari iPhone 8 dan iPhone 8 Plus ini berbeda pula. Kamera utama dari HP iPhone 8 hanya mampu melaksanakan digital zoom hingga 5x, sementara kamera utama dari iPhone 8 Plus sudah dilengkapi dengan 2x optical zoom.

iPhone 8 Plus juga sudah mendukung pengambilan potret dengan imbas yang lebih bervariasi. For your informasi, kedua kamera utama dari HP ini sudah dilengkapi dengan optical image stabilization, sehingga hasil gambar yang dipotret tidak nge-blur dan tetap memiliki kualitas yang anggun.

4. Dimensi Berbeda

perbedaan iphone8 dan iphone 8 plus

* sumber: www.techradar.com

Kedua HP yang tetap terlihat bagus meski desainnya masih agak jadul ini juga mempunyai dimensi dan berat yang berbeda, lho.

iPhone 8 memiliki tinggi berukuran 138,4 mm (5,45 inchi), lebar 67,3 mm (2,65 inchi) dan beratnya sekitar 148 gram (5,22 ons). Sementara iPhone 8 Plus mempunyai tinggi sekitar 158,4 mm (6,24 inchi), lebar sebesar 78,1 mm (3,07 inchi) dan berat sekitar 202 gram (7,13 ons).

Untuk ketebalannya, bahu-membahu keduanya mempunyai ukuran ketebalan yang tak jauh berbeda. Tebal iPhone 8 sebesar 7,3 mm (0,29 inchi) dan iPhone 8 Plus 7,5 mm (0,30 inchi).

5. Kapasitas dan Daya Tahan Baterai

battery iphone 8

* sumber: www.techradar.com

Kalau Anda bertanya, apa lagi, sih perbedaan dari iPhone 8 dan iPhone 8 Plus ini? Jawabannya yakni kapasitas juga daya tahan baterai.

iPhone 8 dilengkapi dengan baterai berkapasitas yang luar biasa kecil untuk ukuran ketika ini, adalah sebesar 1821 mAh saja. Kaget? Sudah biasa, kok. Apple memang bisa dibilang tergolong pelit kalau bicara soal kapasitas baterai, nih.

Pertanyaannya, apakah baterai dari iPhone 8 ini bisa abadi? Hmmm… agar Anda yang menilai sendiri, ya. Dilansir dari situs resmi Apple, baterai iPhone 8 bisa bertahan selama 14 jam (talk time). Sementara untuk pemutaran video, Apple mengklaim baterai iPhone 8 mampu ngangkat sampai 13 jam, browsing internet 12 jam dan pemutaran audio sampai 40 jam lamanya.

Sementara untuk saudaranya, iPhone 8 Plus, Apple membenamkan baterai berkapasitas 2691 mAh. Lumayan, lebih besar dari iPhone 8. Nah, bagaimana dengan ketahanannya?

Apple mengklaim, baterai HP iPhone 8 Plus ini mampu bertahan hingga 21 jam lamanya (talk time). Untuk browsing internet, baterainya mampu bertahan sampai 13 jam, pemutaran video selama 14 jam dan pemutaran audio hingga 60 jam lamanya.

Oh ya, Apple sudah melengkapi kedua HP ini dengan teknologi pengisian daya cepat alias fast charging. Sayangnya, Anda harus membeli adaptornya secara terpisah.

6. Beda Ukuran RAM

iphone 8 c

* sumber: www.techradar.com

Kalau Anda penasaran soal performanya, baik iPhone 8 maupun iPhone 8 Plus tentu masih layak digunakan saat ini alasannya mengusung chipset yang tergolong powerful, yakni Apple A11 bionic. Performanya okelah, apalagi jika untuk sekadar membuka akun sosial media dan streaming Netflix atau YouTube.

Eits, namun perlu diketahui, Apple memperlihatkan kapasitas RAM yang berbeda pada kedua HP ini. Ya, iPhone 8 dibekali dengan RAM sebesar 2 GB saja. Sementara iPhone 8 Plus sudah mengusung RAM sebesar 3 GB. Keduanya tersedia dalam varian penyimpanan internal sebesar 64 sampai 256 GB dan tentu saja tanpa bantuan slot microSD.

7. Perbedaan Harga

iphone 8 8 plus

Perbedaan lainnya dari HP iPhone seri 8 dan iPhone 8 Plus ada pada harganya. Yup, kalau yang ini sudah pasti berbeda.

iPhone 8 versi RAM 2 GB dan ROM 64 GB dipasarkan dengan harga Rp.10.299.000,- sementara iPhone 8 dengan RAM 2 GB dan ROM 256 GB dipasarkan dengan harga Rp.12.299.000,-.

Untuk iPhone 8 Plus versi RAM 3 GB dengan ROM 64 GB, harganya ialah Rp.11.999.000,- sedangkan versi ROM 256 GB-nya dibanderol dengan harga Rp.12.299.000,-. Cukup fantastis, bukan?

Simpulan

Meski Apple sudah mengeluarkan banyak HP flagship baru, namun kedua HP ini masih mampu dipakai di tahun 2019 ini. Apalagi update untuk sistem operasi masih tersedia.

Secara performa, HP ini juga masih bisa bersaing dengan HP-HP keluaran terbaru lainnya. Sektor kamera HP ini juga masih bisa diandalkan. Fitur-fitur canggih seperti wireless charging sampai NFC untuk menggantikan transaksi dengan uang tunai juga bisa Anda rasakan dengan HP ini.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga memiliki bodi yang solid dan tentunya tahan terhadap air dan juga debu. Ya, dari segi desain memang kurang menarik, sebab tak ada notch dan bezelnya masih tebal.

Namun, kalau HP-HP ini bisa menjawab kebutuhan Anda, maka tidak ada salahnya untuk memilihnya. Namun dengan catatan, Anda tidak keberatan soal desain dan juga harga yang dipatok untuk satu unitnya.

Kalau Anda memang membutuhkan HP iPhone dengan tampilan klasik dan performa yang baik, Anda bisa memilih HP iPhone 8 atau iPhone 8 Plus dengan dual kameranya. Namun jangan lupa, siapkan dana yang banyak, ya. Jika sudah siap beli, silakan cek di toko online, link ini untuk beli iPhone 8 dan link ini untuk beli iPhone 8 Plus.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online