1. Masih Menggunakan Port Micro USB

Dibalik semua kelebihan yang dimilikinya, HP ini juga ternyata memiliki kekurangan tersendiri. Salah satunya adalah. HP ini masih memakai USB bertipe mikro yang sudah tergolong jadul. Sementara HP-HP keluaran ketika ini sudah banyak memakai USB tipe-C yang memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih baik.

2. Tidak Ada NFC

no nfc

* sumber: www.fourthsource.com

Satu kekurangan lagi yang dimiliki oleh HP ini adalah absennya teknologi NFC. Ya, HP ini belum mengantongi teknologi Near Field Communication yang salah satu fungsinya ialah untuk memudahkan transaksi dengan menggunakan HP. Nah, jadi bila Anda menginginkan HP dengan fitur NFC, HP Realme C1 2019 ini bukan pilihan tepat untuk Anda.

3. Tidak Tahan Air dan Debu

realme c1 2019_teknologue2

*Sumber: https://youtu.be/ItcZqX8YIWU

Selain kedua kekurangan di atas, salah satu kekurangan HP Realme C1 2019 yang lainnya yakni, HP ini tak memiliki ketahanan terhadap air dan bubuk. Yup, HP keluaran sub-brand dari Oppo ini belum mengantongi sertifikasi IP yang biasa ditemukan pada HP-HP flagship. Makara, Anda harus lebih hati-hati dalam menggunakan HP ini.

4. Tidak Dilengkapi Sensor Sidik Jari

realme c1 2019_teknologue1

*Sumber: https://youtu.be/ItcZqX8YIWU

HP Realme C1 2019 ini juga ternyata tidak mengantongi sensor sidik jari alias fingerprint sensor. Nah, bagi Anda yang sering menggunakan teknologi ini, Anda mau tidak mau harus beralih ke fitur face unlock yang dimiliki oleh HP satu ini. Makara, Realme C1 2019 ini kurang cocok untuk Anda yang memang lebih suka memakai sensor sidik jari ketimbang sensor pengenalan wajah untuk membuka kunci layar HP.

Simpulan

Secara keseluruhan, HP ini tidak memiliki banyak perbedaan dengan sang kakak, Realme C1 yang dirilis tahun 2018 kemudian. Perbedaan kedua HP ini hanya terletak pada kapasitas ROM dan RAM-nya saja.

Jika Anda mencari alternatif HP Realme C1 2018 yang punya kapasitas ROM dan RAM lebih besar, maka Realme C1 2019 ini cocok untuk Anda gunakan. Terlebih, bila Anda memakai HP hanya untuk sekadar mengoperasikan aplikasi ringan seperti menjalankan aplikasi sosial media, atau chatting menggunakan aplikasi messenger saja.

Nah, jika Anda mencari alternatif HP lain dengan performa yang lebih baik, Anda mampu menentukan Asus Max Pro M1 dengan Snapdragon 636-nya, atau Redmi Note 7 dengan Snapdragon 660-nya. Tentu saja Anda harus merogoh kocek yang sedikit lebih dalam.

Kalau Anda menginginkan HP yang tahan air, sudah mendukung teknologi NFC dan fast sampai wireless charging, kami sarankan untuk memilih HP flagship seperti Samsung Galaxy S10 atau Xiaomi Mi 9.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Realme C1 2019 yang harus Anda ketahui. Bagaimana, Anda tertarik untuk mempunyai HP Realme C1 2019 yang keren ini? Jika tertarik, bisa beli HP-nya di toko online melalui link ini.