Yuk Cari Tahu 10 Kelebihan Dan Kekurangan Realme Narzo!

Di pertengahan bulan Juni 2020, pasar smartphone kedatangan HP baru dari Realme, namanya Realme Narzo. HP ini dihadirkan dengan spek yang cukup unggul di beberapa sektor. Tapi bagaikan dua sisi pada koin yang sama, HP ini pun mempunyai beberapa kekurangan juga. Kelebihan dan kekurangan Realme Narzo ini cukup membuat sebagian orang bertanya-tanya apakah HP ini layak beli atau tidak.

 

Nah, daripada ingin tau lebih baik cari tahu lebih lanjut pada artikel ini. Nantinya tinggal Anda yang tentukan sendiri apakah Realme Narzo berhasil memikat hati Anda. Berikut yakni 10 kelebihan dan kekurangan Realme Narzo yang dibanderol dengan harga Rp2.799.000,-.

 

Spesifikasi Realme Narzo

 

Realme Narzo

 

 

    • Rilis: Juni, 2020

 

    • Layar: IPS LCD, 6,5 inci

 

    • Chipset: Mediatek MT6785 Helio G90T (12 nm)

 

    • GPU: Mali-G76 MC4

 

    • RAM: 4 GB

 

    • Memori Internal: 128 GB

 

    • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)

 

    • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP

 

    • Kamera Depan: 16 MP

 

    • Baterai: Non-removable Li-Po 4300 mAh

 

Kelebihan Realme Narzo

 

Merk Realme sendiri sesungguhnya menganggap bahwa Narzo adalah HP yang cukup istimewa. Lantas apa saja kah keistimewaan tersebut? Berikut yaitu beberapa poin kelebihan Realme Narzo yang sebaiknya Anda ketahui.

 

1. Resolusi Kamera Besar

 

kamera realme narzo

 

Walau Realme Narzo cukup lekat dengan stigma HP gaming, HP ini tetap tidak melupakan aspek fotografi. Realme Narzo menghadirkan konfigurasi empat kamera pada bab belakang. Lensa utamanya mempunyai resolusi yang tergolong cukup besar, yakni 48 MP (wide).

 

Lensa ini juga disertai dengan tiga kamera lainnya dengan resolusi 8 MP sebagai sensor ultrawide, 2 MP untuk lensa makro, dan satu lensa 2 MP untuk sensor kedalaman yang juga bisa mengambil gambar secara monokrom atau hitam-putih.

 

Sementara untuk sektor perekaman video, Realme Narzo juga diberikan kemampuan merekam pada resolusi 4K, lho! Resolusi yang besar tentu menghadirkan ketajaman video yang lebih terang serta lebih jernih walaupun ditonton pada monitor atau TV yang sangat besar.

 

Perekaman 4K ini namun hanya berjalan pada frame rate 30 FPS, alias belum didukung oleh frame rate 60 FPS yang bisa membuat gerakan pada video terasa lebih mulus. Sementara untuk menjaga agar pengambilan video tetap stabil, sudah disediakan kemampuan EIS (Electronic Image Stabilizer) yang bertenagakan sensor gyroscope.

 

Kembali ke soal pengambilan foto, HP ini menyediakan bermacam-macam mode pemotretan supaya Anda tidak mati gaya. Lensa ultrawide beresolusikan 8 MP-nya bisa mengambil foto dengan sudut keluasan 119 derajat.

 

Untuk mengambil objek foto secara bersahabat, lensa makronya sungguh berguna untuk menangkap detil objek secara terperinci selama ia masih berjarak 4 cm dari kamera.

 

2. Hadir dengan Laju Penyegaran 90 Hz

 

laju penyegaran 90 hz realme narzo

 

Untuk Anda yang lebih suka menonton film pada layar HP, Realme Narzo mempunyai satu keunggulan yang dijamin mampu menciptakan Anda betah binge-watching seharian. Apalagi jika bukan alasannya adalah layarnya yang inovatif? Realme Narzo dihadirkan dengan layar LCD IPS berukuran 6,5 inci yang sudah dibekali dengan resolusi Full HD+ sebesar 2400 x 1080 piksel.

 

Dengan desainnya yang mengusung Ultra-O Display, mengakibatkan HP ini hadir dengan bezel yang tipis dan layarnya memenuhi keseluruhan bodi depan. Ini pun berujung pada rasio layar yang besar, yakni 90,5%.

 

Tidak hanya itu saja, Realme Narzo pun mempunyai refresh rate yang lebih tinggi dari kebanyakan layar pada HP lain. Sementara HP kompetitornya hanya dihadirkan dengan refresh rate 60 Hz, Realme Narzo mempunyai opsi untuk meningkatkan refresh rate menjadi 90 Hz. Pergerakan layar pun terasa lebih nyaman di mata.

 

3. Chipset Bertenaga

 

helio g90t performa

 

Siapapun akan kesal dikala game favoritnya sering lag apalagi freeze. Sekarang jumlah game dengan grafis kolam konsol sudah menjamur, artinya produsen HP pun ditantang untuk senantiasa menghadirkan chipset dengan perfoma tinggi pada produknya – tak terkecuali Realme Narzo yang ditenagai oleh Helio G90T dengan fabrikasi 12 nm serta pengolah grafis Mali G76 MC4.

 

Karena fabrikasinya yang sebesar 12 nm ini, Helio G90T mempunyai tingkat efisiensi daya yang rendah. Tapi bila soal performa, di sinilah Helio G90T bersinar. Berdasarkan hasil uji coba benchmark AnTuTu 8 yang bersumber dari Gizmochina, Helio G90T bisa meraih skor 281.033. Dibandingkan dengan Snapdragon 730G yang berhasil meraih 220.000, Helio G90T terperinci keluar sebagai pemenang.

 

Pada pengetesan PUBG Mobile yang dilakukan oleh YouTuber Flash Mobile Game, terlihat bahwa Realme Narzo ini mampu memainkan game Battle Royale tersebut pada pengaturan grafis HD dengan frame rate High. Permainan pun berjalan dengan lancar tanpa ada lag yang mengganggu.

 

4. Kemampuan Fast Charging yang Handal

 

fast charging realme narzo

 

Kalau harus berlama-lama berdiam diri akrab stop kontak, acara pun mampu terganggu. Karena itu HP yang anggun memiliki ciri-ciri mampu dicas dengan waktu yang sebentar. Lalu bagaimana dengan kecepatan isi dayanya Realme Narzo?

 

Tentu sungguh cepat. Sebagai isu, Realme Narzo dibekali dengan kapasitas baterai 4300 mAh yang dihadirkan dengan fitur fast charging bernama 30W Flash Charge. Laman resmi Realme Narzo pun mengklaim bahwa HP ini mampu terisi dari nol sampai penuh dalam waktu 55 menit saja. Lumayan cepat, bukan?

 

Hanya saja, HP ini hanya dihadirkan dengan casan 20 W pada boxnya sehingga Anda pun harus membeli casan 30 W secara terpisah. Tetap saja hal ini tidak memungkiri fakta bahwa Realme Narzo mendukung pengecasan 30 W dan hal ini layak diapresiasi.

 

5. Hadir dengan Triple Slot

 

realme narzo triple slot

 

Selain menghadirkan pinjaman terhadap Dual SIM Card, tray untuk menampung kartu SIM ini rupanya mempunyai satu perhiasan space, yakni untuk disisipi oleh kartu microSDXC.

 

Kehadiran triple slot ini sungguh mampu membantu para penggunanya biar mampu menggunakan dua nomor pada HP namun tetap bisa merasakan nikmatnya suplemen kapasitas memori sampai 256 GB.

 

Untuk Anda yang akan menggunakan HP ini sebagai perangkat gaming tentu tidak mau kalau memori internal keburu terisi dengan file-file dokumen, foto, ataupun video. Apalagi Anda pun mampu menyimpan file mentahan game seperti APK dan OBB pada microSDXC. Menarik, bukan?

 

6. Bodi Tahan Percikan Air

 

realme narzo tahan percikaan air

 

Supaya Anda bisa menikmati bermain game di luar ruangan, alangkah baiknya HP yang digunakan tahan air dan debu untuk mengantisipasi hujan mendadak. Untung saja Realme Narzo mempunyai ketahanan bodi yang besar lengan berkuasa terhadap percikan air dan abu.

 

Beberapa bagian mirip port audionya dan lubang pengisian daya sudah dilapisi dengan pengaman agar tidak gampang rusak walau HP Anda ketumpahan air minum ataupun sedikit kehujanan.

 

Desain splash resistant inilah yang sungguh menciptakan Realme Narzo ini memiliki nilai plus, cocok untuk Anda yang merupakan seorang gamer sekaligus aktif berpergian.

 

7. Side-Mounted Fingerprint Super Cepat

 

realme narzo side fingerprint

 

Smartphone yang merupakan benda pribadi pastinya mengandung banyak data yang menyangkut data diri seseorang. Privasi yakni salah satu hal yang perlu diutamakan, oleh alasannya adalah itu sekarang banyak HP yang sudah menghadirkan sensor sidik jari semoga tidak sembarang orang mampu membuka kunci layar.

 

Realme Narzo yang sudah hadir dengan teknologi terkini tentu sudah menghadirkan sensor sidik jari yang mutakhir. Walau eksistensi sensor ini bukanlah hal yang begitu istimewa, Realme Narzo mempunyai sensor yang menyatu dengan tombol Power dan diklaim bisa membuka kunci layar dengan sangat cepat, yakni hanya dalam waktu 0,29 detik saja.

 

8. Desain Bodi yang Eye-Catching

 

realme narzo desain

 

Selain keunggulan dari segi hardware dan hal-hal berbau teknis lainnya, Realme Narzo ternyata dihadirkan dengan keunggulan di sektor estetika juga. Ia hadir dengan bodi desain yang cukup menarik dan mampu membuatnya terlihat elegan.

 

HP yang dihadirkan sebagai ponsel gaming ini memiliki dua varian warna, yaitu Just White dan Just Black. Dari namanya saja sudah menawarkan bahwa Realme Narzo memilih untuk mengambil gaya otentik dengan menghadirkan warna hitam dan putih secara klasik.

 

HP Realme Narzo ini juga bodinya telah dilapisi lapisan optik yang meningkatkan kecerahan sebesar 60% serta peningkatan saturasi warna sebesar 50%.

 

Desain ini namun tidak sepenuhnya polos, ada semacam tampilan yang membuatnya mengkilap. Sementara itu, konfigurasi empat kamera yang dihadirkannya disusun secara rapi memakai modular panjang vertikal. Pokoknya Realme Narzo tidak semerta-merta melupakan aspek keindahan walau sudah dibubuhi oleh beberapa spesifikasi yang unggul.

 

Kekurangan Realme Narzo

 

Walau hadir dengan aneka macam kelebihan, tentu saja Realme Narzo masih jauh dari kata tepat. Oleh alasannya itu, Carisinyal juga akan menjabarkan beberapa poin kekurangan Realme Narzo mirip berikut.

 

1. Hanya Menghadirkan Corning Gorilla Glass 3

 

realme narzo gorilla glass 3

 

Supaya ruang gerak Anda tidak terbatasi sebab saking takutnya HP terjatuh dan rusak, aneka macam produsen pun seringkali menghadirkan kaca pelindung pada layarnya. Selain mampu menghindari ukiran pada layar, beling pelindung ini juga berkembang menjadi sebagai tameng biar pada saat terjatuh, layar tidak langsung retak apalagi pecah.

 

Namun untuk harga yang ditawarkan pada Realme Narzo, Gorilla Glass 3 yang dihadirkan rasanya masih belum cukup. Pasalnya, Gorilla Glass 3 hanya bisa melindungi layar dari ukiran-tabrakan saja dan belum mampu melindungi kerusakan layar balasan jatuh.

 

Alhasil bagi Anda yang sering tidak sengaja menjatuhkan HP pun harus berpikir kembali, atau menambahkan tempered glass pada layar HP. Kekurangan ini bisa jadi suatu hal yang disayangkan bagi sebagian orang, sebab beberapa HP di segmen 2 jutaan sudah menghadirkan setidaknya Gorilla Glass 5 – mirip Redmi Note 8 dan Redmi Note 9.

 

2. Kapasitas Baterai Kalah Saing

 

realme narzo baterai kalah saing

 

Walaupun Realme Narzo telah disebutkan mempunyai kemampuan fast charging yang baik, kapasitas baterai yang dihadirkannya masih tidak seimbang jikalau dibandingkan dengan beberapa HP lain pada kompetitornya. Ia hanya memiliki baterai Li-Po sebesar 4300 mAh, sedangkan beberapa HP lainnya sudah banyak yang menghadirkan baterai 5000 mAh mirip Redmi Note 9.

 

Hal ini tentu kurang sejalan dengan chipset yang sudah cukup layak untuk bermain game, karena kehadiran baterai 4300 mAh ini artinya Anda akan mempunyai waktu sedikit sebelum HP kehabisan baterai.

 

3. Tidak Dihadirkan Fitur NFC

 

tanpa nfc

 

Near Field Communication atau yang biasa disingkat NFC sudah cukup banyak dimiliki pada HP keluaran tahun 2020.Walau di Indonesia kebutuhan akan fitur ini tidak begitu menyeluruh, namun nyatanya sebagian orang yang berada di kota besar merasa terbantu dengan NFC.

 

Pengguna bisa bertukar data antar HP dengan instan dan tidak berbelit-belit, sekaligus mampu mengecek saldo eMoney dan melaksanakan transaksi digital.

 

Dulu, fitur NFC hanya tersedia pada segelintir HP saja dengan segmen harga yang tinggi, namun sekarang fitur ini sudah dapat ditemukan pada HP kisaran harga 3 jutaan seperti Redmi Note 9 Pro. Malahan, HP di harga 2 jutaan seperti Samsung Galaxy A21s saja sudah menghadirkan fitur NFC ini. Yang agak disesalkan ialah Realme Narzo rupanya belum mendukung fitur NFC.

 

Simpulan

 

Kalau mau dibilang powerful, Realme Narzo memang layak disandingkan dengan kata tersebut. Helio G90T miliknya terbukti cukup ampuh dalam menawarkan performa yang kencang di kelas harganya. Selain itu pula, laju penyegaran 90 Hz miliknya sungguh bisa menawarkan pengalaman menonton yang istimewa.

 

Tapi bila Anda mencari HP dengan konektivitas lengkap seperti infrared atau NFC, masih banyak HP lain yang mampu menunjang kebutuhan tersebut ketimbang Realme Narzo. Yang terperinci, Realme Narzo ini tergolong salah satu pilihan yang solid untuk bermain game.

 

Apakah Anda tertarik? Silakan klik link ini untuk membelinya dan berikan pengalaman Anda memakai Realme Narzo pada kolom komentar di bawah ya!

 

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online