1. Tidak Ada NFC

no nfc

* sumber: www.fourthsource.com

Buat Anda yang membutuhkan teknologi NFC atau Near Field Communication sebagai alat transaksi pengganti uang tunai, Vivo V11 bukanlah pilihan yang tepat.

Mengapa? Karena HP ini belum mendukung teknologi NFC yang mampu membantu Anda untuk melakukan pembayaran dengan sekali sentuh saja. Teknologi NFC ini jarang ditemukan di HP kelas menengah dan biasanya dimiliki oleh HP-HP kelas atas.

2. Tidak Tahan Air dan Debu

vivo v11 gadgetbytes_camsample_5

* sumber: www.youtube.com

Selain tidak memiliki fitur NFC atau Near Field Communication, Vivo V11 ini juga masuk ke dalam jajaran HP yang tidak memiliki ketahanan terhadap air dan abu. Ya, sangat disayangkan, Vivo V11 ini belum dibekali dengan sertifikasi IP. Sama mirip fitur NFC, teknologi tahan air dan bubuk biasanya ada pada HP kelas atas.

3. Masih Menggunakan Port USB Bertipe Micro

vivo v11 gadgetbytes_camsample_3

* sumber: www.youtube.com

For your information, kebanyakan HP dikala ini sudah memakai port USB tipe-C dengan kemampuan transfer data lebih cepat. Adanya port USB tipe-C ini juga mampu membantu pengisian daya baterai dengan lebih cepat pula. Nah, sangat disayangkan, Vivo V11 yang punya desain cantik ini masih memakai port USB bertipe micro yang mampu dibilang agak ketinggalan.

4. Tidak Dilengkapi Wireless Charging

vivo v11 gadgetbytes_camsample_6

* sumber: www.youtube.com

Satu lagi kekurangan dari HP Vivo seri ini. Yup, tidak ada teknologi wireless charging yang mendukung pengisian daya dengan lebih mudah, tanpa memakai kabel. Sehingga untuk mengisi daya baterai HP ini, Anda masih harus mengandalkan kepala charger beserta kabelnya.

Simpulan

HP Vivo V11 ini diperuntukkan bagi Anda yang menginginkan HP dengan desain bagus yang punya warna dengan gradasi, notch atau poni kecil berbentuk water drop sehingga terlihat glamor dan elegan. HP Vivo V11 ini juga cocok untuk Anda yang tidak membutuhkan HP dengan spesifikasi yang terlalu tinggi namun cukup untuk menunjang kebutuhan Anda,

Namun, Anda bisa memilih alternatif lain mirip Oppo F9, atau jika Anda ingin HP dengan teknologi NFC dan wireless charging, Anda bisa menentukan HP sekelas Samsung Galaxy S9+ hingga Xiaomi Mi Mix 3. Tapi, jikalau tertarik membeli Vivo V11, pribadi saja beli HP ini di toko online lewat link ini.