1. Desain Jadul

advan s6 plus10

*Sumber: https://youtu.be/2dZzsnqbotQ

HP Advan S6 Plus ini tampil dengan desain yang agak jadul. Bezel atau tepian di bagian depan layarnya cukup tebal. HP ini juga tidak mempunyai notch yang menjadi standar HP kekinian. Selain itu, bodinya dilapisi materi polikarbonat alias plastik yang mudah tergores dan tercemar oleh bekas sidik jari tangan.

2. Masih Menggunakan Micro USB

advan s6 plus1

*Sumber: https://youtu.be/uP79FrbzuSs

Kekurangan lain yang dimiliki HP ini yakni, Advan S6 Plus masih memakai port USB bertipe mikro yang juga sudah tergolong jadul, alasannya adalah HP yang dirilis ketika ini kebanyakan sudah memakai USB tipe-C.

Karena HP ini masuk kelas low entry, jangan harap Anda mampu menikmati kecepatan transfer data yang lebih baik dari USB generasi terbaru ini.

3. Kurang Cocok untuk Gaming

advan s6 plus8

*Sumber: https://youtu.be/2dZzsnqbotQ

Meski mempunyai performa oke, sayangnya HP ini kurang cocok untuk dipakai bermain game, apalagi game yang membutuhkan spesifikasi tinggi semisal PUBG.

Berdasarkan pengalaman dari 805Gadget, game Mobile Legends di HP ini juga hanya bisa dimainkan dengan setting grafis rendah. Seperti yang sudah dijelaskan di muka, HP ini cocok untuk digunakan menjalankan aplikasi ringan saja.

4. Kapasitas Baterai Kecil

advan s6 plus3

*Sumber: https://youtu.be/uP79FrbzuSs

Advan S6 Plus memang dibekali dengan baterai removable yang mempermudah Anda untuk mengganti baterai kurun rusak atau sudah nge-drop. Namun sayang, baterai dari HP ini berkapasitas kecil, yaitu 2400 mAh saja.

805Gadget menuturkan, dengan baterai berkapasitas kecil ini, penggunaan HP Advan S6 Plus hanya terbatas dari pagi hingga sore hari saja.

5. Tidak Ada Sensor Sidik Jari

advan s6 plus

*Sumber: https://youtu.be/uP79FrbzuSs

Seperti yang sudah kita ketahui, HP ini dibekali dengan sensor face unlock saja. Namun, zaman kini, satu sensor biometrik saja terbilang masih kurang. Ya, kebanyakan HP saat ini sudah mengusung dua sensor biometrik berupa sensor sidik jari dan sensor pengenalan wajah.

Sayangnya, Advan S6 Plus hanya dibekali dengan sensor pengenalan wajah saja. Yup, HP ini mempunyai sensor yang kurang lengkap. Advan S6 Plus juga tidak memiliki sensor gyroscope yang biasanya diharapkan ketika bermain game.

Simpulan

HP Advan S6 Plus ini cocok untuk Anda yang memang membutuhkan HP dengan harga di bawah satu jutaan. Kalau Anda memang menggunakan ponsel untuk sekadar berfoto, chatting, browsing internet, aktif di sosial media sampai streaming video via YouTube, Anda mampu menjatuhkan pilihan pada HP ini.

Namun, jika Anda membutuhkan HP dengan performa yang lebih baik. Anda dapat memilih HP lain yang masuk kelas menengah mirip Asus Max Pro M1, Redmi Note 7 hingga Samsung Galaxy A30.

Kalau Anda membutuhkan HP yang lebih canggih lagi, semisal memiliki ketahanan terhadap air dan debu, kamera yang canggih hingga performa super kencang, Anda dapat memilih HP flagship mirip Samsung Galaxy S10 atau Xiaomi Mi 9 series.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Advan S6 Plus. Bagaimana pendapat Anda tentang HP yang satu ini? Oh ya, bila Anda mempermasalahkan kekurangannya, kekurangan yang dimiliki HP ini bahwasanya mampu dimaklumi, mengingat HP ini memang HP yang masuk kedalam kelas low entry.

Nah, apakah Anda tertarik untuk membeli HP yang satu ini? Tertarik untuk membeli? Silakan klik link ini untuk beli HP Advan seri terbaru via toko online.