Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan Dan Kekurangan Google Pixel 3A!

Google Pixel 3A  (bersama Google Pixel 3A XL) yaitu HP yang jadi tanggapan dari Google. Jawaban dari apa? Dari banyaknya orang yang ingin merasakan perangkat Pixel tetapi dengan harga yang terjangkau. Dan cita-cita dikabulkan lewat perangkat Pixel 3A dan Pixel 3A XL yang merupakan versi murah dari Pixel 3 dan Pixel 3A XL.

Dengan harga yang lebih murah, apakah Google Pixel 3A  cukup menarik seperti kakaknya, Google Pixel 3? Apa saja yang dipangkas? Tanpa berlama-usang lagi, simak ulasan kelebihan dan kekurangan dari Google Pixel 3A berikut ini. Oh yah, sebagai rujukan, baca juga artikel kelebihan dan kekurangan dari Google Pixel 3 yang mampu jadi pengantar dan pembanding dengan artikel ini.

Spesifikasi Google Pixel 3A

Umum

  • Diumumkan
    Mei, 2019

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Nano-SIM

Body

  • Dimensi
    151.3 x 70.1 x 8.2 mm

  • Berat
    147 g

Layar

  • Jenis
    OLED capacitive touchscreen

  • Ukuran
    5.6 inci dengan perlindungan Asahi Dragontrail Glass

  • Resolusi
    1080 x 2220 pixels, 18.5:9 ratio ( 441 ppi density)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM670 Snapdragon 670 (10 nm)

  • CPU
    Octa-core (2×2.0 GHz 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver)

  • GPU
    Adreno 615

Memori

  • RAM
    4 GB

  • Memori Internal
    64 GB

  • Memori Eksternal

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    1

  • Resolusi
    12,2 MP

  • Fitur
    f/1.8, 28mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, OIS, dual pixel PDAF, Dual-LED flash, HDR, panorama

  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1

  • Resolusi
    8 MP

  • Fitur
    f/2.0, 24mm (wide), 1.12µm, HDR

  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE, aptX HD

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    A-GPS, GLONASS, GALILEO

  • USB
    2.0, Type-C 1.0 reversible connector

Baterai

  • Jenis
    Li-Po

  • Kapasitas
    Non-removable 3000 mAh

  • Wireless Charging

  • Fitur
    – Fast battery charging 18W

    – USB Power Delivery 2.0

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie

  • Sensor
    Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Just Black, Clearly White, Purple-ish

  • Lainnya
    – Front glass, plastic body

    – Always-on display

Kelebihan Google Pixel 3A

Setelah mengetahui spesifikasinya, sekarang Anda bisa cari tahu beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Google Pixel 3A melalui klarifikasi berikut ini.

1. Kamera Sekelas “Flagship”

Kamera Google Pixel 3A

* sumber: www.tomsguide.com

Rasanya tidak berlebihan jikalau menyebut kamera Google Pixel 3A sebagai keunggulan yang paling menarik. Pasalnya, kamera di Google Pixel 3A (termasuk Google Pixel 3A XL) adalah sensor kamera yang sama yang juga diterapkan di Google Pixel 3 dan Google Pixel 3 XL.

Kamera tersebut yaitu satu kamera utama dengan sensor 12,2 mp dan memiliki bukaan f/1.8. Kamera ini dilengkapi teknologi PDAF yang bisa mempercepat fokusnya kamera. Apakah ini berarti hasil tangkapan kamera Google Pixel 3A setara kualitasnya dengan Google Pixel 3?

Jawabannya mampu “ya”, bisa tidak”. Dibilang kualitasnya setara yah sebab keduanya menggunakan sistem operasi yang sama dan aplikasi kamera yang sama. Dibilang “tidak” alasannya Google Pixel 3A menggunakan chipset yang berbeda dengan Google Pixel 3. Perbedaan chipset ini besar lengan berkuasa karena di dalam chipset terdapat ISP yang jadi “otak” dalam memproses hasil tangkapan kamera ke bentuk digital.

Lantas, seperti apa kualitas tangkapan kamera Google Pixel 3A? Berikut pembahasannya.

hasil kamera google pixel 3a

* sumber: www.tomsguide.com

* sumber: www.tomsguide.com

* sumber: www.gadgetsnow.com

Jika menilik hasil foto dari Google Pixel 3A, hasil tangkapan kamera Google Pixel 3A memang tergolong manis. Hal tersebut diungkapkan oleh Gadgetsnow yang mengatakan jikalau hasil tangkapan dari kamera belakang Google Pixel 3A bisa menghasilkan gambar dengan kualitas yang cerah dan jernih.

Google Pixel 3A juga mempunyai fitur-fitur kamera yang dimiliki oleh Google Pixel 3.  Sebut saja fitur seperti Night Sight, mode Portrait, dan Super Res Zoom. Dengan fitur kamera yang sama, hasil tangkapan Google Pixel 3A bisa dikatakan identik dengan Google Pixel 3. Sebagai pola perbandingan, mari lihat foto berikut ini. 

hasil kamera google pixel 3a 1

* sumber: www.tomsguide.com

Foto di atas yaitu foto hasil tangkapan Google Pixel 3A. Tampak kualitas fotonya tergolong cantik dan detailnya cukup anggun. Foto tersebut menggunakan mode Night Sight, yaitu mode untuk memotret di kondisi gelap. Mari bandingkan dengan foto di bawah ini yang diambil dengan Google Pixel 3.

hasil kamera google pixel 3

* sumber: www.tomsguide.com

Menilik foto di atas, dan membandingkan dengan foto sebelumnya, sulit menemukan perbedaannya. Pembeda paling memungkinkan hanya soal warna dari foto tangkapan Google Pixel 3 lebih warm. Selain itu, detail foto keduanya tampak sama. Hal tersebut diungkap oleh situs Tomsguide yang menguji perbandingan hasil foto kedua HP tersebut.

GSMArena, yang menguji kamera Google Pixel 3A XL juga berpendapat bila hasil tangkapan kamera dari Google Pixel 3A XL mewarisi apa yang ditawarkan oleh kakaknya, Google Pixel 3 XL. Mengingat Google Pixel 3, Google Pixel 3 XL, Google Pixel 3A, dan Google Pixel 3A  XL , memiliki kamera yang sama, hal ini cukup dimaklumi.

Oh yah, GSMArena juga menyatakan jikalau hasil tangkapan kamera dini mempunyai reproduksi warna yang elok. meskipun warna yang dihasilkan cenderung lebih dingin. Sementara untuk tangkapan kamera di kondisi rendah cahaya, hasil tangkapan kameranya cenderung baik. Terlebih foto tampak mempunyai penumpukan gambar supaya mampu menghilangkan noise. 

Untuk kamera depannya sendiri, Google melengkapi Pixel 3A dengan satu kamera saja. Berbeda dengan  kamera pada Google Pixel 3 series yang menghadirkan dua lensa kamera di depan. Di Google Pixel 3A, kamera depan hanya mengusung sensor 8 MP.

Menurut Tomsguide, kamera depan Google Pixel 3A ini tergolong manis dan cocok untuk selfie. Meskipun ada kekurangan di sektor kamera depan ini mirip tidak adanya autofocus Namun, secara kesleuruhan, hasil selfie kamera depan HP ini tergolong memuaskan. Dan tentu kamera belakang dari Google Pixel 3A termasuk HP dengan hasil tangkapan kamera yang benar-benar keren.

2. Layar OLED yang Baik

google pixel 3a

* sumber: www.tomsguide.com

Selain kamera,  Google Pixel 3A juga mewarisi layar OLED dari sang kakak. Penggunaan layar OLED di HP ini terperinci membuat HP ini terasa istimewa. Mengapa? Karena dengan layar OLED, tampilan warna lebih cerah dan biasanya menampilkan sudut pandang yang lebih baik serta warna hitam pekat yang tepat.

Layar pada Google Pixel 3A sendiri yakni 6 inci dengan resolusi 1080 x 2160 piksel. Selain itu, layarnya juga diproteksi dengan pelindung Asahi Dragontrail Glass. Untuk sektor ini sedikit berbeda sebab Google Pixel 3 menggunakan pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Asahi Dragontrail Glass sendiri adalah pelindung yang cukup  manis meski namanya tidak setenar Corning Gorilla Glass. Untuk sektor layar ini, tentu layar OLED yang tetap dipertahankan patut diapresiasi.

3. Dukungan OS Langsung dari Google

* sumber: www.gadgetsnow.com

Karena Google Pixel 3A yakni milik Google, masuk akal kalau HP ini bakal menerima derma penuh dari Google selayaknya sang abang. Google Pixel 3A sudah mengusung Android 9 Pie dan tentunya bakalan jadi salah satu HP yang mendapat pembaruan Android Q lebih cepat, malah di jajaran  pertama.

GOOGLE PIXEL 3A UI

* sumber: www.gsmarena.com

OS Android di Google Pixel 3A sendiri hadir tanpa kostumisasi tampilan. Semua tampil dengan Android murni. Pembedanya, OS Android di Google Pixel 3A memiliki beberapa fitur khusus seperti yang dimiliki oleh Google Pixel 3.

Fitur-fitur yang dimaksud seperti Digital Wellbeing, Lastly, Flip to Shhh, dan juga Wind Down. Fitur Wind Down paling menarik karena akan bekerja secara otomatis mengubah Google Pixel 3A ke mode “Do Not Disturb” ketika malam hari. Perubahan ini juga kuat pada tampilan layar yang menjadi debu-abu.

4. Daya Tahan Baterai yang Baik

battery google pixel 3a

*

Baterai jadi daya tarik menarik dari Google Pixel 3A. Betapa tidak, dengan kapasitas yang hanya 3.000 mAh, Google Pixel 3A bisa bertahan cukup usang. Seperti yang diungkapkan oleh Gadgetsnow yang menyatakan jikalau dengan penggunaan moderate, Google Pixel 3A dapat bertahan hingga 14 jam. Dan hal ini lebih dari seharian.

Tomsguide juga memuji daya tahan baterai Google Pixel 3A. Malah daya tahan baterai Google Pixel 3A ini dapat mengalahkan beberapa tipe HP lain yang harganya lebih mahal, mirip terlihat pada gambar berikut.

baterai Google Pixel 3A

* sumber: www.tomsguide.com

Berdasarkan data pengujian yang dilakukan Tomsguide, daya tahan baterai Google Pixel 3A ternyata bisa mengalahkan Google Pixel 3. Selain itu, Apple iPhone XR juga kalah meski selisihnya tipis sekali. Perbandingan dengan Nokia 7.1 tampaknya alasannya Google Pixel 3A berada di kelas harga yang sama dengan HP dari Nokia tersebut.

Berdasarkan data tersebut, sudah dipastikan bila daya tahan baterai Google Pixel 3A ternyata lebih baik. Malah beberapa HP lain yang lebih mahal daya tahannya kalah dari Google Pixel 3A.

5. Tersedia Audio Jack 3mm

headphone jack google pixel 3a

* sumber: www.tomsguide.com

Ramainya vendor HP menghilangkan audio jack tidak menciptakan Google ikut-ikutan. Google Pixel 3A justru tetap menghadirkan port audio jack yang tentunya membuat HP ini jadi lebih menarik. Para pengguna yang biasa menggunakan headset dengan port audio jack 3,55 mm tentu bakalan suka dengan HP ini. Satu keunggulan yang tentunya patut diapresiasi.

Kekurangan Google Pixel 3A

Meskipun memperlihatkan beberapa kelebihan yang menarik, namun nyatanya HP ini juga memiliki beberapa kekurangan. Apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Performa Kalah dari Pesaing di Kelas Harganya

google pixel 3a body

* sumber: www.techradar.com

Google Pixel 3A dilengkapi dengan chipset Snapdragon 670. Penggunaan chipset Snapdragon 670 ini terperinci membuat Google Pixel 3A mempunyai kemampuan yang mumpuni. Jelas kalau dibandingkan dengan kakaknya, yakni Google Pixel 3, performa dari Google Pixel 3A kalah. Ya masuk akal karena Google Pixel 3 memakai Snapdragon 855.

Lantas, bagaimana dengan Snapdragon 670 ini? Harus diakui, performa chipset ini tergolong elok. Seperti yang diungkap juga oleh Tomsguide, kalau performa untuk kebutuhan sehari-hari, HP ini tergolong mumpuni. Geekbench sendiri memberi nilai 5.146 untuk tes multi-core.

Google Pixel 3A geekbench

* sumber: www.tomsguide.com

Skor tersebut tidak berbeda jauh dengan skor Geekbench multi-core Google Pixel 3A XL yang diungkap oleh GSMArena yang menerima skor 5.176. Hal ini cukup masuk akal mengingat kedua HP memiliki chipset yang sama. Karena itu, nilai Antutu dari Google Pixel 3A XL yang mencapai 159 ribuan juga tidak akan terlalu jauh dengan nilai Antutu yang didapatkan oleh Google Pixel 3A.

Mengingat Google Pixel 3A ini dijual murah, performa HP ini bergotong-royong masih bisa dimaklumi. Hanya saja jika membeli Google Pixel 3A di Indonesia, harganya jadi tidak terlalu menarik. Mengingat Google Pixel 3A tidak hadir secara resmi tentu barang yang dijual di Indonesia adalah barang impor yang kena capai dan biasanya harganya jadi naik.

Saat artikel ini dibuat, harga Google Pixel 3A mencapai Rp7 jutaan. Harga yang cukup tinggi memang dan di harga tersebut, masih banyak HP lain yang lebih menarik dilirik. Sebut saja Asus Zenfone 5Z, LG G7 ThinQ. Bahkan, HP tidak bergaransi resmi lain lebih menarik mirip Xiaomi Mi Mix 3 atau OnePlus 6T. Karena alasan inilah, dari price to performance, Google Pixel 3A kurang menarik.

2. Tanpa Wireless Charging

body google pixel 3a

Sebagai HP turunan sang kakak, Google Pixel 3A tidak mendapat pemberian fitur pengisian tanpa kabel alias wireless charging. Padahal, Google Pixel 3 dan Google Pixel 3 XL memiliki fitur ini. Ketidakhadiran fitur ini bergotong-royong cukup wajar hanya tentu kuat alasannya adalah Google Pixel 3A tidak terlalu menarik.

3. Hanya Satu Varian RAM

body google pixel 3a

* sumber: www.tomsguide.com

Google Pixel 3A yang dijual hanya memiliki varian RAM 4 GB saja dengan penyimpanan 64 GB. Tidak ada varian lain yang ditawarkan. Padahal akan lebih baik kalau Google menghadirkan Google Pixel 3A maupun Google Pixel 3A XL dengan varian RAM 6 GB dan penyimpanan minimal 128 GB.

Fakta jikalau Google Pixel 3A tidak mendukung penambahan penyimpanan eksternal, tentu menciptakan kekurangan dari sektor memori ini jadi perhatian khusus. Ujung-ujungnya, pengguna hanya menerima varian RAM 4 GB dengan penyimpanan 64 GB yang tentunya bakal akan terasa penuh kalau penyimpanan sering dipakai untuk menyimpan data besar semacam foto atau video.

4. Bodi Berbahan Plastik

google pixel 3a body

* sumber: www.techradar.com

Desain Google Pixel 3A mempunyai pola desain yang serupa dengan Google Pixel 3. Hal ini mampu dilihat dari contoh desain bab belakangnya yang memiliki dua warna dengan gradasi warna yang cukup mencolok. Hanya saja bedanya, Google Pixel 3 dilapisi bodi metal sementara Google Pixel 3A menggunakan plastik.

Jika plastik terasa kurang baik, mari gunakan istilah polycarbonate. Penggunaan desain bodi polycarbonate ini memang tidak menciptakan Google Pixel 3A terasa murahan tetapi tetap saja bodi berbahan plastik di Google Pixel 3A membuat HP ini terasa kurang solid.

5. Tidak Ada Fitur Menarik Lainnya

* sumber: www.gadgetsnow.com

Karena berada di kelas harga yang lebih terjangkau, Google Pixel 3A tidak memiliki fitur istimewa. Tidak ada sertifikasi anti-air, tidak ada fitur face unlock, dan fitur lainnya yang menciptakan HP ini terasa beda. Cukup maklum sesungguhnya alasannya adalah kalau menghadirkan fitur yang sama dengan sang abang, akan membuat harga jual HP ini malah lebih tinggi.

Simpulan

Google Pixel 3A memiliki warisan yang menarik dari sang abang. Kamera yang kualitas tidak jauh beda, layar OLED, dan juga dukungan OS yang lebih baik. Selain itu, Google Pixel 3A malah mempunyai keunggulan yang lebih baik, ialah dari segi daya tahan baterai.

Dengan segala kelebihan yang ada, kekurangan yang ada di Google Pixel 3A tampak masih mampu dimaklumi. Hanya saja, untuk performa akan terasa kurang mengingat kalau mengusut harga jualnya di Indonesia, banyak HP lain yang memberikan spesifikasi dan fitur yang lebih baik.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online