Yuk, Baca 10 Kelebihan Dan Kekurangan Redmi Note 9!

Di zaman kini, mempunyai HP manis dengan harga terjangkau bukan lagi sekadar impian. Redmi Note 9 yang merupakan HP generasi kelanjutan Note 8 ini sudah bisa dibawa pulang pada bulan Juni 2020 di Indonesia, serta hadir dengan banderol harga yang cukup ramah di kantong, yaitu mulai dari Rp2.499.000,-.

Seri Redmi Note 9 hadir dengan varian Pro dan reguler, dan kali ini Carisinyal akan membahas kelebihan dan kekurangan Redmi Note 9. Meskipun HP ini cenderung memiliki spek lebih rendah dari Pro, bukan berarti beberapa keunggulannya tidak mampu kita apresiasi. Lantas apa saja seluk beluk dari HP ini? Simak berbagai kelebihan dan kekurangan Redmi Note 9 sebagai materi pertimbangan Anda.

Spesifikasi Redmi Note 9

Redmi Note 9

  • Layar: IPS LCD, 6.53 inches
  • Chipset: MediaTek Helio G85 (12nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: Quad 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 13 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5020 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Redmi Note 9

Di segmen harga entry-level, Redmi Note 9 lolos menjadi salah satu pilihan terbaik yang bisa Anda dapatkan. Oleh karena itu, kami telah n sajikan beberapa kelebihan Redmi Note 9 berikut biar Anda tidak perlu ingin tau.

1. Hadir dengan Performa Cukup Baik

performa redmi note 9

Meski Redmi Note 9 bukan tergolong HP pada segmen harga atas, bukan berarti performanya bisa diremehkan. HP Xiaomi ini dibekali dengan chipset MediaTek Helio G85 dengan fabrikasi 12nm.

Chipset ini terdiri dari 8 inti dengan klasifikasi sebagai berikut – 2 buah Cortex A75 dengan kecepatan 2.0 GHz dan 6 buah Cortex A55 dengan kecepatan 1,8 GHz. Sementara itu, di bab pengolah grafis HP ini mengandalkan Mali G52 MC2.

Di pasaran harga Rp2-jutaan, chipset ini tergolong cukup unggul dan berdaya saing tinggi. Dilansir dari HiTekno, Helio G85 bisa meraih skor benchmark AnTuTu 8 sebesar 205946. Angka ini masih lebih besar ketimbang Redmi Note 8 yang merupakan generasi sebelumnya.

Redmi Note 8 memakai Snapdragon 665 dan hanya menerima skor 169585 pada benchmark AnTuTu 8. Sebagai info, Snapdragon 665 adalah chipset yang cukup umum ditemukan pada segmen harga Rp2-jutaan, contohnya seperti Realme 5s, Realme 5, dan OPPO A5. Artinya, Redmi Note 9 memiliki performa lebih unggul dari empat kompetitor ini. Lumayan, kan?

2. Kapasitas Baterai Besar

baterai redmi note 9

Tanpa kehadiran baterai yang besar, Anda harus senantiasa mejeng erat stop kontak untuk mengantisipasi low battery. Redmi Note 9 yang dihadirkan baterai berkapasitas 5020 mAh ini mampu menciptakan HP bertahan usang untuk dipakai bermain game, menonton video, atau sekadar bermedsos.

Berdasarkan ulasan yang dilakukan GSMArena, Redmi Note 9 mampu meraih endurance rating dengan durasi 125 jam. Jika dipakai menelepon pada jaringan 3G, HP mampu bertahan selama 35 jam. Sedangkan untuk menonton video ataupun browsing bisa bertahan hingga 18 jam.

3. Memiliki 3.5mm Jack Audio

redmi note 9 35 mm jack

Di saat beberapa HP terkini dihadirkan dengan tanpa 3.5mm jack audio, Anda mampu bernapas lega mengetahui bahwa Redmi Note 9 masih menghadirkan port ini. Alhasil, aneka macam perangkat audio seperti headset ataupun speaker mampu Anda gunakan tanpa perlu menyalakan Bluetooth pada HP.

Pasalnya, mengaktifkan Bluetooth mampu lebih cepat menghabiskan daya baterai – baik baterai HP maupun baterai Bluetooth headset. Alhasil, dengan adanya konektivitas 3,5mm jack ini, Anda bisa menggunakan headset selama mungkin tanpa takut baterai terkuras habis.

4. Performa Kamera Cukup Baik

kamera redmi note 9

Redmi Note 9 adalah HP dengan harga cukup terjangkau namun menawarkan performa kamera yang layak. Redmi Note 9 hadir dengan konfigurasi empat lensa beresolusikan 48 MP (lebar), 8 MP (ultra lebar), 2 MP (makro), serta 2 MP (sensor kedalaman). Sedangkan, di bagian layar tersemat lensa selfie 13 MP dengan bukaan f/2.3 dan focal length sebesar 29mm.

HP ini cukup mampu menunjukkan hasil kualitas foto yang manis dari segi pemotretan foto close up dan pada malam hari. Pada kamera makro 2 MP-nya terdapat fitur auto fokus supaya tidak perlu mengerahkan effort yang besar untuk menjaga objek biar tidak blur. Berikut beberapa hasil foto makronya.

redmi note 9 makro 2

Redmi Note 9 foto makro. * sumber: www.gsmarena.com

redmi note 9 makro

Redmi Note 9 foto makro. * sumber: www.gsmarena.com

Dilihat dari beberapa pola di atas, bisa dilihat bahwa hasil foto close up masih mempunyai detil yang terjaga dengan baik serta reproduksi warna yang natural.

Sementara itu, kamera HP ini juga mampu mengambil foto dengan exposure yang cukup terperinci meskipun pada kondisi malam hari sekalipun. Sehingga, hal ini memungkinkan Anda mengambil foto dengan lebih leluasa dalam kondisi pencahayaan mirip apapun. Berikut ialah beberapa sampel foto malam hari dari kamera utama Redmi Note 9.

redmi note 9 minim pencahayaan

Redmi Note 9, main camera, malam hari. * sumber: www.gsmarena.com

redmi note 9 malam hari

Redmi Note 9, main camera, malam hari. * sumber: www.gsmarena.com

5. Memori Internal Besar dan Terdapat Slot Khusus

redmi note 9

Betapa menyenangkan kalau kita bisa menyimpan banyak file seperti film, TV series, ataupun menginstal banyak aplikasi dan game. Sekarang ini banyak HP yang sudah menghadirkan memori internal berkapasitas besar, termasuk Redmi Note 9.

HP generasi penerus Redmi Note 8 ini dibekali dengan pilihan memori internal sebesar 64 GB dan 128 GB, serta dibalut dengan RAM 3 GB dan 4 GB. Dengan kapasitas internal sebesar ini, Anda tidak perlu lagi memilah aplikasi untuk dihapus sebab terpentok kapasitas.

Selain itu juga, memori internal mampu difokuskan hanya menampung aplikasi, alasannya jikalau Anda ingin menyimpan file sudah tersedia pula pertolongan slot microSD secara terpisah.

6. Desain Bodi yang Kokoh dan Memukau

redmi note 9 desain bodi

Agar lebih cocok dipakai generasi muda yang aktif, sebuah HP tentunya perlu dihadirkan dengan ketahanan bodi yang berpengaruh. Redmi Note 9 sendiri telah menghadirkan pelindung kaca Corning Gorilla Glass 5 pada layarnya serta dibekali kemampuan water-repellent (anti air) yang menciptakan HP mudah dibersihkan ketika terkena hujan atau tetesan air minum.

Selain dari bodinya yang kokoh, terdapat beberapa varian warna yang membuatnya terlihat elegan, yakni Forest Green, Midnight Grey, dan Polar White. Meski ketiganya hadir tanpa corak, justru pendekatan minimalis inilah yang menciptakan Redmi Note 9 cukup stylish. Ditambah lagi, peletakkan kamera belakang di tengah menciptakan tampilan belakang menjadi simetris dan menambah pada sisi estetikanya.

7. Sudah Mendukung Widevine L1

redmi note 9 layar

Tren menonton series atau film pada layanan streaming kian marak seiring dengan perkembangan zaman. Sekarang, memiliki akun Netflix menjadi pujian tersendiri alasannya adalah banyak konten berkualitas yang sayang dilewatkan.

Untuk meningkatkan pengalaman menonton Netflix, Anda mampu memilih paket yang menunjukkan resolusi HD. Namun sayangnya, tidak sembarang HP mendukung resolusi HD dari Netflix.

Ada lisensi yang mengatur soal hal ini, namanya Widevine. Secara singkat, Widevine mampu dibilang cara mengukur apakah sebuah HP memiliki tingkat keamanan yang besar lengan berkuasa sehingga konten-konten pada layanan streaming mirip Netflix tidak mudah dibajak. Ada tiga tingkatan lisensi Widevine, yang terendah yaitu L3 – ini ialah level yang banyak ditemukan pada beberapa HP.

HP dengan lisensi Widevine L3 hanya mampu menampilkan resolusi konten sebesar 480p saja, sedangkan Widevine L1 merupakan tingkat keamanan tertinggi. Anda pun bisa menikmati konten dengan resolusi Full HD pada Redmi Note 9 yang sudah memiliki lisensi Widevine L1.

Kekurangan Redmi Note 9

Itu tadi beberapa kelebihan yang bisa Anda pertimbangkan. Sekarang, saatnya Anda juga mengetahui beberapa kekurangan Redmi Note 9 berikut ini.

1. Fast Charging Kurang Oke

redmi-note-9-fast-charging

Di kala yang semakin menuntut kecepatan dalam hal apapun, pengisian daya baterai yang cepat sekarang semakin dicari orang. Redmi Note 9 untungnya menghadirkan kemampuan fast charging. Namun sayangnya, fitur ini hanya mengandalkan daya 18 W yang terbilang kurang bisa mengisi baterai dengan cepat.

Laman GSMArena menyampaikan bahwa baterai Redmi Note 9 memakan waktu 2 setengah jam untuk mengisi daya dari kosong sampai penuh. Untuk seukuran HP yang mempunyai fitur fast charging, durasi pengisian ini masih tergolong cukup lama sehingga bagi Anda yang berharap pengisian daya yang kilat mungkin agak sedikit kecewa dengan kekurangan ini.

2. Layarnya Kurang Terang

redmi note 9

Redmi Note 9 yang merupakan HP keluaran tahun 2020 tentu sudah disertakan dengan layar mentereng berukuran 6,53 inci. Layar ini menghadirkan panel IPS LCD yang cukup menguras daya baterai, tapi panel ini memang umum ditemukan pada segmen harga Rp2-jutaan.

Layar ini rupanya tidak mempunyai tingkat kecerahan maksimal yang baik. Saat Anda mengatur kecerahan secara manual, Redmi Note 9 hanya bisa meraih 370 nits. Dengan tingkat kecerahan ini, Anda masih akan merasa kesulitan dikala melihat layar di luar ruangan pada siang hari.

Padahal, beberapa varian lainnya mirip Note 9s sudah meraih 421 nits dan Note 9 Pro sudah meraih 456 nits. Jika di-set ke Auto, layar Redmi Note 9 bisa meraih tingkat kecerahan 466 nits, masih kalah dengan Redmi Note 9S yang meraih angka 575 nits dan Note 9 Pro yang bisa mencapai 616 nits.

3. Tidak Terdapat Fitur NFC

redmi note 9 (2)

Di Indonesia, minat akan NFC mungkin belum semarak di negara-negara maju. Meski begitu, beberapa warga di kota-kota besar sudah cukup terbantu dengan fitur NFC alasannya adalah memudahkan dalam hal transaksi digital tan mengecek saldo kartu eToll. Redmi Note 9 sendiri sebetulnya sudah hadir dengan NFC, namun terbatas pada model atau wilayah tertentu saja.

Redmi Note 9 yang menghadirkan NFC hanyalah model M2003J15SG yang tidak dirilis di Indonesia. Jika Anda memang tidak bisa menolerir ketiadaan fitur ini, lebih baik pilih Redmi Note 9 Pro alasannya adalah varian tersebut sudah menghadirkan NFC pada semua modelnya.

Simpulan

Yap, begitulah kelebihan dan kekurangan Redmi Note 9 yang telah kami sajikan. HP yang telah mengalami beberapa peningkatan dari Redmi Note 8 ini cukup layak dijadikan pertimbangan. Terutama jika Anda mencari HP yang bisa memenuhi kebutuhan fotografi harian, aspek pencitraan Redmi Note 9 mampu menghasilkan gambar yang cantik bahkan pada malam hari sekalipun.

Selain itu, HP ini sudah mengantongi lisensi Widevine L1 ini sangat layak dipilih agar Anda mampu menikmati kualitas terbaik dari konten Netflix atau Amazon Prime Video, pengalaman menonton pun jadi lebih menyenangkan. Namun sayangnya, tingkat maksimal layarnya masih belum unggul ketimbang beberapa HP kompetitornya, sehingga layarnya ini kurang bisa dilihat dikala siang hari di luar ruangan.

Untuk Anda yang tertarik meminang Redmi Note 9, Anda mampu membelinya melalui link ini. Carisinyal juga telah merangkum beberapa perbedaan Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro bila Anda ingin tahu perbandingannya dengan detil.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online