Wondershare Dvd Creator, Solusi Gampang Untuk Burning Dvd

Bagi Anda yang ingin melakukan burning DVD dengan aneka macam macam format, kini hadir sebuah aplikasi untuk Windows dan Mac di mana penggunanya bisa mem-burning DVD dengan 150 format, Wondershare DVD Creator. Bukan hanya sekedar burning DVD saja, alasannya aplikasi ini juga punya fitur untuk edit video secara mudah dan mudah.

Bahkan, ada juga bermacam-macam template untuk video ataupun foto dengan berbagai tema yang menarik, seperti holiday, travel, memory, sampai tema standard pun tersedia di Wondershare DVD Creator. Yang lebih bagusnya lagi, aplikasi ini sangat mudah dipakai oleh siapapun. Kaprikornus, untuk pemula pun mampu pribadi burning DVD sekaligus edit video dengan mudah tanpa perlu derma profesional.

Penasaran dengan fitur-fitur Wondershare DVD Creator serta cara menggunakannya? Mari simak artikel ini sampai akhir, ya!

Apa Itu Wondershare DVD Creator?

apa itu wondershare dvd creator

Sesuai dengan nama aplikasinya, Wondershare DVD Creator ini merupakan sebuah aplikasi Windows & Mac untuk melakukan burning DVD. Namun, di aplikasi ini bukan hanya sekedar untuk burning DVD, alasannya adalah Wondershare DVD Creator juga punya fitur menarik yang pastinya diperlukan oleh para penggunanya.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa melaksanakan burning DVD dengan file apapun, baik berupa foto ataupun video. Untuk mem-burning DVD juga bisa dilakukan dengan gampang dan cepat. Bahkan, sebelum Anda mem-burning DVD, pengguna juga mampu mengedit video dan foto yang akan di-burning terlebih dahulu.

Misalnya, Anda mampu mengeditnya dengan menambahkan template semoga hasil video yang di­-burning lebih menarik. Atau, Anda juga mampu membuat watermark, memotong durasi video, juga mampu menambahkan judul untuk videonya. Sangat lengkap, bukan?

Fitur Unggulan Wondershare DVD Creator

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya bahwa Wondershare DVD Creator ini punya fungsi utama sebagai DVD Burner. Kaprikornus, sudah bisa dipastikan bahwa aplikasi ini mampu dipakai untuk melakukan burning video atau foto dalam bentuk DVD dengan 150 format berbeda.

Namun, Wondershare DVD Creator ini punya fitur unggulan selain burning DVD, yakni mampu melakukan simple editing untuk menciptakan video atau foto yang di-burn lebih menarik. Penasaran ingin tahu kelengkapan fiturnya? Berikut penjelasan fitur-fitur di Wondershare DVD Creator.

1. DVD Creator & DVD Burner

DVD Creator & DVD Burner

Kemudahan membuat atau mem-burning video dalam bentuk DVD, kini bisa dilakukan dengan cepat dan simpel. Bahkan Anda mampu menciptakan DVD Video dengan banyak sekali macam format. Tak banyak aplikasi yang memberikan macam-macam format untuk burning DVD.

Maka dari itu, dengan kehadiran Wondershare DVD Creator ini sangat membantu para penggunanya untuk membuat DVD dengan aneka macam pilihan format video, dan tercatat ada 150 format yang bisa dipakai lho! Cukup lengkap, kan? Berikut format yang tersedia di Wondershare DVD Creator:

  • Input Format Video: MP4, MP4, FLV, AVI, MOV, 3GP, WMV, MPG, MPEG, VOB, 3G2, ASF, RM, RMVB, DPG, DAT, F4V, DVR-MS, MKV, MOD, TOD, MTS, M2TS, EVO, TP, TS, AP3, CUE, DV, H.264, WEBM.
  • Input Format Images: JPG, JPEG, PNG, BMP, GIF, TIFF, TIF, WMF, EMF, ICO, HEIC.
  • Output Format DVD: DVD 5/9(DVD-R, DVD+R, DVD-RW, DVD+RW, DVD+R DL, DVD-R DL)
  • Output Format DVD Blu-Ray (Hanya untuk Windows): BD 25/50/100 (BD-R、BR+R、BD-RW、BD+RW、BD+R DL、BD-R DL)
  • Output Format lainnya: DVD Folder, ISO, BDMV Folder (Hanya untuk Windows), DVDMedia (Hanya untuk Mac)

Bagaimana, pilihan output dan input format DVD-nya sangat lengkap dan banyak pilihannya, bukan? Makara, tidak perlu ragu lagi untuk melaksanakan burning DVD dengan berbagai format, alasannya Anda mampu menemukannya hanya di Wondershare DVD Creator.

2. Mengedit DVD Video dengan Built-in Video Editor

mengedit video

Ini dia kelebihan lainnya ketika Anda memakai Wondershare DVD Creator di mana penggunanya bisa pribadi edit video dengan gampang dan praktis. Adapun beberapa tools yang cukup lengkap untuk melaksanakan edit video, misalnya untuk memotong durasi video, menambahkan template, sampai menambahkan judul pada video. Inilah beberapa tools untuk edit video di Wondershare DVD Creator:

  • Trim: Tools yang satu ini memudahkan Anda untuk memangkas durasi video Anda.
  • Crop: Berbeda dengan tools sebelumnya di mana Crop digunakan untuk memotong ukuran / size video semoga pas dengan layar.
  • Enhance: Sedangkan untuk tools ini akan memudahkan Anda dalam mengatur tingkat kecerahan video, misalnya mengatur brightness, contrast, saturation, hingga menambahkan efek-imbas menarik untuk video yang Anda buat.
  • Watermark: Mungkin Anda butuh tools ini semoga video yang dibentuk tidak asal dicaplok oleh orang lain. Selain sebagai DVD Creator dan DVD Burner, Anda juga bisa sekaligus membuat watermark, baik berupa gambar atau goresan pena, di video Anda.
  • Subtitle: Kurang lengkap rasanya jika mem-burning dan edit video tanpa adanya judul atau penamaan video. Maka dari itulah, aplikasi ini juga menyediakan tools untuk menambahkan subtitle. Bahkan Anda bisa menamakannya dengan format berupa .srt, .ass, dan .ssa.

Cara Menggunakan Wondershare DVD Creator

Kini Anda sudah tahu segala kelengkapan fitur dari Wondershare DVD Creator. Bisa diketahui bahwa aplikasi ini bukan hanya digunakan sebagai DVD Burner. Pasalnya, Anda juga mampu melakukan editing video dengan berbagai macam tools yang bisa dibilang tidak sedikit di Wondershare DVD Creator ini.

Nah, kini saatnya Carisinyal mau membagikan kemudahan dalam melakukan burning DVD dan mengedit videonya. Yuk, pribadi ikuti beberapa tahap berikut ini.

1. Cara Burning dan Edit Video ke DVD

Untuk melakukan burning DVD dengan aplikasi Wondershare DVD Creator ini, maka Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Masuk ke dalam aplikasi Wondershare DVD Creator, lalu pilihlah hidangan Create a DVD Video disc.

Cara Burning Video ke DVD 1

  • Jika sudah, maka lanjutkan dengan memasukan video yang ingin Anda burning dengan klik simbol “+” atau Anda juga bisa melakukan drag and drop untuk video yang ingin di-burn. Di tahap ini, Anda juga bisa menambahkan lebih dari satu video.

Cara Burning Video ke DVD 2

  • Setelah semua video Anda dimasukan dan dipilih untuk di-burn, maka Wondershare DVD Creator akan menampilkan video-video tersebut di bagian kiri sesuai dengan format dan nama videonya. Pada bagian ini juga Anda mampu menambahkan title dengan klik Add tittle yang ada di bagian kiri bawah.

Cara Burning Video ke DVD 3

  • Ini beliau tahap editing, Anda bisa pribadi mengedit setiap video yang sudah dipilih dengan klik simbol mirip pensil yang ada di setiap video, ada di bab kanan video.

Cara Burning Video ke DVD 4

  • Jika Anda sudah menentukan video yang ingin diedit, maka Anda mampu eksklusif menambahkan watermark, melakukan cropping, trim, juga menambahkan imbas-imbas menarik.

Cara Burning Video ke DVD 5

  • Selain itu, Anda juga mampu menambahkan template untuk menciptakan video yang lebih menarik. Ada beberapa template yang bisa digunakan dan Anda hanya perlu klik Menu. Perhatikan juga bab menu structure di mana setiap struktur untuk template ditampilkan secara teratur dan bisa gampang digonta-ganti sesuai selera.

Cara Burning Video ke DVD 6

  • Nah, di bab Menu ini juga Anda bisa menambahkan musik, mengganti latar untuk video, bahkan bisa menggonta-ganti tipe font sesuai selera.

Cara Burning Video ke DVD 7

  • Sudah tamat mengeditnya? Kini saatnya Anda melakukan burning dengan klik hidangan Burning. Anda bisa menamai file yang akan di-burn, memilih format video yang akan di-burning, juga lokasi foldernya. Jika sudah final, eksklusif klik Burn yang ada di dalam kotak merah.

Cara Burning Video ke DVD 8

Selesai sudah, kini Anda hanya perlu menunggu hasil burning videonya final. Sangat gampang, cepat, dan lengkap, bukan?

2. Cara Burning Gambar Slideshow ke DVD

Sebenarnya cara melaksanakan burning dan edit gambar slideshow ke DVD tidak sulit dan cenderung seperti dengan cara melaksanakan burning video ke DVD. Nah, beginilah caranya:

  • Masuk ke dalam aplikasi dan pilihlah opsi Create a DVD Video Disc.

Cara Burning dan Edit Gambar ke DVD 1

  • Kemudian, pribadi pilihlah gambar-gambar yang ingin Anda jadikan slideshow dengan klik simbol “+”

Cara Burning dan Edit Gambar ke DVD 2

  • Jika semua gambar sudah dipilih dan masuk ke dalam aplikasinya, maka Anda mampu pribadi mengedit setiap gambar yang ada. Untuk memulai editing, silakan klik simbol seperti pensil di samping kanan gambar yang akan diedit. Nah, Anda bisa langsung menambahkan efek, transisi, musik, sampai memberikan teks.

Cara Burning dan Edit Gambar ke DVD 3

  • Anda juga mampu menambahkan template untuk gambar yang akan di-burn. Caranya, pilihlah bab Menu, kemudian Anda mampu eksklusif pilih template yang diinginkan sesuai dengan Menu Structure yang ada. Pada tahap ini juga Anda mampu menambahkan background hingga mengganti font style pada teks.

Cara Burning dan Edit Gambar ke DVD 4

  • Sudah selesai edit gambarnya? Yuk, sekarang ke tahap terakhir, yakni burn gambar ke DVD. Caranya gampang, eksklusif saja klik Burn. Namun sebelumnya, jangan lupa pilih format DVD dan berikan nama filenya, ya.

Usai sudah penjelasan dan cara menggunakan Wondershare DVD Creator. Bisa ditarik kesimpulan bahwa aplikasi ini bukan hanya punya fitur sebagai DVD Burner saja, alasannya Anda juga mampu melaksanakan editing untuk gambar dan video sebelum di-burning. Mau juga pakai aplikasi ini? Yuk, cobain di Free Try Wondershare DVD Creator.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online