Wajib Tahu, Ini Kelebihan Dan Kekurangan Infinix Smart 4!

Infinix Smart 4 merupakan ponsel yang jadi penerus Infinix Smart 3 Plus. Seperti saudaranya, ponsel ini menunjukkan spesifikasi yang tergolong menarik tetapi memiliki bandrol harga yang murah. Terlebih Infinix juga dikenal sebagai produsen yang sering menghadirkan ponsel di harga murah, ialah Rp1 jutaan.

Hal menariknya, Infinix Smart 4 dijual dengan harga Rp999.000. Harga tersebut yakni harga flash sale. Harga di toko online umumnya ada di kisaran Rp1,1 dan Rp1,2 jutaan. Masih tergolong murah kalau dibandingkan dengan Infinix Smart 3 Plus yang dibanderol dengan harga Rp1,3 jutaan.

Lantas, seperti apa Infinix Smart 4 ini? Penasaran? Untuk menjawab rasa ingin tau Anda, mari simak kelebihan dan kekurangan Infinix Smart 4 yang Carisinyal rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Spesifikasi Infinix Smart 4

infinix smart 4

Umum

  • Diumumkan
    Oktober, 2019

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    167 x 76 x 8,3 mm

  • Berat
    183 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif IPS LCD

  • Ukuran
    6,6 inci

  • Resolusi
    720 x 1600 piksel, rasio 20:9 (kerapatan 266 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Mediatek MT6761 Helio A22 (12 nm)

  • CPU
    Quad-core 2.0 GHz Cortex-A53

  • GPU
    PowerVR GE8320

Memori

  • RAM
    2 GB

  • Memori Internal
    32 GB

  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 256 GB (slot khusus)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    2

  • Resolusi
    8 MP, f/1.8, PDAF + QVGA

  • Fitur
    LED flash, panorama, HDR

  • Video

Kamera Selfie

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, hotspot

  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    A-GPS

  • USB
    microUSB 2.0

Baterai

  • Jenis
    Li-Po

  • Kapasitas
    4000 mAh tidak dapat dilepas

  • Wireless Charging

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie

  • Sensor
    Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, proximity, compass

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Midnight Black, Quetzal Cyan, Cosmic Purple

  • Lainnya
    HP ini menjalankan Android Go edition

Kelebihan Infinix Smart 4

Kelebihan apa saja yang ditawarkan oleh Infinix Smart 4 ini? Simak poin-poinnya eksklusif berikut ini.

1. Daya Tahan Baterai yang Awet

baterai infinix smart 4

Infinix Smart 4 dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Kapasitas baterai ini lebih besar jikalau dibandingkan Infinix Smart 3 Plus yang hanya dibekali baterai 3.500 mAh saja. Lantas, seberapa usang daya tahan baterai ini?

Channel Youtube Canggih Kali menyampaikan kalau daya tahan baterai ini cukup panjang. Untuk penggunaan standar, daya tahan baterainya bisa bertahan hingga dua harian. Sementara jikalau diselingi main gim, daya tahan baterai ponsel ini mampu bertahan seharian.

Channel Youtube Gadget Gaul menyampaikan jika daya tahan baterai ponsel ini infinit. Dayanya tahannya mampu hingga dua harian. Tentu dengan penggunaan normal mirip susukan media sosial, internetan, dan sesekali nonton Youtube. Hanya kalau dipakai main gim intensif, seperti main gim dua jam, daya tahan baterai ponsel ini bisa sampai seharian, dan hal ini masih tergolong bagus.

2. Kamera Depan Cukup Lumayan

infinix smart 4

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=oVSQq6kYy5k

Infinix Smart 4 dibekali dengan kamera depan 5 MP. Kamera ini memang tergolong kecil tetapi untuk kelas harganya, kamera depan ini terbilang baiklah.

Kalau berdasarkan channel Youtube Gadget Gaul, hasil tangkapan kamera ini agak mendingan alasannya warna kulit bisa lebih natural, terutama di kondisi cahaya terperinci. Di kondisi gelap, selfie agak kurang elok meski pake LED flash tetapi hal ini masih mampu dimaklumi bila mengusut kelas harganya.

3. Desain Solid untuk Kelas Harganya

infinix smart 4

Infinix Smart 4 datang dengan desain yang manis berbahan dasar plastik polikarbonat. Ponsel dengan dimensi 167 x 76 x 8,3 mm ini menawarkan pilihan warna yang cukup memukau dan tidak mengecewakan anggun mengingat kelas harga ponsel ini sangat terjangkau. Selain itu, desain bodi belakang ponsel ini tidak glossy tetapi hal ini tergolong anggun karena tidak mampu menyisakan bekas sensor sidik jari.

4. Layar Luas untuk Ukuran Kelas Harganya

infinix smart 4

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=BYnQnR1xc18

Infinix Smart 4 menunjukkan layar dengan dimensi 6,6 inci. Layarnya mempunyai resolusi panel IPS dengan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel, Rasio layarnya yaitu 20:9 dengan kerapatan layar 269 ppi. Resolusi yang masuk akal untuk kelas harganya. Apakah buruk? Ternyata tidak, tampilan visual ponsel ini cukup elok apalagi tone warna yang dihasilkannya lezat di mata.

5. XOS

OS Infinix Smart 3 Plus

Salah satu keunggulan dari ponsel Infinix yaitu, XOS. Termasuk Infinix Smart 4 ini. Infinix Smart 4 ini serupa dengan Infinix Smart 3 Plus yang menawarkan OS Android Pie dengan balutan XOS 5. XOS sendiri dikenal sebagai UI yang bisa menghadirkan berbagai fitur menarik. Contohnya adalah Quickpanel, sebuah fitur yang memungkinkan Anda mengakses aplikasi favorit melalui sidebar. 

6. Tombol Google Assistant

google assistant infinix smart 4

Infinix Smart 4 hadir dengan salah satu tombol istimewa, ialah tombol Google Assistant. Kehadiran tombol ini tentu bermanfaat untuk mengakses layanan Google Assistant dengan cepat. Terlebih smartphone ini tidak mendukung Google Assistant via suara. Karena kehadiran tombol khusus Google Assistant ini patut diapresiasi.

7. Fingerprint dan Face Unlock

face unlock infinix smart 4

Infinix Smart 4 sudah dilengkapi dengan fitur sensor sidik jari atau fingerprint. Terdapat juga fitur face unlock atau  atau pemindaian wajah. Memang kehadiran dua sensor ini bukanlah hal yang istimewa. Tapi sekali lagi, mengingat harganya yang terjangkau, kehadiran dua sensor ini patut diapresiasi. Terlebih respon kedua sensor ini dalam membaca sidik jari atau wajah cukup cepat.

Kekurangan Infinix Smart 4

Sebagai ponsel yang terjangkau, terperinci Infinix Smart 4 memiliki kekurangan. Apa saja kekurangan tersebut? Silakan simak berikut ini.

1. Performa Kurang untuk Main Gim

infinix smart 4

Infinix Smart 4 masih memakai chipset yang sama dengan Infinix Smart 3 Plus, yakni Mediatek Helio A22. Chipset dengan proses fabrikasi 12 nm memang dikenal sebagai chipset yang banyak dipakai untuk ponsel dengan kelas harga terjangkau.

Di dalam chipset ini, tersemat prosesor quad core 2.0 GHz Cortex-A53 yang dipadukan dengan GPU PowerVR GE8320. Kombinasi ini menghasilkan performa yang tergolong menarik. Terlihat dari nilai Antutu yang didapatkan ponsel ini, ialah sebagai berikut.

antutu infinix smart 4

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=GcCLvrPV6xg

Dengan Antutu mencapai 74 ribuan, terperinci performa dari ponsel ini masih bisa diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari. Mengingat kelas harganya yang terjangkau, performa ponsel ini tergolong masuk akal. Hanya saja, jelas tidak cocok untuk penggunaan bermain gim.

Channel Youtube Gadget Gaul mengamini bila chipset ini kurang ngangkat untuk gim terkenal zaman sekarang. Ketika diajak untuk bermain gim, ponsel ini seringkali mengalami lag.

Channel Youtube Canggih Kali juga menguji ponsel ini dengan bermain gim. PUBG Mobile salah satunya. Gim ini bisa dimainkan di Infinix Smart 4, hanya saja grafis yang didapatkan yaitu smooth dengan frame rate medium. Gimnya sendiri memang masih mampu dimainkan tetapi fps yang didapatkan tidak tinggi. Karena itu, mampu dibilang bila performa ponsel ini cukup tetapi kurang nendang untuk main gim.

2. Kamera Belakang Kurang Oke

kamera infinix smart 4

Tidak mirip Infinix Smart 3 Plus yang tiba dengan tiga kamera, Infinix Smart 4 hanya hadir dengan dua kamera di bagian belakang. Kedua kamera belakang ini terdiri dari kamera utama 8 MP dan kamera QVGA (yang ditujukan untuk bokeh). Kamera ini dilengkapi dengan LED flash. Kamera belakangnya sendiri mampu merekam video 1080p

Hasil dari kameranya sendiri tergolong biasa. Warna yang dihasilkan dari kamera ini cenderung pucat. Detail yang dihasilkan dan saturasi warnanya juga rendah. Selain itu, kamera kedua ponsel ini mirip gimmick. Hal ini didasari dari pengalaman Canngih Kali yang ingin memotret bokeh tetapi jadinya tidak bokeh. Hal ini terang menunjukan bila di sektor kamera, Infinix Smart 4 kurang begitu baik.

3. Pengisian Baterai yang Lama

infinix smart 4

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=GcCLvrPV6xg

Infinix Smart 4 mengalami persoalan yang sama dengan ponsel Infinix kebanyakan, yakni baterai dengan kapasitas yang besar tetapi dengan pengisian yang usang. Betapa tidak, pengisian ponsel ini dari kondisi baterai 10% sampai penuh diharapkan waktu 3 jam 19 menit. Tentu saja waktu tersebut tergolong lama.

Simpulan

Infinix Smart 4 memang bukanlah ponsel yang Istimewa bila memeriksa spesifikasi yang ditawarkannya. Anda akan kecewa dengan kualitas kamera serta performa ponsel ini yang memang kurang begitu maksimal. Tetapi sekali lagi hal ini wajar mengingat ponsel ini hadir di kelas harga yang terjangkau, bahkan lebih terjangkau dibandingkan ponsel Infinix lain.

Dengan harga kisaran Rp1 juta hingga Rp1,1 jutaan, Anda mampu menerima sebuah ponsel yang cocok dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Ponsel dengan RAM 2 GB dan penyimpanan 32 GB ini cocok dipilih oleh Anda yang membutuhkan ponsel untuk menunjang kehidupan sehari-hari tetapi dengan dana yang terbatas. Tertarik untuk meminang Infinix Smart 4 ini? Jika tertarik, silakan beli HP ini di link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online