Tips Menghasilkan Foto Terbaik Ala Jay Subiyakto Dengan Galaxy S20

Samsung e-store

Pada hari Rabu tanggal 4 Maret 2020, Samsung memperkenalkan HP terbarunya bertajuk Samsung Galaxy S20 20 Ultra. Samsung mengklaim, kamera di HP barunya mampu menghasilkan konten yang setara dengan fotografer ternama mirip Jay Subyakto.

Selain inovasinya yang cemerlang ini, mereka juga memperlihatkan layanan penjualan online ‘From Our Store To Your Door’. Layanan yang punya banyak manfaat ini siap memberikan fasilitas untuk siapa pun yang ingin membeli HP Samsung Galaxy S20 series tanpa harus keluar dari rumah.

Hal tersebut juga dikonfirmasi langsung oleh Desny Tjung, Head of Online Business Samsung Electronics Indonesia, “Kini pengguna Galaxy S20 dapat membuat konten foto spektakuler layaknya fotografer profesional. Tidak hanya memperlihatkan penemuan teknologi yang mengubah cara kita mengabadikan momen untuk bercerita lebih lengkap lagi, Samsung senantiasa menghadirkan program penjualan yang fokus kepada kebutuhan konsumen. “From Our Store To Your Door” menunjukkan layanan penjualan online melalui www.samsung.com/id dengan penawaran menarik bebas ongkos kirim, pengiriman di hari yang sama sesuai ketentuan berlaku, program cicilan 0%, gratis perlindungan, tukar tambah secara online, dan layanan tutorial Samsung Delight Service.”

Dengan begitu, kehadiran Samsung Delight Service membantu pengguna Galaxy S20 series untuk berkonsultasi dengan Samsung Premium Consultant terkait tutorial cara memakai HP-nya secara optimal tanpa harus mengunjungi gerai Samsung Experience Store.

Tidak hanya diberi konsultasi gratis, layanan penjualan online Samsung ‘From Our Store To Your Door’ juga menunjukkan beberapa manfaat yang menguntungkan, seperti:

  • Free deliver: setiap pembelian Galaxy S20 series, Samsung akan menunjukkan layanan pengiriman barang secara gratis.
  • Same-Day Delivery: mengantarkan barang pada hari yang sama ketika konsumen memesan barang.
  • Program cicilan 0%: beli HP Samsung Galaxy S20 series mampu dicicil tanpa bunga dengan 17 bank berikut; BCA, BNI, CIMB Niaga, BRI, Mandiri, Mayapada, Permata, Standard Chartered, MNC, HSBC, Citibank, OCBC NISP, Mega, Panin, UOB, Danamon, dan Maybank.
  • Fee Protection: menjamin keamanan Galaxy S20 series dari kerusakan.
  • Micro Finance: tidak perlu menggunakan kartu kredit untuk menyicil Galaxy S20 series berkat kerjasama Samsung dengan pihak Kredivo.
  • Online trade-in: layanan ini memungkinkan konsumen untuk melaksanakan tukar-tambah secara online dengan menggunakan aplikasi Samsung Store (ss.comtradein) di PlayStore.
  • Samsung Delight Service: dengan layanan ini, setiap konsumen Galaxy S20 series akan diberi kemudahan Samsung Premium Consultancy yang mana Samsung telah menyiapkan tim professional agar konsumen bisa bebas berkonsultasi secara gratis selama 30 hari sesudah pembelian. Konsumen juga bisa melakukan konsultasi dimana pun tidak perlu tiba ke gerai Samsung Experience Store.

Tips Mengambil Foto Terbaik Menggunakan Galaxy S20 ala Jay Subiyakto

jay subiyakto

Kehebatan kamera Galaxy S20 series ini ternyata sudah dibuktikan oleh Jay Subiyakto yang berkesempatan untuk membagi kisahnya dan tipsnya seputar cara mengambil foto dengan menggunakan Galaxy S20 Ultra.

Jay sendiri yaitu seorang art director profesional yang sudah menggeluti bidang fotografi dan videografi selama bertahun-tahun. Bahkan, karya-karya Jay ini sudah sering dipajang di banyak sekali festival, dalam dan luar negeri. Salah satu karya terbarunya dikala ini sedang dipajang dengan apik di galeri seni Rumah Maén.

“Menurut aku, teknologi kamera Galaxy S20 Ultra ini menjadi angin segar bagi para pengguna smartphone yang suka mengabadikan momen. Inovasi terdepan di Galaxy S20 yang sangat membantu aku, antara lain kapabilitas zoom yang sangat jauh berkat teknologi lensa lipat yang bekerja seperti periscope ini,” ungkapnya pada saat program press launch Samsung Galaxy S20 Series.

Tidak hanya pendapatnya saja, bahkan Jay juga membagi beberapa tips menarik untuk mampu menghasilkan foto yang out of the box melalui kamera Galaxy S20 Ultra, di antaranya adalah:

1. Gali Kemampuan Smartphone

Tips pertama, kenali dan gali kemampuan smartphone mirip yang dikatakan oleh Jay Subiyakto “Hal utama yang wajib untuk diperhatikan sebelum kita menciptakan konten-konten yang out of the box adalah mengenali kemampuan smartphone yang kita miliki. Seringkali kita hanya sekedar membeli tanpa memahami secara keseluruhan kapabilitas gadget kita.”

Ia juga menambahkan “Dengan memahami kemampuan smartphone yang kita miliki, kita mampu memaksimalkan segala fitur-fitur kamera yang ditawarkan untuk menciptakan konten fotografi yang tidak hanya manis, tapi juga out of the box.” Dari sini bisa kita simpulkan bahwa sebagai pengguna wajib tahu seluk beluk serta kemampuan smartphone agar mampu dipakai secara optimal.

2. Berani Ambil Sudut Pandang yang Berbeda

Foto 1 - Hasil karya fotografi Jay Subyakto memanfaatkan 48MP Telephoto Camera Galaxy S20 Ultra

*Foto 1 – Hasil karya fotografi Jay Subyakto memanfaatkan 48MP Telephoto Camera Galaxy S20 Ultra

Menurut Jay Subiyakto, untuk menghasilkan foto yang out of the box, poin pentingnya ialah jangan terpaku pada satu angle yang mainstream, cobalah beberapa angle lainnya yang belum pernah dicoba. Apalagi Anda menggunakan Samsung Galaxy S20 Ultra yang punya banyak fitur keren dan kualitas resolusi yang baik.

Samsung Galaxy S20 Ultra sendiri dilengkapi dengan kamera 108 MP, f/1.8 79-degree-FOV), 26mm (wide), 1/1.33, 0.8μm, PDAF, dan OIS, sebagai spesifikasinya. Dengan kemampuan mirip ini, tentu penggunanya mampu memotret gambar dengan hasil resolusi super tinggi. Bahkan, fitur Quick Crop mampu memperbesar gambar tanpa harus menurunkan kualitas foto.

Hal tersebut bahkan diamini oleh Jay Subiyakto, “terkadang kita terlalu terpaku dengan sudut pandang yang mainstream. Padahal, dalam mengambil satu objek, berbagai angle yang mampu dieksplorasi untuk menceritakan sesuatu dari perspektif yang berbeda. Dengan kamera Galaxy S20 Ultra yang memiliki resolusi 108MP, kita dapat menggunakan fitur Quick Crop untuk mengambil bab tertentu pada sebuah foto dengan hasil tamat yang berkualitas tinggi.”

3. Percaya pada Intuisi Sendiri

Foto 2 - Hasil karya fotografi Jay Subyakto memanfaatkan fitur Quick Crop

*Foto 2 – Hasil karya fotografi Jay Subyakto memanfaatkan fitur Quick Crop

Terkadang untuk mengambil foto membutuhkan inspirasi yang brilian. Namun, hal itu tidak gampang didapatkan alasannya adalah mungkin mentok di acuan. Makanya, Jay Subiyakto menyarankan untuk percaya pada intuisi diri sendiri agar identitasnya tidak hilang.

“Setiap hari mungkin kita terpapar dengan puluhan, atau bahkan ratusan referensi konten-konten yang menarik, baik di media umum, atau sumber manapun. Kita boleh saja mencari tumpuan, namun jangan sampai kehilangan identitas atau aksara kita. Menurut Saya, sumber yang paling terpercaya ketika kita akan mengambil sebuah foto yaitu intuisi,” sambung Jay. “Biarkan intuisi Anda bermain sejauh mungkin dan jangan takut untuk bereksperimen dengan cara kita mengabadikan sesuatu.”

4. Ambil Gambar Jarak Jauh untuk Melihat Lebih Dekat

Jay Subiyakto berkata “Saya yaitu salah satu orang yang gemar untuk mengambil foto dari kejauhan. Hal ini menciptakan aku mampu melihat sesuatu dari perspektif yang lebih besar lagi. Banyak yang menganggap bila kita mengambil foto dari jauh, kita akan kehilangan detail yang kita inginkan. Bagi aku, justru sebaliknya. Dengan fitur hingga 100X Space Zoom yang diusung oleh kamera Galaxy S20 Ultra, teknologi ini memberikan aku kebebasan lebih untuk mengambil foto dari jarak jauh dengan lensa telephoto yang ringan dibawa dan mudah untuk dipakai,” makanya ia memilih Galaxy S20 Ultra.

Pasalnya, Samsung Galaxy S20 Ultra ini punya penemuan dalam fitur 100X Space Zoom. Fitur tersebut mengombinasikan dua komponen, Hybrid Optical Zoom serta Super Resolution Zoom. Super Resolution Zoom-nya ini bahkan didukung dengan AI-powered Digital Zoom. Karenanya tidak heran kalau pengguna HP ini mampu menerima hasil foto jarak jauh yang jernih berkat kapabilitas 10x lossless zoom serta kombinasi antara lensa optic dan crop sensornya.

5. Pencahayaan Adalah yang Terpenting

Foto 3 - Hasil karya fotografi Jay Subyakto menggunakan Galaxy S20 Ultra dengan memanfaatkan fitur Bright Night dan inovasi sensor Nona-Binning

*Foto 3 – Hasil karya fotografi Jay Subyakto menggunakan Galaxy S20 Ultra dengan memanfaatkan fitur Bright Night dan penemuan sensor Nona-Binning

Banyak hal penting yang harus diperhatikan untuk mengambil gambar, salah satunya ialah pencahayaan. Jay Subiyakto menuturkan, “Dalam kegiatan fotografi cahaya dapat menjadi teman terbaik atau mungkin hal yang kita hindari, tergantung bagaimana cara kita memanfaatkannya dengan baik. Dengan Galaxy S20 Ultra, saya dapat memanfaatkan pencahayaan alami untuk mendapatkan hasil foto yang sesuai harapan. Dengan teknologi yang menggabungkan Sembilan piksel menjadi satu (Nona-binning) pada kamera Galaxy S20 Ultra, lensa kita dapat menangkap cahaya lebih banyak, sehingga kualitas foto yang dihasilkan dalam keadaan pencahayaan rendah mampu tetap terlihat lebih maksimal, namun tetap natural.”

Hal tersebut juga sangat cocok dengan fitur yang ada di Samsung Galaxy S20 series dimana terdapat fitur Nona-binning yang mampu menggabungkan 9 pixel menjadi 1 pixel. Dengan begitu, hasil foto akan terlihat lebih tajam meskipun berada di dalam keadaan minim cahaya.

Tidak hanya itu saja, ada juga algoritma re-mosaic yang memiliki kegunaan untuk mengatur ulang RGB pixel. Kehadirannya mampu menciptakan hasil foto menjadi lebih detail. Say goodbye to blur picture!

“Kamera Galaxy S20 Ultra mengubah cara kita untuk mengabadikan momen. Dengan bermacam-macam penemuan teknologi kamera yang ditawarkan, para pecinta fotografi di Tanah Air bisa menerima aneka macam perspektif gres dalam menuangkan passion-nya, serta mendapatkan pengalaman gres dalam ber-foto ria. Yuk, jangan takut untuk bereksperimen dalam menghasilkan karya fotografi yang out of the box, tag saya di Instagram untuk menunjukkan hasil foto kau memakai Galaxy S20 Ultra, ya!” ajak Jay.

Kaprikornus, tunggu apa lagi? Semua kehebatan yang ada di kamera Galaxy S20 series ini bahkan sudah diuji pribadi oleh fotografer kenamaan Indonesia. Artinya, Samsung memang tidak main-main soal kamera di HP terbarunya ini. Yuk, ambil foto kerenmu memakai kamera Samsung Galaxy S20 series! Untuk berita lebih lanjut seputar Galaxy S20 series, kunjungi www.samsung.com/id.

 

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online