Serena: Conte dan Lippi Sama-sama Pelatih Berkharisma

Serena: Conte dan Lippi Sama-sama Pelatih Berkharisma

Berita Liga Italia: Mantan pemain Inter Milan, Michele Serena, menyebut jika Marcello Lippi dan Antonio Conte punya banyak kesamaan, keduanya pelatih berkharisma.

Mantan pemain Inter Milan, Michele Serena, membahas tentang kesamaan antara Marcello Lippi dan Antonio Conte. Keduanya pernah melatih Juventus, dan sempat menyebrang ke Inter Milan. Tidak hanya itu, Lippi pun merupakan guru bagi Conte

“Conte dan Lippi adalah dua pelatih yang sangat karismatik. Keduanya punya keinginan dan kekuatan untuk memaksakan ide-ide mereka, tapi tidak mudah menerima semua ide tersebut di lingkungan yang tidak siap menerimanya,” ujar Serena dalam sebuah wawancara bersama Radio Sportiva.

Dicap gagal bersama Inter, Lippi lebih banyak menghabiskan karirnya sebagai pelatih bersama Juventus. Di Turin, Lippi berhasil memenangkan banyak gelar, termasuk Liga Champions, Europa League dan gelar lainnya.

Menariknya, dalam skuad Juventus terdapat dua gelandang yang jadi kesayangan pelatih yang sempat mengelola timnas China tersebut, dia adalah Antonio Conte dan Zinedine Zidane. Keduanya pun berhasil meraih sukses sebagai pemain, dan pelatih.

Conte pertama kali memulai karir pelatih profesionalnya bersama tim kampung halamannya, Lecce. Setelah itu, pelatih 51 tahun tersebut langsung melompat dengan melatih Juventus di tahun 2011-2014, dan berhasil memberikan banyak gelar Serie A.

Karakter dan filosofi permainan keduanya pun dinilai sama. Baik Conte maupun Zidane, mereka mengadopsi ilmu-ilmu yang diserapnya dari Lippi, terutama dalam menggunakan lini tengah sebagai poros serangan, sekaligus zona pertahanan pertama.

Artikel Tag: Inter Milan, Michele Serena, Marcello Lippi, Antonio Conte

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online

Be the first to comment

Leave a Reply