Sebuah Catatan Kecil Dari Perjalanan Mengunjungi Indocomtech 2019

Indocomtech 2019 telah berakhir. Acara yang berlangsung dari tanggal 30 Oktober hingga 3 November 2019 tersebut berlangsung cukup meriah. Pameran yang berlangsung di Jakarta Convention Center ini cukup menarik perhatian banyak pengunjung. Ada yang tiba dari Jakarta dan sekitarnya dan tidak sedikit pula yang tiba dari luar kota. 

Saya, dari tim Carisinyal adalah salah satu pengunjung Indocomtech yang berasal dari luar kota. Saya tiba menghadiri program Indocomtech 2019 pada Rabu, 30 Oktober 2019 dan Kamis, 31 Oktober 2019. Dua hari aku datang mengunjungi ekspo yang besar ini. 

Hari pertama, saya mengikuti acara pembukaan Indocomtech 2019. Acara pekan raya yang terselenggara atas kerjasama Traya Eksibisi Internasional dengan Yayasan APKOMINDO Indonesia (YAI) ini berlangsung di Hall B Jakarta Convention Center Jakarta. 

indocomtech 2019

Dalam program pembukaan tersebut dijelaskan bila Indocomtech 2019 ini merupakan gelaran ke-27 kalinya. Itu berarti acara ini sudah berlangsung selama 27 tahun lamanya.

Untuk 2019, Indocomtech 2019 diikuti oleh perusahaan teknologi baik lokal ataupun internasional ternama yang berpartisipasi mirip HP Indonesia, Asus Indonesia, Acer, MSI, Intel, Dell, Epson, Erafone, iBox, V-Gen dan Indodax sebagai platform jual beli aset digital terbesar di Indonesia. 

indocomtech 2019, pengunjung

Saya sendiri datang ke aneka macam perusahaan yang membuka booth di Indocomtech 2019. Ada ASUS yang mempunyai tiga booth. di Indocomtech 2019. Booth pertama yakni booth yang memamerkan produk laptop ASUS dengan Intel diantaranya ada Zenbook, Ultrabook dengan aneka macam seri dan banyak sekali harga. 

Booth kedua ialah booth kerja sama ASUS dengan AMD. Di booth ini, terdapat beberapa produk laptop ASUS yang dibekali dengan prosesor AMD. Ada ASUS TUF series, ROG series dan yang paling menyita perhatian adalah ASUS Zenbook. 

Mengapa menyita perhatian? Karena ASUS Zenbook hadir pertama kalinya dengan prosesor AMD. Yang mencengangkan harganya hanya Rp9 jutaan. Harga yang tergolong murah untuk kelas Zenbook yang biasanya dijual di Rp13 jutaan ke atas. 

Booth ketiga yakni booth ASUS ROG. Dari namanya, sudah terperinci jika booth ini memamerkan produk laptop gaming ROG. Tidak hanya laptop, tetapi aneka macam perangkat di bawah bendera ROG hadir di booth ini. 

indocomtech 2019

indocomtech 2019

indocomtech 2019

indocomtech 2019

Selain ASUS, saya juga mengunjungi booth ACER, DELL, dan HP. Ketiga brand ini juga memamerkan banyak sekali laptop menarik dengan aneka macam promo yang menggiurkan. Jujur, saya terpengaruhi dengan promo dari para brand laptop tersebut.

Brand lain juga aku datangi. Saya sempat berkunjung ke booth Armaggeddon, Scorpion, V-Gen, Tekini, dan masih banyak lagi. Oh yah, tidak ketinggalan, di Indocomtech juga hadir booth IT Galeri, yakni perusahaan yang fokus menjual laptop. 

Brand HP yaitu brand yang jadi primadona di pameran ini. Mengapa? Selain alasannya aku bisa berfoto dengan dua wanita anggun yang memperkenalkan produk HP, HP juga jadi salah satu sponsor utama Indocomtech 2019.

indocomtech 2019

Betapa tidak, HP menjadi inisiator hadirnya turnamen gaming yang dinamakan OMEN Challenger Series 2019. Acara ini menghadirkan turnamen gim CS:GO. 

Tidak hanya turnamen gim, acara ini juga menghadirkan kompetisi cosplay dan coswalk, serta penampilan dari Weird Genius and Ramengvrl. Sayangnya aku tidak sempat menyaksikan gelaran turnamen ini. 

indocomtech 2019 turnamen game 3

cosplay indcomcomtech 2019

cosplay indcomcomtech 2019

 

Banyak Promo Menarik 

Salah satu booth atau stan yang menarik perhatian di Indocomtech ialah Erafone. Stan Erafone dipenuhi dengan banyak pengunjung. Malah, stan ini lebih ramai dibandingkan stan lain. Betapa tidak, stan Erafone dipadati pengunjung yang tertarik dengan promo yang ditawarkan oleh Erafone. 

Tidak tanggung-tanggung, Erafone menawarkan promo smartphone dengan harga terjangkau. Smartphone yang dijual di Erafone yakni vivo, OPPO, Xiaomi, hingga Samsung. Smartphone tersebut dijual dengan diskon hingga 75%.

indocomtech 2019

indocomtech 2019, antrian

Yang paling menarik dan menggoda “iman” adalah smartphone ex-display yang dijual dengan harga murah. Bayangkan, OPPO F9 yang harga jual normalnya Rp3 jutaan dijual dengan harga Rp1,6 jutaan. Pocophone F1 dijual dengan harga Rp2,6 jutaan (harga normal Rp4 jutaan), vivo V15 Pro yang dijual Rp5 jutaan dijual dengan harga Rp2,9 jutaan.

indocomtech 2019

Tentu masih banyak smartphone lainnya yang dijual dengan harga murah di Indocomtech 2019. Saya bahkan berniat untuk berniat untuk beli. Sayangnya, antrean yang panjang alasannya adalah antusiasme yang besar dari pengunjung menciptakan aku malas untuk ikut antre. 

Baik di hari pertama dan hari kedua saya berkunjung ke Erafone, tetap penuh. Tampaknya memang banyak orang memang butuh ponsel murah. Terlebih ponsel yang dijual masih bagus meskipun bekas pajangan. 

Oh yah, di hari kedua,  aku berkeliling ke berbagai stan yang tidak sempat aku datangi di hari pertama. Beberapa stan saya datangi lagi. Contohnya stan Acer.  Di Stan Acer, aku menemukan promo menarik berupa cashback dari Rp400 ribu sampai Rp6 juta untuk pembelian produk laptop tertentu. Ada juga diskon sampai 60% untuk pembelian aksesoris komputer. 

Saya juga berkunjung ke dua stan yang menawarkan produk Apple. Yang pertama yakni iBox yang memang dikenal sebagai penjual produk Apple di Indonesia. Disini banyak promo menarik yang tentu tak boleh dilewatkan bagi para pencinta produk Apple. 

Ada juga stan Apple Lab. Stan ini menyediakan produk iMac dan MacBook Air dengan harga miring. Produk yang dijual dikisaran harga Rp2 jutaan (iMac) dan Rp3 jutaan (MacBook Air). Ada juga promo menarik lainnya dari berbagai produsen yang memberikan aksesoris dengan harga terjangkau.

indocomtech 2019 sale 4

indocomtech 2019, sale 6

Brand Tekini juga menghadirkan promo menarik. Stan ini menjual aksesoris seperti power bank, headset, dan lainnya. Saya membeli satu headset Tekini yang cukup terjangkau. Saya juga berkesempatan bermain dart di stann Tekini. Hadiahnya mulai dari kabel data hingga power bank, tergantung dari hasil lemparan dart. 

indocomtech 2019

Soal mini gim di stan tidak hanya di Tekini. Stan V-Gen malah menawarkan gim berupa tantangan untuk memotong kabel data milik sendiri. Yang berani mendapatkan tantangan tersebut, berkesempatan memiliki kabel data gres dari V-Gen plus Power Bank.

indocomtech 2019

Stan Indodax juga mengadakan gim menarik. Stan ini mengadakan gim Kahoot! dengan tema pertanyaan soal Indodax dan ekosistem Bitcoin. Saya berkesempatan untuk bermain di Indodax dan yeaah, saya bisa memenangkan permainan. Hadiahnya? Voucher belanja senilai Rp100.000. 

indocomtech 2019

indocomtech 2019

indocomtech 2019

indocomtech 2019

 

Untuk mengetahui lebih detail perjalanan dan situasi Indocomtech, mampu disimak pada vido atau vlog berikut ini. 

Transaksi Mencapai 700 Milyar 

Indocomtech berlangsung selama lima hari tetapi saya hanya tiba di dua hari pertama. Selama lima hari pameran berlangsung, Indocomtech ternyata mencatatkan banyak peningkatan pengunjung. Pengunjung meningkat di tamat pekan atau di dua hari terakhir. 

indocomtech 2019, pengunjung 3

Dari rilis yang aku terima, bazar Indocomtech ini mencatatkan pengunjung sebanyak 186.267 pengunjung dengan nilai transaksi sebesar ± Rp. 700 Milyar . Angka yang tentunya fantastis. Dengan data tersebut, bisa dikatakan bila Indocomtech cukup berhasil menyita perhatian publik, terutama warga Jakarta dan sekitarnya. 

Dengan 250 penerima yang berasal dari dalam dan luar negeri yang mengikuti ekspo ini, Indocomtech terbilang sukses. Pameran ini juga mampu menarik perhatian masyarakat, terutama yang melek dengan perkembangan teknologi. 

Saya cukup salut dengan gelaran Indocomtech 2019 kali ini. Cukup meriah dengan aneka macam promo menarik dan harga produk yang murah. Saya berharap, untuk Indocomtech 2020, acara bisa lebih baik dan mampu menghadirkan aneka macam perusahaan untuk memamerkan dan memperlihatkan produk menariknya. 

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online