Sebelum Beli, Yuk Ketahui Perbedaan Oppo A91 Dan A92!

OPPO merupakan HP yang memiliki beberapa lini seri yang ditargetkan pada pasar yang berbeda-beda. Selain X Series dan seri Reno, ada seri A yang lebih ditujukan pada pasar kelas menengah. Selang beberapa bulan setelah dirilisnya OPPO A9 di Indonesia, OPPO kembali menghadirkan OPPO A91 dan OPPO A92. Nah, kali ini Carisinyal akan membahas perbedaan OPPO A91 & A92 ini.

Meski jika dilihat dari namanya A92 dianggap sebagai HP penerus A91, namun nyatanya tidak. Baik A91 maupun A92 adalah penerus dari A9, sehingga kedua HP ini memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan beberapa keunggulan dan kekurangannya sendiri. Yang manakah yang lebih unggul dari keduanya? Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui jawabannya.

Spesifikasi OPPO A91

Oppo A91

  • Rilis: Maret, 2020
  • Layar: Super AMOLED, 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Mediatek MT6771V Helio P70
  • GPU: Mali-G72 MP3
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori EksternalmicroSD, sampai 256 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4025 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi OPPO A92

Oppo A92

  • Rilis: Mei 2020
  • Layar: IPS LCD 6.5 inches 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM6125 Snapdragon 665 (11 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: Quad 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan OPPO A91 dan A92

Kehadiran OPPO A91 dan A92 di Indonesia membawa angin segar pada seri A dari OPPO secara keseluruhan. Pasalnya, beberapa spek yang dimiliki keduanya sungguh memenuhi kebutuhan pengguna. Berikut yaitu perbedaan OPPO A91 & A92 yang wajib diketahui.

1. Desain, Panel, dan Ukuran Layar

layar oppo a92

* sumber: dailysocial.id

OPPO A92 menghadirkan layar dengan desain punch-hole yang dinamakan sebagai Neo Display. Layar model seperti ini semakin marak dipakaikan pada HP keluaran terbaru karena diyakini bisa menekan poni semoga lebih tipis. Bezel yang semakin tipis ini akan membuka ruang yang lebih lebar lagi supaya mampu dipenuhi oleh layar, sehingga pengguna pun dapat merasakan pengalaman yang lebih immersive.

Alih-alih disertai dengan desain layar Neo Display, OPPO A91 sayangnya masih mengusung model yang agak lama, yaitu desain layar yang disebut tetes air atau waterdrop notch. Meski tetap menampilkan poni yang juga tipis, lensa selfie terlihat mirip yang “meleber” masuk ke layar sehingga bentuk layar pun terlihat kurang natural.

Selain dari desainnya yang berbeda, panel yang diusung kedua HP ini pun berbeda pula. OPPO A91 yang duluan hadir di pasaran mempunyai panel AMOLED Full HD+ yang terbilang lebih unggul ketimbang panel IPS LCD yang digunakan OPPO A92.

Baik OPPO A91 maupun A92 dibentuk cukup kokoh dengan Corning Gorilla Glass sehingga tidak eksklusif rusak ketika terjatuh dari ketinggian tertentu.

Sayangnya, layar OPPO A91 ini mempunyai ukuran 6,4 inci, sedikit lebih kecil dari OPPO A92 yang sebesar 6,5 inci. Beralih ke segi multimedia, OPPO A92 yang sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1 ini lebih unggul ketimbang OPPO A91 yang sertifikasinya masih L3.

Widevine L1 bisa dibilang “surat izin” sebuah perangkat agar mampu menikmati konten beresolusi HD pada layanan streaming mirip Netflix dan Amazon Prime Video. OPPO A91 yang sertifikasinya masih L3 hanya mentok pada resolusi standar alias 480p saja.

2. Kapasitas Baterai

kapasitas baterai

Pada ulasan HP manapun, baterai selalu menjadi satu patokan yang tidak pernah terlewatkan. OPPO A92 untungnya sudah dibekali dengan kapasitas baterai 5000 mAh dengan tipe LiPo. Baterai ini mampu besar lengan berkuasa mentenagai HP selama sekitar dua hari pada pemakaian normal.

Sementara itu, OPPO A91 hadir dengan baterai berkapasitas 4000 mAh yang hanya mampu bertahan seharian penuh. Kalau kita bahas dari sisi kecepatan pengisian daya cepat, OPPO A91 lebih unggul berkat fitur VOOC 3.0 (20W) yang mampu mengisi daya hingga penuh hanya dalam waktu satu setengah jam, seperti yang diutarakan pada video Gadgetin.

OPPO A92 bantu-membantu mempunyai fitur fast charging juga, tapi hanya dengan daya 18W dan bukan VOOC mirip “saudara”-nya. Alhasil baterainya ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicas, ialah sekitar 3 jam.

3. Helio P70 vs. Snapdragon 665

performa chipset oppo a91 a92

Bagi Anda yang mencari HP dengan tujuan bermain game, perhatikanlah jenis chipset yang digunakan sebuah HP. OPPO A91 dan A92 kebetulan memiliki jenis chipset yang berbeda. Untuk OPPO A91, beliau menggunakan Helio P70 ketimbang OPPO A92 yang mengandalkan Snapdragon 665.

Meski bukan berasal dari keluarga Snapdragon, chipset Helio P70 ini memiliki performa yang lebih unggul. Seperti yang dilansir dari NanoReview, Helio P70 meraih skor benchmark AnTuTu 8 sebesar 176000, 24% lebih besar dari Snapdragon 665 yang meraih skor 142000.

4. Versi Android Saat Rilis

versi android

Hardware pada HP memang penting, tapi harus ditunjang juga dengan sistem operasi terbaru supaya hadir dengan sistem keamanan lebih stabil dan mempunyai fitur-fitur terbaru. Dalam hal ini, OPPO A91 tidak mampu mengalahkan OPPO A92 yang sudah menghadirkan ColorOS 7.1 berbasiskan Android 10.

Alhasil, OPPO A91 yang masih menggunakan ColorOS 6 berbasiskan Android 9 pun ketinggalan fitur menarik seperti Dark Mode yang mampu diaktifkan pada keseluruhan sistem sekaligus.

Meskipun OPPO A91 sudah mampu diupgrade ke ColorOS 7 pada bulan Juli 2020, OPPO A92 yang sudah mempunyai OS ini secara out of the box tetap lebih unggul karena pengguna bisa eksklusif mencicipi OS terbaru tanpa melaksanakan upgrade.

5. Kehadiran Dual Stereo Speaker

oppo a92 dual stereo speaker

Di ketika kebanyakan HP lainnya masih mengusung satu speaker di bab bawah bodi, OPPO A92 lebih berjaya dengan pemberian dual stereo speaker yang mengantongi teknologi Dirac 2.0 untuk hasil suara yang lebih mantap.

Speaker yang terdiri pada atas dan bawah bodi HP mampu secara otomatis menyesuaikan konfigurasi efek suara tergantung dari jenis acara yang dilakukan mirip bermain game, menonton film, ataupun pemutaran musik.

6. Berat dan Dimensi Bodi

ukuran bodi oppo a91

Jika Anda termasuk dari sebagian orang yang lebih menyukai sisi portabilitas maka sebaiknya memilih OPPO A91 saja sebab memiliki bodi yang lebih ringkas, tipis, dan juga ringan. Dimensi bodi yang dimiliki OPPO A91 yaitu 160.2 x 73.3 x 7.9 mm dengan beratnya yang hanya sebesar 172 gram saja.

Faktanya HP ini memang lebih tipis dan kecil ketimbang OPPO A92 yang hadir dengan ukuran tubuh 162 x 75.5 x 8.9 mm serta mempunyai berat 192 gram.

Jika dibandingkan dengan OPPO A9, OPPO A91 memang 14% lebih tipis dan ukurannya yang lebih kecil membuatnya lebih lezat dipegang dikala menggunakan satu tangan. Ditambah lagi, ukuran badannya yang kecil ini masih menghadirkan layar yang hanya beda 1 inci saja dibandingkan OPPO A92.

7. Lokasi Sensor Sidik Jari

lokasi pemindai sidik jari oppo a91

Sudah sewajarnya HP yang hadir dengan panel AMOLED mempunyai lokasi pemindai sidik jari berupa under display fingerprint. Hal ini tidak terkecuali bagi OPPO A91 yang memang hadir dengan sensor sidik jari pada layar.

OPPO A92 yang hanya memiliki panel IPS LCD mempunyai sensor sidik jari yang digabungkan dengan tombol power pada samping kanan bodi HP. Yang menjadi problem dari side-mounted fingerprint yakni pengguna yang kidal akan merasa kesulitan membuka kunci. Terlebih bila mengingat OPPO A92 yang memiliki ukuran bodi lebih besar.

8. Varian Warna dan Desain Kamera Belakang

varian warna (2)

Jika Anda suka memerhatikan setiap produk yang dirilis OPPO, niscaya sudah tidak kaget dengan desainnya yang unik dan stylish. OPPO juga menerapkan hal yang sama pada kedua produk seri A yang sedang dibahas. Namun demikian, dalam hal ini OPPO A92 disertai dengan varian warna serta desain belakang yang lebih unggul dari OPPO A91.

Pasalnya, OPPO A92 sudah memiliki konfigurasi empat kamera dengan desain “gimbal” yang semakin hari semakin sering dimiliki oleh HP keluaran terbaru. Sementara itu, OPPO A91 masih menghadirkan empat lensa yang didesain secara vertikal memanjang ke bawah pada pojok kiri atas.

Dari segi pilihan warna, Anda bisa memilih salah satu dari Dark Blue, Red, dan Blue. Ketiga warna ini terbilang masih terlihat manis, namun masih memiliki desain atau corak yang polos. OPPO A92 yang menghadirkan warna Twilight Black, Aurora Purple, dan Shining White mempunyai imbas bersinar yang memancar dari arah kamera saat Anda melihatnya dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

Yang niscaya dibandingkan keduanya, OPPO A92 memang dibekali dengan desain lebih kekinian dan lebih layak dipamerkan di sosial media, berkat desain kamera gimbal yang menawarkan kesan glamor.

Simpulan

Itu tadi beberapa perbedaan OPPO A91 & A92 yang seringkali dipertanyakan orang-orang. Jika Anda bertanya-tanya yang mana yang lebih unggul, semua tergantung pada selera Anda.

Misalnya, OPPO A91 yakni pilihan yang cocok bagi Anda yang menginginkan layar AMOLED, performa chipset lebih unggul, serta sensor sidik jari under-display. Bobotnya yang lebih ringan juga masih menunjukkan ukuran layar yang hanya sedikit berbeda dari OPPO A92, jadi A91 memang lebih unggul dari segi layar meskipun masih memiliki desain poni.

Namun jika Anda menginginkan baterai lebih besar dan Neo Display, OPPO A92 yang sudah memiliki ColorOS 7 (Android 10) pribadi dari pabriknya akan lebih mampu menarik minat Anda.

Untuk mengecek harga dan membeli HP OPPO A91, klik tautan ini untuk melakukannya. Sedangkan jikalau Anda lebih tertarik dengan OPPO A92, silakan klik tautan ini. Selamat menentukan!

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online