Sebelum Beli, Ketahui Dulu Kelebihan Dan Kekurangan Infinix S5!

Jika ingin menyebut satu brand ponsel yang fokus pada ponsel entry-level dengan banyak sekali gimmick yang ditawarkannya, maka jawabannya yakni Infinix. Brand yang satu ini masih cukup konsisten menghadirkan HP Infinix terbaru tiap tahunnya di Indonesia. Meskipun, fokusnya hanya pada kelas harga terjangkau.

Salah satu HP Infinix yang hadir di kelas terjangkau ialah Infinix S5. HP yang dibanderol dengan harga sekitar Rp2,1 juta ini menghadirkan beberapa fitur yang menarik di kelas harganya. Oh yah, alasannya namanya S5, jelas HP ini yakni kelanjutan dari Infinix S4, HP Infinix lainnya di kelas harga terjangkau.

Lantas, seperti apa Infinix S5 ini? Apakah HP ini tergolong menarik untuk dibeli? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan dari Infini S5 berikut ini.

Spesifikasi Infinix S5

Infinix S5

 

Umum

  • Diumumkan
    Oktober, 2019

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    164 x 76 x 7.9 mm

  • Berat
    178 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif IPS LCD

  • Ukuran
    6,6 inci

  • Resolusi
    720 x 1600 piksel, rasio 20:9 (kerapatan 266 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)

  • CPU
    Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53

  • GPU
    PowerVR GE8320

Memori

  • RAM
    6 GB

  • Memori Internal
    128 GB

  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 256 GB (slot khusus)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    3

  • Resolusi
    16 MP + 5 MP + 2 MP

  • Fitur
    – 16 MP, f/1.8, (wide), PDAF

    – 5 MP, 14mm (ultrawide)

    – 2 MP, sensor mendalam

    Fitur: Quad-LED flash, panorama, HDR

  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1

  • Resolusi
    32 MP

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, hotspot

  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    A-GPS

  • USB
    microUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po

  • Kapasitas
    4000 mAh tidak dapat dilepas

  • Wireless Charging

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie

  • Sensor
    Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, proximity, compass

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Quetzal Cyan, Violet

Kelebihan Infinix S5

Infinix S5 mempunyai beberapa kelebihan yang membuat HP ini layak dibeli. Apa sajakah kelebihan tersebut? Simak langsung daftar kelebihannya berikut ini.

1. Desain Bodi Ringan

infinix s5

Infinix S5 datang dengan desain yang cukup kekinian. HP ini hadir dengan balutan plastik dan frame plastik di bodinya. Sementara untuk bab depan, sudah dilindungi dengan beling. Meskipun berbodi plastik, HP ini memiiki finishing glossy yang tergolong setuju.

HP ini sendiri hadir dengan dimensi 164 x 76 x 7.9 mm dengan berat 178 gram. Bobotnya cukup ringan. Hal ini diamini oleh Gadgets NDTV yang menyampaikan kalau desain bodi HP ini tergolong ringan. Tapi menariknya, rancang berdiri HP ini tergolong cukup kokoh.

2. Daya Tahan Baterai Besar

baterai infinix s5

Infinix S5 tiba dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Kapasitas yang serupa dengan apa yang ada di Infinxi S4. Dengan baterai 4.000 mAh, Infinix S4 sendiri memberikan daya tahan baterai yang tergolong abadi. Apakah hal yang sama juga terjadi di Infinix S5?

Ternyata daya tahan baterai HP ini tergolong cukup usang. Hanya saja daya tahannya tidak selama Infinix S4. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian video loop tes yang dilakukan Gadgets NDTV. Tes tersebut yaitu tes memainkan video HD secara terus-menerus. Dan karenanya, Infinix S5 mencatatkan waktu 13 jam 24 menit.

Hasil tersebut kalah jauh bila dibandingkan hasil video tes Infinix S4. Tes yang juga dilakukan Gadgets NDTV ini menghasilkan waktu 17 jam 35 menit. Hal ini menandakan jika daya tahan baterai Infinix S5 cukup baik tetapi tidak sebaik daya tahan baterai Infinix S4.

Untuk penggunaan harian, Infinix S5 ini dapat bertahan hingga satu hari setengah berdasarkan penggunaan ponsel yang umum. Hasil tersebut juga serupa dengan apa yang dialami oleh Techweez.com. Situs ini menguji pemakaian baterai Infinix S5 dan didapatkan hasil bila daya tahan baterainya mencapai satu hari setengah dengan penggunaan cukup berat.

3. Kamera Depan Punch Hole 32 MP

infinix s5

Infinix S5 hadir dengan kamera depan 32 MP. Hasil tangkapan kamera ini, menurut Gadgets NDTV tergolong cukup detail. Hanya saja untuk kondisi cahaya redup, kualitas gambarnya tidak terlalu anggun.

Yang menarik, hasil foto kamera depan 32 MP ini disimpan dengan format foto 32 MP. Namun, ada opsi untuk menurunkan resolusi penyimpanan foto menjadi 16 MP yang secara hasil tidak terlalu jauh. Setidaknya itu menurut Gadgets NDTV.

Namun, yang menarik dari kamera depan HP ini yakni posisinya yang merupakan kamera punch hole. Tipe ponsel dengan kamera punch hole biasanya hadir di ponsel kelas menengah dan atas. Mengingat HP ini berada di kelas Rp2 juta, terperinci kehadiran kamera punch hole ini tergolong menarik.

4. Sensor Fingerprint yang Cepat

infinix s5

* sumber: www.asianage.com

Infinix S5 sudah dibekali dengan fingerprint atau sensor sidik jari dan face unlock atau sensor pengenalan wajah. Adapun, posisi sensor sidik jari di Infinix S5 ada di bagian belakang yang posisinya cukup mudah dijangkau oleh jari.

Respon fingerprint di HP ini sendiri tergolong cepat. Setidaknya hal tersebut diungkapkan oleh Gadgets NDTV dan Techweez. Keduanya berpendapat bahwa kecepatan baca sensor sidik jari di HP ini tergolong cepat. Dan ini tentu jadi kelebihan tersendiri.

5. Memori Internal dan RAM Besar

infinix s5

Yang jadi keunggulan lain dari Infinix S5 lainnya adalah memori. Memori dalam hal ini ialah RAM besar dan memori internal yang juga besar. Tengok saja RAM yang ditawarkan oleh HP ini yang mencapai 6 GB. Tentu dengan kapasitas yang besar ini menciptakan Infinix S5 mempunyai keunggulan untuk multi-tasking.

Selain itu, memori internal yang ditawarkan HP ini juga besar. HP ini hadir dengan memori internal 128 GB. Dengan harga Rp2,1 jutaan, terperinci kehadiran memori internal 128 GB jadi satu kelebihan tersendiri.

Kekurangan Infinix S5

Infinix S5 juga punya beberapa kekurangan. Apa saja kekurangan tersebut? Simak poin-poinnya berikut ini.

1. Empat Kamera Belakang yang Biasa Saja

kamera infinix s5

Infinix S5 memberikan empat kamera di bagian belakang. Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera utama 16 MP, kamera ultra-wide 5 MP, kamera depth sensor 2 MP, dan satu sensor macro yang tidak dijelaskan secara rinci resolusinya.

Lantas, bagaimana dengan hasil dari kamera yang Infinix sebut sebagai AI Quad Camera ini? Mari simak acuan hasil tangkapan kamera Infinix S5 berikut ini.

hasil tangkapan kamera infinix s5

* sumber: www.asianage.com

hasil tangkapan kamera infinix s5

* sumber: www.asianage.com

Hasil tangkapan kamera belakang Infinix S5 ini tergolong biasa saja. Gadgets NDTV menceritakan jikalau proses pemotretan HP ini terasa kurang anggun. Hal ini mampu dilihat dari proses mengunci fokus kamera utamanya yang tergolong usang. Selain itu, penggunaan HDR juga tidak membantu kualitas foto dari kamera belakang HP ini.

Situs Business-standard.com mengatakan jika kamera utama HP ini dapat menangkap foto dengan baik di kondisi cahaya cukup. Sayangnya, kamera ultra-wide di HP ini menghasilkan foto dengan detail yang kurang dan memiliki banyak noise.

Menilik data tersebut, terang bila kamera Infinix S5 intinya biasa saja. Malah kalau dibandingkan dengan HP lain di kelas harga yang sama, mirip Redmi Note 8 atau Realme 5, hasil tangkapan kamera HP ini kalah jauh.

2. Tidak Ada Peningkatan Performa

infinix s5

* sumber: www.asianage.com

Infinix S5 menawarkan chipset Mediatek MT6762 Helio P22. Di dalam chipset ini, tersemat prosesor octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 dan pengolah grafis PowerVR GE8320. Tidak ada yang salah dengan chipset ini. Hanya saja penggunaan chipset ini cenderung menciptakan HP ini kurang menarik.

Mengapa? Pertama alasannya adalah seri sebelumnya, yakni Infinix S4 juga menggunakan chipset yang sama. Kedua, HP lain di kelas harga serupa dibekali chipset yang lebih baik. Seperti misalnya Realme 5 dan Redmi Note 8 yang sama-sama memperlihatkan Snapdragon 665 yang performanya tergolong oke di kelasnya.

Untuk membuktikannya, mari lihat skor benchmark. Misalnya, HP yang memakai Snapdragon 665 umumnya mempunyai nilai Antutu di angka 130 ribuan. Lantas, berapa benchmark Infinix S5 ini? Untuk mengetahuinya, simak gambarnya berikut ini.

benchmark infinix s5

* sumber: www.asianage.com

Dengan nilai Antutu 8 di angka 91 ribuan, terperinci performa dari Infinix S5 tergolong biasa. Terlebih jikalau mengacu pada Antutu 7, skor chipset Helio P22 ada di angka 75 ribuan. Skor Geekbench di HP ini juga terang bukan sesuatu yang mengambarkan angka yang cantik.

3. Kualitas Layar di Bawah Rata-rata

infinix s5

*

Infinix S5 datang dengan layar 6,6 inci dengan panel IPS LCD. Layarnya ini hadir dengan resolusi 720 x 1600 piksel dengan rasio layar 20:9. Untuk kerapatan layar, HP ini menunjukkan kerapatan layar 270 ppi.

Layar pada HP ini bisa dikatakan tergolong kurang bagus. Layarnya yang masih HD tidak dibarengi dengan fitur yang menciptakan tampilannya bagus. Terlebih layar HP ini cenderung menampilkan visual yang refleftif. Gadgets NDTV sendiri mengaskan kalau kualitas layar HP ini di bawah rata-rata.

4. Pengisian Daya Tidak Cepat

infinix s5

*

Infinix S5 tidak dibekali dengan pengisian cepat. Akibatnya, proses mengisi daya HP ini tergolong lama. Seperti yang dialami Techweez yang menyampaikan kalau proses pengisian daya HP ini sampai penuh bisa mencapai 2 jam setengah.

Hal serupa juga dialami oleh Gadgets NDTV. Berdasarkan catatan mereka, Infinix S5 ini membutuhkan waktu sampai 3 jam untuk terisi daya sampai penuh. Tentu hal ini ialah pengulangan sebab seri sebelumnya juga mempunyai masalah di kecepatan pengisian daya.

5. Terkesan Gimmick

Infinix S5 lite

Kekurangan dari Infinix S5 lainnya yaitu kesan gimmick yang besar lengan berkuasa yang membuat HP ini tidak terlalu menarik untuk dilirik. Kapasitas RAM dan memori internal yang besar dan punch hole display hanyalah gimmick yang menarik perhatian. Di tambah kombinasi empat kamera HP ini yang terkesan biasa saja.

Simpulan

Menilik klarifikasi soal kelebihan dan kekurangan Infinix S5, mampu dipastikan jika HP ini bahu-membahu tidak terlalu menarik. Dengan harga kisaran Rp2 juta, masih banyak HP lain yang lebih menarik alasannya memberikan spesifikasi yang lebih baik.

Namun, tentu saja HP ini juga masih bisa dibeli dengan sasaran pasar tertentu. Contohnya customer service toko online yang harus selalu cepat membalas WhatsApp. Bejibunnya pesan di WhatsApp atau di aplikasi media sosial lain bisa ditangani dengan unggulnya RAM dan memori internal di HP ini.

Tertarik untuk membeli Infinix S5? Jika tertarik, silakan beli HP ini di Bukalapak lewat link ini atau di Shopee lewat link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online