Sebelum Beli, Ketahui Dulu 8 Perbedaan Redmi 8 Dan Redmi 8A

Xiaomi Redmi 8 dan Xiaomi Redmi 8A merupakan dua ponsel pintar Xiaomi yang dipasarkan di kelas entry-level. Dengan harga jual yang cukup terjangkau, kedua ponsel menunjukkan sejumlah fitur dan parameter menarik yang beberapa di antaranya mungkin tidak dimiliki oleh kompetitor.

Anda bisa membawa pulang Redmi 8 dan Redmi 8A dengan budget satu jutaan. Beberapa hal menarik yang bisa Anda dapatkan termasuk baterai berkapasitas 5000 mAh yang mendukung pengisian cepat 18W, fitur tahan percikan, dan layar IPS dengan perlindungan Gorilla Glass 5.

Jika Anda resah mana yang sebaiknya dipilih, Anda mampu membaca bahasan singkat berikut ini mengenai perbedaan Redmi 8 dan Redmi 8A. Sebelumnya periksa dulu parameter kedua perangkat berikut ini.

Spesifikasi Redmi 8

Redmi 8 Biru

  • Chipset: Snapdragon 439
  • RAM & Memori: 3/32 GB, 4/64 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 2 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Redmi 8A

Redmi 8A merah

  • Chipset: Snapdragon 439
  • RAM & Memori: 2 GB & 32 GB
  • Kamera: 12 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Redmi 8 dan Redmi 8A

Xiaomi Redmi 8 dan Redmi 8A tersedia secara resmi di pasar Tanah Air. Agar tidak bingung saat menentukan, sebaiknya ketahui dulu perbedaan di antara keduanya berikut ini.

1. Kamera

Salah satu perbedaan paling menonjol antara Redmi 8 dan Redmi 8A terletak pada sektor kamera belakang. Sementara kamera depannya memiliki modul dan penempatan yang sama.

Redmi 8 hadir dengan pengaturan kamera belakang ganda. Keduanya terdiri dari kamera sudut lebar 12 MP dan kamera mendalam 2 MP untuk imbas bokeh. Sementara itu, kamera belakang Redmi 8A hanya terdiri dari satu kamera sudut lebar 12 MP dengan pengaturan yang sama dengan kamera utama Redmi 8.

Untuk hasil bidikan yang lebih baik, Xiaomi telah membekali kamera Redmi 8 dan Redmi 8A dengan teknologi AI. Untuk merekam, kamera utama kedua ponsel ini mampu menghasilkan video hingga kualitas Full HD pada 30fps.

Beberapa fitur kamera belakang Redmi 8 dan Redmi 8A di antaranya yaitu PDAF, HDR, mode potret AI, pengenalan wajah (face recognition), Al Beautify 4.0, dan deteksi peristiwa AI. Sementara fitur pendukung kamera selfie-nya adalah AI beautify 4.0 mode potret AI, HDR, flash layar, timer selfie, dan pengenalan wajah.

2. Keamanan

Perbedaan konkret lain antara Redmi 8 dan Redmi 8A ada pada sensor sidik jari. Di bab belakang Redmi 8 sudah terpasang sensor sidik jari untuk keamanan perangkat. Sayangnya Redmi 8A tidak mempunyai fitur tersebut.

Sebagai gantinya, Xiaomi memperlihatkan fungsi deteksi wajah dengan pertolongan AI untuk Redmi 8A. Fungsi yang sama juga dapat digunakan di Redmi 8.

Jika keamanan perangkat sangat penting bagi Anda, maka sebaiknya pilih Redmi 8 sebab dibekali fitur kemanan yang dapat diandalkan. Hanya saja Anda harus membayar lebih untuk perangkat tersebut dibanding Redmi 8A.

3. Memori

ram android

Xiaomi Redmi 8 dipasarkan dalam dua varian memori. Varian yang pertama yaitu RAM 3 GB dengan ROM 32 GB, sedangkan varian yang kedua adalah RAM 4 GB dengan ROM 64 GB.

Sementara itu, Xiaomi Redmi 8A hanya tiba dalam satu varian saja, yakni RAM 2 GB dan ROM 32 GB. Pengguna masih mampu memperluas ruang penyimpanan internal dengan microSD (juga berlaku untuk Redmi 8).

Karena kedua perangkat ditenagai oleh prosesor yang sama, maka perbedaan RAM ini mampu berpengaruh terhadap kinerja perangkat secara keseluruhan.

Misal, jika Anda termasuk orang yang suka melakukan multitugas, maka memilih Redmi 8 varian 4/64 GB lebih direkomendasikan. Sebaliknya perangkat dengan RAM 2 GB cocok untuk pemakaian ringan sehari-hari.

4. Desain

Desain Redmi 8

Redmi 8 dan Redmi 8A juga mempunyai sedikit perbedaan pada bab desain. Meskipun sama-sama mengusung desain body melengkung, kedua perangkat memperlihatkan tekstur sentuh yang berbeda.

Xiaomi Redmi 8 menawarkan body lengkung dengan tekstur halus seperti kaca dan pilihan warna berkilau yang menarik. Sementara itu, Xiaomi Redmi 8A menunjukkan nuansa yang berbeda dengan embos bentuk S yang terlihat cukup elegan.

Secara keseluruhan, desain kedua perangkat ini tidak memiliki perbedaan berarti. Desainnya memang cukup sederhana, namun Redmi 8 dan Redmi 8A tetap tampil stylish dan fresh.

5. Warna

Redmi 8A Hitam

Baik Redmi 8 maupun Redmi 8A sama-sama hadir dengan tiga varian warna yang berbeda. Warna yang ditawarkan oleh Redmi 8 yaitu onyx black, ruby red, dan sapphire blue.

Seperti yang telah disebutkan di atas, Redmi 8 mempunyai pilihan warna yang berkilau. Kedua warna yang tampak demikian yakni ruby red dan sapphire blue. Jika Anda lebih tertarik dengan warna solid, Anda mampu memilih Redmi 8 onyx black.

Sementara itu, tiga pilihan warna yang ditawarkan Redmi 8A yaitu midnight black, sunset red, dan ocean blue. Warna-warna tersebut tampak lebih solid dan kalem dibanding warna Redmi 8.

6. Inframerah

Inframerah

Suka berebut remot televisi dengan anggota keluarga yang lain? Jika ya, Anda mungkin mampu memanfaatkan perangkat Redmi 8 yang dilengkapi dengan sensor inframerah. Fitur ini tidak dimiliki oleh Redmi 8A.

Hal itu bisa Anda fungsikan sebagai pengganti remot televisi (pastikan merek televisi Anda didukung). Tidak hanya untuk televisi saja, namun fungsi remot kontrol Redmi 8 juga dapat digunakan untuk mengontrol peralatan rumah lainnya yang didukung.

7. WiFi

Dalam situs resminya, Xiaomi menulis kalau Redmi 8 mendukung protokol WiFi 802.11 a/b/g/n, sedangkan Redmi 8A mendukung protokol 802.11 b/g/n. Lalu adakah perbedaan di antara kedua protokol tersebut? Tentu.

HP dengan pemberian WiFi 802.11 a mampu bekerja pada frekuensi 5 GHz. HP yang mendukung jaringan ini mempunyai kecepatan transfer data sampai 58 Mbps. Anda bisa membaca artikel Carisinyal perihal jenis-jenis WiFi untuk balasan yang lebih jelas.

8. Harga

Price

*

Sebagai varian yang lebih rendah, Redmi 8A mempunyai harga jual yang lebih murah dari Redmi 8. Di Indonesia, Xiaomi Redmi 8A dibanderol resmi Rp 1,4 jutaan. Sementara itu, Xiaomi Redmi 8 versi 3/32 GB bisa Anda dapatkan dengan budget Rp 1,7 jutaan dan Rp 1,8 jutaan untuk varian 4/64 GB.

Sebagai gosip, harga yang ditawarkan di atas sudah termasuk adaptor pengisi daya 10W. Jika Anda ingin menerima efisiensi pengisian daya terbaik, Anda dapat membeli pengisi daya cepat yang mendukung pengisian cepat 18W secara terpisah.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara Redmi 8 dan Redmi 8A yang perlu Anda ketahui jika berencana membeli ponsel Xiaomi seri tersebut namun gundah dalam menentukan.

Kabar baik untuk Anda alasannya adalah Carisinyal telah membahas lebih dalam HP Xiaomi Redmi 8 dan Xiaomi Redmi 8A. Jika Anda memilih membeli Redmi 8, Anda bisa membaca bahasan Carisinyal lain di artikel kelebihan dan kekurangan Redmi 8. Sementara jika menentukan Redmi 8A, Anda mampu membaca artikel kelebihan dan kekurangan Redmi 8A.

Lalu apakah worth it membeli Redmi 8 atau Redmi 8A sesuai dengan harga yang ditawarkannya? Yuk, langsung saja lanjut membaca bahasan tentang kelebihan dan kekurangan Redmi 8 dan Redmi 8A melalui link di atas.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online