Sebelum Beli, Ketahui Dulu 10 Kelebihan Dan Kekurangan Redmi K30

Bukan langkah yang gila jika salah satu lini produk yang sukses di pasaran selalu mendapat penerusnya. Pertanyaannya tinggal apakah penerusnya mampu lebih sukses dari seri sebelumnya atau malah terkesan biasa saja?

Hal tersebutlah yang tampak terlihat dari sebuah ponsel berjulukan Redmi K30. Redmi K30 ini merupakan penerus dari seri Redmi kelas atas, Redmi K20 series. Sekadar gosip, dikala Redmi dihadirkan sebagai merk terpisah dari Xiaomi, brand ini menghadirkan aneka macam lini produk yang cukup menarik. Salah satunya Redmi K20.

Redmi K20 cukup menarik perhatian. Mengapa? Karena ponsel ini menghadirkan spesifikasi yang cukup oke dengan harga yang tidak terlalu mahal. Terlebih saudaranya, Redmi K20 Pro hadir layaknya ponsel kelas atas tetapi dijual dengan harga yang lebih dekat.

Pertanyaannya sekarang, apakah Redmi K30 bisa menjadi penerus yang baik? Apa yang ditawarkan oleh HP ini tergolong menarik mirip seri sebelumnya? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan dari Redmi K30 berikut ini.

Spesifikasi Redmi K30

Xiaomi Redmi K30

Umum

  • Diumumkan
    Desember, 2019

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    165.3 x 76.6 x 8.8 mm

  • Berat
    208 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif IPS LCD

  • Ukuran
    6,67 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 5

  • Resolusi
    1080 x 2400 piksel, rasio 20:9 (kepadatan 395 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM730 Snapdragon 730G (8 nm)

  • CPU
    Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver)

  • GPU
    Adreno 618

Memori

  • RAM
    6 GB, 8 GB

  • Memori Internal
    64/6 GB, 128/6 GB, 128/8 GB, 256/8 GB

  • Memori Eksternal
    microSD, sampai 256 GB (menggunakan slot SIM bersama)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    4

  • Resolusi
    64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP

  • Fitur
    – 64 MP, f/1.9, 26mm (wide), 1/1.7″, 0.8µm, PDAF

    – 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm

    – 2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm (kamera makro khusus)

    – 2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, sensor mendalam

    Fitur: Dual-LED flash, HDR, panorama

  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    2

  • Resolusi
    20 MP + 2 MP

  • Fitur
    – 20 MP, f/2.2, 27mm (wide), 1/3.4″, 0.8µm

    – 2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, sensor mendalam

    Fitur: HDR

  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-grup band, Wi-Fi Direct, hotspot

  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE, aptX HD

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

  • USB
    2.0, konektor reversibel Type-C 1.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po

  • Kapasitas
    4500 mAh tidak mampu dilepas

  • Wireless Charging

  • Fitur
    Pengisian baterai cepat 27W (100% dalam 68 menit)

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 10

  • Sensor
    Fingerprint (dipasang di samping), accelerometer, gyro, proximity, compass

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Blue, Red, Purple

  • Lainnya
    Fitur layar:

    – HDR10

    – 120Hz

Kelebihan Redmi K30

Redmi K30 ini memiliki beberapa kelebihan yang tergolong menarik. Apa sajakah kelebihan dari Redmi K30 ini? Simak poin-poinnya berikut ini!

1. Desain Cukup Menarik

desain redmi k30

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=e6Ye5xH-sqg&t

Redmi K30 sama mirip saudaranya yang  dibekali dengan desain bodi beling. Desain bodi beling tersebut adalah balutan pelindung Gorilla Glass 5 yang dikombinasikan dengan bingkai aluminum. Kombinasi ini terperinci membuat smartphone ini masih mempertahankan finishing design yang elok dan terkesan premium.

Bentuk desain yang ditawarkan oleh Redmi K30 juga tergolong menarik. Channel Youtube Xiaomify beropini jikalau desain ponsel ini tergolong elok. Menurutnya, bagian belakang ponsel ini mempunyai finishing design yang tergolong bagus.

2. Layar 120 Hz

Redmi K30

* sumber: www.androidauthority.com

Redmi K30 hadir dengan tipe layar 6,67 inci beresolusi 1080 x 2400 piksel. Layarnya ini mempunyai kerapatan 395 ppi dan hadir dengan rasio 20:9. Layarnya ini sudah dibekali pelindung Corning Gorilla Glass 5 yang tentu menciptakan layar HP ini cukup terlindungi dengan baik.

Hal yang cukup disayangkan, HP ini memberikan panel IPS LCD, bukan AMOLED. Kenapa disayangkan? Karena Redmi K20 hadir memberikan panel AMOLED. Selain itu, HP ini tidak mendukung DCI-P3 tetapi layarnya mendukung HDR10.

Meskipun tidak menunjukkan AMOLED, ada peningkatan lain di sektor layar HP ini. Peningkatan tersebut yaitu santunan ponsel ini untuk masuk ke mode refresh rate 120Hz. Lantas, apakah mode refresh rate 120Hz ini tergolong anggun?

Situs AndroidAuthority punya balasan untuk hal ini. Berdasarkan pengalaman penggunaan HP ini, mereka mencicipi jika mode layar 120 Hz menunjukkan tampilan visual yang terasa berbeda (dalam artian aktual) bila dibandingkan dengan mode layar 60 Hz (mode normal). Hanya saja, mereka lebih suka menggunakan mode 60 Hz alasannya adalah lebih menghemat baterai

3. Performa Cepat

Layar REDMI K30

Redmi K30 dibekali dengan chipset Snapdragon 730G. Chipset ini tergolong cepat dan tergolong mumpuni untuk menjalankan aneka macam tugas. Untuk diketahui, Redmi K20 hadir dengan chipset Snapdragon 730.

Snapdragon 730G terperinci berbeda dengan Snapdragon 730. Secara performa bantu-membantu tidak jauh berbeda, tetapi Snapdragon 730G dihadirkan biar optimal dipakai bermain gim. Dan alasannya Redmi K30 memberikan layar 120Hz, tentu hal ini membuat performa ponsel ini masih terbilang setuju untuk diajak main gim.

Selain itu, Redmi K30 ternyata sudah dilengkapi dengan teknologi pendingin liquid-cooled. Hal ini mempertegas bila HP ini memang dihadirkan sebagai HP untuk main gim tetapi untuk kelas harga yang lebih terjangkau.

Performa keseluruhan HP ini sudah tergolong baiklah. Situs AndroidAuthority mengatakan jika performa keseluruhan HP ini sudah termasuk baik. Hanya tentu jika dibandingkan HP gaming yang mempunyai chipset kencang, performanya kalah. Tetapi penggunaan Snapdragon 730G terperinci lebih ditujukan agar HP ini bisa mempunyai harga yang lebih murah.

4. Teknologi Pengisian Cepat

REDMI K30

* sumber: www.androidauthority.com

Redmi K30 hadir dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh. Baterai ini ternyata sudah mendukung teknologi pengisian cepat 27W. Dengan teknologi ini, Redmi K30 dapat terisi penuh dayanya hanya dalam waktu 68 menit saja. Bandingkan dengan Redmi K20 yang hanya mendukung teknologi pengisian 18W.

Sebagai pembanding, Google Pixel 4 saja hanya mendukung pengisian cepat 18W dan Galaxy Note 10 Plus hanya 25W. Tapi tentu saja, teknologi pengisian cepat ini kalah cepat bila dibandingkan teknologi pengisian cepat 40W milik Huawei, Warp Charge 30 milik OnePlus, atau Super VOOC milik OPPO.

5. Kamera Utama Termasuk Oke

Xiaomi Redmi K30

Redmi K30 memiliki empat kamera di bagian belakang. Kehadiran empat kamera ini tentu adalah peningkatan alasannya adalah Redmi K20 hanya mempunyai tiga kamera saja. Adapun, keempat kamera di HP ini terdiri dari kamera utama Sony IMX686 64 MP, kamera ultra-wide 8 MP,  kamera makro 2 MP, dan kamera depth sensor 2 MP.

Lantas, bagaimana hasil tangkapan kamera Redmi K30 ini? Simak teladan hasil tangkapan kamera belakang dari HP ini.

hasil tangkapan kamera belakang redmi 30 c

hasil tangkapan kamera belakang redmi 30 b

hasil tangkapan kamera belakang redmi 30

* sumber: www.androidauthority.com

Hasil tangkapan kamera dari HP ini tergolong cantik. Situs blog Gearbeast juga memuji hasil tangkapan kamera dari HP ini. Menurut mereka hasil tangkapan kamera ini bisa menghadirkan warna dan white balance yang akurat.

Mode kamera 64 MP juga bisa menghadirkan foto yang baik, terutama foto dengan aneka macam tekstur yang butuh detail yang elok. Tidak hanya itu saja, menurut mereka, untuk mode pemotretan masakan, bunga dan pemandangan, sistem di HP ini dapat bekerja secara optimal.

Redmi K30 juga bekerja dengan baik untuk mode malam. Masih berdasarkan blog Gearbeast, kamera Redmi K30 ini mendukung pemotretan pemandangan malam dengan tetap mempertahankan kecerahan dan detail gambar yang baik.

Tidak hanya kamera belakang saja yang bagus. Kamera depan HP ini kesudahannya tergolong baiklah untuk selfie. Kamera depan HP ini terdiri dari dua kamera. Satu kamera utama 20 MP dan satu kamera 2 MP untuk memberi imbas bokeh.

Untuk kamera depan ini, situs AndroidAuthority mengatakan jikalau hasil tangkapan kamera selfie dari HP ini bisa menghadirkan foto dengan ketajaman yang baik dalam cahaya yang baik. Sementara dikala selfie di kondisi cahaya yang lebih rendah, jadinya cukup banyak noise tetapi memiliki reproduksi warna yang justru lebih baik.

6. Sensor Sidik Jari Cepat

redmi k30

* sumber: www.androidauthority.com

Karena tidak menawarkan layar AMOLED, Redmi K30 tidak menawarkan teknologi sensor sidik jari di layar. Sebagai gantinya, sensor sidik jari di HP ini dipindahkan ke bab samping ponsel menyatu dengan tombol power on/off. Kehadiran sensor sidik jari di bagian samping ini bukan hal baru sebab sudah banyak HP lain yang melakukannya.

Kemampuan sensor sidik jari di HP ini sendiri tergolong cepat. Hal tersebut diungkapkan oleh Xiaomify. Menurut mereka kinerja sensor sidik jari yang ada di HP ini bekerja dengan sangat cepat. Dan hal tersebut merupakan sesuatu yang tergolong aktual.

7. Ada 3.5mm Jack dan NFC

nfc redmi k30

Redmi K30 sama seperti Redmi K20, masih mempertahankan port 3.5mm audio jack. Selain itu, HP ini juga sudah dilengkapi fitur NFC. Menariknya, fitur ini tersedia untuk semua pasar. Berbeda dengan Redmi K30 yang hanya menghadirkan fitur NFC untuk pasar Tiongkok saja.

Kekurangan Redmi K30

Redmi K30 ternyata memiliki beberapa kekurangan. Apa sajakah kekurangan tersebut? Langsung simak daftar kekurangan dari Redmi K30 berikut ini.

1. Daya Tahan Baterai Bukan yang Terbaik

baterai redmi k30

Redmi K30 dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh. Kapasitas baterai ini tentunya tergolong besar. Hanya saja perlu diingat, bahwa Redmi K30 ini menawarkan dua mode refresh rate, 60 Hz dan 120 Hz.

Menurut AndroidAuthority, penggunaan mode layar 120 Hz membuat ekspektasi pemakaian ponsel tidak begitu usang. Dalam penggunaan sehari-hari, HP ini memperlihatkan screen-on time 6 jam. Dan hal ini sesungguhnya tidak terlalu jelek. Hanya saja barangkali sebab kapasitas baterai yang besar, diperlukan pula daya tahan baterai HP ini lebih usang.

2. Punch Hole Camera Tidak Lebih Baik

KAMERA DEPAN REDMI K30

Tidak ada persoalan dengan hasil tangkapan kamera depan dari Redmi K30 ini. Hasilnya tergolong bagus untuk dijadikan selfie. Hanya saja, channel Youtube Xiaomi menganggap eksistensi kamera depan dengan sistem punch hole ini bukan selera mereka.

Pendapat tersebut memang cukup wajar. Pasalnya, Redmi K20 menunjukkan kamera depan mode mekanikal pop-up yang lebih kekinian dan modern. Sistem ini membuat layar terasa lebih penuh. Sayangnya, justru sistem mekanikal pop-up ini tidak digunakan di Redmi K20.

3. Tidak Ada Peningkatan Besar Dibandingkan Redmi K20

REDMI K30

Redmi K30 memang memiliki peningkatan di banyak sekali aspek. Layar yang sudah mendukung mode 120 Hz, kualitas kamera belakang yang lebih baik, dan desain yang lebih oke menciptakan ponsel ini tergolong menarik.

Sayangnya, tidak ada perubahan besar yang menciptakan Redmi K30 terlihat menarik kalau dibandingkan Redmi K20. Tidak ada layar AMOLED, penggunaan chipset dengan peningkatan yang tidak terlalu signifikan serta kamera punch hole yang justru terasa kurang menarik dibandingkan pop-up kamera menciptakan Redmi K30 jadi terkesan biasa saja.

Simpulan

Redmi K30 bisa dibilang sebagai penerus yang nanggung dari HP yang cukup fenomenal kehadirannya. Tidak ada hal yang terlalu istimewa dari HP ini meskipun beberapa aspek tergolong menarik. Xiaomify seniri menyimpukan kalau HP ini tergolong baik tetapi tidak luar biasa. Terlepas dari hal tersebut, HP ini tentu saja masih menarik untuk dibeli. Tertarik? Silakan beli HP ini di toko online dengan klik link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online