Review T-Force Delta Max Rgb, Ssd Berpenampilan Glowing

Tipe storage yang banyak digandrungi ketika ini yakni SSD atau Solid State Drive. SSD ialah tipe storage yang menawarkan kecepatan baca dan tulis yang lebih baik bila dibandingkan storage tipe HDD (Hard Disk Drive).

Karena itu, dikala ini banyak pengguna PC Desktop maupun laptop memakai SSD sebagai sistem penyimpanan utamanya. HDD masih tetap dipakai meskipun hanya untuk penyimpanan data saja.

SSD sendiri mempunyai banyak jenis atau tipenya. Ragam jenis SSD ini berpengaruh juga pada kecepatan yang dimilikinya. Namun, tipe SSD apapun, kecepatannya tetap lebih baik bila dibandingkan HDD yang diklaim lebih kencang sekalipun. Contohnya yakni SSD T-Force DELTA MAX RGB.

T-Force DELTA MAX RGB yaitu SSD dari produsen Team Group. SSD ini merupakan tipe SSD dengan form factor 2,5 inci dan konektor SATA. Lalu, mirip apa SSD dari Team ini? Untuk menjawabnya, simak ulasan alias review T-Force DELTA MAX RGB. Tapi sebelumnya, simak terlebih dahulu spesifikasi dari T-Force DELTA MAX RGB berikut ini.

Spesifikasi T-Force DELTA MAX RGB

T-Force DELTA MAX RGB

  • Kapasitas: 500GB
  • Voltase: DC +5V
  • Temperatur: 0 C 70 C
  • Berat: 78g
  • Form Factor: 2,5 inch
  • Dimensi: 100(L) x 69.85(W) x 9.5(H)mm
  • MTBF: 1000000 hours
  • TBW: 120 TB

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Isi Kotak

T-Force DELTA MAX RGB

Mari bedah terlebih dahulu kotak T-Force DELTA MAX RGB. Seperti terlihat pada gambar di atas, kotak dari produk ini bantu-membantu cukup biasa. Di bab depannya, terdapat gosip berupa nama produknya.

Tulisan “THE POWER FROM TEAMGROUP” menegaskan jika produk ini merupakan besutan dari TEAMGROUP. Terdapat pula info kapasitas penyimpanan dari produk ini. Produk yang kami miliki ialah tipe yang mempunyai kapasitas 500 GB.

Produk ini juga memiliki varian penyimpanan lain. Ada yang hadir dengan kapasitas 250 GB, ada juga yang hadir dengan kapasitas 1 TB. Tentu, berbeda kapasitas, berbeda pula harganya.

Kembali ke kotak penjualan. Di dalam kotak dari produk ini, terdapat 1 unit SSD yang bab atasnya dilapisi plastik dan 2 kabel penghubung untuk kebutuhan RGB.

T-Force DELTA MAX RGB

Di dalam T-Force DELTA MAX RGB ini juga terdapat kain khusus. Kain ini berkhasiat untuk mengelap bodi dari T-Force DELTA MAX RGB. Apalagi, T-Force DELTA MAX RGB memang gampang sekali melekat bekas sidik jari.

T-Force DELTA MAX RGB

Oh yah, di dalam kotak penjualan juga terdapat user manual alias buku panduan. Sebuah buku panduan yang jarang diperhatikan, bahkan kami pun malas untuk memotretnya.

Saat kami membuka isi kotak produk ini, kami cukup terkejut karena adanya dua kabel. Kami pikir produk ini yakni sebuah SSD eksternal. Tapi ternyata tidak. Dua kabel ini adalah kabel Istimewa yang menciptakan produk T-Force DELTA MAX RGB ini merupakan sebuah produk yang memiliki fitur RGB.

T-Force DELTA MAX RGB

Mari bahas kabel pertama. Kabel ini memiliki port micro B yang dihubungkan ke port yang ada di T-Force DELTA MAX RGB. Sementara port yang satu lagi yaitu 5V ARGB 3 pin untuk tersambung dengan motherboard pada bab 5V ADD Header

T-Force DELTA MAX RGB

Kabel ini disebut sebagai 5V ARGB 3 pin to Micro B Cable. Fungsinya untuk mengsinkronkan pola lampu RGB yang ada di motherboard atau CPU secara keseluruhan dengan  RGB yang ada di T-Force DELTA MAX RGB.

T-Force DELTA MAX RGB

Kabel kedua yaitu yakni kabel yang disebut USB 10 pin to Micro B Cable. Port pertama yang terhubung dengan SSD yaitu Micro B Cable. Sementara port satunya lagi yakni port USB 10 pin yang terhubung dengan 9 Pin USB Header yang ada di motherboard.

T-Force DELTA MAX RGB

Kabel kedua ini berfungsi Untuk menawarkan imbas lampu RGB pelangi pada SSD. Dengan kabel ini, T-Force DELTA MAX RGB dapat menyala pada bab depan. Hanya saja contoh lampunya tidak disinkronkan dengan fitur RGB seperti pada jenis kabel pertama.

Untuk lebih jelasnya ihwal fungsi kedua kabel penghubung di SSD ini, mampu disimak pada gambar di bawah ini.

T-FORCE DELTA MAX SSD connection method

Gambar di atas ini menjelaskan tipe kabel yang harus dihubungkan ke bagian motherboard. Untuk port USB 10 pin dihubungkan dengan 9 pin USB Header. Dan kabel dengan port ARGB 3 pin dengan ADD Header.

Dari penjelasan ini, terang SSD ini merupakan SSD yang perlu dipasang di PC Desktop. Tapi harus diingat juga, apakah motherboard CPU PC Desktop tersebut memiliki port 9 pin USB Header dan port ADD Header. Umumnya, motherboard sudah mendukung port 9 pin USB Header tetapi tidak semua motherboard mendukung port ADD Header.

Perlu diingat pula, bahwa kedua kabel tidak bisa disambung secara bersamaan. Harus memilih salah satu kabel mengingat T-Force DELTA MAX RGB hanya mempunyai satu port micro B.

Desain

T-Force DELTA MAX RGB

T-Force DELTA MAX RGB hadir dengan bentuk kotak berwarna hitam. Bukan kotak persegi tetapi kotak persegi panjang dengan ukuran 2,5 inci. Ukurannya seperti dengan HDD berukuran 2,5 inci dengan panjang 100 mm, lebar 69,85 mm, dan ketebalan 9,5 mm.

Ukuran T-Force DELTA MAX RGB

Berat produk ini yaitu 78 gram. Bobotnya tergolong ringan dan sangat gampang dibawa. Digenggam tangan pun terasa sangat ringan. Seolah seperti memegang perangkat memori eksternal mirip Flash Drive misalnya.

Tapi T-Force DELTA MAX RGB terang bukanlah perangkat eksternal. Produk ini adalah SSD internal, meskipun sesungguhnya ketika ini banyak aksesoris untuk mengubah perangkat storage internal menjadi storage eksternal.

T-Force DELTA MAX RGB sendiri menunjukkan bentuk desain yang menarik berkat logo T -Force yang menarik perhatian. Kemudian di sudut kanan bawah, terdapat goresan pena DELTA MAX.Bentuk ini terasa praktis tetapi kehadiran logo dan goresan pena membuat SSD terasa cukup glamor.

T-Force DELTA MAX RGB

Di bagian samping kiri T-Force DELTA MAX RGB, terdapat 3 port yang menghubungkan perangkat ini dengan komputer. Ada port micro B yang ada di ujung kanan, untuk mengaktifkan fitur RGB.

Ada juga port SATA, yang terbagi menjadi dua, satu yang terhubung dengan motherboard, satu lagi yang terhubung dengan power supply. Port SATA yang ada di SSD ini yaitu tipe SATA Rev. 3.0  yang mendukung kecepatan 6Gb/s dan juga kompatibel dengan SATA Rev. 2.0.

T-Force DELTA MAX RGB

Di sisi lain, tidak ada port apapun. Ketiga sisi lain hanya permukaan datar. Sementara di bab belakang, hanya ada empat baut di akrab setiap sudut. Kemudian ada sticker melekat berisi informasi dan nomor seri dari T-Force DELTA MAX RGB, lengkap dengan klarifikasi bila produk ini memiliki garansi hingga 3 tahun.

T-Force DELTA MAX RGB

Bagian pinggir atau sisi dan bab bawah dari produk ini memiliki bahan yang berbeda dengan bagian permukaan. Bagian ini mirip terbuat dari plastik yang kokoh, meski kami sendiri tidak begitu yakin. Tetapi permukaannya cukup berpengaruh dan tidak terkesan mirip materi produk murahan.

Sementara bagian atas, yang terdapat logo T-Force, terbuat dari cermin yang mengkilap. Itulah alasannya kenapa bab permukaan ini mudah sekali meninggalkan bekas sidik jari. Dipegang sebentar, permukaannya mudah sekali kotor.

T-Force DELTA MAX RGB

Barangkali karena sadar bagian permukaan SSD ini gampang terkena sidik jari, pihak TEAMGROUP menghadirkan kain lap pembersih khusus di kotak penjualan. Dan lap ini bekerja dengan baik untuk menghapus bekas sidik jari yang melekat di SSD ini.

T-Force DELTA MAX RGB

Kami bisa menyimpulkan, bila T-Force DELTA MAX RGB ini memiliki desain yang sederhana tetapi terasa premium. Bobotnya ringan dan kami mampu menyampaikan jika build quality dari SSD ini tergolong cantik. Mudahnya sidik jari menempel, bukan problem besar mengingat ada lap khusus yang bisa membersihkan bekas sidik jari tersebut.

Fitur

T-Force DELTA MAX RGB

Selanjutnya, mari bahas fitur yang ditawarkan oleh T-Force DELTA MAX RGB. Fitur utama yang ditawarkan oleh SSD ini terperinci yaitu fitur efek glowing alias efek lampu pelangi yang muncul di bab permukaannya, mirip pada gambar di atas atau di bawah ini.

T-Force DELTA MAX RGB

Dengan efek warna pelangi di bab permukaan, menciptakan SSD ini berkesan glamor. Tampilannya menarik, apalagi bila digabungkan dengan komponen CPU lainnya yang juga memperlihatkan efek lampu RGB.

Tapi, tentu saja untuk menghidupkan lampu ini, SSD perlu port suplemen dengan memakai port micro B ke bagian motherboard. Bisa menggunakan kabel 5V ARGB 3 pin atau USB 10 pin. Hanya saja, kami hanya menguji imbas lampunya memakai USB 10 pin alasannya adalah motherboard PC yang kami punya hanya mempunyai port 9 pin USB Header.

Kabel dengan port 5V ARGB 3 pin biasanya mampu digunakan pada motherboard dengan port ADD Header. Motherboard yang mendukung port ini umumnya adalah motherboard yang sudah mempunyai imbas RGB.

Jika T-Force DELTA MAX RGB. terhubung dengan motherboard menggunakan  port 5V ARGB 3 pin, efek lampunya alias RGB akan mampu sinkron dengan imbas RGB pada motherboard memakai software khusus.

Fitur T-Force DELTA MAX RGB

T-Force DELTA MAX RGB ini sudah kompatibel dengan beberapa software khusus RGB. Di situs resminya, disebutkan jika T-Force DELTA MAX RGB bisa kompatibel dengan ASRock Polychrome Sync, ASUS AURA SYNC, RGB Fusion 2.0, dan MSI Mystic Light Sync.

T-Force DELTA MAX RGB

Selain mendukung fitur RGB, T-Force DELTA MAX RGB ini mempunyai fitur 3D tough protection. Dengan fitur ini, chip memori flash NAND 3D yang ada di T-Force DELTA MAX RGB bisa lebih tahan usang.

Selain itu, chip memori flash NAND 3D di SSD ini juga sudah tahan guncangan. SSD ini juga diklaim bisa memberikan tunjangan solid yang komprehensif untuk data, sehingga penggunanya mampu menikmati performa SSD dengan sangat baik dan  tanpa khawatir.

Performa

T-Force DELTA MAX RGB

Selanjutnya, kami menguji performa dari SSD ini. Kami menerima performa yang baik dalam menjalankan aneka macam aplikasi. Memindahkan data dari dan ke SSD ini juga tergolong cepat. Lebih cepat daripada HDD yang kami miliki.

Kami kemudian menggunakan Crystal Disk Info untuk melihat gosip yang berkaitan dengan SSD ini. Informasi tersebut bisa disimak pada gambar di bawah ini.

CrystalDisk Info T-Force DELTA MAX RGBTerlihat dari gambar tersebut, bahwa SSD yang kami uji memang benar yakni produk T-Force dengan kapasitas 500 GB. Terdapat juga gosip wacana interface SSD ini, yaitu SATA, dengan mode transfer SATA/600.

Dari gosip tersebut juga, diketahui bila SSD ini mendukung fitur S.M.A.R.T. Dengan bahasa lebih sederhana, S.M.A.R.T ini yakni fitur untuk memantau, mendeteksi, dan juga melaporkan berbagai persoalan yang terjadi storage. Fitur yang sebenarnya cukup umum ada di storage. 

T-Force DELTA MAX RGB juga sudah mendukung fitur TRIM dan NCQ. Fitur TRIM merupakan fitur pengoptimalan untuk menggunakan blok kosong ketika sistem akan menulis DATA. Sementara fitur NCQ berfungsi untuk mempercepat kinerja baca dan tulis dari SSD, dan secara efektif memperpanjang abad pakai SSD.

Bagi yang belum tahu, SSD merupakan tipe storage yang memiliki batas pemakaian. Batas pemakaian ini ditandai dengan TBW (TeraByte Written) SSD. TBW ini ditandai dengan semakin banyaknya penggunaan menulis data, semakin berkurang umur SSD. Contohnya, jika SSD menampung data sebesar 10 GB, maka SSD tersebut telah melakukan TBW sebesar 10 GB.

Jika TBW SSD tercapati, SSD tersebut tidak dapat menulis data tetapi masih memungkinkan untuk membaca data. Umumnya, TBW SSD tergolong panjang. Biasanya hingga 5 tahun atau bahkan lebih. Dan biasanya kalau sudah mencapai usia tersebut, orang cenderung akan mengganti storage.

TBW dari T-Force DELTA MAX RGB 500 GB yang kami uji ini mencapai 120 TB. Jika diibaratkan, 1 hari menulis data sebesar 50 GB, maka dalam setahun, TBW SSD ini mencapai 18,6 TB. Maka, 120 TB dibagi dengan 18,6 TB, kesudahannya yakni sekitar 6,5 tahun.

Dengan perkiraan tersebut, T-Force DELTA MAX RGB bisa digunakan sampai hampir 7 tahun, bahkan mampu lebih. Mengingat, jarang orang menulis data 50 GB tiap hari. Kecuali, kalau data yang dipakai memang besar-besar mirip data gim komputer terkini.

Di situs resminya juga, tertulis TBW T-Force DELTA MAX RGB untuk kapasitas lainnya. Untuk yang berkapasitas 250 GB, TBW-nya yaitu 60 TB. Sementara untuk T-Force DELTA MAX RGB 1 TB mempunyai TBW 240 TB. Memang sudah jadi hukumnya, semakin besar kapasitas SSD, semakin besar pula TBW-nya.

Selain berita wacana TBW dari T-Force DELTA MAX RGB, situs info perihal SSD juga memuat perihal performa baca dan tulis dari SSD ini. Di situs tersebut, tertera berita bahwa SSD ini diklaim mempunyai kecepatan baca 560MB/s dan kecepatan menulis sebesar 510MB/s berdasarkan Crystal Disk Mark.

Karena ingin tau, kami pun menguji sendiri T-Force DELTA MAX RGB memakai Crystal Disk Mark versi 7. Hasilnya ternyata berbeda dengan hasil yang tertera dari situs resminya. Hasilnya bisa disimak pada gambar berikut ini.

CrystalDisk Mark T-Force DELTA MAX RGB

Terlihat dari data di atas, jikalau T-Force DELTA MAX RGB memiliki kecepatan baca 562 MB/s dan kecepatan tulis 522 MB/s. Lebih tinggi dari hasil yang diklaim oleh pihak TEAMGROUP.

Kami juga menguji kecepatan baca dan tulis SSD ini menggunakan benchmark lain. Kami memakai AS SSD Benchmark 2 untuk melihat kecepatan baca dan tulis. Hasilnya mampu disimak berikut ini.

 

AS SSD Benchmark T-Force DELTA MAX RGB

Pada pengujian umum, tampak jikalau kecepatan baca SSD ini mencapai 521 MB/s. Sementara kecepatan menulisnya 484 MB/s. Hasil ini bahwasanya tidak terlalu jauh dengan hasil dari Crystal Disk Mark. Hanya saja, kesudahannya lebih kecil.

AS SSD Benchmark 2 juga menguji kecepatan tulis baca acak 4K. Tes ini mengukur seberapa cepat SSD membaca dan menulis beberapa data kecil (4K) ke bagian penyimpanan atau storage. Hasilnya, kecepatan bacanya 35 MB/s dan kecepatan tulisnya 82 MB/s. AS SSD Benchmark 2 sendiri memberi skor baca sebesar 465 dan skor tulis 474.

Kecepatan baca dan tulis yang didapatkan T-Force DELTA MAX RGB ini tergolong masuk akal. Apalagi karena interface dan teknologi SSD ini yaitu SATA. Kecepatan SATA umumnya memang berada di angka 500-an. Berbeda dengan SSD tipe NVME yang bisa mencapai ribuan.

Simpulan

T-Force DELTA MAX RGB

T-Force DELTA MAX RGB bisa dikatakan sebagai sebuah SSD yang menarik, terlebih untuk mereka yang memang suka dengan gimmick lampu RGB. SSD ini memang bukan tipe SSD NVME yang fokus pada performa, tetapi SSD ini fokus pada tampilan.

Kami bisa menyimpulkan jika SSD ini mempunyai beberapa kelebihan. Kelebihan tersebut diantaranya

  • Desain praktis yang solid
  • Dukungan rainbow effect
  • Kompatibel dengan beberapa software RGB 
  • Performa tergolong oke 
  • Menambah estetis perangkat komputer RGB 

Untuk kekurangan, hanya satu yang menurut kami jadi kekurangan, harga. T-Force DELTA MAX RGB mempunyai banderol harga yang tidak biasa untuk sebuah SSD 2,5 inch SATA. Harga untuk kapasitas 250 GB bisa mencapai Rp900 sampai Rp1 juta. Untuk tipe 500 GB, harganya di kisaran Rp1,4 juta. Sementara varian 1 TB, kisaran Rp2 juta.

Dengan harga tersebut, sebenarnya lebih menarik membeli SSD tipe NVME yang memperlihatkan kecepatan lebih baik. Tetapi, tentu setiap produk memiliki pasarnya sendiri. T-Force DELTA MAX RGB ini menurut kami lebih cocok digunakan untuk mereka para PC enthusiast yang bahagia dengan perangkat dengan gimmick RGB.

Satu catatan terakhir, T-Force DELTA MAX RGB ini dapat juga dipasang di laptop di slot 2,5 inci. Hanya saja tentu, imbas lampunya tidak akan menyala. Karena di laptop, tidak ada slot untuk memberi efek lampu. Lagipula, kalau SSD ini ditaruh di laptop dan ingin lampunya, imbas lampunya tidak akan terlihat.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online