Review Earphone Soundmagic E10, Iem Murah Dan Berkualitas

Tidak banyak yang tahu, earphone itu memiliki macam-macamnya. Ada tipe earbud ada juga tipe In-Ear Monitor atau IEM. Earbuds biasanya paling mudah ditemukan sebagai earphone yang jadi bonus pembelian HP. Bentuknya memiliki lengkungan membulat. Sementara IEM ialah earphone yang mempunyai bentuk untuk plug telinganya lebih panjang jikalau dibandingkan earbuds.

Nah IEM di pasaran cukup banyak. Rata-rata IEM yang cantik harganya mahal, bisa di atas Rp500 ribuan. Namun, tidak sedikit juga earphone tipe IEM yang harganya di bawah Rp500 ribuan tetapi kualitasnya tidak kalah dengan IEM harga mahal. Contohnya adalah IEM dari Soundmagic, yakni Soundmagic E10.

Bagi yang belum tahu, Soundmagic ini yaitu produsen asal Shenzen, Tiongkok. Soundmagic ini cukup rajin menghadirkan earphone dan headphone berkualitas dan tidak kalah dengan merek ternama lainnya. Salah satu yang terbaik adalah Soundmagic E10 yang bakal dibahas kali ini.

Mengapa terbaik? Karena kabarnya, Soundmagic E10 ini diapresiasi dengan baik di Amerika dan Inggris. Bahkan, produk ini menerima penghargaan sebagai kategori “best buy” untuk kategori IEM di bawah Rp500 ribu.

soundmagic e10

Penghargaan ini juga terlihat di kotak penjualan Soundmagic E10. Tertulis seperti pada gambar di atas, bahwa Earphone ini, mendapat penghargaan dari ajang What Hi-Fi Sound and Vision Awards untuk tahun 2011, 2012, 2013.

Penghargaan yang didapatkan oleh Soundmagic E10 ini memang cukup masuk akal. Terlebih produk ini tergolong berkualitas. Di dalam kotak penjualan juga tidak hanya tersedia earphone saja. Ada juga pouch yang materi dan bentuknya cukup baiklah. Di dalam pouch juga ada klip dan tujuh pasang eartips.

soundmagic e10

Biasanya produk sejenis seperti ini menghadirkan eartips hanya tiga pasang, yang dipakai di produk dan dua cadangan. Tetapi ini ada tujuh eartips yang tentu ini jadi hal yang menarik. Nah, lantas seperti apa produk yang satu ini? Yuk, simak ulasan pengalaman saya memakai Soundmagic E10 berikut ini.

Desain

soundmagic e10

Soundmagic E10 ini mempunyai desain yang terasa simpel. Bentuknya tidak terlalu abnormal dan kesan sederhana memang tampak menyelimuti earphone ini secara keseluruhan. Meskipun tampak sederhana, earphone ini terasa kokoh. Dengan panjang sekitar 1,2 m dan plug 3,5 mm, konstruksi desain earphone ini tergolong manis.

Bahan earphone ini memakai konstruksi metal pada bab plug ujung serta bab plug pada indera pendengaran. Bahan metal juga terlihat pada bab mik yang berada di tengah Sementara kabelnya dilapisi dengan materi seperti plastik tapi bukan plastik murahan, tampak mirip materi silikon dengan balutan warna biru. Ada juga model warna lain, tetapi saya tidak hafal nama model untuk tiap warnanya.

Untuk desain, tidak ada hal yang saya keluhkan. Desainnya cukup berpengaruh dan tidak murahan. Kehadiran penjepit atau klip membantu semoga kabel tidak terlalu acak-acakan dikala earphone ini digunakan. Flip ini juga tergolong berpengaruh dan gampang dipasang di baju.

Hal yang paling aku keluhkan adalah kabel earphone terasa agak panjang. Selain itu, pada bagian plug di pendengaran, tulisan abjad L dan R yang berarti “kiri (left)” dan “kanan(right”) agak kecil. Kadang saya tertukar posisi earphone ini tetapi hal ini bukanlah masalah yang besar.

Spesifikasi dan Performa

soundmagic e10

Sebelum membahas performa dari Soundmagic E1O ini, mari lihat terlebih dulu spesifikasi yang ditawarkan oleh earphone yang satu ini.

  • Rentang Frekuensi: 15-22.000 Hz
  • Impedansi Nominal: 46 ohm
  • Tingkat Tekanan Suara (SPL): 100 dB

Terlihat pada info spesifikasi, Soundmagic E1O ini memiliki rentang frekuensi yang standar. Rentang frekuensi dari earphone ini berada pada kisaran 15 hingga 22.000 Hz. Pada pengujian yang saya lakukan , aku bisa mendengar bunyi dari earphone ini pada frekuensi tinggi maupun dikala rendah.

Kabarnya, bila sebuah earphone atau headset masih terdengar bunyi dikala berada pada frekuensi di bawah 20 Hz, maka produk earphone tergolong bagus. Nah, Soundmagic E10 mengklaim berada pada frekuensi terbawah hingga 15 Hz.

Pada frekuensi 20 Hz, saya masih bisa mendengar suara, bahkan di frekuensi 20 Hz. Ketika mencapai 15 Hz dan dibawahnya (terbawah 10Hz), bunyi masih terdengar. Hanya saja suara tersebut mampu terdengar bila volume perangkat diatur secara maksimal.

Ketika menguji treble juga serupa. Earphone yang anggun bisanya masih terdengar saat mencapai rentang frekuensi 20.000 Hz. Dan Soundmagic E1O ini masih mengeluarkan suara treble dengan baik di frekuensi mendekati 20.000 Hz tentu dengan volume perangkat diatur tinggi atau maksimal.

soundmagic e10

Untuk tingkat tekanan bunyi, earphone ini menunjukkan kemampuan 100 desibel. Tekanan bunyi ini tergolong cukup umum dan tergolong standar. Hal yang jadi catatan buat saya yakni tidak adanya tombol volume di earphone. Makara untuk antisipasinya, tinggi rendahnya bunyi hanya bisa diatur di perangkat yang terpasang dengan earphone ini.

Untuk performa penggunaan sehari-hari, aku merasa nyaman dengan bunyi yang dihasilkan oleh earphone ini. Untuk mendengarkan musik aneka macam jenis sudah setuju seperti musik bernuansa pop, R&B, mendengarkan podcast, video musik di Youtube, bahkan lagu dangdut sekalipun, Bass terasa dan suara yang dihasilkan tidak cempreng.

Yang aku suka dari Soundmagic E1O yaitu fitur Perfect Sound Isolation. Fitur ini bisa menghalangi bunyi atau noise dari luar. Makara, saat Soundmagic terpasang di pendengaran, suara dari luar cenderung sulit terdengar. Masih terdengar tapi samar. Untuk yang fokus mendengarkan musik dan multimedia tentu fitur ini tergolong menarik.

Simpulan

soundmagic e10

Soundmagic E1O merupakan earphone atau IEM yang memang berkualitas di kelas harganya. Dengan harga hanya Rp300 ribuan, IEM ini layak dipilih untuk yang suka IEM dengan kualitas suara yang baik. Kalau berdasarkan pengalan saya, aku mampu menyimpulkan seperti ii.

Kelebihan Soundmagic E1O

  • Noise yang minim
  • Desain berbahan metal
  • Eartips yang banyak dan beragam
  • Kualitas audio secara keseluruhan jempolan.
  • Harga Terjangkau dengan Kualitas yang Oke

Kekurangan Soundmagic E1O

  • Tidak ada tombol volume
  • Kabel terasa terlalu panjang

Saran aku, jika memang butuh earphone atau IEM dengan kualitas audio terbaik, maka pilihan paling setuju yaitu Soundmagic E1O. Apalagi jikalau dana hanya mepet Rp300 ribuan saja. Berminat mempunyai Soundmagic E10 ini?

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online