Review Asus Zenbook Flip Ux362, Laptop Konvertibel Yang Keren

Setelah kemarin me-review mengenai satu laptop gaming kece dari ASUS, yakni ASUS ROG Zephyrus G-GA502, ada satu laptop lainnya dari brand raksasa asal Taiwan yang ingin kami ulas. Namun, kali ini bukan laptop seri ROG, melainkan seri ZenBook. Ya, kita akan review ASUS ZenBook UX362FA, laptop konvertibel dari ASUS yang keren abis.

Hayo, Anda penasaran, kan, sama review laptop ASUS ZenBook Flip UX362FA ini? Yuk, simak pribadi saja pembahasan dari Carisinyal berikut untuk mengetahuinya!

Spesifikasi ASUS ZenBook Flip UX362FA

  • Layar: 13.3” LED-backlit FHD (1920 x 1080) glare touchscreen 3.5mm-thin bezel with 90% screen-to-body ratio
  • Processor: Intel® Core™ i7-8565U processor 1.8GHz quad-core with Turbo Boost (up to 4.0GHz) and 8MB cache
  • Graphic Card: Intel UHD Graphics 620

  • RAM: 16GB 2133MHz LPDDR3 onboard
  • Storage: 1TB PCIe® SSD
  • Konektivitas:Dual-grup musik 802.11ac gigabit-class Wi-Fi, Bluetooth® 5.0
  • Port: 2 x Type-C™ USB 3.1 Gen 1 (support display connectivity), 1 x USB 2.0 Type-A™, 1 x Standard HDMI, 1 x Audio combo jack, 1 x DC-in
  • Baterai: 50Wh 3-cell lithium-polymer battery, 65W power adapter

Desain

Review ASUS ZenBook UX362FA

ASUS ZenBook Flip UX362 hadir dengan desain yang elegan. Hampir seluruh bodinya berlapiskan metal. Selain itu, laptop ini punya ukuran yang terbilang kecil. Ketebalannya hanya 16.9 milimeter Beratnya juga tergolong ringan, hanya 1.3 kg saja, sehingga laptop ASUS ZenBook Flip UX362 ini mudah dibawa kemana-mana.

Sesuai dengan namanya, laptop ini bisa dilipat atau di-flip hingga 360 derajat. Mengapa? Karena laptop ASUS ZenBook seri ini dibekali hinge alias engsel unik, yaitu 360° ErgoLift Hinge. Sehingga, laptop ini pun mampu berfungsi sebagai tablet atau hanya display semata.

Review ASUS ZenBook UX362FA

Saya pun tidak takut engselnya patah sebab engsel laptop ini tergolong kuat. ASUS sendiri telah menguji kekuatan hinge-nya sampai dua puluh ribu kali. Hebat, kan? Kehadiran ErgoLift Hinge ini membuat saya mampu ‘melipat’ laptop dan mengatur posisi layar dengan gampang dikala akan mengetik.

Tidak hanya dibekali dengan hinge yang besar lengan berkuasa, unik dan inovatif, laptop ASUS ZenBook Flip UX362 pun punya keyboard yang solid dan cukup empuk. Jarak antara satu abjad ke aksara lainnya terbilang erat, namun sebab ukuran jari tangan saya kecil, aku tetap mampu menggunakan keyboard laptop ini dengan nyaman.

Oh ya, keyboard laptop ASUS ZenBook Flip UX362 sudah dibekali lampu latar atau backlit berwarna putih yang akan memudahkan kita untuk mengetik dikala berada di kawasan yang gelap atau minim cahaya.

Review ASUS ZenBook UX362FA

Selain itu, laptop ini punya touch pad yang dibekali dengan NumberPad. Kehadiran NumberPad-nya tentu sangat membantu memudahkan aku untuk login ke laptop dengan menggunakan PIN. Apalagi dikala IR Camera tak mampu mendeteksi wajah dikala login dengan Windows Hello di daerah yang agak gelap.

Review ASUS ZenBook UX362FA

Nah, sekarang kita bahas bagian sisi kiri dan kanan bodinya. Di bab sisi kiri bodi laptop ada dua port USB 3.1 type-C, port untuk kabel HDMI serta DC jack untuk kabel charger.

ASUS ZENBOOK UX362FA

Sementara di bagian sisi kanannya terdapat audio jack, port USB 2.0 dan juga tombol power. Perpindahan tombol power yang biasa menyatu dengan keyboard laptop menjadi kelebihan tersendiri bagi ASUS ZenBook Flip UX362. Terlebih jikalau kita sering salah pencet tombol power saat akan menggunakan laptop.

For your information, ASUS ZenBook Flip UX362 ini sudah mengantong sertifikasi militer MIL-STD 810G. Sehingga bodinya tahan di segala kondisi. Laptop keren ini tersedia dalam dua pilihan varian warna, ada Royal Blue dengan tepian dan logo dengan hint warna rose gold, serta Gun Gray dengan tepian berwarna perak yang memukau.

Kualitas Layar

ASUS ZENBOOK UX362FA

Laptop ASUS ZenBook Flip UX362FA dibekali layar NanoEdge berukuran 13.3 inci dengan bezel tipis, yakni  3.5 milimeter. Teknologi NanoEdge display ini membuat layarnya menjadi tampak lebih lega. Rasio screen to body layar laptop dengan panel IPS LCD ini pun mencapai 90% dan sudah punya color gamut sRGB sebesar 100%.

So, kualitas tampilan layar dari laptop ASUS ZenBook Flip UX362FA ini sudah tak perlu ditanyakan lagi. Bagus banget! Tampilan warna yang dihasilkan terbilang punchy. Saya mampu menonton serial Netflix favorit dengan nyaman memakai layar laptop ini.

Kehadiran hinge yang membuat laptop ini convertible menjadi tablet pun sangat amat membantu dikala aku ingin menonton dengan posisi layar mirip apapun. Sayangnya, layar laptop ASUS ini masih mentok di resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel dan belum mendukung resolusi 4K mirip ASUS ZenBook S UX391UA yang sebelumnya juga sudah pernah kami bahas.

Tetapi, hal tersebut bukanlah dilema besar. Bagi aku pribadi, layar beresolusi Full HD pun tampilannya sudah sangat amat memuaskan. Oh ya, layar dari laptop ini adalah layar sentuh alias touch screen. Saya menggunakan mode tablet di laptop ini dengan nyaman berkat tingkat sensitivitas layar sentuh yang baik.

Performa

REVIEW ASUS ZENBOOK UX362FA

Setelah membahas ihwal desain dan bodinya yang kokoh, saatnya berbicara mengenai performa dari ASUS ZenBook Flip UX362. Laptop yang punya RAM berkapasitas 16 GB ini dibekali dengan prosesor Intel® Core™ i7-8565U 1.8 GHz dengan code name Whiskey Lake dan punya fabrikasi 14 nm.

Saya sudah mencoba melaksanakan benchmark dengan menggunakan software Novabench. Hasilnya, ASUS ZenBook Flip UX362 memperoleh skor sebesar 1699 yang terbilang manis.

Lalu, aku melakukan benchmark lagi dengan memakai software PCMark10. Hasilnya, laptop dengan OS Windows 10 ini memperoleh skor keseluruhan sebesar 3.661.

Sementara skor esensialnya ada di angka 8.883, produktivitasnya sebesar 6.322 dan untuk pembuatan konten digital mirip editing foto dan video sampai rendering sebesar 2.372. Skor yang didapatkan laptop ini lebih unggul ketimbang laptop ASUS ZenBook S UX391UA , lho.

Cinebench R15 asus zenbook UX362FA 2Saya pun kembali menguji performa CPU laptop ASUS ini dengan memakai Cinebench R15. Skor yang didapatkan laptop ini adalah 621 cb. Setelahnya, aku kembali mengulangi pengujian sampai 12 kali. Hasil hasilnya menawarkan skor yang stabil di angka 419 cb.

Cinebench R15 asus zenbook UX362FA 1Bukan hanya itu, aku juga menguji performa GPU-nya dengan menggunakan software yang sama. Angka yang diperoleh laptop ini ada di angka 49.40 fps. Saya kemudian mencobanya lagi sampai 12 kali. Hasilnya, memberikan angka 41.57 fps.

Selain melakukan pengujian dengan Novabench dan Cinebench R15, aku juga mencoba menghitung seberapa bagus kecepatan membaca SSD PCIe x4 yang berkapasitas hingga 1 TB. Dan ternyata ASUS ZenBook Flip UX362FA mempunyai kecepatan membaca hingga 3514.3 MB per detik. Kecepatan menulisnya pun mencapai angka 2381.8 MB per detik.

Tidak heran, aku tak mengalami masalah saat memakai laptop ini untuk bekerja dengan membuka lebih dari 10 tab di browser sekaligus menonton Netflix sampai memotong klip dan menambahkan audio pada video minim efek berdurasi sangat singkat untuk kemudian saya ekspor menjadi file video dengan kualitas HD 1080p dengan memakai Adobe Premiere Pro 2019. Proses rendering video-nya pun tidak memakan waktu sampai 5 menit.

Performa Gaming

ASUS ZENBOOK UX362FA

Nah, kalau performa secara general sih, laptop ini jempolan banget, ya. Tapi bagaimana dengan performa gaming yang disuguhkan? Apakah baiklah? Hmmm… sayangnya, aku harus berkata tidak.

Bukan alasannya prosesor atau RAM-nya. Melainkan karena kartu grafis yang tertanam di dalam laptop ini. Ya, ASUS ‘hanya’ melengkapi laptop sekeren ini dengan kartu grafis bawaan, ialah Intel® UHD Graphics 620.

Alhasil, aku hanya mampu memainkan game favorit, mirip The Sims 4, dengan menggunakan pengaturan grafis menengah. Game ini berjalan stabil di angka 20-30-an fps. Ketika saya mengatur ke setting grafis Ultra, game-nya tidak berjalan dengan mulus.

Berbeda dengan dikala saya menggunakan laptop eksklusif dari brand sebelah yang mengusung kartu grafis NVIDIA GeForce MX150. Saya masih mampu menjalankan game The Sims 4 yang sebetulnya punya system requirements tak terlalu tinggi dengan cukup lancar walau menggunakan pengaturan grafis tinggi sekalipun.

Bahkan game sekelas Resident Evil 2 Remake masih bisa dimainkan dengan lancar juga walau setting grafisnya harus diatur ke yang paling rendah.

Tapi, hal ini bantu-membantu bisa kita maklumi alasannya ASUS ZenBook Flip UX362FA ini tidak dirancang untuk para gamers yang hobi main game-game berat, melainkan untuk content creator, blogger sampai desainer grafis.

Baterai

ASUS ZenBook Flip UX362FA

Selanjutnya, kita beralih ke sektor baterai. ASUS ZenBook Flip UX362FA dibekali dengan baterai lithium polymer 3-cell. Saya mencoba menguji ketahanan baterainya dengan menonton serial Netflix favorit selama 2 jam 21 menit dikala sisa baterai sudah mencapai angka 86%. Saya mengatur volume dan kecerahan layar sampai 100% dan aku memakai mode baterai best performance.

Setelah tamat menonton, baterai tersisa sebanyak 49%. Masih cukup banyak, bukan? Nah, aku juga mencoba memakai laptop ini untuk bekerja ketika baterainya hanya tersisa sebanyak 28 %. Kemudian, Saya mengaktifkan mode battery saver. Hasilnya, baterai laptop ini bisa bertahan selama kurang lebih 34 menit hingga tersisa sekitar 15%

Tidak hingga di situ saja. Saya pun mencoba menguji ketahanan baterainya untuk kembali menuntaskan pekerjaan yang menciptakan saya harus membuka banyak tab di browser. Saya pilih mode better battery dan akhirnya baterai laptop bisa bertahan selama kurang lebih 5 jam dengan menyisakan daya sekitar 28%.

ASUS mengklaim jika waktu pengisian daya baterainya tidaklah usang, adalah sekitar 60% dalam 49 menit. Sementara saat aku coba sendiri, aku membutuhkan waktu selama 1 jam untuk mengisi daya baterai dari 6% hingga 80%. Dan diharapkan aksesori waktu sekitar 50 menit hingga baterainya terisi sebanyak 99%. Waktu pengisian daya baterainya, sih, memang cukup cepat.

Pada saat aku mencoba mengisi daya, suhu bagian atas laptop terasa agak panas, namun di area laptop yang biasa digunakan untuk palm rest suhunya masih terbilang normal. Namun, hal seperti ini bisa ditemukan juga pada unit laptop dengan merk lainnya, terlebih bila  laptop-nya dipacu untuk bekerja lebih keras saat proses pengisian daya masih berlangsung.

Tapi sayang, hasil pengujian daya baterai yang aku peroleh tidak sesuai dengan klaim dari ASUS yang menyatakan bila baterai laptopnya bisa bertahan sampai 13 jam. Secara keseluruhan, baterai laptop ini mampu bertahan selama 5 sampai 6 jam saja.

Kualitas Audio

ASUS ZenBook Flip UX362FA

Nah, sekarang kita bahas ihwal kualitas audio dari laptop ASUS ZenBook Flip UX362FA ini. For your information, laptop ini punya dua stereo speaker yang didukung dengan teknologi audio canggih dari ASUS, yakni ASUS SonicMaster Premium.

Tak lupa, ASUS pun menggandeng Harman Kardon untuk memperkuat sektor audio laptop ini. Dan… voila! Hasilnya, ASUS ZenBook Flip UX362FA punya kualitas audio yang benar-benar cantik serta minim distorsi. Kalau Anda yang hobi mendengarkan musik atau menonton mirip saya, pasti akan sangat dimanjakan dengan bunyi speakernya yang jernih.

IR Camera

ASUS ZenBook Flip UX362FA

ASUS ZenBook Flip UX362FA juga dibekali dengan IR Camera atau kamera infrared yang canggih. IR Camera yang dimiliki laptop ini memungkinkan penggunanya untuk login dengan sistem facial unlock.

Nah, aku sempat mencoba login ke laptop dengan memakai IR Camera-nya. Hasilnya, laptop pribadi ter-unlock dalam waktu kurang dari 10 detik saja. Sayangya, dikala saya mencoba membuka kunci laptop di kondisi cahaya yang minim, IR Cameranya sempat beberapa kali kepayahan untuk mendeteksi wajah aku. Untungnya, aku masih mampu login ke laptop dengan memakai PIN dan juga password.

Simpulan

asus zenbook UX362FA

Setelah aku coba laptop ini selama beberapa hari, dapat aku simpulkan kalau ASUS ZenBook UX362FA cocok untuk Anda yang membutuhkan sebuah laptop berbodi ringan namun kokoh, konvertibel dan bisa diandalkan untuk menuntaskan pekerjaan mirip menulis artikel, mengedit video dan foto sampai menonton video berkualitas tinggi di YouTube atau Netflix.

Sebenarnya, untuk bermain game pun masih mampu, tapi dengan catatan gamenya masih memiliki system requirements yang sesuai. ASUS ZenBook UX362FA ini pun cocok untuk Anda beli kalau Anda punya budget yang lebih banyak. Satu unit laptop ini dibanderol dengan harga Rp 20.229.000,-.

Sedangkan untuk varian laptop dengan prosesor Intel® Core™ i5-8265U, RAM 8 GB dan SSD PCIe 512 GB, harganya mencapai Rp 15.299.000,- dan untuk varian yang menggunakan prosesor Intel® Core™ i3-8145U dengan RAM berkapasitas 8 GB serta SSD 512 GB PCIe dibanderol dengan harga Rp 11.299.000,-.

Oh ya, laptop ini sebenarnya dibekali dengan ASUS Pen, lho. Namun, pihak ASUS tak menyertakan alat canggih tersebut pada box unit laptop yang kami uji ini. Tapi, kemungkinan pihak ASUS sudah menyertakan ASUS Pen pada unit laptop yang dijual di pasaran.

Nah, gimana, Anda tertarik untuk membeli laptop kece ini? Silakan klik link ini untuk membeli unit laptop-nya di Bukalapak. Berikut aku sertakan pula poin-poin kekurangan dan kelebihan yang dimiliki laptop ASUS ZenBook UX632FA.

Kelebihan Laptop ASUS UX362FA

  • Bobotnya ringan, nyaman untuk digenggam dan dibawa kemana saja
  • Ukuran layar cukup besar dan kualitasnya cantik serta bezelnya tipis
  • Performa terbilang oke untuk menunjang produktivitas
  • Bisa difungsikan sebagai tablet atau hanya layar saja
  • Punya build quality yang elok
  • Kualitas audio jempolan
  • Pengisian daya baterai tergolong cepat

Kekurangan Laptop ASUS UX362FA

  • Kurang cocok untuk digunakan bermain game berat
  • IR Camera kadang tidak bekerja dengan baik di kondisi cahaya yang minim
  • Daya tahan baterai kurang awet

Sampai di sini review ASUS ZenBook UX362FA dari Carisinyal. Jika Anda sudah pernah menggunakan laptop ASUS yang konvertibel ini, silakan bagikan pengalaman Anda dengan pembaca lainnya melalui kolom komentar yang tersedia.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online