Review Asus Expertbook P1440fa, Laptop Yang Cocok Untuk Pelaku Ukm

Tidak semua laptop tertentu cocok untuk semua orang. Contohnya, laptop untuk gaming pastinya cocok untuk mereka yang suka main gim dan kebutuhan untuk menjalankan aplikasi berat. Tetapi laptop gaming kurang cocok untuk kalangan pengguna kantoran yang hanya bekerja dengan aplikasi produktif seperti aplikasi pengolah kata, excel, dan aplikasi lain sejenisnya.

Begitu juga dengan pengguna atau pelaku UKM. Para pengguna ini pastinya membutuhkan laptop untuk kebutuhan produktivitas yang mempunyai spesifikasi mumpuni untuk mendukung pekerjaan. Tentu saja harga jadi pertimbangan mengingat pelaku UKM pasti memperhitungkan efisiensi biaya. Tentu tidak efisien membeli laptop dengan spesifikasi tinggi dan mahal tetapi pekerjaan yang diperlukan tidak terlalu tinggi.

Untuk itulah, para pelaku UKM mampu menentukan laptop yang memang cocok untuk kebutuhan kerja mereka. Salah satunya yaitu ASUS ExpertBook P1440FA. Mengapa harus ASUS ExpertBook P1440FA? Karena laptop ini didesain ASUS khusus untuk para pelaku UKM dan startup. 

ASUS ExpertBook P1440

Pertanyaannya, apakah ASUS ExpertBook P1440FA ini layak dibeli, terutama untuk kebutuhan para pelaku bisnis UKM? Untuk menjawab pertanyaan, tim Carisinyal mengulas lebih dalam soal ASUS ExpertBook P1440FA ini. Tanpa berlama-usang lagi, simak langsung ulasan alias review ASUS ExpertBook P1440FA.

Spesifikasi ASUS ExpertBook P1440FA

ASUS ExpertBook P1440

  • Layar: 14.0″ (16:9) LED-backlit HD (1366×768) Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC
  • Processor: Intel® Core™ i5 8265U
  • Graphic Card: Integrated Intel UHD Graphics 620

  • RAM: 4 GB DDR4 2400MHz SDRAM Onboard memory, up to 24 GB SDRAM(Optional)
  • Storage: 256 GB PCIe® Gen3 x2 SSD M.2
  • Konektivitas: Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac) ,  Bluetooth® 4.0
  • Port: 1 x COMBO audio jack, 1 x VGA port, 1 x Type-A USB2.0, 3 x Type-A USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1), 1 x RJ45 LAN jack for LAN insert, 1 x HDMI, 1 x Fingerprint reader, 1 x SD card reader, 1 x AC adapter plug
  • Baterai: 4 -Cell 44 Wh Battery

Desain

ASUS ExpertBook P1440FA (7)

ASUS ExpertBook P1440FA tiba dengan desain bodi warna hitam pekat. Bentuknya praktis dan tidak memiliki tampilan bergaya seperti halnya tipe ASUS Vivobook. Permukaan laptop ini tidak memakai glossy yang menciptakan  sidik jari tidak mudah melekat di permukaan. Permukaan laptopnya sendiri terbuat dari aluminium alloy  yang membuat laptop ini terasa cukup kokoh dikala disentuh maupun dipegang.

ASUS ExpertBook P1440FA (17)

Tengoklah gambar di atas! Bentuk laptop ini terasa mudah bukan? Tetapi bentuk yang mudah bukan berarti buruk. Bodi laptop ini yang 1,6 kg masih tidak terasa berat saat dipegang satu tangan. Hal ini berarti laptop ini masih terasa cukup setuju untuk dibawa kemana saja. Dimasukkan dalam tas, bebannya tidak begitu berat. Charger laptop ini juga tidak berat. 

ASUS ExpertBook P1440FA sendiri punya panjang 340 mm dengan lebar 250 mm. Ketebalannya sendiri hanya 23.2 mm. Tidak terlalu tipis memang tetapi hal ini cukup masuk akal mengingat laptop ini memiliki port yang cukup banyak. Silakan cek foto berikut ini!

ASUS ExpertBook P1440FA

Pada gambar tersebut, tampak, pada bab kiri laptop hadir 3 port USB 3.1 Gen 1, port RJ45, port HDMi, port VGA, dan satu lubang untuk power. Hal menarik dari port ini adalah hadirnya port RJ45 dan VGA, dua port yang sudah mulai ditinggalkan.

Laptop modern untuk kebutuhan produktivitas umumnya tidak memiliki port RJ45 alasannya biasanya pengguna mengandalkan wifi untuk terhubung internet. Tetapi ASUS ExpertBook P1440FA justru menghadirkan port RJ45.

Kehadiran port RJ45 ini mampu jadi untuk memudahkan pengguna supaya terhubung dengan perangkat lain melalui jaringan LAN. Port ini juga bisa jadi alternatif untuk terhubung internet bila jaringan wifi mengalami problem. Terlebih koneksi internet melalui jaringan LAN lebih stabil dan lebih cepat kalau dibandingkan wifi.

Kehadiran port VGA juga jadi sesuatu yang menarik. Port ini sudah jarang dipakai di hampir semua kelas laptop alasannya kebanyakan sudah diganti dengan port HDMI. Tentu jadi timbul pertanyaan, untuk apa laptop ini menghadirkan port VGA, padahal laptop ini juga sudah mempunyai port HDMI?

Kami tidak punya jawaban pastinya. Hanya saja kami bisa memprediksi jikalau ASUS ExpertBook P1440FA menghadirkan port VGA untuk menunjang kebutuhan kerja. Seperti misalnya untuk menyambungkan laptop dengan proyektor atau dengan monitor. Dengan hadirnya port ini, ASUS ExpertBook P1440FA mampu terhubung dengan dua perangkat display. 

Oh yah, di bab samping kiri ini, terdapat lubang ventilasi yang posisinya diapit port VGA dan port HDMI. Tadinya kami menerka bab tersebut adalah speaker. Ternyata speaker di laptop ini ada di bagian bawah laptop pada dua sisi. Kualitas speakernya sendiri cukup baiklah dan mumpuni.

Kehadiran tiga port USB 3.0 tentu jadi satu hal menarik lainnya. Banyaknya port ini tentu untuk memunuhi kebutuhan pekerjaan biar laptop ini mampu terhubung dengan perangkat printer dan lainnya dengan lebih mudah. Ada juga satu port USB 2.0 di bab samping kanan laptop. Bagian port ini mampu difungsikan untuk terhubung dengan mouse

ASUS ExpertBook P1440FA (9)

Selain USB 2.0, di bab samping kanan laptop ini terdapat port audio jack. Di sebelahnya terdapat HDD Caddy yang bisa difungsikan untuk menambah penyimpanan memakai tipe penyimpanan HDD 2.5 inci atau SSD 2,5 inci. Bagian ini juga mampu difungsikan untuk DVD Drive. Di bagian ujung, terdapat kensington lock yang berfungsi untuk mengamankan laptop dari tangan pencuri.

ASUS ExpertBook P1440FA (18)

Laptop ini juga memiliki slot untuk SD card reader. Posisinya ada di bagian depan, bersebelahan dengan lampu indikator power, baterai, dan lampu indikator untuk fungsi capslock. Jadi, ketika menekan tombol “capslock” lampu indikator akan menyala yang menandakan jikalau keyboard berada pada fungsi penulisan huruf kapital.

ASUS ExpertBook P1440FA

Hal menarik lain dari laptop ini ialah desain layarnya yang bisa dibaringkan hingga 180°. Berkat teknologi engsel lay-flat yang kokoh, layar laptop ini dapat digerakkan maksimum tanpa mengurangi kenyamanan dan sudut pandang menatap layarnya. Fungsi ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan di daerah kerja, contohnya dikala sedang melakukan rapat.

ASUS ExpertBook P1440FA (1)

ASUS ExpertBook P1440FA

ASUS ExpertBook P1440FA

ASUS ExpertBook P1440FA

ASUS ExpertBook P1440FA

Hal yang kami kagumi dari laptop ini adalah desainnya yang kokoh dan tangguh sebab sudah tersertifikasi MIL-STD 810G. Dengan sertifikasi ini, ASUS ExpertBook P1440FA telah lolos pada aneka macam pengujian yang cukup ekstrem seperti bertahan pada keadaan menyala pada kondisi suhu rendah -31°C selama 3 hari, suhu tinggi 43°C selama 3 hari, dan tes suhu ekstreme lainnya.

Keyboard dan Touchpad

ASUS ExpertBook P1440FA

ASUS ExpertBook P1440FA datang dengan dengan keyboard yang tergolong nyaman untuk kebutuhan mengetik. Tuts keyboard laptop ini terasa ringan sehingga untuk menekan tidak terlalu diperlukan tenaga menekan yang kuat. Sementara untuk touchpad-nya tergolong cukup presisi dan nyaman dipakai.

ASUS ExpertBook P1440FA (11)

Ada yang kami suka dari layout keyboard laptop ini, adalah posisi tombol power yang tidak menyatu dengan layout keyboard. Tombol power laptop ini berada di kiri atas, sebuah posisi yang cukup baik. Bandingkan dengan laptop lain yang menggabungkan tombol power di layout keyboard. Bukan apa-apa, kehadiran tombol power yang menyatu di keyboard biasanya mengakibatkan imbas salah pencet ketika sedang mengetik.

Di bawah keyboard pada bagian kanan, terdapat tombol kotak warna hitam. Tombol ini yakni tombol keamanan sensor sidik jari yang memudahkan kami untuk masuk Windows dengan cepat. Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan teknologi TPM 2.0. Apa itu TPM?

TPM ASUS ExpertBook P1440FA

TPM atau Trusted Platform Module, yakni perangkat dedicated chip yang berfungsi menyimpan gosip sandi kunci enkripsi dengan aman. Kehadiran teknologi ini, menciptakan laptop dapat melindungi data dan transaksi penting dengan kondusif. Fitur ini juga mampu memblokir saluran ke PC bila terdapat ancaman keamanan yang terdeteksi ketika melaksanakan boot-up.

Layar

ASUS ExpertBook P1440FA (20)

ASUS ExpertBook P1440FA tiba dengan layar 14 inci dengan teknologi LED-backlit. Layarnya mengusung resolusi 1366×768 piksel dengan teknologi Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC. Panel yang digunakan di laptop ini ialah panel TN.

Penggunaan panel TN ini bukan sesuatu yang jelek. Terlebih sebab laptop ini difungsikan untuk kebutuhan produktivitas bukan untuk multimedia. Kami cukup memaklumi penggunaan panel TN ini. Kami juga memaklumi bezel layar laptop ini yang agak tebal. Tapi ini bukan sesuatu kekurangan alasannya adalah bezel yang tebal ini membuat desain laptop ini terlihat lebih tegas secara keseluruhan.

Tampilan visual layar laptop ini cukup setuju. Bahkan, dikala layarnya digunakan dalam keadaan 180°. Sudut pandangnya masih terasa oke dan cukup memanjakan mata.

ASUS ExpertBook P1440FA

Mungkin agak sedikit masalah saat melihat layar dari sudut pandang samping. Mengingat panel yang dipakai TN, hal ini cukup masuk akal. Namun, dari sudut samping pun, layar tampak masih jelas meski tidak sejelas ketika mata pribadi lurus berhadapan dengan layar.

ASUS ExpertBook P1440FA (15)

ASUS ExpertBook P1440FA (4)

Bagusnya layar laptop ini dibekali teknologi anti silau. Berkat  lapisan matte di layar, layar laptop ini akan memiliki sedikit pantulan. Efeknya, warna, kontras dan ketajaman layar ini cukup meningkat sehingga layar tampak jernih dan cenderung jelas, bahkan dikala berada di luar ruangan.

ASUS ExpertBook P1440FA

Dengan berbagai teknologi tersebut, bisa dibilang layar laptop ini cukup oke Penggunaan panel TN dan bezel yang cukup tebal mungkin bagi pengguna kasual akan jadi sesuatu yang kurang menarik. Tetapi untuk kebutuhan bisnis, seperti pelaku UKM, kedua hal tersebut dapat dikomporomikan mengingat fungsi dan kebutuhannya berbeda.

Performa CPU

intel 8th gen logo

ASUS ExpertBook P1440FA yang kami uji yaitu model yang menggunakan Intel Core i5 8265U. Tersedia pula model yang menggunakan Intel Core i3 8145U dengan banderol harga yang lebih murah, ialah 5 jutaan. Tipe yang kami uji dijual dengan harga Rp8 jutaan alasannya memakai Intel Core i5 dan SSD. Sementara tipe Intel Core i3 masih menggunakan HDD.

Intel Core i5 8265U sendiri merupakan prosesor Intel generasi ke-8 dengan arahan nama Whiskey Lake. Prosesor ini memiliki litografi 12nm. Di dalam prosesor ini, terdapat 4 cores dan 8 threads dengan kecepatan 1.60 GHz. Kecepatan maksimum prosesornya mampu mencapai 3.90 GHz. ASUS ExpertBook P1440FA (6)

Dengan prosesor Intel Core i5, laptop ini dapat menjalankan aneka macam tugas dan pekerjaan dengan baik. Aplikasi untuk kebutuah kantor mirip Office Word, Excel, dan aplikasi produktivitas lainnya tentu berjalan dengan lancar dan baik.

Untuk mengetahui performanya, kami menguji laptop ini dengan PCMark 10. PCMark memperlihatkan skor 3.628 pada laptop ini. Detail angka dan hasil pengujiannya mampu disimak pada gambar di bawah ini.

PC Mark 10 ASUS ExpertBook P1440FA

Sebagai citra, laptop ASUS Vivobok S S430 yang dibekali Intel Core i5 8250U, prosesor Intel generasi ke-8 Kaby Lake R memiliki skor PCMark 10 sebesar 3.576. Jelas hal ini menerangkan jikalau performa dari Intel Core i5 8265U lebih baik bila dibandingkan prosesor Intel Core i5 generasi ke-8 Kaby Lake R.

Kami juga menguji ASUS ExpertBook P1440FA dengan Cinebench R15. Sebagai citra, ASUS Vivobok S S430 yang kami uji menerima skor Cinebench R15 sebesar 561 cb. Lalu, bagaimana dengan skor ASUS ExpertBook P1440FA? Simak gambar berikut.

 

Tes Cinebench R15 CPU ASUS ExpertBook P1440

Kami melaksanakan 12 kali pengetesan atau pengujian memakai Cinebench R15. Pengujian pertama, risikonya ialah 627 cb. Pengujian kedua, didapatkan hasil 605 cb. Di pengujian ketiga, hasilnya sempat turun ke 586 tetapi di pengujian keempat, skornya meningkat lagi menjadi 635 cb.

Hasil selanjutnya memang pertanda penurunan di angka 570-an tetapi skornya tidak terlalu jauh. Tetapi dari hasil ini, terbukti bila performa laptop ini tergolong mumpuni untuk kebutuhan produktivitas dan kebutuhan kerja di kalangan pelaku UKM dan startup. 

Performa Grafis

Intel UHD Graphics 620

ASUS ExpertBook P1440FA tidak mempunyai discrete graphics card. Pengolah grafisnya mengandalkan pengolah grafis terintegrasi yang ada di Intel Core i5 8265U, yaitu Intel UHD Graphics 620. Karena memakai pengolah grafis terintegrasi, kami tidak menguji laptop ini untuk bermain gim. Terlebih laptop ini juga tidak ditujukan untuk bermain gim.

Kami hanya menguji kemampuan grafis menggunakan benchmark sintetis mirip Cinebench R15. Adapun karenanya mampu dilihat pada gambar di bawah ini.

Tes Cinebench R15 OpenGL ASUS ExpertBook P1440

Terlihat dari gambar tersebut, jika kami melaksanakan 12 kali tes Cinebench R15 OpenGL untuk melihat skor stabil fps. Dan hasilnya, tampak jikalau performa Intel UHD Graphics 620 tidak boleh diremehkan. Angkanya cukup stabil di 34 fps yang berarti untuk main gim tertentu, bisa didapatkan skor 30 fps, ialah skor minimum layak main.

Performa SSD

Info SSD ASUS ExpertBook P1440

ASUS ExpertBook P1440FA memakai SSD Western Digital dengan kapasitas 256 GB. Tipe SSD yang digunakan yakni NVMe yang tentu lebih baik dari SSD M.2 Kami mencoba membongkar laptop ini. Dan dapat dilihat pada gambar di bawah ini, terdapat cuilan SSD M.2 NVMe.

ASUS ExpertBook P1440FA (19)

Penempatan SSD NVMe ini menciptakan laptop ini mudah untuk upgrade. Jadi, semisal kapasitas 256 GB suatu hari terasa kurang, tinggal copot dan membeli yang gres dengan kapasitas yang besar, semisal 512 GB atau 1 TB. Pun pergantiN SSD ini gampang jikalau suatu hari nanti SSD bawaan mengalami kendala. Tapi rasanya hal yang mustahil terjadi mengingat SSD memiliki ketahanan yang baik.

Oh yah, di sebelah cuilan SSD NVMe, terdapat slot untuk menambah RAM. Mengingat RAM laptop ini hanya 4 GB dan onboard, penambahan RAM bisa dilakukan dengan mudah. Jaga-jaga jika RAM 4 GB dirasa kurang. Tapi, menurut  pengalaman kami menggunakan ASUS ExpertBook P1440FA, kapasitas RAM 4 GB terasa cukup.

Kami menggunakan laptop ini untuk bekerja, seperti membuka tiga browser dengan banyak tab, membuka aplikasi office, dan menjalankan Youtube. Semuanya berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Sesekali mengalami lag beberapa detik saat kami membuka tab yang banyak sambil menonton video Youtube (sebab memakai layar pemanis). Tetapi hal ini tidak terlalu mengganggu.

Performa multitasking yang lancar ini, meski hanya dengan RAM 4 GB, tentu dipengaruhi oleh faktor hadirnya SSD NVMe. Bandingkan dengan laptop dengan RAM 4 GB tetapi masih menggunakan HDD, performanya tentu tidak akan secepat laptop RAM 4 GB dengan SSD. SSD di ASUS ExpertBook P1440FA tergolong kencang. Hal ini terbukti dari hasil pengujian menggunakan CrystalDiskMark seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Crystaldiskmark ASUS ExpertBook P1440

Terlihat pada gambar di atas, bila SSD yang ada di CrystalDiskMark mempunyai kecepatan baca mencapai 1722 MB/s dan kecepatan tulisnya mencapai 1300 MB/s. Kecepatan ini cukup anggun jika dibandingkan SSD SATA yang biasanya mencapai 500 MB/s.

Baterai

ASUS ExpertBook P1440FA (14)

ASUS ExpertBook P1440FA dibekali baterai 4 -Cell 44 Wh. Baterai laptop ini tergolong mempunyai daya tahan yang cukup usang. Kami beberapa kali menguji pemakaian laptop ini menggunakan baterai. Tes pertama, kami memakai laptop ini untuk mengetik, internetan, dan menghubungkan laptop dengan layar embel-embel. Tingkat kecerahan layar kami atur cukup tinggi. Dan risikonya, laptop mampu bertahan sekitar 3 jam 30 menit lebih.

Pada lain kesempatan, kami memakai laptop ini, masih dengan kondisi memakai layar perhiasan, untuk internetan sambil menonton Youtube. Dengan penggunaan tersebut, kami menghabiskan waktu 4 jam 30 menit dengan kondisi baterai tersisa 20%. Tentu kami menggunakannya dari kondisi penuh alias 100%.

Kami juga mengetes dengan memutar video HD 720p dengan durasi 2 jam. Kami memutar video saat laptop pada kondisi 95%. Setelah film selesai, sisa dayanya adalah 65%. Hal ini berarti, untuk menonton film 2 jam, konsumsi baterai memakan daya sebesar 30%.

Dari hasil tersebut, dapat dibilang bila daya tahan baterai laptop ini cukup oke. Terlebih saya menggunakannya dengan tingkat kecerahan tinggi. Tentu hasil akan berbeda kalau tingkat kecerahan diturunkan. Selain itu, laptop ini mempunyai waktu pengisian yang tidak terlalu usang. Dari kondisi baterai 17% hingga penuh, diharapkan waktu 2 jam 30 menit. Menariknya, 30 menit pertama, daya tahannya bertambah cukup cepat, adalah bertambah 30%.

Simpulan

ASUS ExpertBook P1440FA (3)

Dari hasil pengujian kami, kami mampu menyimpulkan jika ASUS ExpertBook P1440FA ini memang laptop yang pas untuk kebutuhan pelaku UKM. Fitur dan spesifikasi yang ditawarkan oleh laptop ini cukup menunjang untuk kebutuhan para pelaku UKM.

Contoh yang mampu menggunakan laptop ini misalnya: customer care dan admin toko online, para karyawan di bidang jasa dan penjualan, percetakan, bahkan PNS sekalipun cocok menggunakan laptop ini. Intinya, laptop ini sangat cocok untuk menunjang kebutuhan kerja.

Lantas, mengapa laptop ini sangat disarankan? Ada beberapa alasan mengapa laptop ini layak dipilih. Alasan-alasan tersebut sebagai berikut.

  • Bobot yang tidak terlalu berat
  • Mengantongi sertifikasi MIL-STD 810G
  • Performa kencang untuk kebutuhan produktivitas
  • Penggunaan SSD NVMe 256 GB
  • Sensor sidik jari dan TPM
  • Port yang lengkap untuk menunjang pekerjaan
  • Layar anti silau
  • Engsel lay-flat 180°

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan tersebut, kami rasa, laptop ini benar-benar pantas dan cocok sesuai pasarnya. Terlebih harga laptop ini tidak terlalu mahal. Dengan harga Rp8 jutaan untuk varian Intel Core i5, rasanya tergolong menarik mengingat spesifikasi dan fitur yang ditawarkan laptop ini tergolong anggun.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online