Resmi Rilis, Haruskah Upgrade Ke Samsung Galaxy Note 9?

Samsung Galaxy Note 8 merupakan salah satu phablet flagship terbaik di tahun 2018. Sejak pertama kali meluncur, phablet ini banyak diburu para penggila gadget, bahkan menjadi salah satu produk yang paling banyak dicari oleh pengguna Priceza.

Selang satu tahun, kesudahannya generasi phablet terbaru ini diluncurkan. Melalui event Galaxy Unpacked yang dilangsungkan di New York, Amerika Serikat, Samsung meluncurkan Galaxy Note 9 yang diklaim membawa sejumlah peningkatan ketimbang generasi lamanya.

Nah, untuk kau yang sebelumnya sudah menggunakan Galaxy Note 8, haruskah upgrade ke flagship generasi terbaru ini? Sebagai perbandingan, kali ini Priceza akan melaksanakan komparasi antara Samsung Galaxy Note 8 dan Galaxy Note 9. Yuk, simak selengkapnya!

Konsep Infinity Display dengan Desain Solid

Samsung Galaxy Note 9

Dari sektor desain, sejatinya tak ada perubahan besar antara Samsung Galaxy Note 9 dan generasi lamanya. Ya, kedua smartphone ini masih memperlihatkan konsep Infinity Display dengan frame metal, serta bab depan dan belakang dengan lapisan kaca anti gores dari Corning Gorilla Glass 5.

Tak lupa, sertifikasi IP68 tetap dipertahankan pada smartphone, membuatnya mampu tahan kerusakan akhir abu dan air pada kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Jika Galaxy Note 8 membawa panel Super AMOLED berukuran 6.3 inch, generasi terbarunya ini memperlihatkan panel lebih besar berukuran 6.4 inch. Namun, resolusi yang dihadirkan masih sama yaitu 1440 x 2960 pixels dengan rasio layar 18.5:9.

Performa Kencang dengan Baterai Besar

Saat diluncurkan tahun 2017, Galaxy Note 8 menjadi salah satu flagship dengan performa terbaik berkat penggunaan chipset Exynos 8895 Octa yang dipadukan RAM 6GB dan memori internal 64/128/256GB.

Sementara itu, generasi barunya ini telah didukung mobile chipset seri terbaru Exynos 9810 Octa yang tentu saja menawarkan kecepatan yang lebih baik, termasuk RAM yang sekarang berukuran 8GB.

Tak hanya membawa peningkatan performa, kapasitas baterai pada Galaxy Note 9 juga ditingkatkan. Jika Note 8 didukung baterai berkapasitas 3.300 mAh, maka Galaxy Note 9 hadir dengan dukungan baterai 4.000 mAh yang telah terintegrasi dengan fitur Quick Charge 2.0.

Kamera

Di sektor kamera, tak banyak perubahan yang diberikan Samsung. Baik Galaxy Note 8 maupun Galaxy Note 9 sama-sama memasang konfigurasi dual kamera berkekuatan 12 MP. Perbedaannya, terletak pada tunjangan fitur Dual Aperture f/2.4 dan f/1.5 yang tentunya mampu kamu sesuaikan berdasarkan kondisi pencahayaan sehingga meningkatkan kualitas tangkapan gambar.

Sayangnya, kamera depan dari Galaxy Note 9 sama sekali tidak memperoleh peningkatan. Kamera depan tersebut masih memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/1.7 dan telah didukung fungsi Auto HDR.

Upgrade S-Pen dengan Integrasi Bluetooth

Perubahan paling mencolok terletak pada pinjaman S-Pen yang kemampuannya sekarang ditingkatkan. Selain kemampuan sensitivitas pena yang semakin baik, S-Pen sekarang terintegrasi dengan konektivitas Bluetooth untuk difungsikan sebagai remote control.

Bahkan, S-Pen pada Galaxy Note 9 juga terkoneksi dengan sejumlah aplikasi pihak ketiga sehingga akan memudahkan kau ketika menjalankan aneka macam fungsi.

Perlu diakui, kemampuan kamera dan performa Galaxy Note 9 menjadi representasi dari produk flagship terbaik keluaran tahun 2018. Sayangnya, perubahan yang terjadi sangatlah minim jikalau dibandingkan dengan Galaxy Note 8, namun tetap layak untuk kau yang ingin mengganti smartphone dari merk lain atau masih menggunakan Samsung Galaxy Note FE.

Terkait harga Samsung Galaxy Note 9 128GB bisa kau miliki dengan mengeluarkan budget sebesar Rp13.499.000, sedangkan untuk varian memori internal berkapasitas 512GB dijual dengan banderol Rp17.999.000.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online