Rekomendasi Laptop Asus Untuk Content Creator & Gamers

Sebagai salah satu produsen laptop ternama di Indonesia, ASUS selalu menelurkan produk-produknya sesuai dengan kebutuhan para konsumen, tidak terkecuali laptop. ASUS yang mampu menjadi produsen yang paling mendominasi di Indonesia, menawarkan berbagai laptop terbaru khususnya untuk para content creator dan gamers.

Laptop baru produksi ASUS ini bukan hanya unggul dalam sektor performa, tapi juga didesain sebaik mungkin supaya para konsumennya nyaman dan lebih produktif dikala menciptakan konten-konten kreatif. Begitu pun dengan gamers, di mana ASUS kali ini memperkenalkan laptop ‘tuhan’ yang mengklaim sebagai laptop gaming tertipis di dunia.

Penasaran seperti apa laptop ASUS terbaru yang cocok untuk content creator dan para gamers? Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. VivoBook S S430

Laptop yang satu ini bisa dibilang laptop yang cocok untuk para pelajar dan profesional muda. Mengapa demikian? Sebab, desain ASUS VivoBook S yang ringkas dan stylish menciptakan konsumennya lebih gampang dibawa kemana-mana.

Yang menariknya, laptop ini mempunyai tampilan yang tipis hanya 18mm saja dengan bobot 1.4Kg. Keunggulan lainnya yaitu ergolift, di mana fitur ini membentuk sudut 3 derajat yang mampu menciptakan konsumen mengetik secara optimal. Fitur ini juga mempunyai fungsi ‘berongga’ yang bisa memaksimalkan sirkulasi udara pada laptop biar tidak terlalu panas.

Meskipun termasuk ke dalam laptop kelas ‘standar’ tapi nyatanya laptop ini punya performa yang cukup powerful di kelasnya. Tercatat, ASUS VivoBook S sudah mengusung CPU mata-mata generasi 8 dengan prosesor i7.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan laptop ini pun dibekali dengan RAM 8GB. Agar kinerja lebih optimal, ASUS pun menyematkan SSD berkapasitas 256GB. Masih belum cukup dengan storage-nya? Tenang saja, laptop seharga Rp9.599.000 ini punya HDD 1TB. Sangat luas!

Belum puas dengan klarifikasi di atas? Kalau begitu, mari simak ulasan lebih lengkapnya di artikel Review ASUS VivoBook S S430 ini.

2. VivoBook Pro F560

VivoBook Pro F560

Selain seri S S430, ada juga seri Pro F560. Kalau seri yang satu ini punya GPU yang dibilang cukup ‘gahar’ untuk laptop standar, adalah GTX1050. Selain itu, laptop ini juga punya kapasitas RAM yang lebih besar, 16GB. Namun sayangnya, laptop ini hanya mengusung HDD 1TB saja, tidak ada SSD di dalamnya.

Meskipun begitu, VivoBook Pro F560 punya kelebihan lain, yakni fitur fast charging. Kaprikornus, say goodbye deh dengan ngecas yang terlalu usang. Gimana, masih tetap oke untuk para pelajar dan profesional muda, kan? Soal harga, laptop ini juga dipatok di kisaran Rp9.599.000.

3. Zenbook 13/14/15

Jika VivoBook masih terlalu besar untuk Anda, maka ASUS menunjukkan laptop dengan bodi yang lebih ringkas lagi, yaitu Zenbook 13 UX333, Zenbook 14 UX4333, dan Zenbook UX5333.

Perbedaan dari tiga tipe Zenbook tadi ialah pada layarnya. Kaprikornus, ASUS memperlihatkan tiga Zenbook dengan layar 13 inci, 14 inci, dan 15 inci. Fun fact, seri Zenbook 13 UX333 yang punya layar 13 inci ini ternyata dinobatkan sebagai laptop terkecil di dunia untuk ketika ini.

Bahkan, laptop ini punya tampilan yang lebih kecil dibandingkan dengan kertas A4 lho! Selain kecil, laptop ini juga sangat ringan, ialah hanya 1.09Kg saja. Mau tahu lebih banyak tentang laptop ini? Bisa pribadi kunjungi artikel Review ASUS Zenbook 13 UX333FA, ya!

4. Zenbook Flip 14 UX461

Zenbook Flip 14 UX461

Nah, kalau yang satu ini cocok banget untuk para content creator. Pasalnya, laptop ASUS yang ini punya kelebihan pada bab layarnya dengan screen-to-body ratio hingga 80%. Lalu, layarnya juga bisa mereproduksi warna hingga 100% pada color space sRGB.

Hal yang menarik lainnya adalah, laptop ini juga sangat ringkas. Zenbook Flip 14 UX461 dibekali dengan teknologi NanoEdge Display dengan bezel yang sangat tipis. Dengan tampilan bezel tipis, maka laptop ini pun terlihat lebih elegan.

Jangan lupakan juga soal desain laptop yang convertible. Artinya, laptop ini punya layar yang mampu diputar sampai 360 derajat. Jadi, Anda mampu mengubah laptop ini mirip tampilan tablet. Keren, kan?

5. Zenbook Pro 14 UX480

Zenbook Pro 14 UX480

Kalau Anda cari laptop kecil yang powerful maka pilihan yang bijak untuk menggunakan Zenbook Pro 14 UX480. Mari bicara soal performanya terlebih dahulu. Si kecil ini dibekali oleh prosesor intel core i7-8565U (Whisky Lake) yang artinya laptop ini hadir dengan konfigurasi 4 core dan 8 thread.

Bahkan, ASUS Zenbook Pro 14 UX480 ini bisa melaksanakan pemrosesan hingga 4,6Ghz berkat GPU standar gaming dari NVDIA. Jadi, sudah tidak perlu diragukan lagi, dong, soal performanya?

Selain performanya yang powerful, ternyata laptop ini juga dibekali dengan fitur NanoEdge dan ErgoLift. Satu hal menarik yang tidak akan ditemukan di laptop lainnya yakni screenpad. Apa itu? Screenpad yaitu fitur yang hanya dimiliki ASUS, di mana touchpad pada laptopnya bisa dialihfungsikan sebagai layar.

Di Screenpad, Anda mampu melakukan banyak hal, mirip mengontrol setiap aplikasi yang sedang dijalankan, mengakses shortcut lebih mudah dan cepat, sampai menjadi layar kedua di laptop. Dengan kehadiran fitur ini tentunya mampu meningkatkan produktivitas Anda dalam penggunaan laptop, khususnya untuk bekerja.

6. ROG Zephyrus

ROG Zephyrus

Ini laptop yang niscaya diidam-idamkan oleh para gamers, ya? Ada dua tipe ROG Zephyrus yang ditawarkan, adalah ROG Zephyrus S GXZ701 dan GX531. Kedua varian ROG ini dibekali oleh GPU dari NVDIA, adalah GeForce RTX 2080 Max-Q, sebuah grafis segmen paling tinggi untuk saat ini.

Selain unggul pada GPU-nya, laptop ini juga punya kapasitas RAM super besar, yakni 24GB. Tidak tanggung-tanggung, bahkan ROG Zephyrus juga dilengkapi dengan SSD storage sebesar 1TB lho!

Meskipun terlihat ‘gahar’, tapi nyatanya laptop ini termasuk laptop gaming yang ringkas. Bahkan, ROG Zephyrus dinobatkan sebagai laptop gaming tertipis di dunia dengan ketebalan hanya 18mm dengan bobot 2.7Kg saja.

Kelebihan lain yang ditawarkan yaitu soal layarnya. Layar pada laptop ini punya Pantone Validated. Dengan fitur tersebut artinya laptop ini mampu menghasilkan kualitas warna yang super jernih dan mulus. Nah, bila Anda berminat untuk membeli laptop ini, silakan sediakan dana sekitar Rp38 juta – Rp56 jutaan, ya!

7. ROG Strix SCAR II

ROG Strix SCAR II

Kalau Anda lebih suka main game e-sport,maka pilihan yang anggun untuk menggunakan laptop ROG Strix Scar II. Di lini dapur pacu, laptop ini hadir dengan prosesor Intel Core i7-8750H dengan 6 core dan 12 thread. Tercatat, laptop ini juga memiliki kecepatan pemrosesan hingga 4,10GHz.

Untuk RAM, ASUS tidak pelit dengan menyediakan kapasitas RAM 16GB. Bahkan, kartu grafis yang digunakannya juga tergolong sangat baik, yaitu GeForce RTX 2070. Dengan semua spesifikasi tersebut, Anda bisa bebas main game apapun tanpa lag!

Tertarik? Tenang saja, laptop yang satu ini ditawarkan dengan harga lebih murah dibandingkan ROG Zephyrus, adalah sekitar Rp35 juta – Rp41 jutaan.

8. TUF Gaming FX505 dan FX705

Jika gugusan laptop ROG terlalu mahal, mungkin Anda mampu beralih ke model TUF Gaming. Meskipun spesifikasi yang ditawarkan tidak se-dahsyat ROG, tapi TUF Gaming sangat cocok untuk para gamers di entry level.

Ada dua TUF Gaming yang mampu dipilih, yaitu FX505 dan FX705. Untuk versi FX505 sudah mengantongi Intel Core i5-8300H atau i7-8750H. Sedangkan untuk GPU-nya ada tiga pilihan, yakni NVIDIA GeForce GTX 1050, GTX 1050Ti, dan GTX 1060. Semua pilihan tersebut mampu dikatakan sudah cukup untuk main game.

Selain menarik perhatian dari sisi performa, ternyata TUF Gaming versi FX705 sudah memiliki sertifikasi standar militer MIL-STD 810G. Artinya, laptop ini tahan banting! Bagus, kan? Berminat untuk beli laptopnya? Kalau berminat, ASUS membanderolnya dengan harga mulai dari Rp12.799.000. Tapi, sebelum memutuskan untuk beli laptop ini, mampu baca juga artikel Review TUF Gaming FX505 ini, ya.

Itulah beberapa rekomendasi laptop ASUS yang cocok untuk para content creator sekaligus gamer. Nah, dari semua laptop di atas, mana laptop pilihan favorit Anda?

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online