Perbedaan Redmi Note 9 Dan Note 8 Yang Perlu Diketahui

Setelah sukses dengan seri Redmi Note 8 yang dirilis pada Oktober 2019, Xiaomi cukup gercep mengeluarkan generasi penerusnya pada Juni 2020, yakni seri Redmi Note 9. Bisa diprediksikan bahwa Note 9 akan membawa banyak peningkatan dibandingkan Note 8. Apa sajakah peningkatan itu? Itulah yang kami berusaha jawab pada artikel perbedaan Redmi Note 9 & 8 ini.

Dibanderol dengan harga dua juta pas, Redmi Note 8 tergolong bisa memperlihatkan kepuasan pada pelanggan dengan harganya yang tidak mengecewakan terjangkau. Lantas bagaimana dengan Redmi Note 9 yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp 2,4 juta? Apa saja keistimewaannya? Simak penjelasan berikut ini.

Spesifikasi Redmi Note 9

Redmi Note 9

  • Layar: IPS LCD, 6.53 inches
  • Chipset: MediaTek Helio G85 (12nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: Quad 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 13 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5020 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Redmi Note 8

Xiaomi Redmi Note 8

  • Layar: IPS LCD, 6.3 inches
  • Chipset: Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSD
  • Kamera Belakang: Quad 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 13 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Redmi Note 9 dan Note 8

Apakah Redmi Note 8 yang merupakan seri pendahulu masih layak disandingkan dengan Redmi Note 9? Untuk menjawabnya, yuk perhatikan 6 poin perbedaan Redmi Note 9 dan Note 8 berikut ini!

1. Helio G85 vs. Snapdragon 665

Sudah sepantasnya peforma chipset menjadi faktor utama dalam menentukan HP. Redmi Note 8 yang memang dirilis setahun lebih awal terpaksa harus tertinggal dari segi penggunaan chipset. Snapdragon 665 yang disematkan pada Note 8 sesungguhnya memiliki performa yang unggul untuk HP keluaran tahun 2019.

Namun, status Helio G85 sebagai chipset yang lebih kekinian tentu mampu mendongkrak Redmi Note 9 biar menghasilkan performa yang lebih mumpuni ketika digunakan bermain game. Hal ini turut diamini oleh perbandingan chipset yang tertera pada laman NanoReview.

Jika dibandingkan skor benchmark AnTuTu 8 yang diraih keduanya, Redmi Note 9 keluar sebagai juara dengan skor 207672 yang diraihnya. Angka ini 41% lebih baik ketimbang Snapdragon 665 yang hanya meraih skor 146830. Sungguh wajar HP yang dirilis lebih gres menggunakan chipset yang lebih unggul.

2. Layar 6,53 vs. 6,3 Inci

Ada yang menyukai layar lebar, ada pula yang lebih suka layar lebih kecil. Meski Redmi Note 9 hadir dengan ukuran layar 6,53 inci memakai panel IPS LCD, ukuran ini mungkin menciptakan sebagian dari Anda merasa kesulitan menaruhnya di kantong.

Namun sebagai gantinya, Redmi Note 9 mampu menawarkan pengalaman menonton atau bermain game yang lebih seru. HP generasi penerus ini juga sudah hadir dengan desain DotDisplay terkini sehingga membuat layarnya ini dibuat tanpa poni.

Di sisi lain, Redmi Note 8 disertai dengan ukuran layar IPS LCD berukuran 6,3 inci – sedikit lebih kecil dari Note 9. HP yang dirilis pada tahun 2019 ini juga masih memakai desain waterdrop notch sehingga terlihat ada bezel yang sedikit mengganggu pemandangan.

3. Varian RAM Berbeda

varian ram

Bagi Anda yang tidak ingin sering-sering menghapus aplikasi yang berjalan pada latar belakang, carilah HP dengan ukuran RAM yang besar. RAM yang ukurannya sedikit akan semakin sering membuat HP Anda lemot, terutama kalau Anda sering berpindah-pindah aplikasi. Untuk itu, Redmi Note 8 dibekali dengan pilihan maksimal RAM sebesar 6 GB dengan ROM 128 GB.

Rupanya, HP generasi pendahulu ini berhasil mengalahkan Redmi Note 9 yang hanya dihadirkan dengan RAM maksimal 4 GB saja dengan ROM 128 GB. Ini pastinya sebuah nilai plus yang semakin menciptakan Redmi Note 8 layak dilirik.

4. Android 10 vs. Android 9 Pie

Mungkin Anda sudah bisa menebak mana di antara keduanya yang sudah hadir dengan Android 10. Yap, sudah tentu Redmi Note 9. Pasalnya, Redmi Note 8 yang merupakan HP keluaran usang memang hanya menghadirkan Android 9 Pie saat dirilis.

Namun hening saja, Redmi Note 8 tentu sudah dipastikan mampu di-upgrade ke Android 10 pada bulan Juli 2020, menurut situs Piunikaweb.com.

Namun bagi Anda yang tidak mau repot-repot melakukan upgrade dan langsung ingin mencicipi fitur terbaru dari Android 10, lebih baik pilih Redmi Note 9 saja. Apalagi, seri Redmi Note 9 dikabarkan akan menjadi salah satu HP pertama yang bisa mencicipi MIUI 12.

5. Bobot dan Dimensi

Apakah Anda mencari HP yang lebih tipis dan lebih enak digenggam? Jika iya, Redmi Note 8 lah jawabannya. Dengan mengusung dimensi bodi 158.3 x 75.3 x 8.4 mm, seri Note 8 ini lebih mungil dan tipis ketimbang Redmi Note 9 yang hadir dengan dimensi bodi 162.3 x 77.2 x 8.9 mm.

Hal ini membuat Redmi Note 8 menjadi 6% lebih tipis sehingga bisa lebih muat disimpan di kantong ataupun di tas. Bebannya yang seberat 190 gram ini juga masih lebih ringan ketimbang Note 9 yang seberat 199 gram.

Selain lebih nyaman digunakan, bodi yang lebih tipis juga tampak lebih elegan dan fashionable ketimbang ukuran tebal yang menunjukkan kesan bulky. Tapi perbedaan dimensi ini cukup kecil sehingga tinggal Anda yang tentukan apakah perbedaan dimensi dan bobot ini besar lengan berkuasa pada keputusan Anda.

6. Kapasitas Baterai

Zaman sekarang, sudah banyak masyarakat yang menghabiskan sebagian besar kegiatannya memakai HP, terutama bagi Generasi Z yang cukup lekat dengan stigma “generasi nunduk”.

Pemakaian terlalu sering tentu bisa membuat baterai cepat habis, namun masalah ini tidak berlaku bagi Redmi Note 9 dan Note 8. Keduanya telah dibekali dengan kapasitas baterai yang bisa tahan hingga seharian penuh, bahkan lebih.

Kapasitas 4000 mAh yang dimiliki Note 8 bahu-membahu sudah terbilang besar untuk harga yang ditawarkan. Bahkan beberapa HP flagship pun juga memiliki kapasitas baterai yang tidak jauh berbeda. Namun jika Anda menginginkan kapasitas yang lebih besar, Redmi Note 9 menawarkan angka 5020 mAh.

Redmi Note 9 dan Note 8 sama-sama memiliki kemampuan fast charging 18 W. Tapi, hanya Redmi Note 9 saja yang memberikan fitur reverse charging. Fitur ini berguna agar HP Anda mampu dijadikan power bank untuk mengisi daya perangkat lain. Kecepatan pengisian daya pada fitur ini hanyalah 9 W, sedikit lebih kecil dari standar pengisian daya 10 W.

Pada sektor baterai, perlu diakui bahwa Redmi Note 9 menang telak dibandingkan dengan Note 8. Fitur baterainya lebih unggul, kemampuan pengisian dayanya sama, serta bisa mentenagai HP lebih usang lagi.

Simpulan

Memang terkesan tidak begitu adil membandingkan Redmi Note 9 yang merupakan keluaran 2020 dengan Redmi Note 8 yang dirilis setahun sebelumnya. Namun, tahun rilis saja tidak bisa dijadikan faktor utama untuk menentukan kelayakan HP. Buktinya, Redmi Note 8 justru menghadirkan varian RAM yang lebih besar ketimbang penerusnya.

Perbandingan ini juga berkhasiat untuk menentukan apakah Redmi Note 8 masih layak digunakan dengan harganya yang lebih murah. Kini sudah terjawab – meski tidak mampu mengalahkan Note 9 pada beberapa sektor, Note 8 masih terbilang cukup baik untuk menjawab tuntutan zaman di 2020 dengan baterainya yang besar dan ukuran layarnya yang hanya sedikit lebih kecil.

Jika tertarik dengan Redmi Note 8, Anda mampu mengklik link ini untuk melihat harganya ataupun pribadi membelinya. Sementara itu, Redmi Note 9 yang lebih baru dirilis juga mampu Anda dapatkan dengan mengklik link ini.

Dua-duanya sama-sama menghadirkan value yang terbaik untuk masing-masing harga yang ditawarkan. Apapun itu pilihan Anda, silakan berikan pesan dan akibatnya setelah memakai HP ini pada kolom komentar.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online