Menajubkan, Bunga Bangkai Muncul Di Gampong Blang Paseh

Menajubkan, Bunga Bangkai Muncul Di Gampong Blang Paseh

LANGSA (Aceh) Bottlestbistro.com | Warga Kota Langsa di kejutkan dengan fenomena langka yang jarang terjadi di Gampong. Tetapi hari ini di Jalan Narisah Dusun Sehati, Gampong Paya Bujok Blang Paseh, Kecamatan Langsa Kota.

Fenomena langka tersebut adalah Bunga Bangkai atau nama latinnya Amorphophallus, titanum yang merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik yang berasal dari Sumatra atau yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia itu tumbuh dengan sendirinya di halaman depan halaman dekat pagar rumah Umi Yusna (73).

Saat awak media tinjau ke lokasi, ternyata benar munculnya Bunga Bangkai sesuai informasi yang di terima. Dan warga Gampong Blang pase sudah ramai ke lokasi ingin
mengabadikan gambar fenomena langka tersebut.

Geuchik Gampong Paya Bujok Blang Paseh Musfizar melalui Kepala Dusun Sehati Misbahuddin yang akrab di panggil Genta mengatakan “saya selaku juga kaget adanya fenomena langka ini, begitu saya dapat kabar langsung ke sini untuk memastikan benar atau tidaknya Bunga Bangkai itu tumbuh di rumah warga Jalan Narisah Dusun Sehati.”

Kebetulan sayalah Kadusnya, dan hal ini akan saya sampaikan kepada Geuchik, ujar Genta yang didampingi Kepada Dusun Melati Rudi Sahri, Minggu (19/7/2020).

Sementara itu Umi Yusna selaku pemilik rumah menyampaikan “nyan Bungong Kana Peut Uroe Ngeon Uroe nyoe timoh Di Sinan” Jelas Umi Yusna dengan mengunakan bahasa Aceh yang artinya “itu bunga Sudah ada Empat Hari Dengan Hari Ini Tumbuh Disitu”, tandas nya.

Pertama kali saya melihat bunga bangkai itu pada hari Jum’at, waktu itu sekilas saya lihat seperti tunas keladi dan tidak terlalu saya perhatikan, tetapi pada hari Sabtu sore saat saya berdiri di depan pintu rumah saya lihat ternyata sudah berubah, setelah saya hampiri dan amati ternyata ini bunga bangkai yang setahu saya sangat susah di temui, sebutnya.

“Semoga dengan tumbuhnya bunga langka itu menjadi rahmad untuk saya dan keluarga, contohnya hari ini orang-orang kan tidak kenal sama saya”.

Sekarang kan sudah kenal sama saya dengan tumbuhmya bunga bangkai ini di depan halaman Rumah saya, Canda Umi Yusna kepada para warga yang datang melihat fenomena Bunga langka tersebut. (AA)

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online

Be the first to comment

Leave a Reply