Keunggulan Laptop Rog Mothership: Laptop Super Sultan 130Jt!

Apa yang ada di benak Anda saat mendengar kata laptop gaming? Berat? Mahal? Performa dewa? Ya, semua hal tersebut ada pada laptop ROG Mothership dari ASUS ini. Berat? Cukup berat mengingat bodinya agak besar bila dibandingkan laptop biasa. Meskipun terlihat berat, namun laptop ini sangat sebanding dengan performa yang ditawarkan.

Tapi, yang namanya kualitas niscaya ada harga yang mahal dong? Nah, makanya tidak heran bila ROG Mothership ini dibanderol dengan harga yang mampu terbilang mahal, adalah Rp 130,999,000. Laptop super sultan! Penasaran dengan laptop Rp130 jutaan ini? Mari simak ulasan keunggulannya berikut ini.

1. Desain yang Revolusioner

Desain yang Revolusioner

Keunggulan, atau bisa dibilang keunikannya laptop ini, ialah memakai desain dengan keyboard yang dapat dilepas. Dengan desain seperti ini membuat keseluruhan dimensi bodi ROG Mothership menjadi lebih ringkas, tetapi juga menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bagi penggunanya.

Keunikan lain yang ditawarkan ROG Mothership adalah penyangga khusus yang membuat laptop ini mampu bangun dengan tepat. Penyangga tersebut dapat eksklusif terbuka saat ROG Mothership ditempatkan di atas meja berkat prosedur khusus pada bagian bawahnya. Bahkan, penyangganya itu bisa Anda atur sudutnya untuk kenyamanan dikala memakai ROG Mothership.

Nah, dengan desain ROG Mothership yang mirip ini, tentunya laptop ini bisa menghadirkan sistem pendinginan yang lebih baik. Dengan begitu, kinerja pada laptop pun bisa lebih optimal. Bahkan, posisi laptop yang bangun ini membuat banyak ruang untuk sirkulasi udara.

Tidak hanya soal desain, ROG Mothership juga dibuat dengan komponen yang berkualitas sangat cantik agar tidak gampang panas. Maka dari itu, ROG Mothership ini dibentuk dengan rangka berbahan aluminium yang diproses melalui teknik CNC Milling, di mana proses tersebut memerlukan lebih dari 114 alat dan durasi 20 jam untuk menghasilkan rangka yang presisi.

Nah, rangka pada bodi laptopnya ini juga mampu dibilang tahan benturan. Bahkan, rangka tersebut bisa dikatakan menjadi “pelindung” modul layar laptop gaming semoga tidak terkena panas dari komponen pemrosesan yang ada di belakang bodi. Jadi, sudah dipastikan desain dan bodi ROG Mothership sangat premium!

2. Sistem Pendingin yang Canggih

Sistem Pendingin yang Canggih

Kebanyakan laptop gaming pasti punya dilema soal panas. Makanya, tidak heran kalau banyak produsen laptop gaming berlomba-lomba untuk menciptakan penemuan sistem pendingin yang canggih, misalnya ASUS.

Pada laptop ROG Mothership ini ASUS justru menggebrak revolusi soal sistem pendingin dengan bodi yang bangun. Dengan desain tersebut, justru suhu komponen di laptop mampu di-reduce hingga 14 derajat celcius dibandingkan dengan laptop biasa yang mengandalkan desain clamshell traditional.

Selain itu, ROG Mothership juga dibekali dengan sistem pendingin yang menggunakan liquid metal. Nah, liquid metal tersebut akan diposisikan sebagai pengganti thermal paste. Sehingga, hal tersebut justru bisa mendinginkan suhu prosesor dan GPU hingga mencapai 13 derajat celcius lebih rendah lho!

Ada lagi hal menarik dari sistem pendinginnya, nih. Di ROG Mothership ini, laptopnya mendukung sistem pendingin dengan jaringan 8 buah heatpipe yang mana mampu menghubungkan antara CPU, GPU, dan VRM.

Nah, heatpipe-nya ini mampu terkoneksi dengan 4 buah heatsink dengan sirip (fin) ketebalan hanya 0,1mm! Dengan ketebalan tersebut maka sudah mampu dipastikan pendinginannya mampu bekerja lebih optimal. Bahkan, keempat heatsink tadi punya 375 fin dengan total luas permukaan sampai lebih dari 200.000mm persegi!

Jadi, jika Anda main game di laptop ini, tidak perlu khawatir soal laptop kepanasan lagi, ya? Sangat menarik, kan, inovasinya?

3. Performa Paling Powerfull Saat Ini

Performa Paling Powerfull Saat Ini

Ini ia pembahasan yang paling inti dan yang paling dinantikan. Mungkin Anda ingin tau, mirip apa sih performanya? Perlu Anda ketahui, bentuk ROG Mothership ini bisa dibilang sangat ringkas dan laptop ini bahkan bisa disetarakan dengan PC Dekstop kelas high-end! Jadi, jikalau soal spesifikasi, tentu saja terbaik!

Mulai dari prosesor, ROG Mothership ditenagai oleh 9th Gen Intel Core i9-9980HK. Prosesor tersebut memakai konfigurasi 8 inti dan 16 thread. Bahkan, dengan prosesor yang mirip ini mampu memroses hingga 4,7GHz dalam mode turbo.

Bukan hanya untuk main game saja, sebab prosesor 9th Gen Intel Core i9-9980HK  juga sangat cocok untuk para content creator. Bahkan, prosesor terbaru dari Intel ini punya clock speed dengan jumlah core yang lebih banyak dari generasi sebelumnya. Sudah dipastikan jika laptop ini juga bisa menangani banyak sekali tugas berat, mulai dari 3D Rendering, Recording, bahkan main game sambil live streaming.

Puas membahas prosesornya, kini beralih dengan RAM. Nah, ROG Mothership dibekali dengan RAM DDR4 dengan kapasitas sangat besar, 64GB. Jadi, Anda bisa multitasking sebanyak apapun tanpa khawatir lag.

Untuk mendukung performa yang lebih gahar, ASUS juga menunjukkan penyimpanan NVMe PCle SSD dengan konfigurasi secara RAID 0. Yang menariknya lagi, laptop ini bahkan punya teknologi HyperDrive Extreme yang bisa mengoneksikan SSD secara langsung ke CPU! Nah, dengan begitu mampu dipastikan bahwa koneksi SSD tidak akan melewati modul DMI dan mencegah efek bottleneck.

Lantas bagaimana dengan GPU? Tentu ASUS juga menentukan chip grafis yang terbaik, bahkan bisa dibilang chip grafis yang paling anggun dikala ini, adalah NVDIA GeForce RTX 2080. Yang lebih hebatnya lagi, chip grafis yang disematkannya adalah yang versi desktop dengan overlock hingga 1880MHz dengan daya 200W.

Oh iya, ROG Mothership tentunya sudah mendukung layer resolusi 4K UHD dengan refresh rate 144Hz, response 3ms (grey-to-grey), dan mendukung teknologi NVIDIA G-Sync demi memainkan game yang lebih maksimal. Ingin tahu spesifikasi selengkapnya? Cek gambar di bawah ini.

ROG Mothership spek

4. Konektivitas Terbaik di Kelasnya

Konektivitas Terbaik di Kelasnya

Tidak hanya soal desain dan performa saja, alasannya adalah laptop ini juga punya konektivitas yang jauh lebih baik kalau dibandingkan dengan laptop gaming pada umumnya. Di ROG Mothership, ASUS menyematkan modul 2.5G Ethernet yang lebih kencang dibandingkan modul Ethernet laptop gaming pada umumnya.

Modul tersebut juga bahkan ditemani dengan WiFi generasi teranyar, WiFi 6 (802.11ax) yang mana bisa menghadirkan kecepatan sampai 2,4Gbps. Bahkan, modulnya punya fitur unik dengan mengadopsi teknologi jaringan seluler, sehingga koneksinya bisa lebih stabil.

Tidak lupa, ASUS juga menyematkan teknologi ROG RangeBoost yang mana mampu mendapatkan sinyal lebih baik. Bahkan, antena WiFi-nya sudah diatur sedemikian rupa secara khusus demi menerima sinyal WIFi yang lebih baik dalam kondisi apapun.

Selain itu, ROG Mothership juga sudah dilengkapi konektivitas lainnya, seperti USB 3.1 Gen 2 yang hadir dalam bentuk port USB Type-A dan Type-C. Ada pula port Thunderbolt 3 yang menjanjikan kecepatan transfer lebih cepat serta pemberian untuk perangkat pelengkap berbasis Thunderbolt.

Nah, itu tadi beberapa keunggulan dari laptop ROG Mothership, laptop gaming terbaru dan tergahar untuk saat ini. Berminat untuk membelinya? Atau ingin tahu formasi laptop ROG yang sudah mengusung prosesor 9th Gen Intel Core? Cek selengkapnya di sini, ya.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online