Ketahui 10 Kelebihan Dan Kekurangan Hp Xiaomi Redmi S2

Kalau ditanya, HP Xiaomi apa yang tidak begitu menarik perhatian? Jawabannya yaitu Xiaomi Redmi S2. HP ini hadir di tengah produk Xiaomi lain yang lebih menarik perhatian, mirip Redmi 5, Redmi 5 Plus, atau si fenomenal Xiaomi Redmi Note 5. Xiaomi Redmi S2 seperti produk Xiaomi yang nanggung karena secara harga berhimpitan dengan ketiga produk tersebut.

Terlepas dari itu, Xiaomi Redmi S2 tetap dibeli orang. Jumlahnya mungkin tidak sebesar Xiaomi Redmi Note 5, tetapi HP yang juga punya nama Xiaomi Redmi Y2 ini masih menarik. Nah, jika Anda salah satu yang juga mengincar Redmi S2, tidak ada salahnya untuk melihat kelebihan dan kekurangan HP ini sebelum Anda menetapkan untuk membeli. Tanpa berlama-lama lagi, silakan disimak plus-minus Xiaomi Redmi S2 berikut ini.

Spesifikasi Xiaomi Redmi S2

Xiaomi Redmi S2

Umum

  • Diumumkan
    Mei, 2018

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    160.7 x 77.3 x 8.1 mm

  • Berat
    170 g

Layar

  • Jenis
    IPS LCD capacitive touchscreen

  • Ukuran
    5.99 inci

  • Resolusi
    720 x 1440 pixels, 18:9 ratio ( 269 ppi density)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 (14 nm)

  • CPU
    Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53

  • GPU
    Adreno 506

Memori

  • RAM
    4 GB

  • Memori Internal
    64 GB

  • Memori Eksternal
    microSD, sampai 256 GB (dedicated slot)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    2

  • Resolusi
    12 MP + 5 MP

  • Fitur
    f/2.2, 1.25μm, PDAF + depth sensor, LED flash, panorama, HDR

  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1

  • Resolusi
    16 MP

  • Fitur
    HDR, LED flash

  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot

  • Bluetooth
    4.2, A2DP, LE

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    Ya, dengan A-GPS, GLONASS, BDS

  • USB
    microUSB 2.0

Baterai

  • Jenis
    Li-Po

  • Kapasitas
    Non-removable 3080 mAh

  • Wireless Charging

  • Fitur
    Charging 5V/2A 10W

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 8.1 Oreo

  • Sensor
    Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Gray, Gold, Rose Gold, Mesmerising Blue, Stunning Black

Kelebihan Xiaomi Redmi S2

1. Layar Cukup Lebar

* sumber: www.youtube.com

Layar ialah sektor menarik dari HP ini. Mengusung layar 5,99 inch dengan resolusi HD+, membuat HP ini tergolong menarik untuk dipakai kebutuhan multimedia. Layarnya cukup lebar dan sudah kekinian. Layarnya bisa menghadirkan visual yang baik meski memang tidak baik-baik amat. Di kelasnya, sih, layar ini sudah cukup mumpuni.

2. Desainnya Cukup Ramping

* sumber: www.gadgetsnow.com

Jarang sekali Xiaomi memiliki unit ponsel dengan desain yang menarik dan terlihat premium. Harus diakui bahwa desain HP Xiaomi umumnya sedikit membosankan sebab cukup seperti, pun dengan Xiaomi Redmi S2. HP ini juga bekerjsama memiliki unsur desain yang mirip dengan Xiaomi Redmi Note 5.

Hanya kalau diperhatikan lebih jauh, desain bab belakang HP ini malah mengingatkan akan desain Xiaomi Mi A1. Terlihat dari posisi kamera yang ada di sudut kanan atas dan sensor sidik jari yang ada di tengah. Bedanya, dua kameranya bangkit vertikal dan bukan horizontal.

Meskipun mempunyai unsur desian dari ponsel Xiaomi lain, HP ini tetap memberi kesan yang baru. Hal ini terbukti dari feel dikala menggenggam HP ini yang cukup yummy. Desain HP ini yang ramping barangkali jadi salah satu alasannya.

Selain ramping, HP ini juga mempunyai desain yang tampak premium. Seperti yang diungkapkan oleh Gadgetsnow yang menyatakan jika Xiaomi Redmi S2 merupakan HP berbahan metal unibody yang mempunyai desain premium. Satu nilai lebih tentunya dari HP ini.

3. Performa Tergolong Baik

* sumber: www.youtube.com

Xiaomi Redmi S2 dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 625. Bukan chipset abad kini memang, tetapi chipset ini sudah dikenal sebagai chipset kelas menengah yang cukup mumpuni. Karena itu, performa Xiaomi Redmi S2 tidak mampu dibilang jelek, malah terbilang cukup baik jikalau mengusut kelas harganya yang Rp2 juta.

Droidlime sendiri mengetes HP ini dengan Antutu 7 dan menerima skor kisaran 76 ribuan. Bukan skor yang jelek bila mengingat ada HP lain dengan harga yang lebih mahal tetapi dibekali chipset yang nilai Antutu-nya di bawah HP ini. Droidlime sendiri telah menguji HP ini dengan gim kekinian, mirip PUBG Mobile. Menjalankan gim ini, pengaturan grafis yang nyaman ada di pengaturan grafis low.

Untuk kebutuhan penggunaan media umum dan multitasking masih cukup nyaman. Dibekali dengan RAM 3 GB, HP ini terbilang baik. Terbukti menurut situs Metrotvnews.com, jika HP ini memiliki performa yang baik untuk aktivitas sehari-hari. Secara keseluruhan, dapat dikatakan kalau performa HP ini tidak begitu mengecewakan di kelasnya.

4. Daya Tahan Baterai Cukup Bagus

* sumber: www.youtube.com

Xiaomi Redmi S2 dibekali dengan baterai berkapasitas Li-Po 3080 mAh. Baterai ini terkesan kecil, tetapi sesudah diuji coba ternyata baterai ini mempunyai daya tahan yang baik. Seperti yang diungkapkan oleh Gadgetsnow kalau baterai pada HP ini dapat bertahan seharian dengan pemakaian mirip melaksanakan banyak multitasking, menyalakan GPS, menonton video Netflix dan lainnya.

Droidlime juga menyatakan kalau baterai HP ini termasuk awet. Droidlime menggunakan HP ini untuk penggunaan mirip media sosial, Youtube, dan bermain gim, didapatkan screen on time yang lebih dari 7 jam. Karena alasan inilah, tidak bisa dipungkiri kalau HP ini memiliki daya tahan baterai yang baik.

5. Triple slot

* sumber: www.gadgetsnow.com

Hal yang remeh tetapi cukup berarti bagi pengguna ponsel di Indonesia, triple slot tray, dan hal tersebut hadir di Xiaomi Redmi S2. Itu berarti HP ini mampu menjalankan dua kartu SIM dan menambah memori eksternal via microSD. Satu keunggulan yang tidak boleh dilewatkan untuk HP di kelas harga terjangkau.

Kekurangan Xiaomi Redmi S2

1. Kamera Belakang yang Biasa Saja

* sumber: teknologi.metrotvnews.com

Xiaomi Redmi S2 dibekali kamera dual 12 MP + 5 MP. Kamera ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang biasa saja. Gadgets NDTV menyebut kalau penggunaan kamera belakang HP ini cenderung mempunyai persoalan, terutama untuk urusan shutter yang memiliki lag dengan kemampuan menangkap foto di kondisi cahaya rendah yang terasa kurang. Perhatikan saja hasil foto kamera XiaomI Redmi S2 berikut ini:

* sumber: gadgets.ndtv.com

* sumber: gadgets.ndtv.com

* sumber: www.gadgetsnow.com

* sumber: www.gadgetsnow.com

Tampak dari hasil tangkapan kameranya, Xiaomi Redmi S2 memang kewalahan untuk menangkap gambar dengan kualitas yang baik. Hal ini berarti menyatakan kalau kamera belakang Xiaomi Redmi S2 kurang begitu menunjukkan gambar yang baik.

Gadgetsnow memperkuat hal tersebut. Mereka menyatakan kalau kamera Xiaomi Redmi S2 bahu-membahu mampu menawarkan kualitas foto yang tidak kusam. Sayangnya, kamera ini kurang begitu baik terutama untuk menunjukkan foto dengan efek bokeh. Mereka menyayangkan jika dual kamera di bagian belakang HP ini tidak dapat membedakan objek dengan latar.

Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan kalau dua kamera di bagian belakang pada HP ini tidaklah begitu mengesankan. Satu nilai minus tentunya dari HP ini.

2. AI Beautify yang Hanya Gimmick

Xiaomi Redmi S2 dari sisi konsep dan sasaran pasar, tampak mengincar kalangan penyuka selfie. Hal ini berkat promosi HP ini yang fokus pada kamera depan dan AI. Berhasilkah konsep tersebut? Untuk menjawabnya, mari simak hasil selfie menggunakan Xiaomi Redmi S2 berikut ini.

* sumber: gadgets.ndtv.com

Dari hasil foto tersebut, tampak jikalau Xiaomi Redmi S2 mampu memperlihatkan kualitas foto selfie yang baik. Kamera 16 MP di bagian depan cukup setuju untuk memotret. Sayangnya, tidak terlalu istimewa dan tidak sebaik promosi bila kamera depan HP ini menggunakan AI.

AI pada kamera depan HP ini tampak tidak mempunyai peranan yang begitu penting. Malah bisa dibilang kalau AI pada HP ini hanyalah gimmick saja. Tidak hanya itu, Gadgets NDTV juga menyatakan jika tangkapan kamera depannya cenderung mempunyai exposure yang berlebih. Jadi, tampak kurang alami dan seharusnya AI di HP ini bekerja untuk menciptakan yang tak alami menjadi lebih alami.

3. Proses Charging yang Lamban

* sumber: www.youtube.com

Xiaomi Redmi S2 tidak dibekali dengan fitur pengisian cepat. Hal ini berarti bila HP ini memakan waktu yang agak usang untuk pengisian penuh. Gadgets NDTV sendiri menyatakan butuh waktu sampai 2 jam untuk mengisi penuh baterai Xiaomi Redmi S2.

Hasil yang didapat Droidlime sedikit lama. Droidlime mengisi daya baterai HP ini hingga penuh memakan waktus sampai dua jam lebih. Jika memeriksa durasinya, waktu dua jam lebih yang ditempuh tampak sedang. Namun, ingat baterai HP ini hanya 3.080 mAh yang berarti seharusnya pengisian baterai HP ini mampu lebih cepat.

4. Face Unlock Tidak Optimal

 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi S2

Xiaomi Redmi S2 sudah dibekali dengan sensor sidik jari dan face unlock. Sensor sidik jari di HP ini sudah cukup baik. Sayangnya, face unlock di HP ini kurang optimal. Seperti yang diceritakan di Metrotvnews.com kalau performa face unlock tidak sebaik sensor sidik jari yang cepat. Sering peristiwa face unlock tidak membaca wajah penggunanya.

Hal serupa diungkap Droidlime. Face unlock pada HP ini punya kecepatan yang cenderung biasa. Bahkan responnya lambat dikala membaca wajah di kondisi cahaya yang tidak begitu jelas. Soal face unlock ini tentu jadi salah satu nilai minus lain dari HP ini.

5. Produk yang Tanggung

Poin ini lebih mengarah kepada soal bagaimana posisi Xiaomi Redmi S2 di pasaran. Harus diakui jikalau Xiaomi Redmi S2 ini adalah produk nanggung. Pasalnya, ada HP lain dari Xiaomi yang justru lebih menarik jika di rentang harga yang sama.

Sebagai gambaran, Xiaomi Redmi S2 berada di kisaran Rp2 juta. Saudaranya, Xiaomi Redmi 5, berada di kisaran Rp1,8 juta. Performa HP ini masih bisa dikatakan bersaing dengan Xiaomi Redmi S2. Jika ingin performa yang lebih dan kamera yang lebih baik, terperinci ada Xiaomi Redmi Note 5 yang dijual di kisaran Rp2,7 jutaan.

Jangan lupa juga ada Xiaomi Redmi 5 Plus yang secara spesifikasi terbilang mirip tetapi memperlihatkan layar dan baterai yang lebih baik. Karena itu, Xiaomi Redmi S2 ini harus menerima disebut sebagai produk yang tanggung di jajaran HP Xiaomi.

Simpulan

Xiaomi Redmi S2 yakni HP yang tanggung sesungguhnya. Tanggung karena spesifikasi yang dihadirkan kurang begitu menarik, terutama untuk kalangan MiFans. Memosisikan HP ini sebagai HP selfie pun, image-nya kurang begitu mengena bagi konsumen. Lagi pula, para pecinta selfie umumnya lebih suka merek lain yang terang sering menggemborkan selfie sebagai nilai jual utama.

Terlepas dari fakta tersebut, HP ini masih tergolong menarik untuk dibeli. Desain, performa, dan layarnya jadi keunggulan menarik dari HP ini. Kamera HP ini juga cukup menarik tetapi tentu dengan ekspektasi yang tidak berlebihan. Tertarik dengan HP ini? Anda mampu membeli Xiaomi Redmi S2 melalui toko online di link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online