Kelebihan Dan Kekurangan Redmi Note 8 Yang Perlu Diketahui!

Redmi Note 8, itulah nama produk yang memiliki “beban” sebagai penerus dari Redmi Note 7. Mengapa mempunyai “beban”. Karena Redmi Note 7 yaitu HP dari Xiaomi yang laris di pasaran. Betapa tidak, HP ini begitu fenomenal, terlebih dengan harganya yang cukup menarik, yakni mulai Rp1.999.000.

Redmi Note 8 sendiri juga sendiri hadir dengan harga perkenalan mulai Rp1.999.000. Harga di pasar online mungkin akan sedikit lebih tinggi, mampu hingga Rp2,2 jutaan. Tetapi mirip kasus Redmi Note 7, dengan harga tersebut pun, HP ini tetap laku di pasaran.

Pertanyaannya sekarang tinggal, apakah Redmi Note 8 semenarik Redmi Note 7? Apa peningkatan yang didapatkan dari Redmi Note 8 ini? Untuk menjawabnya, mari simak ulasan ihwal kelebihan dan kekurangan dari Redmi Note 8 berikut ini.

Spesifikasi Redmi Note 8

Xiaomi Redmi Note 8

Umum

  • Diumumkan
    Agustus, 2019

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    158.3 x 75.3 x 8.4 mm

  • Berat
    190 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif IPS LCD

  • Ukuran
    6,3 inci, rasio layar ke body 81.7%

  • Resolusi
    1080 x 2340 piksel, rasio 19,5:9 ( kepadatan 409 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)

  • CPU
    Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)

  • GPU
    Adreno 610

Memori

  • RAM
    4 GB

  • Memori Internal
    64 GB

  • Memori Eksternal
    microSD, sampai 256 GB

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    4

  • Resolusi
    48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP

  • Fitur
    48 MP, f/1.8, (lensa lebar), 1/2″, 0.8µm, PDAF

    8 MP, f/2.2, 13mm (lensa ultra lebar), 1/4″, 1.12µm

    2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm (kamera makro khusus)

    2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, sensor mendalam

    Fitur: LED flash, HDR, panorama

  • Video

Kamera Selfie

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-grup musik, Wi-Fi Direct, hotspot

  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

  • USB
    2.0, konektor reversibel Type-C 1.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po

  • Kapasitas
    4000 mAh tidak dapat dilepas

  • Wireless Charging

  • Fitur
    Pengisian baterai cepat 18W

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie

  • Sensor
    Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, gyro, proximity, compass

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Crystal Green, Crystal Blue

  • Lainnya

Kelebihan Redmi Note 8

Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh Redmi Note 8 Pro? Untuk mengetahuinya, simak poin-poin kelebihan dari Redmi Note 8 Pro berikut ini.

1. Empat Kamera Belakang

redmi note 8

Redmi Note 8 datang dengan empat kamera belakang. Kamera belakang HP ini terdiri dari kamera utama 48 MP yang memakai sensor Samsung GM1. Kamera 48 MP ini juga sensor yang masih sama dengan Redmi Note 7.

Kamera kedua HP ini ialah kamera ultra-wide dengan resolusi 8 MP. Kamera ketiga yaitu kamera 2 MP dan kamera keempat ialah kamera makro 2MP. Untuk hasil tangkapan kameranya mampu disimak pada gambar di bawah ini.

hasil tangkapan kamera Redmi Note 8 hasil tangkapan kamera Redmi Note 8

hasil tangkapan kamera Redmi Note 8

hasil tangkapan kamera Redmi Note 8

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=6GkEY1N1fdU&t

Dari hasil contoh tangkapan kamera Redmi Note 8 tersebut, tampak jika hasil tangkapan kamera HP ini tergolong anggun. David dari channel Youtube GadgetIn juga mengatakan kalau hasil tangkapan kamera HP ini manis-cantik aja untuk HP 2 jutaan. Detail dari gambarnya mampu dan mempunyai dynamic range yang lumayan setuju.

Selain itu, kamera HP ini sudah didukung dengan mode malam. Dan masih menurut GadgetIn, hasil tangkapan kamera HP ini untuk mode malam tergolong manis.

Situs GadgetsNDTV juga menyampaikan kalau hasil tangkapan kamera ini cantik. Hasil fotonya tergolong tajam dan cerah dengan detail yang sangat baik. Hal ini menunjukan jikalau HP ini mempunyai kualitas kamera belakang yang baik. 

2. Desain Keren dan Kekinian

redmi note 8

Redmi Note 8  tiba dengan yang keren. Desainnya cukup matang meski bahu-membahu tidak terlalu jauh berbeda dengan desain Redmi Note 7. Desain yang tetap dipertahankan ini bisa jadi sebab desain Redmi Note 7 sudah terbilang sehingga tidak perlu ada perubahan mencolok.

3. Tahan Percikan Air

redmi note 8

Redmi Note 8 juga sudah mempunyai build quality yang baik. HP ini sudah dilindungi dengan pelindung Corning Gorilla Glass di bagian layar maupun di bab bodinya. Selain itu, HP ini juga sudah dilindungi kemampuan tahan cipratan air.

David dari GadetIn bahkan hingga menguji kemampuan HP ini dari cipratan air. Ia menyemprotkan air ke HP dengan cukup intens. Hasilnya, HP ini masih tidak mengalami gangguan. Hal ini berarti, jikalau Anda membawa HP ini dan sedikit kena cipratan hujan rintik-rintik, Anda tidak perlu khawatir HP ini akan mengalami error. 

4. Daya Tahan Baterai yang Baik

baterai Redmi Note 8

Realme Note 8 dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Kapasitas baterai ini serupa dengan apa yang dimiliki oleh Redmi Note 7. Kapasitas baterai ini tergolong umum alasannya adalah banyak HP yang sudah memiliki kapasitas 4.000 mAh. Tinggal seberapa usang daya tahan baterai dari HP ini.

Kalau menurut GadgetsNDTV, daya tahan baterai HP ini tergolong bagus. Menurutnya, baterai HP ini mampu mendukung Anda untuk bekerja penuh. Dengan penggunaan seperti bermain gim, streaming vieeo, dan mengambil banyak foto, baterai menyisakan 25% pada malam hari.

GadgetsNDTV juga menguji tes video loop video HP ini di HP ini. Hasilnya, Redmi Note 8 mendapatkan hasil bertahan 13 jam 10 menit untuk memainkan video HD secara terus menerus. Hasil yang tergolong cukup cantik.

5.  USB Type-C dan Fast Charging

redmi note 8

Redmi Note 8 sudah hadir dengan kabel USB Type-C. Sesuatu yang jadi keunggulan tentunya mengingat di kelas harganya, jarang ada HP yang sudah mendukung USB Type-C. Selain itu, HP ini juga sudah mendukung teknologi pengisian cepat 18W Quick Charge 3.0.

Seberapa cepat pengisian daya tahan baterai HP ini? Ternyata, Redmi Note 8 mampu terisi sebanyak 37% dalam waktu setengah jam dan 81% dalam waktu satu jam. Tentu di kelas harganya, hasil tersebut tergolong manis dan cepat. Pasalnya, HP lain di kelas harga yang sama jarang menunjukkan fitur pengisian cepat 18W.

6. Chipset dengan Performa Efisien

snapdragon 665 redmi note 8

Redmi Note 8 hadir dengan chipset Snapdragon 665. Chipset ini merupakan chipset penerus dari Snapdragon 660. Chipset ini dibangun dengan proses fabrikasi arsitektur 11 nm.

Di dalam chipset ini, tersemat octa core yang terdiri dari empat core Kryo 260 Gold 2.0 GHz untuk performa dan empat core Kryo 260 Silver 1.8 GHz untuk hemat daya. Sementara untuk pengolah grafis, tersemat GPU Adreno 610.

Seperti apa performa dari Redmi Note 8 ini? Mari simak terlebih dulu dengan melihat angka Antutu dari Redmi Note 8 ini.

antutu redmi note 8

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=6GkEY1N1fdU&t=13s

Terlihat dari nilai gambar tersebut jika Antutu dari Redmi Note 8 ini mencapai angka 140 ribuan. Angka ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan angka Antutu yang didapatkan oleh Redmi Note 7. Bagi yang belum tahu, Redmi Note 7 dibekali dengan Snapdragon 660.

Dari fakta tersebut, tampak jika bahwasanya secara performa, Snapdragon 665 tidak jauh berbeda dengan Snapdragon 660. Yang membedakan yaitu performa dari Snapdragon 665 ini lebih efisien. Dan tentu ini jadi keunggulan tersendiri yang kuat pada daya tahan baterai HP ini  yang cukup usang.

7. Layar IPS HD Corning Gorilla Glass 5

performa redmi note 8

Redmi Note 8 dibekali dengan layar 6,3 inci. Layar ini memperlihatkan resolusi 1080 x 2340 piksel. Sama seperti Redmi Note 7, layar ini dilindungi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Layarnya sendiri menunjukkan panel IPS dengan rasio layar 19,5:9. Layarnya ini juga mempunyai kerapatan layar 409 ppi. Tampilan layar HP ini cenderung cerah. Seperti yang dikatakan oleh situs GadgetNDTV yang menyampaikan jikalau layar HP ini cenderung tajam dan cerah, meski tidak terlalu vibrant. 

Kekurangan Redmi Note 8

Redmi Note 8 mempunyai beberapa kekurangan. Apa sajakah kekurangan yang dimiliki oleh Redmi Note 8 ini? Langsung simak poin-poinnya berikut ini.

1. Kamera Selfie Cukup Oke

hasil tangkapan kamera Redmi Note 8

Redmi Note 8 tiba dengan kamera depan 13 MP. Kamera depan ini hadir dengan fitur HDR, panorama, dan kemampuan merekam video sampai 1080p.

Hasil tangkapan kamera depan HP ini tidak mengecewakan oke, terperinci bukan yang terbaik dan kurang terasa maksimal. Kalau menurut situs GadgetsNDTV, hasil tangkapan kamera depan HP ini terlalu banyak penghalusan dan pelembutan. Selain itu, selfie pada malam hari menghasilkan kualitas foto yang berbintik dan blur.

2. Kualitas Audio Kurang Memuaskan

speaker redmi note 8

Redmi Note 8 memiliki kualitas suara yang tergolong kurang nendang. Youtuber Frankie Tech mengetes kualitas suara yang dihasilkan HP ini. Menurut Frankie Tech, kualitas audio dari Redmi Note 8 tidak cantik dan tidak mengesankan.

2. Masih Masalah Iklan di MIUI

redmi note 8

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=6GkEY1N1fdU&t=13s

Redmi Note 8 hadir dengan antarmuka MIUI 10 berbasis Android 9 Pie. MIUI sendiri merupakan antarmuka yang sudah ternama. Sayangnya, MIUI mempunyai satu kelemahan, yakni adanya iklan di MIUI.  Kabar baiknya, iklan di MIUI bisa dihilangkan. Anda bisa mengatasinya dengan membaca panduan wacana cara menghilangkan iklan di HP Xiaomi.

Simpulan

Redmi Note 8 ternyata cukup bisa menerangkan diri sebagai ponsel yang menarik dan layak dibeli. Peningkatannya memang bukan pada sektor performa tetapi pada hal lain. Kehadiran empat kamera, daya tahan baterai yang lebih kekal, serta kemampuan tahan cipratan air yang tentu saja jadi daya tarik tersendiri dari HP ini.

Anda yang membutuhkan HP di harga Rp2 juta, sangat layak untuk membeli HP ini. Hanya saja, kalau Anda sudah memiliki Redmi Note 7, rasanya tidak perlu membeli HP ini alasannya sesungguhnya kedua HP cenderung mirip. Lain cerita kalau Anda ialah pengguna HP lain di bawah Rp2 jutaan. Tertarik dengan Redmi Note 8? Jika Anda tertarik dengan Redmi Note 8, silakan beli Redmi Note 8 di online shop lewat link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online