Kelebihan Dan Kekurangan Realme X2 Pro, Si Flagship Killer!

Realme bergerak cepat. Tidak ada ruang berhenti bagi merk yang satu ini untuk ngebut dan balapan dengan merk lain yang sudah malang-melintang di dunia smartphone. Terbukti dengan kehadiran Realme X2 Pro, sebuah smartphone dengan spesifikasi kelas atas tetapi dibanderol dengan harga yang menarik.

Mengapa menarik? Karena harga jual smartphone ini tidak di atas Rp10 jutaan. Harganya berkisar Rp7 jutaan yang membuat ponsel ini digadang-gadang sebagai flagship killer. Harga yang cukup murah jika memeriksa spesifikasi yang ditawarkan. Memang, semenarik apa Realme X2 Pro ini? Mari simak pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan Realme X2 Pro berikut ini.

Spesifikasi Realme X2 Pro

Realme X2 Pro

Umum

  • Diumumkan
    Oktober, 2019

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    161 x 75.7 x 8.7 mm

  • Berat
    199 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif Super AMOLED

  • Ukuran
    6,5 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 5

  • Resolusi
    1080 x 2400 piksel, rasio 20:9 (kepadatan 402 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM855 Snapdragon 855+ (7 nm)

  • CPU
    Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.8 GHz Kryo 485)

  • GPU
    Adreno 640 (700 MHz)

Memori

  • RAM
    6 GB, 8 GB, 12 GB

  • Memori Internal
    64/6 GB, 128/8 GB, 256/12 GB

  • Memori Eksternal

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    4

  • Resolusi
    64 MP + 13 MP + 8 MP + 2 MP

  • Fitur
    64 MP, f/1.8, (wide), 1/1.7″, 0.8µm, PDAF

    13MP, f/2.5, (telefoto), 1/3.4″, 1.0µm, PDAF, 2x optical zoom

    8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/3.2″, 1.4µm, PDAF

    2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, sensor mendalam

    Fitur: Dual-LED flash, HDR, panorama

  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1

  • Resolusi
    16 MP, f/2.0, 0.8µm

  • Fitur
    HDR

  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    dual-grup musik A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO

  • USB
    2.0, konektor reversibel Type-C 1.0

Baterai

  • Jenis
    Li-Po

  • Kapasitas
    4000 mAh tidak dapat dilepas

  • Wireless Charging

  • Fitur
    Pengisian baterai cepat 50W: 100% dalam 35 menit (SuperVOOC Flash Charge)

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie

  • Sensor
    Fingerprint (optik, di bawah permukaan layar), accelerometer, gyro, proximity, compass

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Lunar White, Neptune Blue, Red Master Edition, Gray Master Edition

  • Lainnya
    Fitur body:

    – Panel belakang dari Gorilla Glass 5

    Fitur layar:

    – 1000 nits max brightness

    – 90 Hz

    – HDR10+

    – DCI-P3 100%

    Fitur audio:

    – Audio 24-bit/192kHz (termasuk speaker)

    – Dolby Atmos

Kelebihan Realme X2 Pro

Realme X2 Pro memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menarik. Apa saja kelebihan yang ditawarkan Realme X2 Pro ini? Silakan simak pembahasannya berikut ini.

1. Layar OLED 90Hz

Realme X2 Pro

* sumber: www.androidpit.com

Realme X2 Pro datang menawarkan layar dengan refresh rate 90 Hz. Hal ini membuat Realme X2 Pro masuk ke formasi smartphone dengan layar 90 Hz seperti OnePlus 7T Pro misalnya. Dukungan refresh rate 90 Hz jelas menciptakan ponsel ini memiliki transisi visual yang smooth. 

Terlebih, layar dari Realme X2 Pro ini sudah dibekali dengan panel OLED yang dikenal mampu menampilkan visual yang ciamik. Untuk layarnya sendiri, Realme X2 Pro menawarkan panel layar 6,5 inci dengan resolusi 2400 x 1080 piksel dengan kerapatan layar 402 ppi.

Situs Android Authority memuji tampilan layar dari Realme X2 Pro ini. Menurut mereka, dengan lebih dari 480 nits, tampilan Realme X2 Pro tergolong terang dengan ketajaman yang mengagumkan. Situs Techradar juga mengatakan jikalau tampilan layar ponsel ini tergolong cerah dan mempunyai visibilitas yang baik dikala di bawah sinar matahari.

2. Powerfull Speaker

Realme X2 Pro

* sumber: www.techradar.com

Realme X2 Pro ini hadir dengan speaker yang powerfull. Berkat pertolongan speaker stereo, hasil bunyi yang keluar dari ponsel ini tergolong elok. Terlebih ponsel ini sudah mendukung teknologi Dolby Atmos. Situs GSMArena mengamini bahwa kualitas audio yang keluar dari ponsel ini tergolong bagus dan powerfull. 

Situs Androidpit juga menyampaikan jika kualitas speaker ponsel ini tergolong elok. Berdasarkan pengalaman Androidpit, kualitas audio dari Realme X2 ini bisa menghadirkan kualitas audio yang lumayan. Bass dan mids dari suaranya tergolong seimbang dan suaranya minim terdistorsi. Hal ini jelas pertanda bila kualitas bunyi dari ponsel ini tergolong cantik.

3. Daya Tahan Baterai Luar Biasa

Realme X2 Pro

* sumber: www.androidpit.com

Realme X2 Pro dibekali dengan baterai 4.000 mAh. Kapasitas baterai ini jadi tergolong standar. Tinggal bagaimana vendor memaksimalkan UI mereka agar ponsel bisa memiliki daya tahan baterai yang baik. Faktor chipset dan layar juga biasanya besar lengan berkuasa pada daya tahan baterai.

Lalu, bagaimana dengan daya tahan baterai Realme X2 Pro? GSMArena menguji daya tahan baterai ini dan didapatkan hasil jika baterai Realme X2 Pro memiliki endurance rating 94h. Berikut berita lengkap soal hasil tes baterai  yang dilakukan GSMArena.

daya tahan baterai realme x2 pro

Menurut GSMArena, menurut pengujian baterai mereka, daya tahan baterai Realme X2 Pro tergolong cukup. Bahkan, saat ponsel berada di mode 90 Hz. Situs Techradar juga menyampaikan jika daya tahan baterai ponsel ini tergolong usang. Bukan yang terbaik tetapi tergolong usang mengingat ponsel ini memberikan mode refresh rate 90 Hz.

4. Pengisian Daya Super Cepat

Realme X2 Pro

* sumber: www.stuff.tv

Realme X2 Pro mendukung teknologi pengisian cepat miliki OPPO, Super VOOC fast charging 50W. Dengan teknologi ini, baterai ponsel dapat terisi dari 0 hingga penuh hanya dalam waktu 35 menit saja. Tentu dengan teknologi pengisian baterai yang cepat ini membuat Realme X2 Pro mempunyai nilai jual tersendiri.

5.  Performa Tidak Perlu Diragukan

Realme X2 Pro

* sumber: www.stuff.tv

Realme X2 Pro mempunyai chipset Snapdragon 855+ sebagai dapur pacunya. Di dalam chipset ini, hadir dengan konfigurasi CPU Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485) dan GPU Adreno 640 yang memiliki clock speed 700 Mhz. 

Kehadiran chipset Snapdragon 855+ di ponsel ini terang membuat performa dari Realme X2 Pro tidak sembarangan. Performanya tidak berbeda jauh dengan Xiaomi Black Shark 2 Pro yang juga dibekali dengan Snapdragon 855+. Untuk mengusut performanya, mari lihat skor benchmark dari Realme X2 Pro berikut ini.

benchmark realme x2 pro

* sumber: www.androidauthority.com

Pada Antutu 7, Realme X2 Pro menerima skor 390 ribuan, skor yang terang tinggi. Pada benchmark 3D Mark, Realme X2 Pro mendapat skor 6.091 untuk Sling Shot Extreme Open GL dan 5.290 untuk Sling Shot Extreme Vulkan. Sementara untuk Geekbench 4, Realme X2 Pro menerima skor single-core sebesar 3.045 dan skor multi-core sebesar 11.204.

Menilik hasil benchmark tersebut, terperinci jika performa ponsel ini berada di kelas atas. Skornya terbilang tinggi. Untuk main gim, terperinci mampu ngebut. Seperti kata Stuff.tv, performa Realme X2 Pro untuk main gim tergolong lancar. Memainkan gim yang mendukung 90Hz juga terlihat halus.

Situs Android Authority juga memuji performa ponsel ini. Menurut mereka, performa dari Realme X2 lumayan. Ponsel ini mampu memainkan gim berat seperti PUBG Mobile, Fortnite Mobile, Super Mario Run,  Call of Duty Mobile, dan gim lainnya dengan lancar tanpa lag dan frame drop.

Data tersebut menegaskan jika performa dari Realme X2 Pro tidak perlu diragukan lagi. Performa ponsel ini kencang dan bagus terlebih untuk kelas harganya.

6. Kinerja Fingerprint di Layar yang Baik

Realme X2 Pro

* sumber: www.stuff.tv

Realme X2 Pro sudah  dibekali dengan sensor sidik jari di layar. Penggunaan panel AMOLED jelas perlu dimaksimalkan dengan kehadiran sensor sidik jari di layar. Tinggal pertanyaannya, seberapa cepat kemampuan sensor sidik jari dari Realme X2 Pro ini?

Realme sendiri mengklaim bila kecepatan baca sensor sidik jari di layar ponsel ini yang tercepat yaitu mencapai 0,23 detik. Situs Androidpit menandakan hal tersebut dan kesannya memang respon baca sensor sidik jari di ponsel ini tergolong cepat dan akurat.

7.  Kamera Tergolong Bagus

Realme X2 Pro

* sumber: www.stuff.tv

Realme X2 Pro hadir dengan empat kamera belakang. Keempat kamera belakang tersebut terdiri dari kamera utama 64 MP yang hadir dengan sensor ISOCELL Bright GW1. Kamera ini hadir dengan bukaan f/1.8 dengan focal length 26mm dan fitur PDAF. Sensor kamera 64 MP ini serupa dengan sensor yang ada di kamera utama Realme XT.

Kamera kedua adalah kamera telefoto 13 MP. Kamera ini hadir dengan bukaan f/2.5, PDAF, dan 2x optical zoom. Kamera ketiga yaitu kamera ultra-wide  8 MP dengan bukaan f/2.2 dan juga PDAF. Sementara kamera keempat ialah kamera 2 MP yang berfungsi untuk menawarkan efek bokeh.

Bagaimana dengan hasil tangkapan kamera dari Realme X2 Pro ini? Penasaran? Simak acuan tangkapan kamera belakang Realme XT berikut ini.

hasil tangkapan kamera realme X2 pro

* sumber: www.gsmarena.com

hasil tangkapan kamera realme X2 pro

* sumber: www.gsmarena.com

hasil tangkapan kamera realme X2 pro

* sumber: www.gsmarena.com

Menilik hasil tangkapan foto di atas, tampak kalau kamera Realme X2 Pro mampu menangkap gambar dengan baik. Kalau menurut Techradar, hasil tangkapan kamera belakang ponsel ini mempunyai kualitas gambar yang berwarna dan mempunyai representasi detail yang baik.

Situs Android Authority juga memuji kualitas tangkapan kamera belakang Realme X2 Pro. Menurut mereka, hasil foto dari kamera ponsel ini mampu menghadirkan warna yang seperti dengan aslinya. Hasil foto juga menunjukan rentang dinamis dan detail foto yang baik.

GSMArena juga sependapat dengan Android Authority. Menurut mereka, hasil tangkapan kamera utama dari Realme X2 Pro di siang hari benar-benar pertanda level detail yang bagus dan rentang dinamis yang baik. Reproduksi warna yang dihasilkan foto juga tergolong cantik.

Hasil tersebut didapatkan dengan kamera 64 MP pada mode 16 MP. Yap, kamera utama ponsel ini yakni 16 MP tetapi ada mode untuk mengubah kamera menjadi 64 MP. Hasil tangkapan mode kamera 64 MP malah menghasilkan foto dengan detail yang lebih baik jika dibandingkan mode 16 MP.

Kamera telefoto dari Realme X2 Pro juga tergolong cantik. Hasil tangkapan kamera telefoto dari ponsel ini mampu menghadirkan detail yang bagus. Sayangnya, hasil tangkapan kamera ultra-wide tidak terlalu mengesankan tapi menurut GSMArena masih masuk kategori “oke”.

Untuk selfie, kamera depan ponsel ini memperlihatkan kamera 16 MP dengan fitur HDR. Hasil tangkapan kamera depannya tergolong anggun. Seperti yang dikatakan GSMArena, jikalau hasil tangkapan kamera depan ponsel ini mampu menghadirkan detail dan rentang dinamis yang baik bahkan tanpa menggunakan fitur autofocus sekalipun. Bisa dibilang, untuk kamera depan dan kamera belakang, ponsel ini mempunyai kualitas yang baik.

Kekurangan Realme X2 Pro

Realme X2 Pro bukanlah ponsel yang tepat. Ponsel ini juga mempunyai beberapa kekurangan. Berikut kekurangan dari Realme X2 Pro.

1. Hasil Foto Low-light Kurang Mengesankan

Realme X2 Pro

* sumber: www.stuff.tv

Meskipun hadir dengan empat kamera, kualitas kamera dari Realme X2 Pro lebih banyak berbicara saat cahaya memadai. Saat diajak ke mode kurang cahaya, hasil tangkapan kamera belakang ponsel ini kurang mengesankan. Berikut pola hasil tangkapan kamera belakang Realme X2 Pro di kondisi kurang cahaya atau low-light. 

hasil tangkapan kamera realme X2 pro

* sumber: www.gsmarena.com

Foto di atas masih sedikit lebih baik. Detailnya tergolong bagus tetapi kurang begitu mengesankan untuk sebuah ponsel kelas atas. Mari simak contoh foto kamera belakang lainnya di kondisi kurang cahaya berikut ini.

hasil tangkapan kamera realme X2 pro

* sumber: www.androidauthority.com

Terlihat jika hasil tangkapan kamera dari Realme X2 Pro di malam hari tidak mengesankan. Bisa dibilang jika kondisi low-light yaitu kondisi dikala kamera ponsel Realme X2 Pro tidak bekerja secara maksimal. Bahkan, situs Android Authority menyampaikan kalau hasil tangkapan kamera belakang Realme X2 Pro pada kondisi kurang cahaya, benar-benar buruk.

2. Tidak Ada Slot MicroSD

Realme X2 Pro

* sumber: www.techradar.com

Realme X2 Pro tidak mendukung penggunaan memori eksternal. Ponsel ini memang memberikan memori internal yang lega, yaitu mulai dari 128 GB. Di Indonesia, varian yang hadir secara resmi adalah varian memori internal 256 GB dengan RAM 12 GB. Dengan kapasitas tersebut bekerjsama sudah cukup tetapi tentu alangkah lebih baik bila ponsel ini mendukung penggunaan slot microSD.

3. Tidak Ada Sertifikasi Tahan Air

Realme X2 Pro

* sumber: www.techradar.com

Realme X2 Pro tidak mempunyai sertifikasi anti-air atau tahan air. Hal ini cukup disayangkan mengingat untuk sebuah ponsel kelas atas, tentu akan lebih baik bila Realme X2 Pro memiliki sertifikasi anti-air. Tapi hal ini jadi masuk akal kalau memeriksa harga yang ditawarkan.

Simpulan

Realme X2 Pro memang ponsel yang menarik. Ponsel ini memberikan performa kencang, layar yang manis, dan konfigurasi empat kamera. Sayangnya, kamera untuk kondisi kurang cahaya masih kurang maksimal. Tapi secara keseluruhan, ponsel ini memang layak untuk dibeli atau dilirik. Terlebih ponsel ini memberikan fitur menarik mirip kehadiran layar 90 Hz, sensor sidik jari, dan tidak ketinggalan terdapat fitur NFC.

Tidak berlebihan menyebut Realme X2 Pro sebagai flagship killer. Pasalnya, di kelas harganya, sulit menemukan ponsel yang menawarkan spesifikasi cukup mumpuni seperti Realme X2 Pro. Kalaupun ada, tentu ponsel tersebut bukan ponsel dengan garansi resmi. Tertarik dengan ponsel ini? Cek di sini untuk membeli HP ini di toko online.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online