Kelebihan Dan Kekurangan Oneplus 7T Yang Perlu Diketahui

OnePlus 7T, itulah HP yang jadi penerus OnePlus 7. Mengapa disebut penerus? Karena ada beberapa hal yang membuat OnePlus 7T cenderung seperti dengan OnePlus 7. Tetapi tentu saja ada beberapa peningkatan yang membuat OnePlus 7T ini lebih menarik dan istimewa.

Lantas, mirip apa OnePlus 7T ini? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan dari OnePlus 7T ini. Anda mampu simak kelebihan dan kekurangan HP ini tetapi silakan simak spesifikasi dari OnePlus 7T  terlebih dahulu berikut ini.

Spesifikasi OnePlus 7T

OnePlus 7T

Umum

  • Diumumkan
    September, 2019

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    160.9 x 74.4 x 8.1 mm

  • Berat
    190 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif AMOLED Fluid

  • Ukuran
    6,55 inci dengan perlindungan Corning Gorilla Glass

  • Resolusi
    1080 x 2400 piksel, rasio 20:9 (kepadatan 402 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM855 Snapdragon 855+ (7 nm)

  • CPU
    Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485)

  • GPU
    Adreno 640 (700 MHz)

Memori

  • RAM
    8 GB

  • Memori Internal
    128 GB

  • Memori Eksternal

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    3

  • Resolusi
    48 MP + 12 MP + 16 MP

  • Fitur
    48 MP, f/1.6, 26mm (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF, OIS

    12 MP, f/2.2, 51mm (telefoto), 1.0µm, PDAF, 2x optical zoom

    16 MP, f/2.2, 17mm (ultrawide), AF

    Fitur: Dual-LED flash, HDR, panorama

  • Video
    [email protected]/60fps, [email protected]/60/240fps, [email protected], Auto HDR, gyro-EIS

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1

  • Resolusi
    16 MP, f/2.0, 25mm (wide), 1/3.1″, 1.0µm

  • Fitur
    Auto-HDR

  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-grup musik, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot

  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE, aptX HD

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    dual-grup musik A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, SBAS

  • USB
    3.1, konektor reversibel Type-C 1.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po

  • Kapasitas
    3800 mAh tidak mampu dilepas

  • Wireless Charging

  • Fitur
    Pengisian baterai cepat 30W (Warp Charge 30T)

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 10

  • Sensor
    Fingerprint (optik, di bawah permukaan layar), accelerometer, gyro, proximity, compass

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Frosted Silver, Glacier Blue

  • Lainnya
    Fitur body:

    – Panel belakang dari Gorilla Glass

    Fitur layar:

    – DCI-P3 100%

    – HDR10+

    – 90Hz

    Fitur audio:

    – Suara Dolby Atmos

Kelebihan OnePlus 7T

Tentu menarik untuk mengusut apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh OnePlus 7T. Apa keunggulan yang dimiliki oleh OnePlus 7T ini? Simak poin-poin kelebihannya berikut ini.

1. Layar AMOLED 90Hz

OnePlus 7T

* sumber: www.trustedreviews.com

OnePlus 7T hadir dengan dimensi layar 6,55 inci. Layarnya ini memperlihatkan rasio 20:9 dengan resolusi 1080 x 2400 piksel. Layarnya ini memiliki kerapatan layar 402 ppi. Selain itu, layar HP ini menggunakan panel Fluid AMOLED dengan pelindung Corning Gorilla Glass. Tidak ketinggalan layar HP ini sudah mendukung HDR10+ dan DCI-P3 100%.

Hal menarik lainnya dari layar HP ini yaitu refresh rate yang dimilikinya. OnePlus 7T  sudah mendukung refresh rate 90 Hz yang menciptakan HP ini bisa dibilang cukup nyaman dipakai untuk main gim dan navigasi pun menjadi lebih halus.

Hal ini mirip diungkapkan oleh GSMArena. Menurut mereka, layar HP ini memiliki tampilan yang lebih halus dengan antarmuka yang terasa lebih cepat perpindahannya. Animasi di layar pun terlihat lebih mendalam dan transisi di layar tampak memikat. Jelas ini menyebabkan layar HP ini tergolong jempolan.

2. Pengisian Super Cepat

OnePlus 7T

* sumber: www.trustedreviews.com

OnePlus 7T dibekali dengan teknologi pengisian super cepat. Teknologi pengisian cepat yang dimiliki HP ini adalah Warp Charge 30T atau bahasa sederhananya teknologi pengisian cepat 30W.

Dengan teknologi tersebut, HP ini dengan baterai 3.800 mAh ini diklaim dapat terisi daya 70% hanya dalam waktu setengah jam saja. Menariknya, berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh GSMArena, dalam waktu 30 menit, ternyata persentase baterai yang terisi yaitu 72%. Jika mencapai 100%, waktu yang diperlukan yaitu 1 jam 16 menit.

Pencapaian serupa juga diungkapkan oleh Smartprix. Situs informasi dan review teknologi asal India tersebut mencatatkan hasil tes pengisian daya yang sama, adalah 1 jam 16 menit untuk terisi penuh. Smartprix menambahkan gosip jikalau dalam tempo 20 menit, baterai bisa terisi dari 0% hingga 40%.

Hasil tes tersebut terperinci mengambarkan bila OnePlus 7T  mempunyai teknologi pengisian super cepat. Benar-benar cepat yang membuat OnePlus 7T terasa lebih istimewa.

3. Kamera Impresif

OnePlus 7T

OnePlus 7T dibekali dengan tiga kamera belakang. Kehadiran tiga kamera di bab belakang ini tentu jadi peningkatan yang menarik. Pasalnya, OnePlus 7 hanya dibekali dengan dua kamera saja, ialah kamera 48 MP dan kamera 5 MP sebagai depth sensor.

Lantas, apa saja tiga kamera dari OnePlus 7T? OnePlus 7T hadir dengan tiga kamera. Kamera pertama yaitu kamera 48 MP dengan sensor Sony IMX586. Kamera ini mempunyai bukaan f/1.6, mendukung PDAF, dan sudah  mendukung OIS.

Kamera kedua adalah kamera telefoto. Kamera ini hadir dengan resolusi 12 MP yang memiliki bukaan f/2.2. Kamera ini sudah mendukung PDAF dan 2x optical zoom. Kamera ketiga yaitu kamera ultra-wide. Kamera ini sudah mendukung fitur autofocus.

Lantas, bagaimana hasil tangkapan kamera dari OnePlus 7T  ini? Untuk mengetahuinya, silakan simak teladan hasil tangkapan kamera dari OnePlus 7T berikut ini.

hasil kamera oneplus 7t

* sumber: www.androidauthority.com

hasil kamera oneplus 7t siang

* sumber: www.androidauthority.com

hasil kamera oneplus 7t malam

* sumber: www.androidauthority.com

Menilik hasil fotonya, Anda pasti yakin kalau HP ini memiliki kemampuan kamera yang luar biasa. Hasil tangkapan kamera dari HP ini tergolong anggun, apalagi di kondisi cahaya yang jelas. Kalau berdasarkan GSMArena, hasil tangkapan kamera HP ini mempunyai reproduksi warna yang cantik dan memiliki dynamic range yang baik.

Situs AndroidAuthority juga mengatakan jikalau hasil kamera HP ini mempunyai dynamic range yang baik. Selain itu, hasil foto dari HP ini memiliki gambar yang tajam. Tidak terlalu tajam sekali tetapi warna keseluruhan yang dimiliki tergolong manis.

Situs GSMArena juga memuji hasil tangkapan kamera HP ini untuk lensa telefoto. Warna yang dihasilkan cenderung anggun dan mempunyai rentang dinamis yang baik. Hanya saja untuk lensa ultra-wide, risikonya tidak terlalu mengesankan, dan cenderung mirip dengan hasil foto lensa ultra-wide yang dimiliki OnePlus 7 Pro.

Satu lagi untuk mode malamnya (nightscape), OnePlus 7T ini mampu menangkap foto di kondisi cahaya rendah dengan baik. Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh situs Trustedreviews. Menurut mereka, mode malam mampu menghasilkan foto yang jelas untuk kondisi cahaya rendah, sedikit noise, dan tergolong baiklah untuk keperluan media umum.

Untuk kamera depan, spesifikasi yang dimiliki HP ini serupa dengan kamera depan yang ada pada OnePlus 7 dan OnePlus 7 Pro. Hanya saja bedanya, OnePlus 7 Pro mempunyai sistem mekanisme kamera pop-up. 

Karena OnePlus 7T tidak mempunyai kamera pop-up, kamera depan HP ini berada di atas layar dengan berbentuk notch kecil. Untuk kesannya sendiri, kamera depan HP ini mampu menghadirkan foto dengan detail yang baik dan memiliki rendition warna yang cantik.

4. Performa Super dengan UFS 3.0

OnePlus 7T

* sumber: www.smartprix.com

OnePlus 7T dibekali dengan Snapdragon 855+. Snapdragon 855+ ini merupakan chipset yang mempunyai konfigurasi CPU Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485) dan GPU Adreno 640 yang memiliki clock speed 700 Mhz.

Penggunaan Snapdragon 855+ tentu mampu patut diapresiasi alasannya adalah sebagai pembeda dari Snapdragon 855 yang dipakai di OnePlus 7. Lantas, seperti apa performa dari HP ini. Benchmark 3DMark Sling Shot, Antutu, dan Geekbench ini adalah jawabannya.

benchmark oneplus 7t

* sumber: www.androidauthority.com

Menilik dari data tersebut, terang mengambarkan jika performa OnePlus 7T ini tergolong kencang. Rasanya tidak perlu dipertanyakan lagi performanya.

ASUS ROG Phone II dan Black Shark 2 Pro  merupakan dua HP yang juga memberikan Snapdragon 855+. Kedua HP tersebut yakni HP gaming yang terperinci mengambarkan kalau performa dari OnePlus 7T bukan kaleng-kaleng.

Bahkan, dengan sumbangan layar AMOLED 90 Hz HDR, Snapdragon 855+, serta penyimpanan UFS 3.0, menjadikan OnePlus 7T  bisa masuk sebagai kategori HP untuk kebutuhan gaming.

5. OxygenOS 10 Berbasis Android 10

OxygenOS OnePlus 7T

* sumber: www.gsmarena.com

OnePlus 7T hadir dengan tampilan antarmuka OxygenOS yang berbasis Android 1o. OxygenOS dikenal sebagai salah satu custom ROM yang mengubah Android murni dan menambahkan beberapa fitur dan pengaturan yang banyak manfaatnya.

Pujian terhadap custom ROM ini dikatakan oleh Smartprix. Menurutnya, OxygenOS yang ada di OnePlus 7 benar-benar memberi pengalaman navigas yang cepat dan lancar. Selain itu, Smartprix juga memuji OnePlus 7T alasannya jadi salah satu ponsel pertama yang merasakan Android 10.

6. Performa Sensor Sidik Jari yang Oke

sensor sidik jari oneplus 7T

* sumber: www.techradar.com

OnePlus 7T dibekali dengan sensor sidik jari di layar berbasis optical in-display fingerprint. Sensor sidik jari ini bukan sesuatu yang istimewa, tinggal bagaimana performa dari sensor sidik jarinya. Kalau berdasarkan Smartprix dan GSMArena, performa sensor sidik jari di HP ini tergolong setuju dan responnya tergolong cepat. Satu keunggulan lain tentunya dari HP ini.

Kekurangan OnePlus 7T

Setelah mengetahui kelebihan dari OnePlus 7T, selanjutnya mari bahas soal kekurangan dari OnePlus 7T. Apa saja kekurangan yang dimiliki oleh OnePlus 7T ini? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Daya Tahan Baterai Tidak Mengesankan

BENCHMARK BATERAI OnePlus 7T 90 Hz

* sumber: www.gsmarena.com

Sudah disebutkan atau mampu juga cek spesifikasi HP ini, bila OnePlus 7T dibekali dengan baterai 3.800 mAh. Kapasitas baterai ini terasa kurang untuk kebutuhan zaman kini. Hal ini pun terbukti dari hasil pengujian GSMArena yang membuktikan jikalau endurance rating OnePlus 7T  di mode layar 90 Hz hanya mendapat 90h saja.

Lantas, bagaimana jika dites dalam mode layar 60Hz? Simak tabelnya berikut ini.

BENCHMARK BATERAI OnePlus 7T 60 Hz

* sumber: www.gsmarena.com

Tampak bila pengujian baterai OnePlus 7T pada mode layar 60Hz tidak meningkat signifikan. Skor endurance rating yang dimiliki hanya 93h saja. Bukan yang terburuk memang tetapi jelas bukan yang terbaik untuk ukuran HP kelas atas.

AndroidAuthority saja bilang bila daya tahan baterai HP ini hanya begitu-begitu saja. Maksudnya mampu berarti tidak ada peningkatan yang signifikan untuk kapasitas baterai mengingat sebelumnya OnePlus 7, hanya dibekali baterai 3.7000 mAh. Hanya meningkat 100 mAh saja.

2. Tidak Ada Wireless Charging

OnePlus 7T

* sumber: www.techradar.com

Kekurangan lain dari OnePlus 7T adalah tidak adanya kemampuan untuk wireless charging. Mengapa ini sangat penting? Karena mampu jadi Anda butuh HP kelas atas yang sudah mempunyai fitur lengkap, termasuk kemampuan untuk mengisi daya tanpa kabel, dan OnePlus 7T tidak memiliki hal tersebut.

3. Tidak Ada Audio Jack

OnePlus 7T

* sumber: www.trustedreviews.com

Kekurangan lain dari OnePlus 7T yaitu tidak adanya audio jack 3,5 mm. Sebenarnya hal ini sudah dapat ditebak mengingat OnePlus 7 juga tidak mempunyai audio jack 3,5 mm. Tapi, bagi Anda yang membutuhkan lubang audio jack 3,5 mm, jelas ini jadi satu kekurangan tersendiri.

4. Tidak Ada IP Rating

Layar oneplus 7T

* sumber: www.techradar.com

Kekurangan lain dari OnePlus 7T  adalah tidak adanya kemampuan tahan air. Fitur ini jelas diperlukan, terutama untuk Anda yang memang mencari HP kelas atas dengan kemampuan tahan air. Karena tidak adanya IP rating di HP ini jadi kekurangan tersendiri.

Simpulan

OnePlus 7T  hadir sebagai HP yang memiliki peningkatan cukup bagus dari generasi sebelumnya, adalah OnePlus 7. Peningkatan paling kerasa ada di sektor layar 90Hz, kehadiran tiga kamera, serta performa yang sedikit lebih kencang dibandingkan sebelumnya.

Sayangnya tidak adanya wireless charging dan IP rating barangkali jadi kekurangan yang bakalan kerasa, terlebih jikalau HP ini berada di kelas atas. Terlepas dari itu, bila Anda tetapi berminat dengan HP ini, silakan beli HP ini di Bukalapak lewat link ini. Hanya perlu diingat, HP ini tidak hadir secara resmi di Indonesia.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online