Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Smartphone Realme 6 Pro

Realme 5 dan Realme 5 Pro adalah dua ponsel dari Realme yang tergolong menarik. Kedua ponsel ini merupakan penerus dari Realme 3 dan Realme 3 Pro. Dan Realme 3 dan Realme 3 Pro yaitu akseptor “tongkat”dari Realme 2 dan Realme 2 Pro.

Tentu dengan denah mirip itu, seri selanjutnya, ialah Realme 6 dan Realme 6 Pro dibutuhkan mampu hadir untuk meneruskan kesuksesan produk Realme di pasaran, terutama di Indonesia. Namun, Realme sedikit mengubah strategirnya. Realme 6 bukanlah penerus dari Realme 5 dan Realme 6 Pro bukanlah penerus dari Realme 5 Pro.

Realme 6 justru diklaim Realme sebagai penerus dari Realme 5 Pro. Sementara, Realme 6 Pro hadir sebagai penerus dari Realme XT. Klaim ini jelas menciptakan kedua ponsel mengalami peningkatan, baik dari segi spesifikasi, maupun harga.

Lalu, apakah dengan peningkatan harga ini menciptakan ponsel tersebut menarik? Tentu untuk mengetahuinya, perlu dibahas apa saja hal-hal yang menarik alias kelebihan dan hal tidak menarik alias kekurangan dari ponsel ini. Karena, itu jangan lewatkan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Realme 6.

Sementara untuk kelebihan dan kekurangan dari Realme 6 Pro bakalan dibahas pada artikel kali ini. Seberapa menarik Realme 6 Pro ini? Apakah layak sebagai penerus dari Realme XT. Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan berikut ini!

Spesifikasi Realme 6 Pro

Realme 6 Pro

  • Rilis: Maret, 2020
  • Layar: 6,6 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 5
  • Resolusi Layar: 1080 x 2400 piksel, rasio 20:9 (kepadatan 399 ppi)
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang:  64 MP, 12 MP, 8 MP, 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP + 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4300 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Realme 6

Ternyata ada banyak kelebihan yang ada ditawarkan oleh Realme 6 Pro yang menciptakan ponsel ini layak dipilih. Apa sajakah kelebihan itu? Simak poin-poinnya berikut ini!

1. Desain Menakjubkan + Corning Gorilla Glass 5

Realme 6 Pro

Realme 6 Pro hadir dengan desain yang disebut Realme terinspirasi dari petir. Desain petir ini memang sangat mencolok dan menonjol di bagian belakang bodi Realme 6 Pro. Desain ini menciptakan Realme 6 Pro terlihat menakjubkan dan terkesan beda.

Apalagi bodi perangkat ini dibangun dengan kombinasi  frame metal dan 3D-glass di bagian belakang. Selain itu, ponsel ini juga sudah menggunakan layar yang dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5. Keberadaan pelindung Corning Gorilla Glass 5 membuat ponsel ini lebih menarik dan tahan terhadap goresan.

Satu fitur menarik lainnya yang tetap dipertahankan yakni kemampuan ponsel dari cipratan air. Fitur ini bukanlah hal baru alasannya adalah Realme 5 Pro juga memilikinya. Hanya saja Realme XT tidak memiliki fitur ini.

2. Daya Tahan Baterai yang Lama

Realme 6 Pro

* sumber: www.smartprix.com

Realme 6 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas 4.300 mAh. Jika dibandingkan dengan Realme XT, kapasitas baterai ini tergolong besar. Realme XT hanya memiliki baterai dengan kapasitas 4.000 mAh.

Tapi jelas, kapasitas bukanlah segalanya. Yang lebih penting ialah seberapa usang daya tahan dari perangkat tersebut. Dan Realme 6 Pro, termasuk ponsel yang mempunyai daya tahan baterai cukup baik.

Dalam pengujian yang dilakukan oleh Gadgets NDTV, daya tahan baterai Realme 6 Pro mampu bertahan 21 jam dan 42 menit pada pengusian tes baterai loop video HD. Menurut Gadgets NDTV, daya tahan baterai dari Realme 6 Pro ini tergolog solid.

Situs Jagat Review juga menguji daya tahan Realme 6 Pro memakai tes video playback. Hasilnya, Realme 6 Pro ternyata mampu bertahan sampai 24 jam. Hal ini membuktikan jikalau daya tahan Realme 6 Pro memang benar-benar manis.

3. Pengisian Daya Super Cepat 30W

Realme 6 Pro

Tidak hanya mempunyai daya tahan baterai yang baik, Realme 6 Pro juga memiliki kemampuan untuk pengisian daya yang cepat, yakni pengisian daya cepat 30W. Jika dibandingkan dengan Realme XT yang hanya mendukung pengisian 20W, jelas hal ini merupakan sebuah peningkatan.

Lantas, seberapa cepat waktu pengisian dari Realme 6 Pro ini? Situs Smartprix menuliskan kalau pengisian daya ponsel ini sampai penuh hanya membutuhkan waktu 60 menit saja. Situs Gadgets NDTV  juga mencatatkan waktu yang sama untuk waktu pengisian. Hanya saja hitungannya dari 0% sampai 90%.

Untuk pengisian di awal, ponsel ini mampu mengisi sangat cepat. Seperti yang diungkapkan oleh situs 91Mobiles.com, bahwa Realme 6 Pro dapat terisi dayanya hingga 50% hanya dalam waktu 20 menit saja. Sementara situs Mashable India menyampaikan jika dalam 30 menit, waktu pengisian daya ponsel ini mencapai 60%.

4. Layar Mendukung 90 Hz dan HDR

Realme 6 Pro

Realme 6 Pro hadir dengan dimensi layar 6,6 inci. Layarnya sendiri memberikan resolusi 1080 x 2400 piksel dengan rasio 20:9. Layarnya ini memakai panel IPS. Penggunaan panel IPS ini mampu jadi satu kekurangan tersendiri mengingat Realme XT sudah memberikan panel layar AMOLED.

Namun, Realme 6 Pro memberikan fitur menarik yang jarang ditemukan di ponsel lain di kelas harganya. Fitur tersebut yakni sumbangan refresh rate 90 Hz yang Realme sebut sebagai Ultra Smooth Display. Perlu diingat, layar refresh rate 90 Hz umumnya hanya ditemukan di  ponsel kelas atas di harga Rp7 jutaan ke atas.

Selain itu, menurut temuan dari Jagat Review, ternyata Realme 6 Pro ini sudah mendukung fitur HDR. Fitur yang tergolong menarik tentunya. Sayangnya, tampilan dari ponsel ini kurang optimal untuk HDR. Bisa jadi hal ini karena duduk perkara sistem yang nantinya bisa diperbaiki dengan update software. 

Meski tanpa memakai panel AMOLED, kehadiran fitur 90 Hz dan HDR jelas menciptakan Realme 6 Pro tergolong bagus. Terlebih penggunaan layar 90 Hz menciptakan pergerakan dikala berselancar di internet lebih smooth kalau dibandingkan dengan mode layar normal (alias 60 Hz). Hanya saja, penggunaan mode 9) Hz menciptakan daya tahan baterai menjadi lebih cepat boros.

5. Kualitas Kamera Belakang yang Oke

Realme 6 Pro

Realme 6 Pro hadir  memperlihatkan 4 kamera belakang. Keempat kamera belakang ini terdiri dari kamera utama 64 MP  dengan sensor Samsung GW1. Kamera kedua yaitu kamera ultrawide 8 MP. Kamer aketiga yakni kamera telefoto 12 MP. Dan kamera terakhir ialah kamera makro  2MP.

Kehadirna kamera telefoto 12 MP tentu lebih menarik mengingat Realme XT tidak memiliki lensa telefoto. Apalagi kamera telefoto ini memiliki fitur PDAF dan 2x optical zoom dan 5x hybrid zoom.

Sementara kamera utamanya, adalah kamera 64 MP, merupakan tipe kamera yang sama dengan kamera utama 64 MP Realme XT. Begitu juga dengan kamera makro dan ultrawide. Lantas, bagaimana hasil tangkapan kamera dari Realme 6 Pro ini? Berikut beberapa teladan hasil tangkapan kamera dari Realme 6 Pro ini.

hasil tangkapan kamera realme 6 pro

* sumber: www.androidauthority.com

hasil tangkapan kamera realme 6 pro

* sumber: indianexpress.com

hasil tangkapan kamera realme 6 pro

* sumber: www.smartprix.com

Situs Android Authority mengatakan kalau hasil tangkapan kamera belakang ponsel ini secara umum terlihat manis. Ada berbagai detail yang layak di hasil tangkapan kameranya. Selain itu, mode HDR di kamera ponsel ini bekerja dengan sangat baik. Rentang dinamis dari ponsel ini juga terbilang oke.

Situs Android Authority juga memuji hasil foto dalam mode malam. Menurut mereka, Realme berhasil menyempurnakan tangkapan kamera di kondisi cahaya rendah dengan tergolong. Bahkan hasil foto di kondisi kurang cahaya tergolong bagus meski tanpa mengaktifkan mode malam.

Situs Indianexpress juga mengatakan bila hasil tangkapan kamera ponsel ini tergolong fantastis. Menurut mereka, detail dan warna yang dari hasil jepretan kamera Realme 6 Pro tergolong sempurna. Mode portrait di kamera ponsel ini juga bisa menghasilkan foto yang baik, yakni hasil foto yang tepat dengan tepi tajam dan latar belakang yang buram.

Catatan-catatan ini mempertegas kalau foto hasil tangkapan kamera Realme 6 Pro tergolong elok. Tidak hanya foto, video yang dihasilkan dari kamera Relame 6 Pro juga tergolong baik berkat hadirnya fitur Ultra Steady dan Ultra Steady Max.

Dengan fitur Ultra Steady dan Ultra Steady Max, hasil video mampu menjadi lebih stabil meskipun melakukan perekaman video sembari berjalan. Apalagi, kamera belakang Realme 6 Pro dapat merekam video di resolusi 1080p 60 fps dan resolusi 4K 30 fps.

6. Kamera Selfie yang Oke

Realme 6 Pro

* sumber: in.mashable.com

Tidak hanya kamera belakang, kamera belakang Realme 6 Pro juga tergolong bagus. Bahkan, bisa jadi kamera depan ini salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Realme 6 Pro.

Kamera depan Realme 6 Pro ini  Realme sebut sebagai Dual In-display Selfie. Kenapa dual? Karena memang kamera depan ponsel ini hadir dengan dua lensa kamera, satu kamera 16 Mp dan satu lagi kamera 8 MP dengan lensa ultrawide. Lensa ultrawide jelas dihadirkan untuk kebutuhan swafoto dengan banyak orang.

Kualtias selfie dari ponsel ini sendiri elok. Android Authority mengatakan jikalau kamera selfie 16 MP di ponsel ini mampu menangkap gambar dengan cahaya yang merata serta hasil foto dengan detail yang baik. Kamera selfie ultrawide 8 MP di ponsel ini juga bisa menangkap detail dengan baik. Sayangnya rentang dinamisnya masih tergolong kurang.

Situs 91mobiles juga memuji kualtias kamera depan Realme 6 Pro. Menurut mereka, hasil foto kamera depan ponsel ini mempunyai detail yang baik dan tajam. Hal ini jelas menegaskan kalau kamera depan Realme 6 Pro ini tergolong manis.

7. Respon Sensor Sidik Jari yang Cepat

Realme 6 Pro

* sumber: www.smartprix.com

Karena tidak memperlihatkan panel AMOLED, Realme 6 Pro tidak hadir dengan sensor sidik di layar mirip halnya Realme XT. Sebagai gantinya, Realme 6 Pro hadir dengan sensor sidik jari di bab samping menyatu dengan tombol power. 

Ternyata respon sensor sidik jari di samping ini tergolong cepat. Tidak hanya cepat, sensor sidik jari di ponsel ini tergolong responsif. Tentu hal ini tergolong bagus jika dibandingkan sensor sidik jari di layar tetapi kemampuan responnya tergolong lebih lambat.

8. Performa Chipset  Tergolong Oke

Snapdragon 720G Realme 6 Pro

Realme 6 Pro hadir dengan chipset Snapdragon 720G. Penggunaan chipset ini menegaskan Realme 6 Pro sebagai ponsel pertama yang memakai chipset Snapdragon 720G (saat artikel ini dibuat, belum ada ponsel lain yang memakai Snapdragon 720G.

Snapdragon 720G ini dibangun dengan proses 8nm. Di dalam chipset ini, terdapat delapan core  yang terdiri dari enam core Kryo 465 Silver 1.8 GHz untuk efisiensi daya dua core Kryo 465 Gold untuk performa. Untuk grafisnya, tersemat GPU Adreno 618.

Jika dibandingkan dengan chipset Snapdragon 675 (SDM6150), Snapdragon 720G diklaim memiliki peningkatan 10% dari sisi CPU, 75% dari sisi GPU, dan 220% untuk AI.

Lantas, bagaimana performa Realme 6 Pro dengan chipset Snapdragon 720G ini? Mari simak hasil benchmark berikut ini.

BENCHMARK REALME 6 PRO

* sumber: www.smartprix.com

Berdasarkan Antutu 8, Realme 6 bisa mencapi angka 280 ribuan. Angka yang sebenarnya cukup tinggi. Sementara di Geekbench, skor single-core mencapai 570 dan multi-core 1697. Untuk pengujian 3D Mark, pada tes Sling Shot Extreme OpenGL, skor yang didapatkan ialah 2.509. Sementara tes Sling Shot Extreme, skornya yakni 2.339

Menilik angka benchmark saja tentu terasa kurang. Bagaimana dengan performanya? Dari banyak sekali ulasan terkait ponsel ini, saat Realme 6 Pro diajak bermain PUBG Mobile, grafis yang didukung yakni smooth ultra. 

Banyak yang menyangka bila Snapdragon 720G yakni chipset baru sehingga terasa kurang optimal. Padahal, kalau sedikit dioprek, PUBG Mobile dapat berjalan di ponsel ini pada pengaturan grafis smooth extreme. 

Sebagai berita, Realme 6 yang dibekali chipset Mediatek Helio G90T, PUBG Mobile dapat berjalan dengan pengaturan grafis smooth extreme. Tanpa perlu dioprek lagi.

Hal ini menerangkan bila bekerjsama performa dari Snapdragon 720G ini tergolong cukup bersaing dengan Mediatek Helio G90T. Hanya saja alasannya adalah sebagai chipset gres, performanya jadi terasa kurang optimal.

Kekurangan Realme 6 Pro

Ada dua kekurangan yang terdapat pada Realme 6 Pro ini. Apa sajakah itu? Simak langsung pembahasannya berikut ini!

1. Bobot yang Cukup Berat dan Besar

Realme 6 Pro

Satu kekurangan dari Realme 6 Pro yang banyak dikeluhkan yaitu soal bobot yang berat. Realme 6 Pro memang tergolong ponsel yang besar. Apalagi layarnya 6,6 inci. Hal ini menciptakan bobot ponsel ini cukup berat, yakni mendekati 200 gram. 

Realme 6 Pro juga tergolong tebal. Ukuran ketebalannya adalah 9 mm. Bandingkan dengan Realme XT yang hanya mempunyai ketebalan 8,6 mm. Karena cukup tebal dan bobotnya cukup berat, tidak sedikit yang mengeluhkan jika ponsel terasa besar ketika digenggam.

2. Tidak Ada NFC

Realme 6 Pro

Realme 6 Pro bergotong-royong ponsel yang menari sebab mempunyai banyak kelebihan. Apalagi ponsel ini hadir dengan Realme UI yang tergolong clean dengan basis Android 10.

Hal yang disayangkan, Realme 6 Pro tidak mendukung NFC. Padahal, ponsel ini dibanderol di Indonesia harga Rp4,5 juta. Redmi Note 8 yagn hanya Rp3 juta saja sudah dibekali dengan fitur NFC.

Simpulan

Dengan banderol harga Rp4,5 juta, Realme 6 Pro memang menawarkan banyak keunggulan. Banyak peningkatan juga dari ponsel ini jikalau dibandingkan dengan Realme XT.

Harga Rp4,5 juta dari ponsel ini bantu-membantu cukup masuk akal. Apalagi ponsel ini memperlihatkan RAM 8 GB dengan internal 128 GB. Realme XT ketika pertama kali dijual juga mempunyai banderol harga yang sama dengan varian yang sama, ialah RAM 8 GB dengan internal 128 GB.

Lantas, apakah Realme 6 Pro ini merupakan ponsel yang layak dibeli. Jelas, layak dibeli tentu dengan kerelaan untuk mampu berkompromi jika ponsel ini tidak menggunakan panel AMOLED. Tertarik? Silakan beli HP ini di toko online melalui link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online