Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A71

Samsung Galaxy A71 hadir sebagai smartphone penerus dari Samsung Galaxy A70. Sebenarnya, sehabis Samsung Galaxy A70, ada seri Samsung Galaxy A70s. Hanya saja, Samsung Indonesia tidak membawa resmi ponsel tersebut ke Indonesia.

Di Indonesia, Samsung Galaxy A71 hadir dengan varian RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Ponsel ini dijual di toko online dengan harga Rp5,8 sampai Rp6 juta saja. Dengan banderol harga tersebut, apakah Samsung Galaxy A71 ini tergolong layak dibeli?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak penjelasan perihal kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A71 berikut ini. Tetapi sebelumnya, mari simak terlebih dahulu spesifikasi Samsung Galaxy A71.

Spesifikasi Samsung Galaxy A71

Samsung Galaxy A71

Umum

  • Diumumkan
    Desember, 2019

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Single SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    163.6 x 76 x 7.7 mm

  • Berat
    179 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif Super AMOLED

  • Ukuran
    6,7 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3

  • Resolusi
    1080 x 2400 piksel, rasio 20:9 (kepadatan 393 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM730 Snapdragon 730G (8 nm)

  • CPU
    Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver)

  • GPU
    Adreno 618

Memori

  • RAM
    8 GB

  • Memori Internal
    128 GB

  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 512 GB (slot khusus)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    4

  • Resolusi
    64 MP + 12 MP + 5 MP + 5 MP

  • Fitur
    – 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.7″, 0.8µm, PDAF

    – 12 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1.12µm

    – 5 MP, f/2.4, (wide), kamera makro khusus

    – 5 MP, f/2.2, (wide), 1/5.0″, 1.12µm, sensor mendalam

    + LED flash, panorama, HDR

  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1

  • Resolusi
    32 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm

  • Fitur
    HDR

  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

  • USB
    2.0, konektor reversibel Type-C 1.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po

  • Kapasitas
    4500 mAh tidak mampu dilepas

  • Wireless Charging

  • Fitur
    Pengisian baterai cepat 25W

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 10

  • Sensor
    Fingerprint (optik, di bawah permukaan layar), accelerometer, gyro, proximity, compass, ANT+

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Prism, Crush Black, Silver, Blue, Pink

Kelebihan Samsung Galaxy A71

Apa saja kelebihan dari Samsung Galaxy A71. Ternyata, ponsel ini mempunyai banyak sekali kelebihan. Berikut kelebihan yang ditawarkan dari Samsung Galaxy A71.

1. Empat Kamera yang Bagus

samsung galaxy a71

Samsung Galaxy A71 datang menunjukkan kombinasi empat kamera di bagian belakang. Kamera pertama adalah kamera utama 64 MP yang memakai sensor Samsung ISOCELL Bright GW1, dengan teknologi Tetracell Quad Bayer.

Kamera kedua ponsel ini yakni kamera ultra-wide 12 MP. Kamera ketiga yaitu kamera makro 5 MP. Dan kamera terakhir merupakan kamera untuk imbas kedalaman, ialah kamera dengan sensor 5 MP. Hadirnya empat kamera ini tentu menarik. Lantas, seperti apa kualitas kamera belakang dari ponsel ini? Simak beberapa contoh hasil tangkapan kamera dari HP ini.

hasil tangkapan kamera samsung galaxy a71

* sumber: www.gsmarena.com

hasil tangkapan kamera samsung galaxy a71

* sumber: www.gsmarena.com

hasil tangkapan kamera samsung galaxy a71

* sumber: www.gsmarena.com

Berdasarkan foto di atas, tampak bila hasil tangkapan kamera dari Samsung Galaxy A71 ini tergolong elok. Di kondisi cahaya terang maupun di kondisi kurang cahaya, hasil foto dari ponsel ini tergolong menarik dan layak di kelasnya.

Untuk kamera utamanya, yaitu kamera 64 MP, jadinya tergolong anggun. Seperti kata GSMArena, hasil foto kamera utama ponsel ini cantik walaupun tidak unggul di beberapa area. Detail dari fotonya tergolong cukup dan rentang dinamisnya tergolong baik

Kamera 64 MP ini akan memotret dengan ukuran foto 16 MP alasannya adalah teknologi Quad Bayer. Tentu tersedia mode 64 MP dan kesannya tergolong baik.

Sementara untuk kamera ultra-wide 12 MP, hasil fotonya tergolong baik. Detail dari fotonya tergolong elok dan ketajamannya lebih baik jikalau dibandingkan seri sebelumnya. Sekadar isu, Samsung Galaxy A70 hanya mempunyai kamera ultra-wide 8 MP. Dan hasil kamera 12 MP mampu dikatakan mengalami peningkatan jikalau dibandingkan Samsung Galaxy A70.

Sementara untuk mode low-light, kamera 16 MP (64 MP) di ponsel ini bisa melakukan tugasnya dengan baik. Hanya saja berdasarkan GSMArena, penggunaan mode HDR atau mode malam sangat disarankan untuk mendapatkan foto low-light yang lebih baik dan lebih tajam.

Pujian terhadap kamera belakang ponsel ini bukan hanya dari GSMArena saja. Situs abs-cbn.com juga memuji kamera dari ponsel ini. Menurut mereka, hasil tangkapan kamera dari Samsung Galaxy A71 ini tergolong jernih dan memiliki warna yang mencolok.

2. Mendukung Rekaman Video 4K dan Fitur Super Steady

samsung galaxy a71 kamera

Samsung Galaxy A71 mempunyai fitur rekaman video yang sangat cantik. Kameranya ini mempunyai fitur untuk merekam video dengan resolusi sampai 4K. Rekaman video memakai resolusi 4K juga tergolong anggun.

GSMArena bercerita kalau perekaman video 4K maupun 1080p di ponsel ini tergolong cantik untuk kelasnya. Videonya mempunyai detail yang cukup dan memiliki rentang dinamis yang baiklah. Kontras dan warna videonya juga tergolong cantik.

Selain itu, ponsel ini mempunyai fitur Super Steady. Fitur ini memungkinkan rekaman video dengan baik dan tenang alias menghindari video yang bergoyang-goyang. Hanya saja, fitur ini cuman mampu diaktifkan untuk mode perekaman video 1080p.

3. Kamera Selfie 32 MP

samsung galaxy a71

Samsung Galaxy A71 memiliki kamera 32 MP Quad Bayer. Artinya, resolusi kamera ini bantu-membantu hanya 8 MP tetapi menariknya, hasil tangkapan kamera dari ponsel ini menghasilan foto dengan resolusi 12 MP. Tampaknya, Samsung melaksanakan upscale terhadap kamera depannya ini.

Tentu saja, kamera depan ini memiliki mode 32 MP. Hanya saja mode ini tidak dilengkapi dengan mode HDR. Untuk kamera selfie sendiri, hasil tangkapan kamera ponsel ini mampu bekerja dengan baik. Seperti kata situs Unbox.ph, hasil selfie di ponsel ini tergolong layak dengan catatan berada di kondisi cahaya yang cukup.

4. Daya Tahan Baterai yang Luar Biasa

baterai samsung galaxy a71

* sumber: www.gsmarena.com

Samsung Galaxy A71 dibekali dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh. Dengan kapasitas ini, Samsung Galaxy A71 bisa mencatatkan endurance rating 102h pada pengujian GSMArena. Skor ini merupakan skor yang bagus yang menerangkan bila daya tahan baterai ponsel ini tergolong usang.

Situs abs-cbn.com mengatakan jika daya tahan baterai ponsel ini bisa bertahan lebih dari seharian. Sementara situs Unbox.ph menyampaikan bila daya tahan baterai ponsel ini mampu seharian dengan penggunaan berat. Dengan penggunaan moderate, daya tahan baterai ponsel ini diperkirankan dapat bertahan hingga dua harian.

5. Fast Charging 25W

samsung galaxy a71

* sumber: www.trustedreviews.com

Samsung Galaxy A71 dibekali dengan teknologi pengisian cepat 25W. Dengan teknologi ini, ponsel dapat terisi lebih cepat. GSMArena mencatatkan waktu pengisian ponsel ini selama 30 menit dari kosong sampai terisi 51%. Sementara untuk terisi penuh, diharapkan waktu sekitar 81 menit.

Situs Unbox.ph juga mencatatkan waktu pengisian daya yang cepat. Untuk mengisi penuh daya ponsel ini, diharapkan waktu sekitar 90 menit. Waktunya tidak jauh berbeda dengan hasil pengujian GSMArena. Hal ini jelas menegaskan kalau pengisian daya ponsel ini tergolong cepat.

6. Layar Super AMOLED yang Lega

samsung galaxy a71

* sumber: news.abs-cbn.com

Samsung Galaxy A71 dibekali dengan layar 6,7 inci. Layarnya ini memiliki resolusi 1080 x 2400 pixels dengan rasio 20:9. Layarnya ini tentu tergolong luas dan tergolong nyaman dipakai menonton video. Terlebih layar ponsel ini memakai panel Super AMOLED Plus.

Panel Super AMOLED sudah dikenal sebagai salah satu panel layar yang baik. Makara, tidak berlebihan menyebut layar ponsel ini mempunyai tingkat warna dan kontras rasio yang manis.

Hal yang mungkin agak sedikit jadi kekurangan yaitu soal HDR10. Samsung Galaxy A71 ini tidak mempunyai sertifkasi HDR10 yang menciptakan ponsel ini tidak bisa menikmati konten HDR10 di layanan streaming ternama tetapi untuk Youtube masih mampu menikmati konten HDR.

7.  Performa Tangguh dengan Snapdragon 730G

performa samsung galaxy a71

Samsung Galaxy A71 yang hadir di Indonesia dibekali dengan chipset Snapdragon 730G. Chipset ini merupakan chipset yang dibangun dengan proses fabrikasi 8 nm. Di dalam chipset ini, tersemat prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver) dan GPU Adreno 618.

Lantas, bagaimana performa dari Snapdragon 730 di Samsung Galaxy A71 ini? Mari simak gambar di bawah ini.

antutu samsung galaxy a71

* sumber: www.gsmarena.com

Menilik gambar tersebut, tampak jikalau Samsung Galaxy A71 berhasil mencatatkan skor 263 ribuan untuk pengujian Antutu 8. Skornya diapit oleh Redmi K30 dan Realme X2. Tipe yang diuji oleh GSMArena yaitu Galaxy A71 dengan chipset Snapdragon 730.

Lalu, bagaimana dengan Galaxy A71 yang memakai Snapdragon 730G? Mari cek hasil pengujian dari Dailysocial. Situs Dailysocial ialah salah satu situs teknologi isu Indonesia yang kebetulan telah melakukan review Samsung Galaxy A71. Menilik hasil ulasannya, nilai Antutu yang didapatkan adalah 263 ribuan. Tidak jauh berbeda.

Berdasarkan data tersebut, terperinci bahu-membahu bila performa Samsung Galaxy A71 ini tergolong tangguh untuk bermain gim. Situs Telset.id menguji kemampuan chipset dari ponsel ini. Pengujian dilakukan memakai gim PUBG Mobile.

Ternyata, PUBG Mobile dapat dijalankan dengan baik di Galaxy A71 pada pengaturan smooth ultra. Pada pengaturan ini, gim dapat berjalan pada 40fps. Angka yang masih tergolong nyaman meskipun sebetulnya chipset ini bisa maksimal hingga 6ofps.

8.  OneUI 2 berbasis Android 10 dan NFC

samsung galaxy a71 one ui

* sumber: www.notebookcheck.net

Kelebihan lain dari Samsung Galaxy A71 yaitu One UI 2 berbasis Android 10. Antarmuka ini memiliki fitur yang menarik dan banyak fitur One Ui di ponsel kelas atas Samsung yang disematkan di ponsel ini. Selain One UI, ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan fitur NFC.

Kekurangan Samsung Galaxy A71

Samsung Galaxy A71 tidak hanya memperlihatkan banyak kelebihan. Ponsel ini juga memiliki kekurangan. Apa saja kekurangan dari Samsung Galaxy A71s ini? Langsung simak dua kekurangan dari Samsung Galaxy A71 berikut ini.

1. Desain “Glasstic”

Samsung Galaxy A71

Samsung Galaxy A71 mempunyai tampilan yang terlihat cantik. Ponsel ini juga tergolong ergonomis. Setidaknya, hal tersebut menurut Unbox.ph. Menurut mereka, ponsel ini memiliki desain yang menarik dan ergonomis. Hanya satu permasalahannya, ponsel ini terbuat dari polikarbonat.

Bodi ponsel ini memang terbuat dari polikarbonat alias plastik tetapi dipoles seolah menciptakan ponsel terlihat terbuat dari kaca. Hal ini yang membuat situs Unbox.ph mengeluarkan istilah untuk desain ponsel ini, ialah Glasstic. Penggunaan bodi plastik ini jelas mengurangi nilai desain ponsel yang sangat terlihat premium.

2. Persoalan Kamera Makro

samsung galaxy a71

* sumber: www.trustedreviews.com

Samsung Galaxy A71 memang mempunyai keunggulan di sektor kamera belakang. Hanya saja tidak semua kamera mempunyai kemampuan yang baik. Kamera makro yakni satu lensa kamera yang terasa kurang meyakinkan.

Seperti kata GSMArena, kualitas kamera makro di ponsel tidak menarik dan seperti ada batasan. Sementara situs Unbox.ph lebih baiklah kalau Samsung menyematkan kamera telefoto dibandingkan menggunakan kamera makro.

Simpulan

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A71. Kamera utamanya, layarnya, baterai, dan performa dari ponsel ini tergolong jadi keunggulan tersendiri. Belum lagi, HP ini memakai One UI yang gampang digunakan. Tidak ketinggalan, terdapat fitur NFC yang akan sangat membantu bagi mereka yang membutuhkan.

Kekurangan yang ada di ponsel ini bahu-membahu masih mampu dimaklumi. Hanya saja alasannya HP ini dibanderol dengan harga mendekati Rp6 jutaan, tentu akan menarik jika contohnya Samsung menghadirkan kamera telefoto dibandingkan kamera makro.

Terlepas dari kekurangan tersebut, Samsung Galaxy A71 tergolong layak dibeli. Ponsel ini sangat cocok untuk mereka yang membutuhkan ponsel Samsung dengan desain menarik, performa anggun, NFC, dan spesifikasi lainnya yang menarik. Tertarik? Silakan beli ponsel ini di Shopee melalui link ini atau di Lazada melalui link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online