Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 8 Pro, HP dari Xiaomi yang tergolong menarik. Menarik sebab untuk Redmi Note series, HP ini mempunyai banyak keunggulan. Bukan dari segi spesifikasi yang dimilikinya tetapi juga dari fitur yang dimiliki HP ini.

Memang HP ini tidak seistimewa Redmi K20, tetapi fitur yang ditawarkan tergolong menarik untuk kelas harganya. Betapa tidak, Redmi Note 8 Pro dijual dengan harga Rp3 jutaan  (harga Redmi Note 8 Pro garansi resmi Xiaomi Indonesia). Harga yang tergolong menarik kalau menilik spesifikasi yang ditawarkan.

Lantas, semenarik apa HP ini? Layakkah Redmi Note 8 Pro ini dibeli? Untuk menjawabnya, mari simak kelebihan dan kekurangan dari Redmi Note 8 Pro berikut ini. Sebelumnya, mari simak spesifikasi Redmi Note 8 Pro berikut ini.

Spesifikasi Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 8 Pro

Umum

  • Diumumkan
    Agustus, 2019

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    161.3 x 76.4 x 8.8 mm

  • Berat
    199 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif IPS LCD

  • Ukuran
    6,53 inci dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5, rasio layar ke body 84.9%

  • Resolusi
    1080 x 2340 piksel, rasio 19,5:9 ( kepadatan 395 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Mediatek Helio G90T (12nm)

  • CPU
    Octa-core (2x Cortex-A76 & 6x Cortex-A55)

  • GPU
    Mali-G76MC4

Memori

  • RAM
    6 GB

  • Memori Internal
    64 GB

  • Memori Eksternal
    microSD, sampai 256 GB (memakai slot SIM bersama)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    4

  • Resolusi
    64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP

  • Fitur
    64 MP, f/1.8, (lensa lebar), 1/1.7″, 0.8µm, PDAF

    8 MP, f/2.2, 13mm (lensa ultra lebar), 1/4″, 1.12µm

    2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm (kamera makro khusus)

    2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, sensor mendalam

    Fitur: Dual-LED flash, HDR, panorama

  • Video
    [email protected], [email protected]/60/120fps, (gyro-EIS)

Kamera Selfie

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-grup band, Wi-Fi Direct, hotspot

  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    A-GPS, GLONASS, BDS

  • USB
    2.0, konektor reversibel Type-C 1.0

Baterai

  • Jenis
    Li-Po

  • Kapasitas
    4500 mAh tidak mampu dilepas

  • Wireless Charging

  • Fitur
    Pengisian baterai cepat 18W (Quick Charge 4+)

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie

  • Sensor
    Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, gyro, proximity, compass

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Black, Red, Blue, White

  • Lainnya

Kelebihan Redmi Note 8 Pro

Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh Redmi Note 8 Pro? Untuk mengetahuinya, simak poin-poin kelebihan dari Redmi Note 8 Pro berikut ini.

1. Kamera 64 MP yang Bagus

Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 8 Pro hadir dengan empat kamera belakang. Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera ultrawide 8 MP, kamera makro 2 MP, kamera depth sensor 2MP, dan kamera utama yang jadi primadona, kamera 64 MP. Kamera 64 MP ini memakai sensor Samsung. Lantas, bagaimana hasil foto kamera HP ini? Simak hasil teladan tangkapan kameranya berikut ini.

Hasil kamera Redmi Note 8 Pro c Hasil kamera Redmi Note 8 Pro B

Dari hasil pola tangkapan kamera Redmi Note 8 Pro, tampak jika hasil foto HP ini tergolong anggun, terutama di kondisi siang hari. Seperti yang diungkap oleh GSMArena, hasil foto dari Redmi Note 8 Pro ini mempunyai detail yang baik serta warna menarik yang tidak berlebihan dan tidak terlalu kontras.

Masih menurut GSMArena, hasil tangkapan kamera HP ini untuk mode 64 MP, mempunyai kualitas foto yang elok. Hasil foto memiliki level detail yang impresif.

Jika foto dilihat lebih erat, ada beberapa noise tetapi detail foto bisa didapatkan dengan baik. Selain itu, 2x zoom dari kamera 64 MP ini mempunyai kualitas yang tergolong manis dan mampu dibilang layak untuk posting di media sosial.

Kamera 64 MP Redmi Note 8 Pro ini bisa dibilang mempunyai hasil foto yang baik. Bahkan, bila menurut GSMArena, hasil tangkapan kamera 64 MP Redmi Note 8 Pro ini lebih cantik bila dibandingkan hasil tangkapan dari sensor kamera 64 MP milik Realme XT

2. Kamera Selfie dengan Hasil Bagus

Hasil Selfie Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 8 Pro dibekali dengan kamera depan 20 MP. Kamera ini sudah dilengkapi dengan fitur HDR dan panorama. Kameranya juga sudah mendukung fitur perekaman video 1080p 30fps. Lantas, bagaimana kualitas kamera depan HP ini?

Menurut GSMArena, hasil selfie Redmi Note 8 Pro tergolong baik. Hasil foto selfie tampak tajam dan mampu dibilang jadi kamera selfie terbaik di kelas midrange. Selain itu, kamera selfie ini juga dapat menangkap foto di kondisi cahaya rendah dengan sangat baik.

3. Desain dan Build Quality Bagus

Redmi Note 8 Pro Cooling

Redmi Note 8 Pro hadir dengan desain dan build quality yang anggun di kelasnya. Bagian pinggir HP ini memang terbuat dari plastik tetapi lapisan depan dan belakang Redmi Note 8 Pro sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Penggunaan Corning Gorilla Glass 5 terang menciptakan Redmi Note 8 Pro unggul dibandingkan HP lain di kelas yang sama. Selain itu, HP ini juga dilengkapi dengan kemampuan untuk tahan dari cipratan air. Kedua fitur ini menciptakan Redmi Note 8 Pro mirip beda kelas.

4. Panel LCD yang Cerah dan Fitur HDR

Redmi Note 8 Pro

* sumber: www.androidauthority.com

Redmi Note 8 Pro memperlihatkan layar 6,53 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Layarnya ini memakai panel IPS dan hadir dengan rasio 19.5:9. Selain itu layar HP ini sudah dilengkapi dengan fitur HDR, fitur yang jarang mampu ditemukan di HP sekelasnya.

Tidak digunakannya panel AMOLED, membuat warna hitam yang tampil di layar HP ini tidak terlalu pekat seperti yang diinginkan. Namun, menurut Yugatech, reproduksi warna dari layar HP ini masih tergolong akurat.

Selain itu, layar HP ini mampu digunakan di bawah sinar matahari pribadi dengan tingkat kecerahan 50%. Meskipun akan lebih maksimal kalau di 80%. Hal ini menegaskan jikalau layar HP ini masih tergolong cerah dan baik.

5. Daya Tahan Baterai yang Baik

baterai redmi Note 8 pro

Realme Note 8 Pro dibekali baterai dengan kapasitas 4.500 mAh. Kapasitas baterai ini terbesar untuk Redmi Note series. Hal ini alasannya adalah Redmi Note series sebelumnya umumnya hanya menawarkan baterai dengan kapasitas 4.ooo mAh saja. Untuk ketahanannya sendiri, mampu disimak hasil dari pengujian GSMArena berikut ini.

daya tahan baterai Redmi Note 8 Pro

* sumber: www.gsmarena.com

Terlihat kalau Redmi Note 8 Pro mendapat endurance rating 114h, nilai endurance rating ini lebih baik bila dibandingkan dengan Realme XT. Untuk waktu bicaranya, Redmi Note 8 Pro mempunyai waktu bicara 33 jam 28 menit. Untuk penelusuran web, Redmi Note 8 Pro ini mencapai waktu 15 jam 6 menit. Sementara untuk pemutaran video, Redmi Note 8 Pro ini mampu memutar video hingga 15 jam 25 menit.

Hasil tersebut terperinci membuktikan jikalau daya tahan baterai Redmi Note 8 Pro ini tergolong bagus. GSMArena juga cukup suprise dengan hasil tes baterai HP ini. AndroidAuthority juga bilang kalau baterai Redmi Note 8 sudah baik dan sudah mendukung acara seharian.

6.  USB Type-C dan USB PD charging

USB Type C Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 8 Pro ini tampak memang dihadirkan kepada para fans yang selalu bertanya tentang kehadiran USB Type-C.  Nah, Redmi Note 8 Pro hadir dengan port USB Type-C. Menariknya, kabel charger yang diberikan ialah tipe USB Type-C to USB Type-C, bukan USB Type-C to microUSB.

Selain itu, charger bawaan Redmi Note 8 Pro sudah mendukung teknologi USB Power Delivery.  Yang disayangkan, charger bawaan hanya mendukung pengisian 18W. Bukan yang terlambat memang tetapi menurut pengujian GSMArena, charger ini hanya mampu mengisi daya 39% dalam waktu 30 menit saja.

7. Chipset dengan Performa yang Oke dan Efisien

Performa Redmi Note 8 Pro

MediaTek Helio G90T adalah “otak” di balik Redmi Note 8 Pro. Chipset ini dibangun dengan proses fabrikasi FinFet 12nm. Di dalam chipset ini, tersemat prosesor octa core yang terbagi dalam dua kluster. Kluster pertama dua core Cortex-A76  2.05GHz dan kluster kedua enam core Cortex-A55 2.0GHz. Untuk pengolah grafis, chipset ini dibekali GPU Mali-G76 MC4.

Chipset ini digadang-gadang sebagai chipset untuk gaming di kelas menengah. Klaim tersebut tidak berlebihan, jikalau memeriksa nilai Antutu Redmi Note 8 Pro ini yang mencapai 220 ribuan. Skor tersebut mengalahkan skor Antutu  Snapdragon 712 yang ada di Realme XT. Berikut perbandingan Antutu HP ini dengan Realme XT dan HP lainnya.

Antutu Redmi Note 8 Pro

* sumber: www.gsmarena.com

Dengan nilai tersebut, terperinci jika Redmi Note 8 Pro mempunyai performa yang manis di kelasnya. Hanya saja ada kabar, kalau chipset ini cukup panas. Namun, ternyata, merujuk pada pengujian Yugatech, chipset Helio G90T ini tidak menciptakan ponsel jadi panas. Bisa jadi hal ini berkat teknologi LiquidCool yang dimiliki HP ini.

Menurut Yugatech sendiri, performa Helio G90T di Redmi Note 8 Pro tergolong baik dan lancar. Tugas seperti internetan, bermain media umum, multitasking aplikasi, semuanya berjalan lancar. Bermain gim dengan pengaturan grafis berat di Honkai Impact 3, PUBG, dan Asphalt 9 berjalan baik-baik saja, tanpa ada lag. 

AndroidAuthority juga memuji performa dari Redmi Note 8 Pro. Menurut mereka, HP ini dapat menjalankan gim dengan baik. Bagi yang khawatir alasannya HP ini tidak dibekali chipset Snapdragon, rasanya tidak perlu khawatir berlebihan karena ternyata performa Helio G90T  tergolong anggun di kelasnya.

8. Sudah Dilengkapi NFC

NFC Redmi Note 8 Pro

Nilai jual menarik lain dari Redmi Note 8 Pro yaitu fitur NFC. Fitur yang selalu ditanyakan banyak pengguna, termasuk Mi Fans (sebutan untuk fan Xiaomi), yang ingin ada HP Redmi Note series yang memiliki NFC. Keinginan tersebut hasilnya terwujud lewat Redmi Note 8 Pro.

Kekurangan Redmi Note 8 Pro

Setelah mengetahui kelebihan dari Redmi Note 8 Pro, selanjutnya mari cari tahu kekurangan dari Redmi Note 8 Pro. Apa saja kekurangan dari Redmi Note 8 Pro? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Kamera Makro dan Ultrawide Kurang Memuaskan

hasil kamera makro redmi note 8 pro

Redmi Note 8 Pro memang unggul dengan kamera 64 MP-nya. Hanya saja, kamera lainnya kurang memuaskan. Kamera lain yang dimaksud yakni kamera ultra-wide dan kamera makro.

Seperti yang dikatakan oleh GSMArena, yang mengatakan jikalau hasil tangkapakan kamera ultra-wide Redmi Note 8 jauh dari kata elok. Hal yang sama berlaku untuk kamera makro yang menurut GSMArena, hasil kamera makronya tidak impresif.

2. Speaker Mono

Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 8 Pro tidak menawarkan speaker stereo. HP ini hanya memiliki satu speaker saja alias speaker mono. Kalau menurut AndroidAuthority, hasil bunyi masuk kategori setuju, tetapi suaranya tidak lantang dan “renyah. Akan lebih baik memakai headphone, terlebih HP ini masih mempertahankan audio jack 3,5mm.

3. Masih Masalah Iklan di MIUI

MIUI Redmi Note 8 Pro

* sumber: www.gsmarena.com

Redmi Note 8 Pro memperlihatkan antarmuka MIUI 10 berbasis Android 9 Pie. MIUI sendiri merupakan antarmuka yang cukup populer dan memiliki banyak fitur menarik. Hanya saja, MIUI bukan tanpa duduk perkara. Munculnya iklan tentu jadi masalah tersendiri bagi sebagian pengguna.

Simpulan

Menilik kelebihan dan kekurangannya, Redmi Note 8 Pro mampu dikatakan sebagai HP kelas menengah yang menarik. HP ini unggul di performa yang mumpuni, daya tahan baterai yang cukupoke, dan hasil kamera yang benar-benar elok. Hadirnya NFC, audio jack, serta pemberian infrared jadi kelebihan lain dari Redmi Note 8 Pro.

Redmi Note 8 Pro sendiri dijual resmi oleh Xiaomi Indonesia. HP ini dijual dengan harga  Rp3.099.000 untuk varian RAM 6 GB memori internal 64 GB dan Rp3.499.000 untuk varian RAM 6 GB memori internal 128 GB. Tertarik? Silakan beli Redmi Note 8 Pro di toko online lewat link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online