Inilah Jenis-Jenis Modem Yang Banyak Digunakan Saat Ini

Peranan modular and demulator alias modem cukup vital di kurun digital ini. Terutama, dalam mengirim data secara secara daring. Modem sendiri rupanya memiliki sejumlah jenis berdasarkan cara pemasangannya, jenis koneksi yang dikandungnya, serta jaringan yang dimilikinya.

Walau berbeda, setiap jenis modem punya fungsi yang sama, adalah mengirim data secara daring. Di artikel ini, semua jenis modem yang ada bakal kami sebutkan satu per satu. Siapa tahu, kamu membutuhkan salah satu di antaranya untuk mengirim tiba secara daring menurut kondisi tertentu yang kamu alami.

Mau tahu apa saja jenis-jenis modem tersebut? Yuk simak saja pribadi di bawah ini.

Berdasarkan Pemasangannya

Modem mampu dipasang dengan dua cara. Pertama, dipasang di dalam komputer atau laptop. Dan kedua, dipasang di area luar laptop atau CPU komputer. Cara pemasangan tersebut membuat modem terbagi atas dua jenis. Dua jenis modem tersebut yaitu:

  • Modem Eksternal

Modem Eksternal

* sumber: cakdan.com

Ini merupakan jenis modem terpopuler dan lazim digunakan. Modem jenis ini biasanya mempunyai bentuk yang beragam. Ada yang mirip mirip USB, dan ada yang bentuknya seperti ponsel arif namun ukurannya lebih kecil.

Di pasaran, modem ini dijual dalam berbagai format G, mulai dari 3G sampai 5G. Untuk menggunakannya, pastikan kau telah memasang kartu ponsel ke dalamnya, sebelum nantinya di pasang di laptop atau CPU komputermu.

Pastikan pula biar kartu ponselmu terisi kuota, agar modemnya bisa mengeluarkan koneksi internet. Modem ini sangat cocok digunakan di mana saja, lantaran bentuknya yang mungil dan ringan.

  • Modem Internal

Modem Internal

Kebalikan dari modem eksternal, modem satu ini lazim dipasang di bab dalam CPU komputer. Secara bentuk, modem ini bentuknya serupa dengan sebuah card device. Ada beberapa laba bila menggunakan jenis modem ini.

Beberapa keuntungan tersebut yaitu harganya yang murah, serta cara pemasangannya yang cukup gampang. Saat memasang modem ini di CPU, pastikan CPU mendapatkan daya listrik yang stabil. Hal itu dilakukan agar jenis modem ini bisa berfungsi dengan baik dan stabil.

Berdasarkan Jaringan Modemnya

Berdasarkan jaringan yang dimilikinya, modem terbagi atas dua jenis. Kedua jenis modem tersebut ialah modem wireless dan modem dengan kabel. Kedua jenis modem itu memiliki ciri khasnya tersendiri. Ciri khas keduanya bisa kamu simak di bawah ini:

  • Modem Tanpa Kabel (Wireless)

Modem Tanpa Kabel (Wireless)

* sumber: rakitpc.com

Sesuai namanya, ini merupakan modem yang tidak dipasang tanpa kabel sama sekali. Sama seperti modem eksternal, modem jenis ini juga bisa kau bawa kemana saja.

Dan mirip halnya modem eksternal, jenis modem ini juga tersedia mulai dari 3G hingga 4G. Pastikan kamu memakai jenis modem ini kurun cuaca sedang elok-bagusnya. Soalnya, performa modem ini bakal mudah menurun, jika cuaca di sekitar sedang amat jelek.

  • Modem dengan Kabel

Modem dengan Kabel

* sumber: www.networkhunter.web.id

Dari namanya saja sudah terperinci jika ini adalah modem yang harus digunakan dengan sambungan kabel. Kabel yang digunakan sendiri bentuknya serupa jaringan kabel pada telepon. Kabel tersebut memiliki bandwitch yang berpengaruh, serta memiliki susukan internet yang cepat.

Adapun kecepatan kanal internet pada kabel modem ini bisa mencapai 38 Mbits/s (downstream), serta 1 Mbits/s (upstream). Agar kamu bisa menggunakan jenis modem ini, pastikan komputermu telah dipasang dengan kartu Ethernet terlebih dulu.

Berdasarkan Jenis Koneksi atau Teknologinya

Seiring berkembangnya teknologi, modem pun juga mengalami perkembangan. Khususnya, dari segi jenis koneksi atau teknologi yang dikandung di dalamnya. Perkembangan itu membuat modem terbagi menjadi beberapa jenis. Adapun jenis-jenis tersebut yakni:

  • Modem GSM

Modem GSM

Secara bentuk, modem ini serupa dengan modem eksternal. Untuk memakai modem ini, kamu harus memasukkan kartu GSM yang telah terisi kuota. Modem ini sangat cocok digunakan pada komputer atau laptopmu.

Modem GSM punya sejumlah keunggulan. Salah satunya yakni kehadiran fitur 3G, 4G, atau HSPA. Kehadiran fitur-fitur tersebut menciptakan modem ini mampu membantumu mengirim data secara cepat. Di pasaran, modem ini dijual dengan harga yang variatif, mulai dari yang Rp. 60 ribuan hingga yang Rp. 100 ribuan.

  • Modem CDMA

Modem CDMA

Kebalikan dari modem GSM, modem satu ini menggunakan kartu CDMA di dalamnya. Modem ini hanya dilengkapi format 2G dan 3G saja di dalamnya. Kendati begitu, kecepatan modem ini mampu mencapai tiga kali lipat daripada koneksi dial-up.

Selain cepat, modem ini juga dilengkapi perlindungan khusus. Adanya perlindungan itu membuat jenis modem ini sulit disadap. Kelebihan lainnya dari modem ini ialah adanya pemisahan antara jalur koneksi data dan seluler. Pemisahan itu membuat koneksi internet dan seluler lebih stabil dan tidak mengganggu satu sama lain.

Sayangnya, jenis modem ini lumayan jarang digunakan, mengingat masih sedikitnya jaringan CDMA di Indonesia.

  • Modem DSL (Digital Subscriber Line)

Modem DSL (Digital Subscriber Line)

* sumber: id.wikipedia.org

Ini merupakan jenis modem yang lazim digunakan untuk komputer alias PC. Koneksi internet yang dihasilkan modem ini begitu cepat, melampaui koneksi dial-up internet. Selain cepat, modem ini juga mampu kau pakai untuk berbicara via telepon, tanpa harus menetapkan koneksi internet di dalamnya.

Modem satu ini terbagi lagi menjadi dua jenis, yakni ADSL dan SSL. ADSL alias Asymmetric Digital Subscriber Line merupakan modem DSL yang lazim dipasang bersama kartu Ethernet. Jenis modem ini sangat cocok untuk mengunduh datang, karena kecepatan unduhnya yang begitu tinggi.

Sementara itu, SDSL alias Symmetric Digital Subscriber Line merupakan jenis modem DSL yang bisa mentransmisi data digital lewat kabel tembaga dan jaringan telepon. Modem ini punya kecepatan yang begitu tinggi, baik dikala mengunduh atau mengunggah data. Jenis modem DSL ini umumnya dijual untuk mereka dari kalangan kelas bisnis.

  • Modem Analog

Modem Analog

Modem bernama lain modem dial-up ini merupakan jenis modem yang menerima data dalam bentuk sinar analog. Data tersebut lantas masuk ke dalam jaringan transmisi data dan diubah menjadi data digital. Syahdan, data digital itupun lantas dikirimkan ke komputer.

Untuk mengoptimalkan fungsi modem ini, kau harus menggunakannya bersama dengan jaringan telepon. Modem satu ini hanya cocok dipakai secara langsung alias perseorangan, serta hanya mampu digunakan lewat komputer/PC. Di pasaran, jenis modem ini dijual dalam bermacam-macam pilihan kecepatan. Semisal 14,4 kbps, 28,8 kbps, 56 kbps.

  • Modem Kabel

Modem Kabel

Modem bernama lain cable modem ini lazim dipakai untuk menyambungkan komputer dengan sambungan TV kabel. Jaringan dalam sambungan TV kabel itu nantinya bisa dipakai sebagai koneksi internet.

Kecepatan koneksinya sendiri tergolong cepat, ialah sekitar 27 Mbps (downstream) dan 2,5 Mbps (upstream). Seperti halnya modem analog, modem satu ini cocok digunakan oleh perseorangan alias pribadi.

Sebelum menggunakan modem ini, pastikan komputermu telah terpasang kartu Ethernet. Pastikan pula kabel pada TV kabelmu menggunakan kabel koaksial yang dipasangkan ke sebuah splitter kabel. Penggunaan kabel itu bakal menciptakan koneksi internet mengalir dengan lancar, baik dari modem ke komputer ataupun sebaliknya.

Peranan modem sangat penting di zaman serba internet ini. Hal itu terlepas dari kelebihan benda ini yang mampu mengirim data secara daring. Modem sendiri memiliki sejumlah jenis berdasarkan kriteria tertentu. Mulai dari cara pemasangannya, jaringan modemnya, sampai jenis koneksinya.

Sembilan di antaranya sudah dicantumkan di atas. Walaupun sama-sama dapat mengirim data, kesembilan modem di atas punya kelebihan dan ciri khasnya tersendiri. Kamu mampu menggunakan salah satunya sesuai dengan kebutuhanmu. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online